Home / Microsoft Office / Cara Mudah Menghitung Jumlah Karakter Tulisan Di Office Word dan Office Excel

Cara Mudah Menghitung Jumlah Karakter Tulisan Di Office Word dan Office Excel

Cara Menghitung Jumlah Karakter Tulisan Di Office – Pernahkah kita berpikir berapa jumlah karakter tulisan yang kita buat di Microsoft Office, baik itu Office Word dan Excel? Bagi Anda seorang blogger atau wordpresser mungkin sudah terbiasa untuk mengetahui jumlah karakter tulisan yang dibuatnya. Karena seorang blogger dan wordpresser mempunyai standar tertentu berapa jumlah karakter tulisan artikel yang harus ditulisnya. Umumnya mereka mematok minimal 300 kata keatas dari setiap artikelnya. Lalu bagaimana dengan kita yang profesinya bukan seorang blogger atau wordpresser? Apakah harus tahu juga bagaimana cara menghitung jumlah karakter tulisan?

Baca Juga : Cara Simple Mengetahui Jumlah Baris dan Kolom Di Office Excel Dengan Cepat

Apapun profesinya menurut saya kita perlu tahu cara mengetahui jumlah karakter tulisan. Entahlah untuk apa gunanya nanti namun yang jelas ilmu itu tidak akan berat untuk dibawa. Dan untuk mengetahui jumlah karakter tulisan di Office Word dan Office Excel ini tidak sulit.

Cara Menghitung Jumlah Karakter Tulisan Di Office (0)

Seperti yang sudah kita tahu bahwa setiap tulisan itu terdiri dari campuran huruf, angka, dan tanda baca. Bahkan dalam penghitungan karakter di Office Word dan Excel ‘spasi’ juga akan dihitung dalam karakter. Jika jumlah tulisannya sedikit tentunya bukan hal yang sulit jika kita menghitungnya menggunakan cara manual. Coba Anda bayangkan bagaimana jika jumlah tulisan yang harus kita hitung karakternya lebih dari 1000 tulisan? Sanggup tidak kita menghitungnya secara manual?

Berikut Cara Menghitung Jumlah Karakter Tulisan Di Office Word dan Excel Secara Otomatis

Jika ada cara yang otomatis buat apa kita mempertahankan cara yang manual, betul tidak? Adanya teknologi canggih seperti saat ini bisa kita gunakan untuk lebih mempermudah segala urusan dan pekerjaan bukan untuk mempersulit keadaan.

1. Cara Otomatis Mengetahui Jumlah Karakter Tulisan Di Office Word

Untuk mengetahui jumlah karakter tulisan di keluarga Microsoft Office ini saya membaginya menjadi dua bagian, yaitu di Word dan Excel. Karena hanya dengan dua program inilah yang paling sering orang gunakan dalam pembuatan dokumen.

Karena Microsoft Office Word diciptakan khusus untuk program pengetikan sesuai dengan namanya ‘Word’ (kata) atau pengolahan kata, maka dalam hal mencari untuk mengetahui jumlah karakter tulisan kita tidak perlu memerlukan aplikasi lainnya lagi. Secara otomatis pendeteksian jumlah karakter tulisan akan tampil di Status Bar Office Word. Silakan Anda lihat di Status Bar bawah kiri, disana ada tulisan Words. Setiap kita mengetikkan satu huruf di layar kerja Word maka angka pada Words tersebut akan bertambah. Kemudian jika kita hapus satu huruf tulisan di layar kerja maka angkanya akan berkurang. Nah itulah fungsi untuk mendeteksi jumlah karakter tulisan di Office Word. Contoh dibawah saya mempunyai tulisan yang memiliki jumlah kata¬†298.

Cara Menghitung Jumlah Karakter Tulisan Di Office (1)

Selain itu kita bisa mengetahui lebih lengkap lagi tentang jumlah karakter tulisan yang kita buat di Office Word. Silakan Anda klik pilih saja tulisan Words yang ada di Status Bar tersebut dan nanti akan tampil pop-up Word Count.

Cara Menghitung Jumlah Karakter Tulisan Di Office (2)

Pada jendela Word Count ini seluruh informasi tentang jumlah karakter tulisan akan disajikan secara lengkap. Statistiknya dimulai dari Pages, yaitu informasi jumlah halaman yang aktif di layar kerja Office Word. Untuk jumlah angka yang ditampilkan pada statistik Word (contoh dibawah 298) adalah jumlah karakter atau kata yang dihitung tanpa spasi. Contoh tulisan ‘Cara Membuat’ itu adalah berjumlah 2 karakter atau 2 kata.

Selanjutnya ditampilkan juga statistik Characters baik yang no spaces dan juga with spaces. Disana tertulis karakter tanpa spasinya adalah 3.405 dan jika dihitung dengan spasi adalah 3.688. Ini adalah jumlah karakter atau untuk mengetahui jumlah huruf yang kita tulis di Office Word. Disajikan juga statistik jumlah Paragraphs, Lines, dan sebagainya.

2. Cara Otomatis Mengetahui Jumlah Karakter Tulisan Di Office Excel

Lalu apakah di Office Excel kita bisa juga menghitung untuk mengetahui secara otomatis jumlah karakter tulisan? Ya, jawabannya tentu saja bisa! Microsoft Office Excel telah dilengkapi fungsi atau rumus yang bisa kita gunakan untuk mengetahui jumlah karakter dengan kode ASCII. Fungsi ini akan bekerja secara otomatis akan menghitung semua huruf, kata, kalimat yang kita seleksi termasuk tanda baca dan juga spasi.

Microsoft Office Excel diciptakan untuk memenuhi kebutuhan kita dalam pembuatan serta pengolahan data. Memang fitur untuk menghitung jumlah karakter di Office Excel ini berbeda dengan Office Word. Jika di Office Word secara langsung fiturnya sudah tersedia dan kita tidak perlu melakukan setting lagi. Tapi di Office Excel kita meski membuat dulu secara manual berdasarkan fungsi atau rumus yang telah direkomendasikan.

Fungsi yang dapat kita gunakan untuk mengetahui jumlah karakter tulisan di Office Excel adalah fungsi LEN. Ya dengan menggunakan fungsi LEN nanti kita dapat mengetahui secara otomatis jumlah karakter tulisan yang terdiri dari huruf, angka, tanda bacam, dan spasi.

Untuk menggunakan fungsi LEN caranya sangat mudah. Menggunakan fungsi LEN sama persis seperti menggunakan fungsi SUM, AVERAGE, MAX, dan MIN di Office Excel. Untuk mencobanya silakan Anda ketik kata-kata hingga membentuk sebuah kalimat pada baris dan kolom mana saja, contoh saya menulis dimulai dari baris dan kolom A1 saja.

Saya menulis kalimat dimulai dari Cell A1 sampai dengan Cell A2, kemudian saya ingin mengetahui jumlah karakter yang saya tulis tersebut dan jumlah karakter akan ditempatkan di Cell B1. Penulisan fungsi LEN adalah sebagai berikut :

=LEN(text)

Saya ketik =LEN pada Cell B1 kemudian ketik kurung buka ‘(‘ dilanjutkan dengan memblok tulisan (text) dimulai dari Cell A1 sampai Cell A2, terakhir ketik kurung tutup ‘)‘. Contoh : =LEN(A1:A2)

Cara Menghitung Jumlah Karakter Tulisan Di Office (3)

Begitu kita tekan Enter maka jika benar dalam penulisan fungsinya akan langsung tampil secara otomatis jumlah karakter yang selama ini kita cari. Contoh dibawah tulisan tersebut mempunyai 38 karakter (huruf berikut spasi). Jika tidak percaya silakan Anda hitung secara manual.

Cara Menghitung Jumlah Karakter Tulisan Di Office (4)

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara Menghitung Jumlah Karakter Tulisan Di Office Word dan Excel Secara Otomatis. Semoga artikel ini ada manfaatnya untuk siapa saja yang membutuhkan. Sampai bertemu lagi diartikel keren menariknya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Kalau yang sudah tahu gan ane…
    Tapi kalau excel baru tahu ini..
    Ternyata pakai rumus ya…
    .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *