Home / Software / 3 Solusi Terbaik Cara Mengatasi Error 24 Di CorelDRAW X4

3 Solusi Terbaik Cara Mengatasi Error 24 Di CorelDRAW X4

Cara Mengatasi Error 24 Di CorelDRAW X4 – Apakah Anda salah satu pengguna CorelDRAW X4? Perlu Anda ketahui terkadang program CorelDRAW X4 akan mengalami bug/error. Tepatnya bug ini akan terjadi ketika kita pertama kali membuka CorelDRAW X4 untuk dijalankan. Ketika kita menjalankan CorelDRAW X4 akan muncul peringatan Error 24. Pesan error tersebut didalamnya bersisi perintah “Product Installation Unsuccessful, Please Reinstall (Error 24)“. Sekilas sepertinya kita diperintah untuk reinstall program CorelDRAW X4 dari komputer atau membuang (uninstall) CorelDRAW X4 kemudian memasang kembali (install).

Baca Juga : Cara Agar Font CorelDRAW Tidak Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain

Entah apa sebabnya saya juga tidak tahu secara pasti alasan tepatnya. Yang jelas jika CorelDRAW X4 Anda sudah muncul peringatan bug tersebut maka sama sekali CorelDRAW X4 tidak akan bisa dijalankan. Walaupun tampil peringatan untuk melakukan reinstall, namun percuma saja karena setelah CorelDRAW X4 kita lakukan reinstall tetap saja tidak akan bisa dijalankan. Lalu bagaimana solusinya?

Cara Mengatasi Error 24 Di CorelDRAW X4 (0)

Memang sangat menyebalkan jika CorelDRAW X4 sudah muncul peringatan Error 24. Apalagi jika kita dihadapkan sama pekerjaan yang numpuk dan harus secepatnya diselesaikan. Namun tenang saja karena disini akan memberikan solusi terbaiknya untuk mengatasi Error 24 pada CorelDRAW X4 tanpa install ulang.

Berikut Cara Mengatasi Error 24 Di CorelDRAW X4 Tanpa Install Ulang Dan Terbukti Sukses

Masalah Error 24 pada CorelDRAW X4 Anda tidak perlu menginstall ulang program CorelDRAW X4 atau bahkan Operasi Sistem Windows. Masalah ini dapat kita selesaikan kurang dari 2 menit.

Baca Juga : Cara Mudah Mengubah File Format CDR Ke JPG Dan PNG Dengan CorelDRAW

Disini saya membaginya kedalam 3 cara dan silakan Anda pilih cara mana yang dianggap paling mudah dan sesuai dengan operasi sistem serta komputer Anda.

1. Mengubah Pengaturan Tanggal Komputer

Dengan mengubah pengaturan tanggal komputer ke waktu lebih lama maka permasalahan Error 24 CorelDRAW X4 Anda akan teratasi. Bukan perkara sulit mengubah pengaturan tanggal komputer. Anda tinggal klik tanggal yang tampil di Taskbar komputer (kanan-bawah) kemudian klik pilih Change date and time settings…

Cara Mengatasi Error 24 Di CorelDRAW X4 (1)

Silakan Anda ubah pengaturan tanggal komputer menjadi waktu lebih lawas, misal 01 Juli 2016. Setelah mengubah pengaturan tanggal komputer sekarang Anda coba buka kembali program CorelDRAW X4 apakah masih tampil Error 24? Pengalaman saya dengan mengubah pengaturan tanggal komputer ini masalah Error 24 akan terselesaikan dan CorelDRAW X4 bisa dijalankan dengan normal.

Namun kendalanya dengan mengubah pengaturan waktu komputer ini maka akan muncul permasalahan baru, apakah itu? Bagi komputer Anda yang sudah terbiasa mengakses internet maka kini browsernya akan menolak ketika digunakan. Media browser seperti Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, Safari dan lain-lain tidak akan bisa digunakan jika pengaturan waktu komputer tidak sesuai dengan saat ini. Kecuali jika Anda mau ribet dengan mengubah waktu komputer ketika akan menjalankan CorelDRAW X4 kemudian diubah lagi waktunya ketika akan menggunakan internet.

2. Mengganti File Ekstensi .dta Lama Dengan Yang Baru

Jika Anda tidak mau dipusingkan dengan pengaturan waktu komputer secara terus menerus, maka tinggalkan cara pertama diatas dan lakukan cara kedua ini. Namun sebelum melakukan cara kedua silakan Anda dowaload dulu file DR14.dta kemudian tempatkan file tersebut pada C:\ProgramData\Corel\CorelDRAW Graphics Suite X4 (khusus pengguna OS Windows 7). Jika didalamnya ditemukan file DR14.dta silakan Anda replace saja untuk diganti dengan file yang baru.

Cara Mengatasi Error 24 Di CorelDRAW X4 (2)

Untuk pengguna Operasi Sistem Windows XP, silakan Anda letakkan file DR14.dta pada C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Corel\CorelDRAW Graphics Suite X4. Sekarang Anda coba buka CorelDRAW X4 dan saya yakin masalah Error 24 akan hilang.

Baca Juga : Masalah Ketika Install CorelDRAW X7 Di OS Windows

Biasanya folder Program Data dan Application Data statusnya Hidden sehingga jika kita tidak melakukan pengaturan lagi untuk menampilkan folder tidak akan terlihat. Untuk menampilkan folder yang status hidden lakukan langkah berikut.

Dari Windows Explorer silakan Anda klik pilih Organize kemudian Folder and search options.

Cara Mengatasi Error 24 Di CorelDRAW X4 (3)

Klik tab View dan klik pilih Show hidden files, folders, and drivers. Kini folder-folder yang tersembunyi akan terlihat bahkan file-file dan juga driver-driver. Jika nanti sudah melakukan copy paste DR14.dta untuk menyembunyikan kembali folder silakan ulangi langkah ini dan pilih Don’t show hidden files, folders, and drivers.

Cara Mengatasi Error 24 Di CorelDRAW X4 (4)

3. Mereset Protexis Licensing

Sebagai tambahan Anda juga bisa mengatasi Error 24 pada CorelDRAW X4 dengan melakukan langkah ketiga ini. Anda buka Run dari Start kemudian Run atau dengan langkah cepatnya menekan tombol Windows+R pada keyboard. Kemudian Anda ketikkan services.msc pada kolom Run, klik OK.

Cara Mengatasi Error 24 Di CorelDRAW X4 (5)

Setelah kotak dialog Services aktif silakan Anda cari Protexis Licensing V2, lihat gambar. Kemudian Anda klik kanan dan klik pilih Stop kemudian Start kembali. Restart komputer dan coba buka program CorelDRAW X4 dan seharusnya kini program CorelDRAW X4 sudah bisa dibuka secara normal.

Cara Mengatasi Error 24 Di CorelDRAW X4 (6)

Semoga dengan adanya artikel Cara Mengatasi Error 24 Di CorelDRAW X4 ini masalah Anda dapat teratasi dan Anda bisa kembali menggunakan program CorelDRAW X4. Saya harap artikel ini ada manfaatnya bagi siapapun yang membutuhkan dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

44 comments

  1. terimakasih banyak gan.. sangat membantu dan buka beberapa blog tak bisa ..setelah buka blok agan jadi berhasil..matur suwun

  2. matur suwun gan, penjelasanya rinci gak bertele tele dan berhasil gan, beberapa blog atau postingan video di youtube terlalu panjang prosesnya dan banyak yang menyarankan untuk instal ulang corelnya, cara no 2 work banget gan, matur nuwun :)

  3. terimakasih mas, corel x4 saya bisa jalan lagi. tadinya nyari-nyari di blog mana-mana engga ketemu. eh ditempat ini bisa. salam sukses ya…

  4. makasih gan,,,
    berhasil pake cara yg kedua…
    tadinya ane dh pusing gan….

  5. saya sudah coba pake cara kedua… tpi tetap gak mau terbuka. tiga kali sya coba replace dta lama sma yang baru tetap gak mau terbuka.

    mohon di bantu solusinya mas :)

    • Mungkin tidak direplace itu! Untuk lebih yakinnya coba hapus saja dulu DTA yang di C:\ProgramData\Corel\CorelDRAW Graphics Suite X4 kemudian ganti dengan yang baru (hasil download).

      • sama aza gan, sudah saya coba..sama aza hasilnya..saya udah coba cara keduanya yang agan maksud, semuanya berhasil alias x4 jalan terusss lagi

        • coba matikan antivirusnya gan. Temen-temen bisa smua termasuk punya saya..trimakasih agan yg posting.bravo

  6. wahyu setiarno

    Alhamdulillah,, terimakasih banyak gan, setelah download dr14 di cara 2 langsung kebuka…
    Sangat… sangat membantu…

  7. Ichsan Alamsyah

    Terimakasih banyak, Corel x4 saya bisa jalan lagi. dengan menggunakan cara men-copy DR14.dta. Tadinya saya sudah mencoba dengan menginstal ulang dan tidak berhasil…

  8. mas, lha kalau komputer saya masih windows xp gimana cara download DR14.dta nya atau tetap saya download saja kah,…….. terimakasih

    • Untuk Windows XP saya kan sudah cantumkan cara copy paste dr14.dta-nya. Coba baca lagi deh artikelnya sampai selesai! Tetap semangat dan semoga berhasil …

  9. cara 2 berhasil. blog ini sangat bermanfaat dan membantu sekali
    terimakasih,

    semoga sukses selalu……

  10. Cara no. 2 berhasil. Cara no. 1 ribet. Cara no. 3 gagal.
    Saya nyaris reinstall programnya. Terima kasih gan atas bantuannya.

  11. Ga berhasil !!!!!!

    Caranya sudah dicoba semuaga ada yang berhasil. TOlong ya
    TOlong dibantu :-

    • pake cara kedua mas

      Biasanya folder Program Data dan Application Data statusnya Hidden, show file hidden nya mas coba di centang biar bisa muncul >>ProgramData\Corel\CorelDRAW Graphics Suite X4

      setelah itu baru di copy file download tadi

  12. saya menggunakan cara ke 2 hasilnya memuaskan, trimakasih mas, sekali lagi trimakasih mas cara ke dua sukses di terapkan, blog yg sangat bermanfaat (y)

  13. Terima kasih Bosss, sangat bermanfaat. Panjang umur & sukses selalu. Cara 1 dicoba ternyata Ok Dengan cara 2 juga Oke banget

  14. Alhamdulillah udeh bisa, trima kasih gan udeh ngasih Elmunye, pala ampe Puyeng mikirin Corel ga bs di buka ….

  15. langkah paling mudah dan gak mikir gonta-ganti tanggal, ya langkah ke 2….selamat mencoba, saya udah mau pasrah download udah x8 semaleman laptop nyedot aplikasi eh 97% error…pas baca solusi ini, tak coba, maknyosss mantabbb… sukses selalu gan lanjutkan ke solusi yang lainnya

  16. top banget artikelnya, sangat bermanfaat sekali khusus untuk pekerjaan saya yang banyak berhubgungan dengan pengolahan vektor

    terima kasih

  17. trimakasih kang atas bantuannya dengan DR14.dta
    corel draw x4 saya bisa dibuka kembali
    hatur nuhun

  18. terima kasih agan, work banget nih, jadi bisa kerja lagi, thank agan sekali lagi. pada hal master x4 ane udah gak tahu ke mane

  19. super sekali berhasil yang DR14.dta.mksh kawan sangt manfaat.. arikel yg mantabbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb

  20. Thanks gan, sangat membantu sekali.
    dengan mereplace DR14.dta
    akhirnya aplikasi corel saya dapat digunakan kembali.
    once more thanks you :)

  21. Simpan DR14.dta nya gimana ya? ( kalau yang buat windows 8) tolong ya caranya….. Fast respon ya….

  22. Langkah nomor 2 yang nyari di Disk C itu ngga nemu, gimana tuh? Padahal udah di show semua.

    Sedangkan langkah nomor 3 tetep aja ngga jalan.

    Yang work cuma nomor 1, tapi itu ngga permanen.

    • gan kok saya gk bisa ya,kalo udah di c/programfile/corel/coreldraw graphics suits x4. Gimana lagi gan…. Saya gk bisa bisa…mohon dibantu

  23. Tuzzara Puspita

    Kak aku telat baca postingan ini. corel nya sudah terlanjur aku uninstall. coba install lagi tapi serial number tidak valid terus T_T udah download keygen lagi tapi masih tidak valid terus. bagaimana ya kak? mohon bantuannya T___T

    • Tazzura
      Saya awalnya sama kayak gitu jg, trus saat instal ulang mundurin aja tanggal pengaturan di komputer tahun 2015 maka instal akan jalan menggunakan keygen, trus baru gunakan cara nomor 2…

  24. Makasih Gan.. gegara ada tugas kantor yg butuh corel akhirnya baru tau klo corelnya dapat “error 24” untung dapat solusi disini dan tugas kantor saya bisa selesai dengan aman terkendali.
    sekali lagi terima kasih dan sukses terus ya Gan :D

  25. Tq gan berhasil…. saya udah obrak abrik semua blog untuk mengatasinya, tapi ga ada yang berhasil, pake psikey segala pas donlod file not found, akhirnya di blog ini saya berhasil, tq ya gan… semoga sukses…

  26. Yap sudah dicoba dan berhasil, coreldraw x4 ku sudah bisa dipakai lagi…Terima kasih,sangat membantu kami. Sukses selalu…

  27. Udah sy coba, dan Alhamdulilah bisa. Corel x4 ku sdh bisa berjalan lagi. Keren. Nuhun gan

  28. Alhamdulillah…… Matur tengkyu Broo….. aku download DR14.dta,…X4 ku sudah on maning, sangat… sangat… sangat membantu. sukses selalu Broo

  29. Matur nuhun sanget master! Alhamdulillah CDx4 sudah running lg !..hampir mo diuninstall total, hehe..

  30. dengan cara ketiga tidak berhasil,
    dengan cara kedua Alahmdulillah berhasil, ga perlu pake corel portable lagi sebagai pengganti
    Jazakallah om

  31. Imam Prasetyo

    Cara reset protexis licensing V2 untuk windows 7, punya saya tidak bisa padahal sesuai petunjuk antum ! apakah sebelum meriset tanggal sekarang dirubah, dan tampilan (klik ikon corelnya, apa gitu ! mohon penjelasannya.

    • 3 cara diatas hanyalah pilihan saja mas. Artinya mas bisa pilih langkah mana yang cocok dengan kondisi dan tingkat kemudahannya. Umumnya cara kedua yang telah sukses dan termasuk cara yang mudah.

  32. Cara kedua Alhamdulillah, jazakallah

    Cara 1 tanggalnya rubah ke 2008, masukan CR*CK/k*ygen setelah itu atur kembali ke 2016 akan muncul error 24 pilih cara 2 (copy dr14. Dat)

  33. terima kasih bos informasinya…
    pake cara pertama ribet ganti tanggal…

    ane pake cara kedua sama ketiganya, alhamdulillah berhasil…

    suwun infonya….

  34. mantab infonya! tadinya saya coba berkali-kali nggak bisa karena kurang teliti. saya cari program files, bukan program data. setelah dicek, saya cari program data dan melakukan cara ke 2, it works smoothly! sangat bermanfaat terimakasih!

  35. makasih min, sungguh sangat sangat membantu..hehe
    setelah hampir beberapa kali googling..
    akhirnya nemu disini..
    Terakhir coba di langkah 3 langsung work. thanks
    Untuk nomer 2 masih tetep gak ada perubahan, no. 1 juga sama aja..
    sy pake win 7 32bit

  36. maaf mau nanya gan..kenapa buka file vector yang ber extensikan eps dari hasil download kok di corel 14 error y a ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *