Home / EPS-Topik Korea / Info Lowongan Kerja Korea Selatan 2015

Info Lowongan Kerja Korea Selatan 2015

Info Lowongan Kerja Korea Selatan 2015 – Anda tertarik ingin bekerja di Korea Selatan? Sehingga Anda mencari-cari info lowongan kerja di Korea. Jika benar, mungkin Anda bingung bagaimana cara untuk bisa bekerja di Korea?  Berapa total biaya dari awal hingga beres mengikuti program ini? Dan yang tidak kalah penting untuk diketahui, berapa gaji jika bekerja di Korea Selatan? Lalu kapan info lowongan kerja di Korea Selatan? Terutama info lowongan kerja terbaru 2015. Anda tidak salah lagi membaca artikel ini. Karena saya akan coba menerangkan prosedur dari awal sampai dengan selesai.

Baca Juga : Daftar EPS-Topik Online CTKI Korea

Cara Bekerja di Korea Selatan

Hal yang paling dasar untuk bisa bekerja di Korea Selatan adalah Anda harus lulus ujian. Ujian Bahasa Korea bagi yang ingin bekerja di Korea Selatan adalah EPS-Topik. Lalu apa itu EPS-Topik? Anda bisa baca di tulisan saya sebelumnya tentang Formulir Pendaftaran EPS-Topik.

Info-Lowongan-Kerja-Korea-Selatan-2015

Maka dari itu, Anda harus menguasai Bahasa Korea. Bukan berarti Anda harus menguasai seluruh Bahasa Korea. Namun disini, Anda cukup mempelajari Bahasa Korea tertentu saja. Artinya Bahasa Korea yang sudah ditentukan sebagai panduan agar bisa lulus ujian EPS-Topik. Dengan kata lain mempelajari Bahasa Korea sesuai Kurikulum yang berlaku.

Lalu Kurikulum apa yang masih berlaku sampai saat ini? Sejak tahun 2013, Kurikulum Bahasa Korea khusus untuk peminat kerja di Korea adalah Textbook. Textbook merupakan sebuah buku pedoman yang berisi materi-materi penting. Materi Textbook berisi tentang kosakata percakapan, kebudayaan Korea, latihan-latihan soal, dan lain-lain. Nanti seluruh soal ujian EPS-Topik diambil dari materi Textbook tersebut. Selengkapnya bisa Anda lihat pada tulisan materi Textbook.

Berapa Biaya Untuk Bisa Bekerja di Korea Selatan?

Masalah biaya ini relatif, tidak ada ketentuan khusus. Hal yang paling terlihat perbedaannya dalam hal biaya adalah prosedur awal. Proses kerja ke Korea ada yang dilakukan secara mandiri, namun ada juga yang melalui jasa orang lain. Karena dasarnya dari tidak tahu, maka lebih baik menggunakan pihak lain, contoh sponsor. Padahal prosedur resminya, kerja ke Korea itu tidak ada yang namanya sponsor.

Selanjutnya yang membedakan biaya ke Korea antara satu dengan yang lainnya adalah tempat belajar Bahasa Korea. Karena seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa syarat wajibnya adalah harus lulus ujian. Maka langkah yang paling baik jika Anda pemula, sebaiknya Anda belajar di LPK saja. Dan biaya pelatihan Bahasa Korea di LPK itu masing-masing daerah berbeda. Namun untuk gambaran, Anda bisa lihat pada tulisan saya tentang Prosedur Melamar Pekerjaan ke Korea.

Berapa Sih Gaji Jika Bekerja di Korea Selatan Itu?

Jika melihat nominalnya, memang gaji kerja di Korea itu lumayan besar. Gaji Pegawai Negeri Sipil Indonesia kalah jauh. Namun sebaiknya Anda jangan terlalu berambisi dengan melihat gajinya. Karena proses untuk bisa bekerja di Korea Selatan itu sulit sekali. Bahkan jika Anda luluspun itu tidak menjamin Anda akan diterima bekerja di Korea. Karena nanti setelah lulus akan diadakan seleksi lagi. Dan penentuan akhir adalah tergantung perusahaan mau menerima Anda atau tidak. Jadi lulus ujian itu hanya sebuah syarat untuk bisa melamar pekerjaan di Korea saja.

Jika Anda beruntung bisa diterima untuk bekerja di Korea, maka gaji kerja di Korea itu sebesar sekitar 1 juta Won atau kira-kira 12 juta rupiah. Itu adalah gaji standarnya, karena belum termasuk gaji lembur, dan lain sebagainya.

Kapan Info Lowongan Kerja Korea Selatan 2015?

Nah sekarang jika semuanya sudah siap, artinya Anda sudah mempunyai amunisi pembelajaran Bahasa Korea. Langkah selanjutnya adalah Anda mengikuti ujian EPS-Topik. Mungkin yang menjadi pertanyaan adalah kapan info lowongan kerja di Korea Selatan? Info lowongan kerja ini dalam setahun tidak tetap. Terkadang dalam satu tahun diadakan satu kali dan dua kali. Namun paling sering diselenggarakan dalam setahun cuma satu kali.

Di tahun 2015 , ketika artikel ini ditulis belum ada kepastiannya kapan EPS-Topik akan diadakan. Namun untuk pendaftaran EPS-Topik, sekarang sudah dibuka. Dan sekarang sistem pendaftaran EPS-Topik dilakukan secara sistem online. Ini baru pertama kali dilakukan. Karena biasanya diselenggrakan secara offline. Atau Anda datang langsung ketempat pendaftaran EPS-Topik.

Jika Anda berminat, caranya bisa Anda lihat pada tulisan saya tentang Cara Daftar EPS-Topik Online CTKI Korea. Pada tulisan tersebut, diterangkan dengan lengkap, bahkan disertai gambar yang jelas.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

149 comments

  1. Wah bisa gajian sampai sekitar 12 juta rupiah ya mas jika kita bisa bekerja di Korea Selatan. Saya yakin banyak juga ya pencari kerja ini yang mencari lowongan kerja di Korea Selatan. Kalau menguasai bahasa inggris bisa ndak mas jika kita mengajukan lowongan kerja di Korea Selatan ?. btw terima kasih atas info menarik nya mas. :D

  2. info yang bermanfaat nich bagi mereka yang ingin merantau ke luar negeri khususnya Korea Selatan
    nice share

  3. yup kadang kabanyakan orang hanya mau bekerja, tanpa melihat kemampuan dan spesifikasi apa yang dimiliki dalam bekerja. saya juga salut gan dengan korea, karena untuk mendaftar pada salah satu perusahaan saja mereka menerapkan tes beberapa kali, itu karena mereka tidak mau mempunyai pegawai asal comot yang nantinya bisa merugikan dalam bekerja…semoga aja para pencari kerja di korsel bisa sadar akan hal ini. ok makasih infonya.

    • Ya mbah. Tapi intinya orang Korea menginginkan pekerja yang paham Bahasa Korea saja. Artinya tanpa memiliki keahlian apapun bisa diterima bekerja. Karena tidak ada test yang menuntut harus mempunyai keahlian khusus.

  4. Wah bertemu artis” korea nih hhehe prospek kerja dinegara korea memang bagus ya mas

    • Ya mas. Dilihat dari gajinya lumayan tergolong besar dibanding pekerja di negara lainnya.

  5. Jauh amat lowongan kerjanya x_x

  6. Ya…sekarang dimana-mana cari kerja memang susah, jangankan kerja di luar negeri, di dalam negeripun begitu sulitnya. Bagi yang selama ini belum mendapat kerjaan.. sebaiknya cari saja jalan lain, sebab kerja di orang lain bukan satu-satunya cara mencari uangng.. masih banyak jalan lain menuju Rhoma.. asalkan kita kreatif. Browsing..gunakan Google untuk mencari tau gimana cara mendapat uang melalui internet.

    • Ya mba, mending kalau susah proses itu ketika diterima penghasilannya seimbang dengan segala usahanya. Ini daftarnya susah, tapi gaji tidak sesuai. Namun semua sudah ada garis takdirnya, walaupun kita diberi keleluasaan untuk berusaha semaksimal mungkin dan keputusan tetap ditangan Allah SWT.

  7. Hihihihi maunya ketemu sama artis Korea ya?

  8. saya dengar-dengar disana banyak gajinya ya mas, pengen kerja di korea tapi sudah terlambat kayaknya, sabar dan usaha aja di rumah ah

    • Ya mas dirumah juga jika kreatif Insya Allah akan menghasilkan yang lumayan. Apalagi blog mas Purnama sudah approve AdSense.

  9. wah jadi TKW kayaknya enak, gajinya besar, kontrak kerjanya berapa tahun itu ya mas kerja di korea?

  10. Mas ko aku pngn daftar kagagk bisa” ya….

  11. Beneran lowongannya itu maz?
    Kok tman saya ada yg tertipu… sudah bayar tp gk brangkat2

    • Mungkin temannya terjerat oknum mba. Dan satu hal lagi masalah ke Korea itu tidak hanya faktor kelulusan tes eps topik saja. Namun faktor-faktor penting lainnya juga banyak. Dan setelah user mengajukan lamaran via sending, hanya pihak korea saja yang berhak menentukan apakah diterima atau tidaknya. Yang jelas jika ingin prosesnya lancar, usahakan hasil nilai ujiannya memenuhi syarat kelayakan mengikuti skill test.

  12. Kalo kantor penyalur tenaga kerjanya jelas dan legal, pengen juga cari pengalaman kerja dan berkarir di korea

    lumayan

    • Ini sangat jelas mas. Program ini adalah Goverment to Goverment antara HRD-Korea dan Indonesia (BNP2TKI). Silakan mas buka web BNP2TKI saja untuk info lebih lengkapnya.

  13. pingin banget kerja di korea…tapi sayang biayanya enggak mampu…andai saja ada orang mau biayain dulu hehe

  14. duhhhh telat,kapan buka pendaftarannya lg mas????minat nih,,,, itu biasanya stlh pendaftaran,tes nya brp hr setelahnya y?

    • Daftar EPS-Topik untuk PBT biasanya diselenggarakan hanya sekali dalam setahun. Dan biasanya dilaksanakan pada bulan Juni setiap tahunnya. Namun untuk CBT bisa lebih dari satu kali dalam setahun. Bisa dua kali bahkan tiga atau empat kali.

  15. lalu kenpa y ada yg lulus ujian tapi udah 3tahun gk di panggil panggil…? trus klox kayak gitu apa gk jdi trerbng kesana ?
    trus biaya yg udah masuk di kmbalikan atau tidak? mohon jawabannya?

    • Peminat untuk bisa bekerja di Korea Selatan itu setiap tahunnya banyak sekali. Sedangkan bekerja di Korea Selatan dibatasi dengan kuota. Lulus ujian itu hanya sebuah syarat agar kita bisa melamar kerja ke perusahaan Korea. Nanti berkas lamaran tersebut akan dipilih secara random oleh pihak Korea Selatan. Jika tidak jadi berangkat seluruh biaya yang sudah masuk tidak akan kembali. Dan biaya yang masuk itu hanya biaya pendidikan, biaya pendaftaran ujian, jika dijumlahkan sekitar 3 jutaan. Jadi biaya besarnya belum keluar, karena biaya terbesar adalah ketika PAP/Prelim. Sedangkan PAP/Prelim tersebut itu adalah training yang sudah pasti kita berangkat karena sudah ada kontrak kerja.

  16. Kalau di korea kerjaanya berat banget nggak sih bos?
    terus kalau ujian eps-topik itu setandar nilai bagusnya berapa ya bos?

    • Kerja dimanapun ga ada yang ringan bos. Apalagi kerja di Korea itu gajinya besar, maka jelaslah kerjanya juga seimbang.

  17. ass..
    mas saya sangat brminat kerja di korea tp saya tidak punya modal besar,kira2 bisa kasih solusi ga mas…

    makasih.

    • Salam. Untuk sementara mas belajar bahasa Korea dulu di LPK yang menurut mas cocok. Nanti coba ikuti ujiannya … Biaya ke Korea yang besar itu ketika PAP nanti, itupun kalau mas lulus ujian.

  18. vicky ahsani

    ass,
    jika gk ikut kursus hahasa korea,trus blajar bahasa korea sendiri,itu bisa ikut ujian apa nggak,????

    • Belajar Bahasa Korea secara mandiri bisa untuk daftar ujian Bahasa Korea. Kuncinya asal mampu untuk menjawab soal-soal test nanti.

  19. worth info~~
    Saya ingin sekali bisa bekerja/ melanjutkan kuliah di korea. Karena saya seorang kpoper, alhamdulillah saya sedikit menguasai hangeul dan kosa kata BaKor. Pertanyaan saya EPS-Topik itu biasanya diadakan pd bulan apa saja y? kalau sponsor, kira-kira sponsor apa saja yg trusted? terima kasih sebelumnya *deep bow*

    • Ujian EPS-Topik sektor PBT biasanya diselenggarakan satu tahun sekali dan setiap bulan Juni setiap tahunnya. Namun untuk jenis CBT bisa lebih dari satu kali. Terkadang dua, tiga, bahkan sampai empat kali dalam setahun.
      Program EPS-Topik tidak ada sponsor kuncinya hanya bisa menyelesaikan ujian Bahasa Korea (EPS-Topik) yang diselenggarakan HRD-Korea melalui BNP2TKI.

  20. mas mau nanya… ada gak agen resmi yang mau ngurusin dari mulai latihan sampai ujian… saya berminat ingin kerja di korea tapi saya masih awam sekali…
    dan untuk wanita apakah peluang sama banyaknya dengan pria ? boleh gak sih pke jilbab ?
    makasih

    • Agen resmi yang mengelola proses kerja Korea sistem G to G EPS-Topik adalah BN2TKI mba. Pertama mba bisa belajar di LPK Bahasa Korea untuk mendalami ilmu bahasa Korea, kemudian mba daftar EPS-Topik yang diselenggarakan pemerintah setiap tahunnya.

  21. mas apa bedanya PBT dan CBT ya? trus biaya utk tes EPS-topik itu berapa?? dan katanya clo udah lulus pun masih ada tes. apakah tesnya masih tentang bahasa korea?terima kasih mas….

    • Paper Based Test (PBT) ujian menggunakan kertas. Computer Based Test (CBT) ujian menggunakan komputer. Biaya ujian sangat murah, tidak lebih dari 4 ratus ribu. Maksudnya tes apaan?

  22. itu semua yng ada diatas, berlaku buat smua orang yng mau ngelamar kerja dibidang apapun? ato cuma kaya tkw? ato gimana ya? masi agak binggung,,,, kaya saya misal mau ngelamar kerja di bidang komunikasi? mohon infonya…

    • Kerja ke Korea Selatan resmi melalui Program EPS-Topik yang dikelola oleh BP2TKI. Sektor pekerjaan hanya terdiri dari 2 sektor saja (khusus Indoensia). Sektor Manufaktur dan Fishing. Semua bisa melamar kerja ke Korea, asal persyaratannya terpenuhi.

  23. nice, sy 37 thn, tinggi 161 cm, berat yg agak keberatan , 100 kg, masih memungkinkah. untuk thn ini ada berapakali penerimaan krn thp 1 dah lewat ?

    • Maksimal usia 39 tahun dan berat badan serta tinggi badan tidak ditentukan. Yang penting jika usia dibawah 40 tahun kemudian syarat utamanya lulus ujian Bahasa Korea (EPS-Topik). Untuk jenis PBT (Manufaktur) biasanya dilaksanakan ujian setiap bulan Juni setiap tahunnya. Jika jenis CBT (fishing) tidak tentu, terkadang dua kali, tinga kali, empat kali, dalam setahun. Pantau terus web BNP2TKI untuk mengetahui informasi waktu ujian. Atau mas bisa gabung di grup Facebook ini.

  24. kalau saat pndaftaran pada LPK umur kurang 6 bulan dr 18 tahun gmana mas?
    kmudian apakah LPK akan menerima seluruh pendaftar ?

    • Kurang 6 bulan bisa diterima mas, karena intinya ketika nanti daftar ujian EPS-Topik tidak kurang 6 bulan lagi. Waktu 6 bulan bisa dimanfa’atkan belajar di LPK Bahasa Korea.

  25. Gann ujian cbt fishing 2015 kapaNn yah… Soalnya kemaren ga lulus pbt .. Syapa tauu bisa dapet info #hatur nuhunn infonaa

    • Waktu tepatnya saya belum mendapat info gan. Biasanya pada bulan Oktober suka ada ujian EPS-Topik sektor Fishing.

  26. tinggi badan minimal brp mas…… ada kriteria g masalah tinggi badan…… tu yg bikin saya rada minder kekorea.. aslinya pingin bget…. nyenengin ortu

    • Tidak ada kriteria tinggi badan mas. Yang penting mas nanti lulus ujian Bahasa Korea dan sehat tidak memiliki penyakit membahayakan.

  27. Kalo ada oknum yg ngakunya bisa membantu lulus ujian gimana bos? Takut nih kalo penipuan… apakah dari semua sistem ujian itu murni dari pihak korea tanpa campur tangan orang indonesia??

    • Jangan percaya sama orang yang mengaku akan menjamin kelulusan Test EPS-Topik mas. Sistem ujian Bahasa Korea ini adalah murni atas hasil peserta EPS-Topik yang benar-benar mengerjakan soalnya.

      • Ijazahnya harus smp ya.tnpa ijazah boleh tidak.ijazah sya hilang,tinggal ijazah SD.sya sdikit bisa nulis hangul korea dulu prnah belajar

        • Sebenarnya Ijazah itu tidak terlalu dipermasalahkan, jika tidak ada gunakan Ijazah SD juga bisa. Silakan mulai belajar bahasa Korea dari sekarang kalau minta kerja ke Korea.

  28. nur devi sartika

    saya mau kerja di korea mau info nya donk, berapa besar biaya yang di keluarkan jika ingin bekerja di korea?oia ini masih bisa daftar kah ? #gomawo

  29. jadi intinya harus bisa bahasa korea ya klo mau kerja ke korea , trs kalo keluar biaya keseluruhan berapa ya?
    kalo di lampung ada gk tempat pendaftarannya?

    • Semua artikel tentang kerja ke korea sudah saya tulis di blog ini. Silakan mas pelajari saja sampai tuntas.

  30. Yuli Yulianti

    terimakasih infonya lengkap sekali, saya ingin mendaftarkan anak saya untuk bekerja di korea… insyaAlloh

  31. 안영 하새요……selamat berjuang buat yg ingin bekerja ke korea…masa depan ada di tangan anda…..감사함니다….

  32. Mas mau tanya donk ada gx bp2tki di lampung. Truz klo pke ijaza paket bisa gx
    Pengen ni ke korea, skrng kontrak berspa taun mas

    • Ijazah apapun asal ijazah asli bukan palsu maka bisa digunakan untuk daftar kerja ke Korea. Sekarang kontrak kerja di Korea maksimal 4 tahun 10 bulan.

  33. bnp2tki adanya di jkt. dftr pake ijazah smp saja bisa,…kontrk krj 4 th 10 bln. kursus bhs korea dulu trus ikuti tes juni thn depan..jk lulus bs melamar krj di korea.

  34. Biasanya berapa lama dapat panggilan kerja setelah lulus ujian ?
    Kalo untuk perempn kerjanya di bidang apa ya,soalnya saya lihat kalo pria kebanyakan di kapal

    • Masalah lama atau tidaknya itu tergantung pihak HRD-Korea dan Perusahaan Korea, rata-rata antara 3 bulan sampai 1 tahun. Perempuan kerjanya di pabrik.

  35. Maaf, kalo prosesnya dari hk bisa g ya kira2? Soalnya saya posisi lg di hongkong, minat mau bekerja ke korea, jika ada info tlg beri kabar ya? Makasih sblmnya

    • Anda harus pulang dulu ke Indonesia untuk mengikuti proses EPS-Topik sistem G to G. Karena Hongkong tidak termasuk negara penyelenggara EPS-Topik.

  36. Mas kalau mata saya minus 4 dan pake kacamata apa bisa untuk berangkat menjadi TKI di korea.?? Dan kalau masa kontrak nya habis apa bisa diperpanjang??

    • Ada teman saya yang matanya minus tapi diterima juga untuk bekerja di Korea, yang penting sehat! Kontrak kerja minimal 3 tahun dan maksimal 4 tahun 10 bulan.

  37. saya mau nanya, pernah dengar soal PT. KS PLUS INDONESIA ga?

    mereka katanya menyalurkan tenaga kerja ke korea, tapi harus bayar uang muka 20juta.

    • Saya tidak tahu mas/mba. Dan proses ke Korea itu bukan melalui PT dan sejenisnya. Ke Korea melalui proses EPS-Topik atau G to G antara BNP2TKI dan HRD-Korea.

  38. Yoga Pratama

    Min,, saya minat banget untuk TKI ke Korea
    tapi masalahnya Tinggi badan 154 cm bisa TKI ke korea gak ?

    • Bisa mas! Tinggi badan bukan faktor utama masalah kerja ke Korea. Yang penting mas sehat dan lulus ujian bahasa Korea.

  39. munif agus w

    assalamualaikum wr.wb…
    mas..saya mau tanya:
    PAP itu apa mas….dan bayar gak….klo bayar biayanya berapa itu mas””,,,mksih.

    • Waalaikumsalam … PAP itu singkatan dari Persiapan Akhir Pemberangkatan atau istilah lainnya adalah Preliminary Training. Selengkapnya bisa dibaca disini!

  40. syarat usia max 39 th sdh harga mati ya mas? atau bisa fleksibel, sdh klewat 2 th nih saya,padahal pengin banget ke negeri ginseng..:)

  41. ak sngt berminat tp problemny cm ijsh,.jd gmna penjelasny it pak,..? ak pngn bgd krj dsna,.udh sering cri info jg,..

  42. pertama daftar kemana dulu mas gmna mas. di malang raya apa ada mas pendaftaran ke korea ? mohon infonya mas . karena saya ingin bekerja di korea selatan impian saya ?

    • Mas coba cari LPK Bahasa Korea yang berada di Kota terdekat! Jika tidak ada mas bisa belajar Bahasa Korea di luar Kota/Kabupaten …

  43. min , saya berminat bgt kerja ke korea selatan ,tapi umur saya belum ada 17 taun karna masih SMK.. Itu gimana ?? Kudu nunggu cukup umur dulu yaa..terus kudu ikut ujian EPS-topik jga yaa ?. .Kalo kerjaan untuk cewe biasanya apa ?
    Mohon dibales
    Gomawo ;)

    • Anda harus daftar nanti ketika usia sudah mencukupi. Sekarang sambil menunggu silakan Anda pelajari Bahasa Korea baik secara Otodidak atau belajar di LPK. Untuk perempuan kerjanya di Manufaktur/Pabrik.

  44. Dear admin, bisa nggak ya kira2 kalau membagi informasi seputar lowongan pekerjaan di Korea ?
    Kebetulan saya part time di kantor pengacara di Seoul, Korea. dan pihak kantor kami ingin memberikan kesempatan teman2 dari Indonesia untuk bekerja di Korea secara profesional (visa E7). Terima kasih banyak.

    • Jika serius dan benar informasinya, silakan Anda menghubungi saya melalui Kontak Admin blog ini. Dan ingat hal ini harus bisa dipertanggungjawabkan …

    • Mba bisa tanya2? Aku pengin banget mba kerja part time di korea.. Apa masih bisa? Tapi aku masih kuliah mba.. Mohon dibales:) no. Telp aku 082221967488 makasih mba

  45. mau tanya mas,saya dulu skolah smp tapi kelas 2 saya keluar dan ijasah sd saya hilang.
    kira2 kalo daftar ke korea pake fotokopi ijasah sd ligalisir bisa gak…
    soalnya saya dikit2 udah tau hanggeul

    • Sebetulnya melamar kerja di perusahaan Korea melalui EPS-Topik itu tidak terlalu penting masalah Ijazah. Jika tidak ada Ijazah SMP, gunakan Ijazah SD saja.

  46. Lalu bagaimana jika tidak ada ijazah sama sekali,saya mengalami perubahan nama karna kesalahan dr pegawai sipil,dan skrg mau perbaiki udh gk bs,apakah bs melamar kerja ke korea tanpa ijazah…

    • Diusahakan Ijazah harus ada mas. Kalau hilang menggunakan berita kehilangan dari Kepolisian dan kalau ada kesalahan identitas menggunakan lampiran pembetulan identitas dari sekolah yang bersangkutan.

  47. Usia saya 42 th apakah masih bisa untuk kekorea biayanya brp trus cara pndaftaranya bagaimana saya alamzt diungaran saya harus melamar dimana

    • Maksimal usia ketika pendaftaran EPS-Topik harus 39 tahun mas. Untuk kerja ke Korea memang peraturannya seperti itu.

  48. Asep ramdhani

    Mas maaf kalo sekitaran jawabarat ( bandung ) dmn tempat melamar nya. Kalo ada tato atau piercing tapi belum pernah masuk ke buku catatan kriminal bisa gak ikutan kerja ke korea.. .
    Makasih min

    • Sementara jika mas mau ikut Program EPS-Topik sebaiknya belajar Bahasa Korea aja dulu di LPK terdekat. Nanti pendaftaran Ujian EPS-Topik dibukanya sekitar bulan April s.d. Juni 2016. Punya tato tidak bermasalah asal tatonya jangan diwajah saja.

  49. Apakah waktu kotrak kerjanya ngak bisa di perpanjang..min??
    Les bahasa korea nya tuh dimna ya..min..?? Tolong ya min

  50. malem..saya pengen bangen kerja ke korea nich
    yg mau saya tanyakan, ijasah dan ktp serta pasport tidak sama namanya karna sekarang sya bekerja di Hk(,dulu yg proses pihak pt)
    kemudian klo ingin bekerja kekorea bermasalah tidak dengan tidak samanya nama ?
    makasih

    • Kerja ke Korea semua data harus sama mas. Nanti kalau mas sudah di Indonesia silakan untuk membuat data yang benar dan usahakan data semua merujuk ke data yang ada di Ijazah.

  51. kalau wanita minat ingin bekerja di korea itu bisa gk gan?terus peluang.nya gmana?soal nya kata temen aku wanita itu gk bisa kerja di korea?mohon info nya

    • Perempuan bisa melamar dan bekerja di Korea. Nanti silakan daftar saja pada saat ujian PBT tahun ini sudah dibuka. Dan nanti akan saya share di blog ini jika pendaftaran ujian tahun ini sudah dibuka.

  52. oh ya satu lagi gan,kebetulan ini aq masih krja di pabrik taiwan,tahun 2017 baru pulang. kebetulan pas pulang nanti pasport q masih aktif. kalau mau daftar ke korea harus bikin paspor baru lg atau paspor yg lama masih bisa di gunakan?mohon info nya.

    • Kalau Passpor itu masih berlaku, pakai yang itu saja mas. Bukankah di Passpor tidak ada keterangan yang menyatakan hanya berfungsi untuk ke satu negara saja?

  53. Apakah program kerja ke korea ini tiap tahun ada. Pengin kerja di korea. Tp blm siap dana na. Jd rencana thn 2017 saja. Apa kira2 masih ada ya?

    • Saya tidak tahu pasti mas! Tapi kemungkinan setiap tahun akan ada pelaksanaan Ujian EPS-Topik jenis pemula/PBT. Dan biasanya pendaftaran akan dibuka pada bulan April lalu ujian bulan Juni.

  54. Ini kalo pengen daftar kerja ke korsel yang resmi gimana cara nya ya trus ini masalahh biaya buat berangkat nya dari kita apa bisa di danain dulu sama yang menyalur kan dengan potong gajih ..ataw gimana ..??

    • Proses ke Korea melalui Program EPS-Topik itu resmi dan tidak ada sistem potong gaji ataupun sejenisnya. Lebih jelasnya silakan mas lihat di web resmi BNP2TKI.

  55. ijazah SMP&SMA asli saya d tahan perusahaan tmpat sy bkerja skrg. Kalo pake fotocopy legalisir/ ijazah SD asli bisa gak min? Jd sambil nunggu sy masih bs kerja d indo

  56. saya mempunyai tato di lengan,, tapi masih tertutup oleh baju,, kira2 jika saya ingin kerja dikorea,, apa tato saya itu di permasalahkan.

    • Jika masalahnya cuma tato saja itu bisa gan untuk daftar proses kerja ke Korea. Yang penting agan lulus ujian dan sehat ketika MCU.

  57. irma herlina

    kakk …. aku pengen kerj ke korea cuman klw tggi bdn.145 bs msuk gk..tp skrg posisi lg di hongkong….. kira2 ada job g untuk tggi sgtu…..

    • Masalah tinggi badan tidak masalah dan memang tidak ada dalam persyaratannya. Yang penting lulus ujian dan sehat ketika MCU.

  58. Mas mau tanya untuk daerah samarinda ( kal-tim). ada gak tmpt pendaftaran tes EPS topik untuk kerja ke korea. Mksh

    • Untuk Kaltim setau saya tidak ada mas. Untuk info jelasnya mas bisa akses website BNP2TKI saja. Disana informasinya sangat lengkap!

  59. Mas mau tanya, kalo kerja di korea itu kita tinggal di asrama atau gimana mas ? Dan umpama sambil kuliah kira2 bisa gak ya mas ? Trimakasih.

    • Asrama biasanya disediakan oleh perusahaan. Untuk fasilitas asramanya itu tergantung perusahaan yang menerima kerja. Kita disana bisa sambil kuliah asal bisa membagi waktunya.

  60. Mas mau tanya ni .. apakah bener setelah kita lulus test trz kita dapat pinjaman uang dari pemerintah dan untuk membayar.nya memotong gaji kita perbulan .. mohon penjelasannya

    • Benar sekali mas. Itu namanya program pinjaman KUR BRI. Selengkapnya mas bisa lihat di web resmi BNP2TKI.

  61. Berarti setelah kita lulus test apakah langsung keluar dana KUR itu apa ada tahap lainnya dan apakah kita di minta.i biaya lagi setelah lulus tes itu …

    • Bukan begitu lulus test mas, namun ada proses pengajuan terlebih dahulu. Tepatnya langkah ini ketika mas ada panggilan PAP atau Prelim.

  62. Kata.nya dana saat PAP itu besar ya mas .. itu saat PAP kita biaya sendiri apa sudah termasuk dalam bantuan pemerintah itu mas ….

    • Dana KUR BRI biasanya hanya untuk membantu biasa PAP/Prelim sampai terbang mas. Dulu tahun 2013 sekitar 10 jutaan mas dana pinjamannya.

  63. Kira2 untuk tahun 2016 ini kapan ya tes EPS topik ini dilaksanakan mas .. soalnya saya skrg sudah mengikuti kursus bahasa korea ni di otc … dan pihak otc sendiri juga masih gak tau tes.nya itu di laksanakan kapan ..

  64. rijal mustofa

    mas mau tanya , saya perlu data berapa animo atau antusiame masyarakat indonesia dalam minat kerja ke korea apa ada data nya misal peserta unjian eps topik tahun sebelum nya berapa orang ? atau tahun 2016 ini sudah tercatat berapa orang pesertakah yang sudah terdaftar di ujian ? terimakasih

    • Tidak ada! Yang penting mas lulus ujian Bahasa Korea atau EPS-Topik setiap satu tahun sekali. Kecuali untuk tahun 2016 ini tidak ada ujian karena penyebab TKI Rooster.

  65. rijal mustofa

    mas saya perlu data , mohon bantuannya mas
    hrd korea ini sejenis lembaga badan pengurus nya ya
    kapan terahir diadakan eps topik? tahun 2014 kah tahun 2015
    dan ketika tahun 2014 dan 2015 da peningkatan peserta ujian eps topik kah ?
    nah ketika tahun 2014 itu yang ikut berapa peserta ujiannya? dan tahun 2015 brapa peserta ujannya ? gomopta atas jawabannya terimakasih
    saya memerlukan angka tingkat minat warga indonesia yang ingin kerja di korea
    ujian eps topik 2015 atau 2014 berapa orang ya mas … gamsamhida

    • Maaf saya sudah lupa mas jumlah peserta EPS-Topik pada tahun 2014 dan 2015. Mas bisa lihat di arsip web BNP2TKI saja! Yang jelas untuk tahun 2016 Indonesia tidak menyelenggarakan ujian EPS-Topik jenis PBT, hanya untuk sektor Perikanan saja.

  66. Saya sekarang masih ditawan pulang nanti pengen ke Korea masalahnya ijazah saya hilang dirumah ex suami saya kira kira masih bisakah masuk ke Korea Terimakasih

    • Bisa! Nanti setelah di Indonesia sebelum daftar EPS-Topik buat dulu Surat Keterangan Kehilangan Ijazah dari Kepolisian dan Sekolah yang bersangkutan.

  67. Langsung galau saya dengernya :(
    udah semangat pengen ke korsel
    eh ternyata tahun ini Ujian untuk sektor Manufaktur lagi gak ada :(

  68. Enak mana bidang manufaktur banding perikanan , kira kira testnya gimana ya maksudnya minta lebih ditailnya saat ada di dalam ruangan ujian (listening n readingnya jum soal dll ……
    jazakallahu khairan

    • Penjelasan tentang sistem Ujian EPS-Topik sudah lengkap diterbitkan di blog ini mas, silakan dibaca-baca saja semoga membantu.

  69. Saya perempuan 33 th. Masih bisa diterima g ya? Mengingat kl di negeri sendiri usia segini sulit sekali cari kerja, selalu prioritas yg muda2. Kl di korea apa umur juga jd bahan pertimbangan?

  70. saya mempunyai tatto di lenggaan tapi tertutup pakain apa bisa masih bisa kerja ke korea ya bos mohon infonya

    • Entahlah, dulu bisa tapi sekarang saya tidak tahu kalau setelah melihat kebijakan yang diumumkan BNP2TKI. Silakan Anda lihat sendiri aturan sekarang di website BNP2TKI.

  71. mas. mau tanya.. saat ini kan saya masih bekerja di hongkong.. rencana setelah finish pengen krj ke korea.. tp ngurus prosesnya dari hongkong sini apa bisa.. dulu pernah ikut blajar bhsa korea n ujian jg tp gk lolos.. hehe.. skrg pengen nyoba lagi.. tp dari hongkong sini.. bisa gak.. makasih

    • EPS-Topik hanya bisa dilakukan dari negara yang termasuk peserta atau penyelenggara EPS-Topik. Kalau tidak salah saat ini penyelenggara EPS-Topik ada 15 negara dan kalau Hongkong tidak termasuk. Nanti kalau ada info ujian EPS-Topik sebaiknya pulang dulu saja ke Indonesia.

      • oww begitu ya… saya kira bisa dilakukan dari hongkong.. jadi saya kan bisa ngurus dari sini.. makasih infonya ya..

  72. mas, mau tanya kalo utk lulusan Sarjana ada gak penerimaan khusus kerja ke Korsel ? itu kan bidang nya dimanufaktur dan perikanan.. dan perempuan Indonesia kerja di pabrik…

    • Tidak ada pekerjaan profesi di Korea, yang ada cuma Manufaktur dan Fishing. Untuk menempuh pekerjaan ini cukup menggunakan Ijazah lulusan SMP saja.

  73. Mas mohon infonya,aku punya ijazah smk apkah NEM/nilai ujian itu harus berapa nilai atau hanya perlu ijazah saja

    • Kerja ke Korea tidak perlu nilai NEM mas! Bahkan lulusan SMP/SLTP juga bisa dan yang paling penting adalah harus lulus ujian Bahasa Korea atau tes EPS-Topik yang digelar HRD-Korea dan BNP2TKI.

  74. Lulusan apa gan biar bisa kerja? Apa smp bisa kerja kekorea soalnya dulu sempat berhenti sekolah sma.

    • Lulusan apa saja bisa daftar kerja ke Korea. Lebih baik lagi minimal lulusan SLTP/SMP gan. Ke Korea tidak perlu lulusan SMA atau Perguruan Tinggi.

  75. kalau proses,Dari hongkong bagaimna,caranya boss?????
    saya mau tau infonya,,dan biayanya berapa???
    kasi tau agen pengiriman TKI ke Korea melalui proses Dari hongkong trimakasih.

    • Agan harus pulang dulu ke Indonesia karena tidak bisa proses dari Hongkong. Peroses ke Korea itu resmi dikelola oleh BNP2TKI dan HRD Korea. Biaya dari awal sampai selesai mungkin habis antara 20 – 25 juta.

  76. Mah tanya, textbook materi yang 2015 harganya 300rb untuk 2 jilid plus cd atau perjilid harganya segitu ? Makasih sebelumnya.

  77. Indra Suryaningsih

    Mlm mas…saya mau nanya kira”untk yg exs korea..apa aja persyaratan untk bs masuk krj ke sana lg..plg dgn resmi..mohon infonya lbh lnjt..trmksh..

    • Untuk Eks Korea persyaratannya sangat simple dan nilai kelulusan juga tidak harus tinggi. Mas cukup mengikuti test EPS-Topik CBT yang dikhususkan untuk Eks saja. Test ini kalau tidak salah dilaksanakan 4 kali dalam setahun dalam setiap triwulan. Mas bisa pantau web BNP2TKI saja untuk mengetahui pengumumannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *