Home / Teknologi / Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Windows

Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Windows

Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Windows – Melakukan partisi pada hardisk komputer terkadang kita perlukan jika memang hardisk yang kita miliki belum dibagi-bagi lagi drivenya. Umumnya hardisk yang belum dipartisi adalah hardisk baru. Atau bisa juga sebagai bentuk kecerobohan kita kalau lupa melakukan partisi hardisk komputer pada saat install Windows. Kasus lainnya, mungkin saja tindakan kesengajaan kita yang awalnya menganggap kalau partisi hardisk di komputer tidak dibutuhkan. Sehingga setelah menyadari kalau partisi hardisk tersebut diperlukan, kita akan berpikir bagaimana cara melakukan partisi hardisk internal yang terpasang di komputer. Baiklah saya sekarang akan berbagi cara terbaik melakukan partisi hardisk komputer keluarga Windows.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Komputer Paling Mujarab

Kenapa saya memberi judul cara terbaik? Alasannya karena trik partisi hardisk internal komputer ini tanpa harus menggunakan software atau aplikasi lainnya. Tahukah Anda bahwa Operasi Sistem Windows itu sudah menyediakan fasilitas untuk melakukan partisi hardisk di komputer? Sehingga kita tidak lagi membutuhkan software lainnya. Namun sayangnya fitur untuk melakukan partisi hardisk ini hanya dimiliki oleh OS Windows 7 dan setelahnya, yaitu Windows 8. Jadi untuk versi Windows 7 kebawah seperti Windows XP kita meski menggunakan software/pihak ketiga jika kita ingin melakukan partisi hardisk di komputer.

Kenapa Harus Melakukan Partisi Hardisk Komputer?

Banyak keuntungan jika hardisk internal yang terpasang di komputer kita partisi. Sebagian besarnya jika kita memanfa’atkan fasilitas partisi hardisk komputer adalah sebagai berikut :

  1. Kinerja komputer akan meningkat kecepatannya. Karena jika hardisk dipartisi atau dibagi-bagi lagi drivenya, maka kita bisa memisahkan penyimpanan program dengan data. Kalau penyimpanan program dan data disatukan, maka kecepatan loading komputer akan menurun. Dan sangat disarankan, jika kita menyimpan data di komputer sebaiknya kita simpan di drive selain drive C. Jadi drive C hanya kita simpan program-program saja.
  2. Kita tidak akan kehilangan data-data penting ketika komputer diinstall ulang Windowsnya, kenapa? Karena seperti yang sudah diterangkan pada point 1 diatas, kalau kita telah memisahkan penyimpanan data-data penting/tidak kita simpan disatukan dengan program di drive C. Logikanya begini, jika komputer hange/error sehingga harus diinstall ulang. Dan masih mending kalau komputer bisa menyala dulu. Sehingga kita bisa melakukan backup data yang memang kita simpan di drive C. Namun jika komputer mendadak mati seketika dan tidak ada langkah tepat lagi kalau komputer harus diinstall ulang. Maka celakalah kita kalau banyak data-data penting yang tersimpan di drive C. Karena memang melakukan install ulang Windows itu adalah melakukan format data yang ada di drive C.
  3. Data penting akan terbebas dari infeksi virus-virus ganas. Virus menyerang komputer biasanya pertama yang menjadi sasarannya adalah data/file/program yang ada di drive C. Jadi jelas dengan melakukan partisi hardisk komputer, dan ini memang manfa’at dari point 1 diatas kalau kita bisa santai karena data-data penting kita sudah dipisahkan penempatannya.

Berikut Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Untuk Keluarga Windows

Baiklah mari kita bahas satu-persatu cara melakukan partisi hardisk di komputer. Cara ini saya lakukan di hardisk internal atau hardisk yang sudah terpasang di komputer. Dan Windows yang jadikan praktekkan adalah Windows 7. Untuk Windows 8 tahapan langkah-langkahnya masih sama saja.

Klik kanan My Computer yang terpasang di desktop atau yang terdapat di Windows Explorer. Kemudian Anda klik kanan pada My Computer tersebut dan pilih Manage. Ketika Computer Management sudah tampil dihadapan Anda, klik ganda (double klik) Storage kemudian klik ganda lagi Disk Management.

Sekarang yang tampil dihadapan Anda adalah daftar drive hardisk yang sudah terpasang di komputer Anda. Jika Anda awalnya telah melakukan partisi hardisk menjadi 3 partisi, maka yang yang tampil adalah drive C, drive, D, dan drive E. Namun jika awalnya belum melakukan partisi, maka hanya drive C saja yang tampil.

Sebelum melakukan partisi hardisk komputer, sebaiknya pertimbangkan dulu kapasitas hardisk yang Anda miliki. Jika memang kapasitasnya kecil, maka langkah bijaknya jangan melakukan partisi. Karena ruang yang tersimpan di drive utama/drive C semakin sesak untuk menyimpan program. Idealnya jika hardisk Anda memiliki kapasitas 8 GB, maka partisi maksimal menjadi 3 partisi saja.

Ok jika memang hardisk yang Anda miliki cukup untuk dipartisi, kita mulai cara partisi hardisknya tanpa menggunakan software ini. Anda masih di jendela Computer Management, selanjutnya klik kanan pada drive yang akan dipartisi/dibagi lagi. Contoh saya akan melakukan partisi hardisk pada drive E kemudian setelah klik kanan Anda pilih Shrink Volume…

Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Windows 2

Didalam kotak dialog Shrink Anda harus menentukan space/ukuran hardisk yang akan dipartisi. Disini saya cukup membuat partisi dengan ukuran 1 GB saja atau 1000 MB. Kemudian klik Shrink jika sudah menentukan spacenya.

Setelah melakukan Shrink ini, maka efeknya akan muncul sebuah partisi baru sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan. Sampai tahap ini partisi hardisk belum selesai, karena namanya masih Unallocated.

Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Windows 3

Anda klik kanan pada ruang hasil partisi yang baru saja dibuat, lalu klik New Simple Volume… Nanti jika muncul beberapa perintah Anda klik Next saja untuk melanjutkan ketahap-tahap berikutnya.

Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Windows 4

Nah pada bagian ini, Anda bisa menentukan nama partisi hardisk yang sedang dibuat. Isi kotak Volume label dengan nama yang Anda inginkan, contoh disini saya memberi nama Partisi Baru, kemudian klik Next.

Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Windows 5

Selamat, sekarang hardisk yang terpasang di komputer Anda sudah selesai dipartisi dengan sempurna dan siap untuk digunakan. Untuk membuktikannya, silakan Anda buka partisi hardisk komputer Anda dari My Computer.

Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Windows 6

Bagaimana Cara Menghapus Partisi Hardisk Komputer Yang Telah Dibuat?

Jika memang Anda membutuhkan cara menghapus partisi hardisk komputer, cara ini bisa dilakukan juga di kotak dialog Computer Management. Tapi sebelum melakukan cara ini, sebaiknya Anda cek dulu barangkali terdapat data penting yang sudah disimpan di dalam partisi hardisk yang akan dihapus. Jika ada, maka lakukan backup data atau pindahkan ke drive lain.

Untuk menghapus partisi hardisk komputer ini, Anda klik kanan pada drive yang akan dihapus lalu pilih Delete Volume… Jika muncul peringatan, klik Yes saja.

Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Windows 7

Setelah melakukan Delete Volume seperti langkah diatas, nanti partisi hardisk akan berubah menjadi warna hijau. Anda klik kanan lagi disitu lalu klik Delete Partition… Dengan begitu sekarang Anda telah sukses menghapus partisi hardisk yang tidak diinginkan.

Cara Terbaik Partisi Hardisk Komputer Windows 8

Mungkin untuk tutorial cara terbaik partisi hardisk komputer Windows ini dicukupkan sekian saja. Jika ada pertanyaan seputar cara partisi hardisk, maka bisa disampaikan di kotak komentar.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

9 comments

  1. iya, emg bagus kalo harddisk dibuat beberapa partisi, jadi tempat menyimpan file-file penting, bila suatu saat komputernya hang/di instal ulang, data yang ada di drive selain drive C: tersebut gak hilang…

    tips yang mantap banget gan, makasih

  2. mantap nih, kayanya saya juga harus bikin buat pengamanan file.terimakasih :)

  3. mungkin leboh baik pnecegahan aja sih ,
    disk doctor , saya biasa menggunakan tool .

  4. Rizki Pratama

    gan,hardisk saya 500gb,saya coba partisi.tapi hanya bisa 230gb.cara memperbaikinya gimana gan?mohon pencerahanya

    • Mungkin ada data yang hidden dan belum melakukan format ulang. Coba formatnya menggunakan CD Hiren atau bisa saja Harddisk badsector.

  5. bagaimana klo kasusnya drive C aja belum ada partisinya.. tanpa menginstal laptop/PC ada gak aplikasinya..

    • Maksudnya bagaimana ya? Bukankah artikel ini membahas bagaimana cara partisi hardisk komputer tanpa harus melakukan Install Windows?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *