Home / Software / Cara Mencetak Gambar Ukuran Besar Di Kertas Kecil Dengan Microsoft Paint

Cara Mencetak Gambar Ukuran Besar Di Kertas Kecil Dengan Microsoft Paint

Cara Mencetak Gambar Besar Dengan Paint – Pembahasan kali ini masih seputar cara mencetak gambar berukuran besar. Kenapa saya harus membahas materi ini lagi? Karena trik untuk print gambar besar ke printer standar banyak sekali caranya. Maka daripada itu saya membaginya kedalam beberapa artikel.

Baca Juga : Cara Print Gambar Besar Pada Banyak Kertas Berukuran Kecil Di Office Excel

Selain bisa menggunakan Office Excel dan CorelDRAW, untuk mencetak gambar berukuran besar bisa juga menggunakan Microsoft Paint. Tidak sulit untuk menemukan program Microsoft Paint. Karena program yang satu ini adalah software bawaan Windows. Artinya jika komputer/laptop kita menggunakan Operasi Sistem Windows maka sudah dipastikan Microsoft Paint juga akan ditemukan.

Dulu sebelum mengenal trik ini ketika saya diharuskan mencetak gambar berukuran besar maka akan membawanya ke cetak digital. Tentu saja dengan cara akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika gambar tersebut sifatnya tidak terlalu penting. Bukankah itu sebuah tindakan pemborosan?

Namun ketika sudah tahu cara mencetak gambar besar menggunakan printer standar, maka pergi ke cetak digital sudah tidak lagi dilakukan. Lebih baik mencetak sendiri yang dicetak ke kertas kecil ukuran A4. Gambar besar dibagi menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan dan gambar ketika selesai dicetak kemudian disambungkan.

Berikut Cara Mencetak Gambar Besar Dengan Microsoft Paint

Hanya 5 tahap saja untuk mencetak gambar besar dengan Microsoft Paint. Saya yakin Anda akan langsung bisa mempraktikkannya. Caranya sangat mudah dan silakan Anda coba sendiri.

1. Buka/Aktifkan Microsoft Paint

Silakan langkah pertama adalah buka Microsoft Paint yang sudah ada pada komputer/laptop OS Windows. Biasanya setiap versi OS Windows letak Paint ini berbeda-beda. Disini saya akan memberikan contoh membuka Paint di OS Windows 7. Untuk OS Windows 7 silakan klik Start > All Programs > Accessories > Paint.

Silakan untuk OS Windows lainnya disesuaikan saja dan pastinya tidak jauh dari Start Windows.

2. Pilih Gambar Besar Yang Akan Dicetak

Langkah kedua jika Microsoft Paint sudah terbuka, silakan Anda pilih gambar yang akan dicetak. Untuk membuka gambar baru di Paint caranya cukup klik Menu > Open. Temukan gambar yang akan dicetak yang sebelumnya sudah tersimpan di komputer/laptop Anda.

Jika gambar sudah ditemukan langkah cepatnya Anda cukup klik ganda pada gambar. Secara otomatis gambar akan pindah ke layar kerja Microsoft Paint.

3. Mengatur Pencetakan

Sebelumnya saya ingatkan kalau komputer/laptop Anda sudah terhubung ke Printer. Artinya komputer/laptop Anda sudah biasa untuk mencetak. Silakan atur pencetakan sesuai dengan kebutuhan. Anda klik Menu > Print > Page Setup. Pada jendela Page Setup Anda akan menemukan sejumlah pengaturan-pengaturan.

4. Menyesuaikan Pencetakan Dengan Banyak Kertas

Pada jendela Page Setup Anda harus menyesuaikan pencetakan dengan banyak kertas yang akan digunakan. Gambar besar tersebut akan Anda cetak pada berapa lembar kertas. Anda tentukan juga jenis kertas apa yang akan Anda gunakan. Disini saya akan menggunakan jenis kertas A4.

Disini Anda bisa mengatur Orientation menjadi Potrait atau Landscape. Anda juga bisa mencetang pada opsi Centering menjadi Horizontal atau Vertical. Sesuikan juga Margins kertas dalam satuan milimiter. Contoh disini saya memberikan batasan Margin 5 untuk bagian Left, Right, Top, dan Buttom.

Hal yang paling penting pada tahapan ini adalah membuat pengaturan pada opsi Scaling. Disini letaknya pengaturan untuk menyesuaikan pencetakan dengan jumlah kertas. Anda isikan pada opsi Fit to sesuai dengan ukuran gambar yang ingin dicetak. Kalau gambar yang akan dicetak posisinya Horizontal maka pada field pertama Anda isi dengan nilai lebih besar. Namun jika gambar posisinya Vertical maka field kedualah yang harus diberi nilai lebih besar.

5. Mencetak Gambar

Kini tiba saatnya untuk mencetak gambar ukuran besar yang dibagi menjadi beberapa bagian kedalam kertas berukuran kecil. Sebelum mencetak gambar silakan Anda lihat dulu tampilan gambar dalam mode Preview. Caranya dari Menu > Print > Print Preview.

Jika semua pengaturan sudah sesuai dengan yang diinginkan, pada jendela Print Preview silakan Anda klik tombol Print. Namun jika ditemukan ada pengaturan yang kurang pas dengan keiinginan maka silakan Anda keluarkan halaman Print Preview dengan klik Close print preview.

Baca Juga : Cara Print Ukuran Besar Ke Kertas Biasa Menjadi Beberapa Lembar Di CorelDRAW

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba Cara Mencetak Gambar Besar Dengan Paint. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Ooohhh begitu, ternyata cukup simple juga ya untuk ngeprint foto dengan penggunakan paint. Terimakasih untuk ilmu nya gan,, nice post (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *