Home / Software / Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Hanya Dengan Modal Office Picture Manager

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Hanya Dengan Modal Office Picture Manager

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar – Jujur saya baru tahu kalau program Microsoft Office bisa untuk mengkompres gambar. Lebih tepatnya lagi Office Picture Manager sebuah program default Microsoft Office bisa kita gunakan untuk mengecilkan ukuran gambar (kompres/resize). Program ini akan otomatis ada atau satu paket begitu kita selesai menginstallkan program Microsoft Office. Saya sudah coba sendiri dan memang hasilnya software ini mampu mengecilkan ukuran gambar hingga lebih dari 60%. Cuma sayangnya kualitas gambar menjadi tidak jelas. Tapi walaupun begitu tidak ada salahnya Anda untuk mencobanya sendiri.

Baca Juga : Cara Kompres Gambar Hingga 98% Dengan Modal Software Gratis

Tidak banyak pengaturan untuk mengecilkan ukuran gambar di program Office Picture Manager sehingga memungkinkan kita untuk resize gambar dengan mudah dan cepat. Kita tidak bisa melakukan kompres gambar di Office Picture Manager dalam jumlah banyak sekaligus. Namun untuk mengecilkan gambar di program ini hanya bisa kita lakukan satu persatu saja.

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar 0

Bagi Anda yang suka upload-upload foto ke media sosial seperti Facebook dan yang lainnya maka disarankan untuk mengecilkan gambar terlebih dahulu sebelum diupload. Selain bisa menghemat waktu ketika upload dan juga akan menghemat kuota internet Anda.

Berikut Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Dengan Office Picture Manager

Walaupun seperti yang sudah saya uraikan diatas kalau kita mengecilkan ukuran gambar dengan Office Picture Manager tidak sebagus dibanding software-software lainnya, namun tidak ada salahnya Anda untuk mencobanya sendiri. Pengalaman saya selama suka kompres gambar yang paling bagus hasilnya menggunakan program Adobe Photoshop.

Baca Juga : Cara Resize Foto 100+ Dalam Hitungan Detik Di Photoshop

Ok kita mulai saja tutorialnya, silakan Anda buka program Office Picture Manager dari Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Picture Manager. Disini saya memberikan contoh pada program Microsoft Office 2007 dan untuk versi lainnya saya rasa langkahnya masih sama saja.

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar 1

Untuk menampilkan gambar yang akan dikecilkan ukurannya silakan Anda klik pilih menu File > Add Picture Shortcut… Kemudian silakan Anda cari lokasi gambar yang akan dikompres ukurannya.

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar 2

Jika sudah tampilannya seperti ini maka Anda cukup memilih gambar mana yang akan diubah ukurannya. Disini Anda cukup klik ganda (double klik) pada gambar.

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar 3

Setelah itu Anda klik pilih menu Picture > Compress Pictures…

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar 4

Mengecilkan ukuran gambar di Office Picture Manager terdapat tiga pengaturan, Documents, Web pages, dan E-mail messages. Anda coba-coba sendiri mana sekiranya yang cocok dengan selera Anda atau disesuaikan dengan kebutuhan saja. Terakhir klik OK dan gambar sukses dikompres kemudian klik menu File > Save As untuk menyimpan hasil gambar yang telah diperkecil ukurannya.

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar 5

Untuk jenis kompres Web pages ukuran gambar yang telah diperkecil menjadi sangat kecil sekali ukurannya. Saya juga pernah menggunakan settingan ini dimana gambar semula berukuran 3,97 MB setelah dikompres menjadi 23,4 KB. Sungguh perubahan ukuran yang mencengangkan, namun sayangnya hasil gambar sangat tidak jelas. Jadi saya tidak menyarankan untuk menggunakan pengaturan ini apalagi gambar yang Anda buat untuk artikel tutorial. Gambar yang dilampirkan pada artikel tutorial blog alasannya adalah untuk memperjelas maksud dari pembahasan artikel. Jika gambar yang dilampirkan tidak jelas maka percuma saja menggunakan gambar.

Baca Juga : Cara Resize Gambar Tanpa Merubah Dimensi Pixel

Ok untuk artikel Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Dengan Office Picture Manager dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan selamat mencoba semoga sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. saya baru tahu nih mas, ternyata kegunaan dari aplikasi Microsoft Office Picture Manager salah satu nya bisa untuk mengecilkan ukuran gambar ya.. sebelumnya karena tidak mengetahui kegunaan dari aplikasi ini jadi nya ya mengabaikannya. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *