Home / Software / Cara Mengecek Untuk Mengetahui Kecepatan Menulis Membaca USB Flashdisk

Cara Mengecek Untuk Mengetahui Kecepatan Menulis Membaca USB Flashdisk

Cara Mengetahui Kecepatan Menulis Membaca Flashdisk – Umumnya ketika kita membeli USB Flashdisk apapun mereknya yang pertama kita perhatikan adalah kapasitasnya. Berapa GB USB Flashdisk yang kita beli kemudian baru menanyakan harganya. Padahal yang paling penting kita perhatikan adalah kemampuan kecepatan serta menulis dari USB Flashdisk itu sendiri. Percuma kita memiliki USB Flashdisk yang kapasitas besar, misal 64 GB namun kemampuan menulis dan membaca USB Flashdisk sangat lambat. Tentunya jika hal itu terjadi maka ketika kita melakukan copy paste data akan terasa lambat dan membutuhkan waktu lebih lama lagi.

Baca Juga : Kurang Dari 25 Detik Bisa Memperbaiki Flashdisk Write Protected Dengan Software

Sayangnya lagi pengetahuan untuk mengecek kecepatan menulis membaca USB Flashdisk saat ini tidak banyak orang yang tahu. Padahal hal ini sangat penting sekali kita ketahui. Dimana saat ini kapasitas USB Flashdisk terus mengalami peningkatan, maka faktor mengecek kecepatan membaca menulis Flashdisk jangan dikesampingkan.

cara-mengetahui-kecepatan-menulis-membaca-flashdisk-1

Fungsi utama USB Flashdisk adalah sebagai media penyimpanan data secara eksternal. Data file format apapun dapat kita simpan dengan mudah di dalam Flashdisk. Maka dari itu tidak ada alasan lain lagi untuk mengetahui speed read write Flashdisk. Mempunyai Flashdisk yang mempunyai kecepatan menulis membaca cepat maka tentunya akan lebih menghemat waktu ketika melakukan copy paste data.

Berikut Cara Mengetahui Kecepatan Menulis Membaca USB Flashdisk

Untuk mengetahui kecepatan membaca dan menulis Flashdisk, kita perlu menggunakan software atau aplikasi khusus lagi. Dari banyaknya software yang dapat kita gunakan untuk mengecek speed Flashdisk adalah USB Deview. Software ini sangat kecil ukurannya, yaitu sekitar 85 KB saja. USB Deview juga sangat praktis kita bawa kemana-mana dan tidak perlu kita install di komputer karena sifatnya portable. Untuk memiliki software USB Deview kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, alias gratis.

Download Software

USB Deview adalah software portable yang dibuat oleh Nirsoft yang fungsinya adalah untuk menghapus sederetan daftar perangkat USB yang pernah terhubung ke komputer. Fungsi lainnya adalah bisa digunakan untuk mengecek kecepatan membaca menulis USB. Bahkan bukan hanya USB Flashdisk saja yang dapat kita cek kecepatannya. Setiap media eksternal seperti Hardisk External, Scanner, dan sebagainya bisa menggunakan software ini untuk mengecek kecepatannya.

Cara menggunakannyapun sangatlah mudah, karena software ini portable maka setelah Anda mengekstraknya kemudian tinggal klik ganda aplikasi ini. Misal saya disini akan mengecek kecepatan menulis membaca Flashdisk yang sudah dihubungkan ke USB komputer. Dari jendela software USB Deview kemudian klik kanan dan klik pilih Speed Test.

cara-mengetahui-kecepatan-menulis-membaca-flashdisk-2

Klik Start Test untuk memulai pengecekan. Tunggu sebentar dan lama proses pengecekan tergantung kapasitas media eksternal yang kita cek.

cara-mengetahui-kecepatan-menulis-membaca-flashdisk-3

Berikut adalah contoh hasilnya. Untuk Flashdisk yang saya cek mempunyai kecepatan menulis (Write Speed) sebesar 5.24 MB/Sec dan kecepatan membaca (Read Speed) sebesar 27.89 MB/Sec.

cara-mengetahui-kecepatan-menulis-membaca-flashdisk-4

Sebagai rekomendasi software-software lain yang bisa kita gunakan untuk mengecek kecepatan USB Flashdisk adalah : SpeedOut, Flash Drive/Card Tester, USB Flash Benchmark, Check Flash, dan Crystal Disk Mark.

Ok mungkin artikel Cara Mengetahui Kecepatan Menulis Membaca Flashdisk dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses selalu!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Salam jumpa mas apa kabar nih?

    makasih info & softwarenya mas dengan begini sekarang saya bisa cek kecepatan flashdisk-flashdisk saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *