Home / Android / 5 Penyebab Utama Yang Memicu Kenapa HP Android Cepat Panas Lengkap Solusi

5 Penyebab Utama Yang Memicu Kenapa HP Android Cepat Panas Lengkap Solusi

Penyebab HP Android Cepat Panas – Apakah HP Android Anda cepat panas ketika digunakan, bermain game, waktu dikantongi, dan sebagainya. Padahal HP Android Anda harganya lumayan mahal sekelas Samsung Galaxy S7 misalnya. Perlu Anda ketahui bahwa gejala panas pada HP Android ketika digunakan itu adalah hal yang wajar. HP Android mahal dan HP Android murah sama saja dan ini bukan berarti jeleknya kualitas HP Android sendiri. Penyebab aktifitas kerja dari HP Android itu sendiri maka HP bisa mengalami panas berlebih.

Baca Juga : 6 Cara Charge HP Yang Benar Agar Baterai HP Awet Serta Tidak Mudah NgeDrop

Misi yang diemban HP Android itu sangat banyak. Berbagai aplikasi yang terpasang di HP Android seperti game dan sebagainya akan membuat HP Android cepat panas ketika digunakan. Beda jauh dengan HP non Android yang hanya mempunyai fasilitas Call dan SMS saja. Meskipun HP Android cepat panas itu hal yang wajar, bukan berarti Anda harus diam. Sebisa mungkin Anda harus memberikan perhatian khusus terhadap masalah ini. Panas berlebih (overheat) pada HP Android bisa menimbulkan HP cepat rusak bahkan beresiko HP cepat meledak.

Penyebab utama HP Android cepat panas adalah perilaku yang berasal dari baterai HP. Bukan hanya HP yang menggunakan Sistem Operasi Android saja, OS Windows ataupun iPhone juga akan cepat panas ketika digunakan. HP akan memanas jika terus menerus digunakan untuk melakukan aktivitas karena daya HP (baterai) digunakan lebih cepat.

Selain baterai dan juga HP Android cepat panas penyebab utamanya adalah perangkat keras HP Android itu sendiri. HP Android digunakan maka CPU, RAM, dan perangkat lainnya akan bekerja juga. Maka oleh karena itu HP Android murah cenderung lebih cepat panas karena spesifikasi rendah.

Berikut Penyebab HP Android Cepat Panas Lengkap Cara Mengatasinya

Meskipun secara umum HP Android cepat panas itu wajar, namun Anda perlu curiga juga ketika HP lebih cepat panas dibanding HP Android umumnya. Panas berlebih yang terjadi dari hal yang wajar meski cepat Anda beri perhatian khusus. Jika hal ini terus Anda biarkan sangat beresiko HP Android cepat rusak rusak dan meledak.

Apa saja penyebab utamanya?

1. Kondisi Cuaca Panas Di Sekitar HP Android

Kondisi ini sangat berperan penting yang bisa mempengaruhi HP Android cepat panas. Ruangan pengap bisa menyebabkan suhu meningkat pada HP Anda. Selain itu cara memegang HP Android yang salah juga bisa menimbulkan HP cepat panas.

Lalu bagaimana solusinya?

Gampang! Mungkin Anda juga sudah bisa menjawabnya. Gunakan HP Android di area sejuk jika memang HP Anda ingin digunakan untuk hal-hal yang berat seperti main game, browsing internet, dan sebagainya.

Saat HP Android digunakan cobalah berikan ruang khusus pada bagian belakang HP atau pada bagian ventilasi untuk mendapatkan sirkulasi udara. Jangan menggenggam HP Android terlalu kuat, karena hal ini juga akan memicu HP Android cepat panas pengaruh tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

2. WiFi Menyala Terus Padahal HP Berada Di Luar Jangkauan

Meskipun pengaruhnya tidak terlalu besar namun membiarkan WiFi terus menyala padahal HP Android sudah berada di luar jangkaun maka bisa menyebabkan HP cepat panas. Perangkat Android akan terus melakukan scan konektivitas WiFi disekitarnya secara terus menerus. HP Android akan terus bekerja dan bisa menguras baterai HP juga.

Tidak ada solusi lain lagi untuk mengatasi hal ini adalah hanya Anda harus mematikan WiFi jika ingin bepergian. Dengan begitu Anda telah melakukan hal tepat agar baterai HP hemat dan agar tidak cepat panas.

3. Kekuatan Sinyal Lemah Di Sekitar HP Android

Kekuatan sinyal pada HP Android juga sangat berpengaruh yang bisa menyebabkan HP cepat panas. Jaringan yang lemah akan memaksa HP Android untuk terus mencari sinyal dan harus bekerja ekstra. Hal ini akan sangat terasa jika kondisi sinyal disekitar lemah lalu Anda menggunakan HP Android untuk kegiatan browsing internet. Untuk itu tidak disarankan Anda memaksa HP Android untuk browsing sedangkan jaringan disekitar tidak stabil.

Solusinya jika Anda ingin browsing dengan HP Android kesayangan selain harus mencari tempat sejuk cobalah cari juga tempat yang mempunyai koneksi sinyal kuat. Biasanya ditempat tertutup koneksi sinyal ini akan tidak stabil atau lemah karena terhalang tembok misalnya. Maka carilah tempat terbuka namun jangan berada di bawah terik sinar matahari atau sekitar yang berdebu.

4. Terlalu Banyak Aplikasi Bekerja Di Background

Jangan anggap sepele aplikasi yang bekerja di balik layar atau “background”. Karena aplikasi-aplikasi ini akan menyebabkan HP Android Anda terus bekerja sehingga HP cepat panas. Seperti apakah aplikasi yang bekerja di background itu?

Setiap Anda membuka aplikasi tertentu di HP Android maka akan meninggalkan jejak (recent). Fungsi recent ini adalah untuk mempercepat proses ketika Anda memerlukan lagi tanpa harus kembali ke Home. Namun jika terlalu banyak membuka aplikasi maka otomatis recent ini akan terus menumpuk dan akan memaksa RAM dan CPU untuk bekerja secara ekstra. Meskipun kapasitas RAM besar namun tentu saja ada batasannya.

Apalagi jika Anda suka browsing internet dengan menggunakan fitur multi tab. Artinya Anda suka membuka internet beberapa halaman sekaligus tanpa menutup tab internet sebelumnya. Meski tidak terlihat ada aplikasi yang bekerja namun di belakang layar (background) aplikasi tersebut terus bekerja.

Solusinya adalah Anda harus menutup (logout) aplikasi setiap Anda sudah selesai menggunakannya. Ketika selesai menjalankan aplikasi tidak cukup hanya dengan meminimize aplikasi saja. Biasanya hal ini kita lakukan ketika selesai menggunakan aplikasi cukup menekan tombol Home saja. Dengan begitu aplikasi sebenarnya masih bekerja di belakang layar.

Jika terlalu banyak aplikasi yang bekerja dan Anda lupa entah aplikasi mana yang masih bekerja, Anda bisa menggunakan fitur Smart Manager yang ada di menu Settings. Anda klik Clean All untuk membersihkan sekaligus menghentikan aplikasi yang bekerja di background.

5. Baterai HP Android Sudah Jelek

Untuk hal ini jarang terjadi apalagi jika HP Android Anda masih tergolong baru. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika HP baru baterainya sudah rusak jika pola penggunaan salah. Baterai rusak ditandai dengan baterai kembung, keluar cairan dari baterai, baterai cepat habis, dan sebagainya.

Jika hal itu terjadi tidak ada solusi lain lagi adalah dengan mengganti baterai HP Android Anda dengan yang baru. Jangan salah penyebab membiarkan baterai rusak dan terus digunakan bisa membuat perangkat HP Android lain cepat rusak juga. Belilah baterai HP Android yang original dan terjamin kualitasnya.

Ok mungkin Tips Penyebab HP Android Cepat Panas dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya terutama bagi Anda yang sering mengeluh karena HP-nya selalu overheat. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *