Home / Android / Jangan Lakukan 6 Hal Berikut Karena Bisa Membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak

Jangan Lakukan 6 Hal Berikut Karena Bisa Membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak

6 Hal Membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak – Baterai bagi ponsel merupakan sparepart penting. Tanpa baterai tentunya ponsel tidak bisa kita jalankan seperti biasanya. Tahukah Anda kalau baterai ponsel itu termasuk sparepart yang paling sering rusak. Diantara sparepart-sparepart lainnya, hanya baterai sajalah yang seringkali cepat rusak. Untuk mengganti baterai ponsel yang rusak khusus yang original harus mengeluarkan biaya yang jumlahnya tidak sedikit. Parahnya lagi jika kita tetap bertahaan dengan menggunakan baterai ponsel yang rusak itu, maka sangat beresiko baterai dapat meledak serta terbakar.

Baca Juga : Inilah 3 Alasan Penting Kenapa Baterai Smartphone Jangan Dibiarkan Sampai 0%

Asal kita tahu bahwa salah satu faktor utama baterai ponsel cepat rusak adalah atas ulah pengguna itu sendiri. Artinya baterai ponsel cepat rusak bukan berarti kualitas baterai jelek atau yang lainnya. Umumnya baterai ponsel original dibuat sedemikian rupa yang mempunyai ketahanan dalam jangka waktu lama.
Umumnya pengguna ponsel hanya fokus pada perawatan bagian fisik saja. Mereka lupa untuk memperhatikan kondisi bagian dalam ponsel terlebih bagian baterainya. Untuk itu bagi Anda yang tidak ingin baterai ponselnya cepat rusak, maka sebaiknya untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang akan saya bahas disini.

Berikut 6 Hal Yang Bisa Membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak

Ada 6 hal yang bisa membuat baterai ponsel cepat rusak dan sebaiknya Anda harus menghindarinya. Berikut adalah penjelasannya :

1. Ponsel Tidak Pernah Anda Matikan Dalam Waktu Lama

Ponsel juga perlu istirahat apalagi jika Anda sebelumnya telah menggunakan ponsel secara non stop. Anda perlu mematikan ponsel secara berkala karena akan berakibat fatal pada baterai ponsel jika terus menerus digunakan. baterai ponsel akan cepat panas serta komponen-komponen lainnya yang ada didalam ponsel itu sendiri. Sebaiknya Anda berikan waktu istirahat sebentar untuk ponsel. Matikan ponsel ketika Anda tidak akan menggunakan ponsel dalam waktu lama seperti ketika tidur. Dengan begitu kinerja baterai akan tetap stabil.

2. Charge Ponsel Semalaman

Mungkin ini adalah kebiasaan kita yaitu mencharger baterai ponsel semalaman. Artinya kita charger ponsel ketika akan tidur dan mencabut charger paginya saat kita bangun. Sekilas ini adalah langkah efektif karena kita paginya dapat menggunakan ponsel dalam keadaan baterai full 100%. Ternyata kebiasaan ini adalah termasuk hal yang salah kaprah. Hal ini akan memperpendek umur baterai dan ujung-ujungnya baterai bisa cepat rusak. Daya baterai yang diisi terus padahal sudah penuh akan beresiko terjadi kebocoran pada baterai. Charger ponsel tidak otomatis atau ketika daya baterai sudah penuh tidak berhenti secara otomatis untuk mengisi daya. Maka daripada itu mulai sekarang jangan charge ponsel semalaman atau membiarkan charge terhubung padahal daya sudah full.

Baca Juga : 5 Cara Pengisian Baterai HP Android Super Cepat Hingga 75% Bahkan Lebih

3. Menggunakan Ponsel Ketika Sedang Di Charge

Menggunakan ponsel ketika di charge juga bisa membuat baterai ponsel cepat rusak. Malah sebaiknya ketika ponsel di charge ponsel dalam keadaan mati atau dalam kondisi mode Air Plane. Selain akan membuat umur baterai tahan lama dan juga mengisi daya baterai akan cepat penuh (full). Ketika ponsel sedang di charge dan kita gunakan maka suhu ponsel akan meningkat. Ponsel akan terasa panas dan panas tersebut dihasilkan dari baterai ponsel itu sendiri. Oleh karena itu hindarilah untuk menggunakan ponsel ketika sedang di charge.

4. Melepas Charge Padahal Daya Baterai Belum Penuh

Umumnya Smartphone saat ini akan menggubakan baterai jenis Li-ion. Artinya jenis baterai ini memiliki umur berdasarkan berapa kali baterai ponsel diisi ulang. Semakin sering Anda mengisi ulang baterai maka akan semakin berkurang juga umur baterai ponsel. Sangat disayangkan jika dalam pengisian baterai tersebut tidak sampai benar-benar full. Coba Anda bayangkan jika dalam sehari untuk mencapai daya baterai full Anda harus charge sampai 5 kali misalnya. Maka tentunya hal ini akan merugikan ketahanan baterai ponsel. Yang dihitung bukan berapa kali charge baterai sampai full 100%, namun barapa kali Anda charger baterai. Berapapun persentase daya baterai ketika di charge, maka itu akan dihitung.

5. Ponsel Dipakai Pada Tempat Suhu Panas

Menggunakan ponsel diluar ruangan atau ditempat suhu panas akan meningkatkan suhu panas berlebih pada mesin dan juga baterai ponsel. Baterai ponsel akan cepat rusak juga jika hal itu terus kita lakukan. Mulai saat ini hindari menggunakan ponsel di tempat yang suhunya terlalu panas. Sayangilah ponsel Anda terutama pada baterai. Anda tidak akan bisa menggunakan ponsel dengan normal jika baterainya tidak stabil. Ribet juga jika daya baterai sedikit-sedikit lowbat atau mudah ngedrop.

6. Charge Baterai Ponsel Dengan Charge Yang Tidak Sesuai

Penting juga Anda harus memperhatikan charge ponsel apakah sudah sesuai belum dengan spesifikasi ponsel. Hal biasa yang kita lakukan adalah yang penting kabel charge bisa masuk dan bisa mengisi daya. Tidak peduli itu adalah charge apa. Usahakan Anda menggunakan charge ponsel yang sejenis. Contoh jelasnya Anda bisa saja menggunakan charge Smartphone Samsung dengan charge Blackberry, Mito, Advan, dan sebagainya. Namun perlu Anda tahu sebetulnya bukan asal masuk saja. Karena masing-masing charge dibuat untuk disesuaikan dengan spesifikasi ponsel itu sendiri. Jika terus menerus baterai ponsel menerima daya charge yang tidak sesuai dengan spesifikasinya, ujung-ujungnya baterai ponsel cepat rusak juga. Jika charge bawaan sudah rusak, sebaiknya Anda membeli charge yang sesuai dengan spesifikasi sebelumnya. Atau usahakan Anda membeli charge yang original dan jangan asal masuk.

Baca Juga : 6 Cara Charge HP Yang Benar Agar Baterai HP Awet Serta Tidak Mudah NgeDrop

Ok mungkin hanya itu saja artikel 6 Hal Membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. sangat menarik informasinya mas, terimakasih telah memberi pencerahan mengeani baterai ponsel hehe semoga kedepanya lebih baik lagi blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *