Home / EPS-Topik Korea / Inilah Alasan Kenapa Tahun 2016 Tidak Ada Ujian EPS-Topik PBT Manufaktur

Inilah Alasan Kenapa Tahun 2016 Tidak Ada Ujian EPS-Topik PBT Manufaktur

Tahun 2016 Tidak Ada EPS-Topik PBT Manufaktur – Banyak berita tersebar kalau tahun 2016 ujian EPS-Topik khusus PBT Manufaktur tidak akan digelar. Sehingga hal ini tentunya akan membuat “galau” sebagian CTKI Korea. Betapa tidak untuk menunggu ujian EPS-Topik PBT sektor Manufaktur harus menunggu sampai satu tahun lamanya. Begitu waktu ujian EPS-Topik sebentar lagi akan diselenggarakan, muncullah informasi kalau tes EPS-Topik PBT tahun ini tidak akan dilaksanakan. Dengan begitu CTKI Korea atau calon peserta ujian EPS-Topik harus menunggu lagi pelaksanaan ujian satu tahun kedepan.

Baca Juga : Cara Download Gratis Terjemahan Textbook Bahasa Indonesia

Yang menjadi pertanyaan CTKI Korea sekarang adalah apakah benar informasi tersebut? Lalu jika benar apa alasannya kalau ujian EPS-Topik yang biasa digelar setiap bulan Juni tahun ini tidak akan diselenggarakan?

Tahun 2016 Tidak Ada EPS-Topik PBT Manufaktur

Sebenarnya tanpa saya memberitahukan hal inipun CTKI bisa membacanya sendiri pengumuman resmi di web BNP2TKI. Namun karena banyak yang bertanya terhadap saya melalui kotak komentar, pesan facebook, SMS, dan sebagainya maka saya disini kembali akan memberikan penjelasan tersebut. Saya mohon maaf kalau saya tidak bisa meladeni setiap pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelumnya. Saya lebih membuat artikelnya saja mengingat waktu luang online saya hanya sedikit.

Berikut Alasannya Ujian EPS-Topik PBT Sektor Manufaktur Tahun 2016 Tidak Akan Diselenggarakan

Setiap kebijakan tentang EPS-Topik yang diumumkan di web BNP2TKI adalah berdasarkan keputusan dari HRD-Korea. Dan memang keputusan ini tentunya akan memberikan perasaan “galau” bagi CTKI Korea yang sedang menunggu tibanya ujian EPS-Topik. Namun pastinya dibalik kebijakan tersebut ada alasan kuat sehingga HRD-Korea memutuskan untuk tahun 2016 ujian EPS-Topik PBT sektor Manufaktur tidak akan digelar.

Animo masyarakat untuk bisa bekerja di negara Korea Selatan memang sangat tinggi. Setiap tahunnya pendaftar EPS-Topik bisa mencapai antara 30 ribu hingga 33 ribu. Padahal kuota yang disediakan HRD-Korea setiap tahunnya tidaklah banyak. Belum lagi kelulusan EPS-Topik tersebut bukan merupakan sebuah jaminan 100% CTKI bisa diterima bekerja di Korea Selatan. Buktinya hingga sekarang banyak CTKI Korea yang sudah dinyatakan lulus ujian EPS-Topik namun belum mendapatkan kontrak kerja (SLC).

Menurut informasi yang saya dapatkan dari web BNP2TKI, CTKI roster yang berada di database HRD-Korea saat ini berjumlah 5 ribu lebih tepatnya adalah 5.893 orang. CTKI roster adalah CTKI Korea yang sudah dinyatakan lulus dan sudah melakukan sending data namun hingga kini belum mendapatkan kontrak kerja (SLC).

Baca Juga : Cara Sending Data Online CTKI Korea Di WEB G2G~BNP2TKI

Jumlah kuota untuk sektor Manufaktur Indonesia telah memperoleh jatah sebanyak 4.400 orang. Dengan begitu jika melihat jumlah CTKI roster saja maka selisihnya sudah kelebihan, yaitu sebanyak 1.493 orang CTKI Korea yang tidak masuk jatah kuota.

Mengingat akan hal itu maka HRD-Korea memutuskan berdasarkan jumlah kuota yang telah melampaui tersebut, untuk tahun 2016 tidak akan digelar ujian EPS-Topik PBT sektor Manufaktur. HRD-Korea akan memberikan kontrak kerja (SLC) kepada CTKI roster saja.

Tentunya ini adalah informasi menggembirakan bagi CTKI Korea yang terdaftar dalam database roster. Lamanya menunggu kepastian tentang panggilan kerja di Korea Selatan maka tahun 2016 ini CTKI roster akan mendapatkan kontrak kerja. Maka dari itu teruslah pantau web resmi BNP2TKI atau akun EPS-Topik masing-masing untuk mengetahui perubahan kolomnya.

Baca Juga : Prosedur Perkembangan Tampilan Kemajuan Imigrasi EPS-Topik

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa tahun sebelumnya Indonesia tidak menyelenggarakan ujian EPS-Topik untuk sektor perikanan (fishing). Namun kabar baiknya adalah moratorium EPS-Topik sektor perikanan tahun ini akan kembali digelar. Pemerintah Korea akan menyediakan kuota untuk sektor perikanan bagi negara Indonesia sebanyak 900 orang. Kita tunggu saja apakah informasi tersebut benar atau tidak.

Informasi selengkapnya bisa Anda lihat di web resmi BNP2TKI. Dan mungkin hanya itu saja informasi tentang Alasan Kenapa Tahun 2016 Tidak Ada Ujian EPS-Topik PBT Manufaktur. Semoga informasi ini dapat membantu CTKI Korea yang selama ini bertanya-tanya akan kebenaran berita tersebut. Selamat bagi CTKI Korea roster dan bersabarlah bagi CTKI Korea yang sedang menunggu pelaksanaan ujian EPS-Topik. Tetap fokus untuk belajar bahasa Korea yang bersumber dari materi Tetxbook.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

16 comments

  1. Achmad fatoni

    Yg udh lulus aja blm krja.pa lg akyu yg msh blajar.duh… Bkin prustasi.galau buyute galau..ada solusi lain ga? Biar cpt krja.’?

  2. Menunggu SLC

    Emh.. maksudnya sisa kuota yg 1.493 itu nggak akan kedapatan SLC kah?
    Atau dengan kebijakan ditiadakannya EPS TOPIK tahun 2016 utk sektor manufaktur, ada harapan buat sisa yg 1.493 itu?

    Mohon penjelasannya.
    Sy jadi sangat waswas kalau begini. Harapan sy semoga kuota Indonesia yg 5.893 itu dapat jatah semuanya. Aamiin..

  3. Semoga sisa TKI yg belum dpt slc, tahun ini bisa dapat..
    contohnya saya dan kawan2
    udah 2 tahun nunggu belum dpet slc juga gan ?

  4. kalau masa berlaku habis ,ap msh bisa dpt slc ?

    tlg infonya y ,sy pbt 2013 sampai skrg blm dpt slc..

  5. thn 2015 sudh prnh sending ulang ,lalu thn 2016 hbs lg masa berlakunya ..
    Apa msh bisa sending ulang 2x ,?.atau menunggu perintah dr hrd korea …mslhny blm ada penjelasan ,sy bingung gan

  6. apakah kuota tersebut khusus pbt gan.? soalnya untuk cbt setiap 3bln sekali pasti ada jadwal ujian,mohon penjelasanya terimakasih

    • Ya kuota ini untuk PBT (pemula). Sedangkan CBT untuk eks itu diselenggarakan setiap 3 bulan sekali. Sebagai gantinya sekarang telah dibuka pendaftaran untuk sektor Fishing.

  7. Duchon mahmud

    Kira-kira sampai saat ini masih tinggal berapa ribu lagi yang belum berangkat nya gan mohon infonya 감사합니다

  8. Saya sdh dri 2012 kira2 ad kemungkinan dpt slc gak ya?soalnya dlu lwt pt jd klo soal hbs ms berlakunya ktnya udh otomatis di sending ulang dr pihak sananya.mhon infonya

  9. jadi menurut mas kira kira tahun depan ada ujian ga ya mas,,,,, heehhe
    terima kasih untuk infonya sangat membantu mas bro….

  10. Jika sudah dinyatakan lulus ujian eps topik dan sdh menjdi ctki roster tapi tidak mengikuti skill tes apakah ada pengaruhnya tlg penjelasannya

  11. Saya sudah lulus eps topik tapi tidak mengikuti skill tes.
    Sudah 1 tahun ini saya belum dapat slc.
    Apakah dengan tidak ikut skill tes bisa dpt slc? Mohon penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *