Home / Photoshop / Mengembalikan Tampilan ~ Workspace Photoshop Ke Pengaturan Awal

Mengembalikan Tampilan ~ Workspace Photoshop Ke Pengaturan Awal

Cara Mengembalikan Tampilan Awal Photoshop – Entah sudah berapa lama saya tidak pernah posting tutorial Photoshop. Pada kesempatan baik ini mumpung ada pengunjung blog bertanya seputar Photoshop mending saya buat saja artikelnya. Sebetulnya cara mereset tampilan Photoshop ke pengaturan awal langkahnya tidak panjang. Namun sangat disayangkan jika pembahasan itu saya tulis di kotak komentar, karena biasanya pengunjung lain tidak akan mengetahuinya. Berbeda jika ditulis dalam sebuah artikel, walaupun inti permasalahan sangat pendek tapi kedepannya siapapun dapat mengetahuinya dengan mudah.

Baca Juga : Mengoptimalkan Workspace Pada Jendela Kerja Photoshop

Kenapa kita meski mengembalikan tampilan Photoshop ke pengaturan awal? Banyak sebab untuk menjawab pertanyaan itu, yang pasti adalah karena tampilan yang sekarang merasa tidak cocok dengan keinginan kita. Contoh lain penyebab kita meski mengembalikan setelan awal Photoshop adalah karena ada diantara tool Photoshop seperti layer, history panel, toolbox option, dan lain-lain yang hilang. Sehingga kalau begitu bukannya mudah dalam memanipulasi foto tapi malah akan kesulitan.

Cara Mengembalikan Tampilan Awal Photoshop (1)

Sebetulnya tampilan Photoshop itu namanya adalah Workspace. Jadi dengan kata lain mengembalikan tampilan Photoshop ke pengaturan awal itu adalah mengembalikan workspace Photoshop agar kembali seperti settingan default. Artinya workspace Photoshop agar kembali seperti saat pertama kali selesai install Photoshop.

Bukan hanya Photoshop saja yang memiliki workspace, setiap aplikasi atau program yang diinstall di komputer atau laptop akan memiliki workspace. Namun tentunya tampilan dan fungsi dari workspace setiap program pastinya akan berbeda-beda.

Pada intinya workspace pada setiap program ini memiliki fungsi untuk mempermudah pengerjaan kita dalam pengoperasian dari program itu sendiri. Contoh kecilnya workspace history panel pada Adobe Photoshop berfungsi untuk menampilkan history kegiatan kita selama pengerjaan projek di Photoshop. Jika kita ingin mengulangi kegiatan sebelumnya maka bisa memilih dari deretan pengerjaan yang ada dalam history panel, lebih jelasnya seperti fitur Undo dan Redo.

Berikut Cara Mengembalikan Tampilan Awal Photoshop Seperti Tampilan Pertamakali

Tampilan Photoshop yang acak-acakan karena sebelumnya kita telah mengatur workspace secara sembarangan maka sekarang kita bisa ubah kembali seperti tampilan pertamakali. Secara manualpun kita bisa melakukannya dengan klik keluar (close) pada setiap workspace. Namun jika terlalu banyak maka akan menghabiskan waktu lebih lama. Umumnya workspace yang akan dikembalikan ke tampilan awal adalah toolbox, kanvas atau layar kerja, menu bar, toolbox option, history panel, layer panel, dan panel-panel lainnya yang sebelumnya kita tampilkan.

Untuk mengembalikan tampilan workspace Photoshop ke tampilan awal caranya sangat sederhana saja, yaitu dari menu Window > Workspace > Default Workspace dan selesai. Disini saya memberikan contoh pada Adobe Photoshop CS3, namun untuk Photoshop versi lainnyapun langkahnya masih sama saja.

Cara Mengembalikan Tampilan Awal Photoshop (2)

Bagaimana mudah bukan? Walaupun artikel Cara Mengembalikan Tampilan Awal Photoshop ini sangat singkat, namun saya harap masih ada manfaatnya untuk siapa saja yang membutuhkan. Mungkin hanya itu saja dan sampai bertemu di artikel keren lainnya. Salam sukses.

 

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. wah, saya suka nih di situs IM ini, setiap pertanyaan yang dilontarkan dari pengunjung jika memang itu sangatlah penting untuk dibahas maka adminnya akan membuatkan artikel khusus nya .. terimakasih sudah menjabarkan pertanyaan saya tempo hari :D

  2. ternyata kalau habis mengotak-atik menu di photoshop, bisa dikembalikan lagi ke settingan default ya. baru tahu saya mas,makasih info nya

  3. boleh kah photoshop mengembalikan photo yang telah diedit menggunakan stiker kepada gmbar asal?? tapi mahu gambar dibalik stiker itu??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *