Home / Teknologi / Info Agar Cartridge Printer Awet Panjang Umur

Info Agar Cartridge Printer Awet Panjang Umur

Info Agar Cartridge Printer Awet Panjang Umur – Pasti semua berharap kalau cartridge printernya supaya bisa bertahan lama awet dan panjang umurnya. Jika kita tahu bagaimana cara merawat cartridge printer dengan benar, maka harapan ini bisa terlaksana. Tentunya berbeda jauh jika kita menggunakan printer tanpa tahu ilmunya dalam hal merawat cartridge, maka cartridge printer akan cepat rusak. Dan ini bisa dikategorikan kepada hal pemborosan. Karena dengan seringnya ganti cartridge printer, ini akan menguras budget yang kita miliki. Maka dari itu pahamilah trik agar cartridge printer awet bisa panjang umurnya.

Baca Juga : Masalah Ketika Merakit Komputer Dan Solusinya

Sebenarnya apa sih cartridge itu? Cartridge adalah benda yang menempel pada printer. Tanpa cartridge maka printer tidak akan berjalan normal. Karena fungsi cartridge adalah benda penting yang berguna untuk menampung tinta yang selanjutnya tinta dialirkan ke head dan terjadilah percetakan. Dengan begitu, cartridge printer mempunyai peranan yang sangat penting agar printer bisa mencetak. Oleh karenanya, agar printer bisa kita gunakan terus menerus awet tidak tersendat-sendat karena cartridgenya rusak, maka kita harus paham betul bagaimana cara merawat cartridge.

Info-Agar-Cartridge-Printer-Awet-Panjang-Umur

Setiap printer mempunyai cartridge yang berbeda jenis. Seperti printer jenis EPSON cartridgenya terpisah dengan head. Ada juga antara head dan cartridge menyatu, contohnya printer jenis CANON. Begitupun jenis printer HP, cartridge  dan head tidak terpisah. Namun intinya fungsi cartridge semua jenis printer adalah sama, yaitu untuk mencetak.

Bagaimana Sih Cara Kerja Cartridge Printer Agar Bisa Mencetak?

Cara kerja cartridge printer dalam hal mencetak, sebenarnya diperintah oleh motherboard printer. Board printer ini awalnya bisa bekerja karena mendapat perintah mencetak dari komputer yang kita operasikan. Kemudian setelah mendapat perintah mencetak, board printer melanjutkannya ke cartridge atau head printer. Nah setelah mendapat perintah dari board, maka head printer akan bekerja untuk mencetak dan head akan mengatur secara otomatis bahwa warna tinta mana yang harus dikeluarkan. Jadilah sebuah percetakan karena tinta yang ditampung di cartridge kemudian disemprotkan melalui head printer.

Baca Juga : General Error EPSON TX101 Lalu Solusinya?

Tinta yang ditampung didalam cartridge selain berfungsi untuk proses mencetak, berfungsi juga sebagai pendingin head printer. Kenapa head perlu ada proses pendinginan? Karena ketika head sedang bekerja mencetak, tinta bisa mengalir karena sudah diatur oleh filamen yang terdapat di head printer hingga tinta menjadi encer. Filamen ini akan memanas ketika head sedang bekerja mengeluarkan tinta. Dengan begitu, mengalirnya tinta ke kertas cetak maka berfungsi juga sebagai pendingin filamen ini.

Kemudian Bagaimana Agar Cartridge Printer Awet Bisa Panjang Umurnya?

Berikut akan saya coba terangkan cara merawat cartridge printer supaya awet tidak sebentar-sebentar harus diservis atau diganti. Cara ini merupakan berdasarkan pengalaman sendiri dan sudah terasa manfa’atnya. Kemudian jika Anda mempunyai cara lain, bisa disampaikan di kotak komentar.

  1. Kalau kita mempunyai banyak kerjaan untuk print dalam jumlah banyak, maka sebaiknya kita jangan melakukan percetakan sekaligus. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa proses print itu menggunakan filamen yang terdapat di head printer. Jika kita mencetak dalam jumlah banyak disekaliguskan, maka filamen head ini akan cepat panas dan menimbulkan cepat rusaknya head printer.
  2. Masih kaitannya dengan filamen head pada point satu. Jika kita sudah tahu bahwa tinta yang terdapat di cartridge sudah habis atau sedikit lagi, maka berhentilah untuk mencetak. Kenapa? Karena itu dia, filamen ini akan kepanasan karena tidak ada tinta yang mengalir. Sedangkan fungsi tinta ini selain untuk mencetak berguna juga untuk mendinginkan filamen head.
  3. Usahakan agar selalu mencetak semua warna yang terdapat di dalam cartridge. Dengan jarangnya digunakan printer untuk mencetak, maka lama kelamaan head printer akan tersumbat. Karena sebelumnya head printer sudah pernah dilakukan mencetak. Jadi bukannya akan awet jika printer jarang kita gunakan. Justru ini akan menyebabkan dan tanda-tanda cartridge printer cepat rusak.
  4. Jika printer lama tidak kita digunakan, maka sebaiknya jangan dulu langsung melakukan proses mencetak. Saya sarankan agar melakukan cleaning dulu pada printer. Caranya mudah saja, dari Devices and Printers yang terdapat di Control Panel lalu pilih printer yang akan kita cleaning. Klik kanan pada gambar printer pilih Printer Properties. Kemudian kita klik Preferences… dan Maintenance.
  5. Dengan banyak merk tinta yang tersedia dipasaran, maka akan membuat bingung kita dalam memilih produk mana yang paling baik. Dalam hal ini terserah Anda mau memilih jenis merk tinta apapun. Namun yang sarankan, sebaiknya gunakan satu merk tinta saja untuk printer yang kita miliki. Jadi sangat tidak baik jika kita sering gonta-ganti merk tinta. Kenapa? Karena menurut saya dari masing-masing merk tinta, biasanya dalam hal keencerannya berbeda-beda.
  6. Apakah printer yang kita miliki diinfus? Jika benar, maka usahakan setiap kita selesai menggunakan printer selalu ditutup lobang tabung penampung tinta. Dan buka kembali jika kita ingin menggunakan printer untuk mecetak. Jika kita lupa menutupnya ketika printer dimatikan, ini dikhawatirkan nanti akan masuk angin melalui lobang tersebut. Dan akhirnya tinta tidak bisa mengalir dengan normal dari tabung infus ke cartridge. Dengan begitu, cartridge tidak menerima tinta dari tabung tersebut, dan akan kekeringan.
  7. Jika printer kita tidak diinfus, maka sudah pasti jika tinta habis di dalam cartridge maka kita akan melakukan isi ulang dengan cara manual. Nah saya sarankan ketika melakukan isi ulang tinta, usahakan tintanya jangan sampai terlalu penuh. Ini tidak baik bagi kesehatan cartridge. Karena cartridge akan sulit menekan tinta atau memompa tinta dari dalam cartridge ke head ketika mencetak. Dan ini bisa membuat tinta di dalam cartridge keluar dari lobang tempat isi tinta dan akan mengalir ke chip cartridge. Jika begitu, chip cartridge akan cepat rusak.

Mungkin hanya itu saja tujuh point penting yang merupakan trik agar cartridge printer bisa awet tahan lama dan panjang umurnya. Anda ingin menambahkan? Silakan saya tunggu komentarnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

10 comments

  1. cartridge ini memang sering sekali bermasalah harganya mahal lagi

  2. aku baru beli printer buat dirumah,jadi ini sangat bermanfaat dan bisa kasih saran ke teman :D
    harganya lumayan mahal , jadi harus disayang hahaha

    • Iya mas, sayangilah produk-produk sendiri apalagi harga belinya lumayan mahal. Dengan begitu kita akan pintar menghemat pengeluaran … :D

  3. Komponen printer yg sering rusak ni terutama untuk sy pribadi haha, jarang kalo punya printer bisa awet rata2 6 bulanan dah ga bisa dipake kecuali ganti cartridge

    • Iya mas cartridge ini sering banget rusaknya apalagi terlalu sering dipake atau bahkan jarang banget dipakenya. Terutama yang rawan sekali kerusakkannya adalah sering gonta-ganti tinta …

  4. saya mau tanya
    cartridge saya kalo di cocol ke tisue ada semua warna nya tapi pas di pake ga keluar tinta nya padahal msih baru tolong dong info nya

    • Coba cartridgenya direndam dengan air panas selama 5 menit. Yang direndam cuma bagian printheadnya saja, tidak semuanya. Jika gagal mas coba beli Toolkit Alat Penyedot Cartridge, mungkin di Print Head ada yang tersumbat walaupun dicek dengan kain tissu normal.

  5. oke tips nya mantap … tentunya agar tidak mudah gonta ganti cartridge. Karena cartridge adalah jantunge printer. tanpa itu mana bisa ngeprint … terima kasih

  6. mau tanya mas,setelah dilakukan semua perwatan di atas umur cartridge rata-rata berapa lama sih mas? cartridge saya di cocol tissue keluar tinta nya,tapi pas ngeprint putus-putus,kata teknisi nya sih memang cartridge nya udh rusak matanya,aus gitu jadi kalo dipake ngeprint hasilnya putus-putus,apa benar begitu mas? mohon infonya.

    • Biasanya kalau kasus seperti mas itu karena awalnya suka menggunakan tinta non-original. Jika ditanya umur catridge itu tidak bisa ditentukan mas. Jika printer terus menerus digunakan setiap hari mencetak dalam skala besar maka bisa menyebabkan ketahanan printhead cepat aus juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *