Home / Teknologi / Cara Mudah Mengubah Waktu Komputer Windows Melalui Command Prompt

Cara Mudah Mengubah Waktu Komputer Windows Melalui Command Prompt

Cara Mengubah Waktu Melalui Command Prompt – Banyak sekali kegunaan waktu yang ada di komputer atau laptop bagi kita. Dengan ditampilkannya waktu yang meliputi tanggal, bulan, tahun, dan jam maka kita bisa mengontrol waktu setiap harinya. Bahkan jika waktu yang ada di komputer atau laptop tidak kita setting ke waktu yang sebenarnya maka browser internet-pun akan menolak. Waktu yang ada di komputer atau laptop bisa dijadikan alternatif lain jika kita tidak mempunyai alat pengukur waktu. Maka dari itu sebaiknya Anda selalu memperbarui waktu yang ada dikomputer jika seandainya sistem otomatisnya sudah tidak berjalan normal. Karena secara default waktu yang ada di komputer atau laptop akan berjalan otomatis walaupun komputer atau laptop kita matikan (shut down), kecuali jika perangkat keras komputer sudah ada yang bermasalah.

Baca Juga : Cara Membuat User Accounts Windows Menggunakan Command Prompt (CMD)

Cara Mengubah Waktu Melalui Command Prompt (1)

Untuk mengatur dan mengubah waktu di komputer Operasi Sistem Windows tidaklah sulit. Pengaturan ini tergolong sangat mudah dilakukan. Kita bisa mengubah waktu komputer dari berbagai cara. Diantaranya kita bisa mengubah waktu seperti tanggal, bulan, tahun dan jam melalui BIOS, Control Panel, dan juga melalui Command Prompt (CMD). Silakan Anda pilih saja mana yang termasuk langkah paling mudah dan cepat.

Cara Mengubah Waktu Komputer Windows Paling Mudah dan Cepat

Yang paling mudah dan paling cepat dalam mengubah tanggal, bulan, tahun, dan jam di komputer Windows adalah melalui Taskbar. Dari Taskbar-lah langkah yang paling mudah atau dari tampilan waktu yang bisa kita ketahui. Tepatnya waktu ini akan tampil di sebelah kanan Taskbar Windows. Untuk mengubahnya silakan Anda klik pilih waktu yang tampil di Taskbar kemudian klik lagi Change date and time settings.

Cara Mengubah Waktu Melalui Command Prompt (2)

Setelah jendela Date and Time tampil kemudian Anda klik pilih Change date and time.

Cara Mengubah Waktu Melalui Command Prompt (3)

Nah sekarang Anda tinggal mengubah waktu di komputer dengan waktu yang Anda inginkan atau disesuaikan dengan waktu saat ini. Untuk tanggal, bulan, dan tahun silakan Anda tentukan pada Date dan jam pada Time. Klik OK jika sudah selesai.

Cara Mengubah Waktu Melalui Command Prompt (4)

Diatas sudah saya singgung kalau mengubah waktu di komputer Windows bisa juga kita melakukannya melalui Command Prompt atau CMD. Ya memang benar untuk menentukan waktu komputer bisa menggunakan CMD juga. Memang banyak kegunaan dan fungsi Command Prompt ini.

Baca Juga : Cara Mudah Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD

Untuk mengubah waktu yang terdiri dari tanggal, bulan, tahun, dan jam melalui CMD memiliki dua perintah yaitu Date dan Time. Silakan Anda buka layar kerja Command Prompt dengan cara cepat yaitu gunakan kombinasi Logo Windows+R pada keyboard untuk membuka Run dan ketikkan CMD lalu Enter.

Pertama kita akan praktik mengubah tanggal, bulan, dan tahun melalui CMD. Silakan Anda ketik date dan tekan Enter. Nanti akan tampil tanggal, bulan, dan tahun saat ini. Untuk mengubahnya Anda tinggal mengetikkan tanggal, bulan, dan tahun dengan yang Anda inginkan. Formatnya Anda perhatikan intruksi yang tampil disitu. Kalau format waktu yang tampil pada gambar dibawah adalah dd-mm-yy artinya dimulai dari tanggal – bulan – tahun. Terakhir jika sudah mengetik tanggal, bulan, dan tahun yang Anda inginkan tekan Enter. Namun jika Anda tidak akan melakukan pengubahan maka jangan mengetikkan apapun disini.

Cara Mengubah Waktu Melalui Command Prompt (5)

Selanjutnya bagaimana cara mengubah jam dengan CMD? Caranya sama saja dengan langkah mengubah tanggal, bulan, dan tahun diatas. Cuma bedanya adalah kode perintahnya saja, jika tadi menggunakan perintah date namun untuk jam adalah menggunakan perintah time. Tekan Enter untuk mengetahui jam saat ini dan Anda ketikkan jam baru jika ingin diubah dengan format jam:menit:detik.

Cara Mengubah Waktu Melalui Command Prompt (6)

Ok mungkin hanya itu saja artikel singkat tentang Cara Mengubah Waktu Komputer Melalui CMD. Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba dan semoga sukses melakukannya. Sampai bertemu lagi di artikel menarik lainnya dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *