Home / EPS-Topik Korea / Teknik Menghafal Saya Hingga Lulus Test EPS-Topik

Teknik Menghafal Saya Hingga Lulus Test EPS-Topik

Teknik Menghafal Saya Hingga Lulus Test EPS-Topik – Sukses test EPS-Topik merupakan idaman semua pelamar kerja ke negara Korea Selatan. Jika kita lulus test EPS-Topik maka CTKI berhak mengajukan lamaran kerja ke perusahaan-perusahaan Korea Selatan. Walaupun lulus tersebut bukan jaminan mutlak pelamar bisa diterima bekerja di Korea Selatan. Tapi tanpa modal lulus test EPS-Topik, mustahil peminat kerja di Korea bisa mengajukan lamarannya.

Baca Juga : Daftar Nomor Telepon Penting Korea Selatan

Sulitnya mengejar kelulusan test EPS-Topik, sudah saya alami ketika dulu hendak mengikuti ujian EPS-Topik. Dulu dikenal test EPS-Topik itu dengan sistem openbook. Peserta ujian hanya cukup menghafal bank soal yang diterbitkan HRD-Korea. Kumpulan soal-soal tersebut jumlahnya sekitar 2000 soal yang terdiri dari 1000 soal listening dan 1000 soal reading. Jika peserta EPS-Topik mampu menguasai dengan benar bank soal tersebut, maka jaminannya adalah lulus test EPS-Topik. Sistem openbook kita tidak perlu menguasai semua kosakata yang terdapat dalam soal. Ketika itu cukup memahami kata kunci yang terdapat pada setiap soal.

Teknik-Menghafal-Saya-Hingga-Lulus-Test-EPS-Topik

Namun berbeda jauh sistem test EPS-Topik sejak tahun 2013 atau ketika diresmikannya sistem closedbook. Sistem ini menggunakan sistem rahasia dalam mengemas soal setiap pelaksanaan test EPS-Topik. Semua peserta bahkan panitia EPS-Topik juga tidak ada yang tahu bentuk soal yang akan diujiankan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas calon pekerja Korea Selatan dalam memahami Bahasa Korea. Mau tidak mau karena sistem soalnya rahasia, maka peserta EPS-Topik akan terus memperbanyak hafalan kosakata dan latihan-latihan memahami soal EPS-Topik.

Untuk membantu mengarahkan pembelajaran peserta EPS-Topik kemudian HRD-Korea menerbitkan buku panduannya. Buku tersebut kemudian kita kenal dengan sebutan Standar Textbook. Materi Textbook ini berbeda jauh dengan materi openbook atau bank soal. Textbook merupakan buku pembelajaran pemahaman tentang kehidupan dan kebudayaan Korea Selatan. Kita dituntut untuk memahami seluruh materi Textbook yang disajikan dengan lengkap oleh HRD-Korea. Dari materi Textbook ini kita akan mempunyai gambaran-gambaran soal test EPS-Topik. Karena memang nanti juga soal EPS-Topik sepenuhnya diambil dari materi Textbook.

Agar kita bisa memahami secara tuntas materi Textbook, maka kita wajib menghafal kosakata yang terdapat didalam materi tersebut. Menghafal kosakata ini tidak semudah kita mengedipkan mata. Seperti yang saya alami sendiri dalam menghafal kosakata Bahasa Korea sering mengalami hambatan. Contohnya hambatan kesibukan, hambatan malas, atau bahkan hambatannya adalah kosakata yang sudah hafal besoknya lupa lagi. Tapi ketika itu saya tidak segera putus asa, terus menghafal tanpa henti setiap hari sampai menjelang test EPS-Topik dan hasilnya alhamdulillah sukses juga.

Disini saya akan berbagi pengalaman teknik menghafal yang saya gunakan hingga akhirnya meraih kesuksesan atau lulus test EPS-Topik.

Bagaimana Teknik Menghafal Saya Hingga Akhirnya Lulus Test EPS-Topik

Sebetulnya tidak ada trik mujarab selain kita harus serius dan terus-menerus menghafal kosakata Bahasa Korea. Dan ini trik menghafal yang saya lakukan hingga akhirnya saya lulus test EPS Topik :

  1. Memindahkan daftar kosakata yang belum hafal kedalam kertas kecil/buku saku. Alasannya jika kita menuliskan kosakata kedalam buku saku, maka buku tersebut akan mudah dibawa kemana-mana. Kita bisa menghafal kosakata sambil melakukan aktifitas sehari-hari. Gunakan waktu luang walau cuma satu menit untuk menghafal kosakata.
  2. Jangan menghafal kosakata baru jika kosakata lama belum paham atau hafal benar. Hafal disini artinya selain kita tahu arti kosakata tersebut, kemudian kita harus bisa juga menyalin tulisan Koreanya (Hangul).
  3. Sebelum menghafal kosakata baru, coba ulang dulu kosakata yang sebelumnya sudah kita anggap hafal. Coba juga mengulang hafalan kosakata secara acak urutannya. Atau bisa juga dengan melakukan teknik membalikkan hafalan. Misalnya kita biasa menghafal kosakata dari tulisan Korea kemudian diterjemahkan, namun coba kita lakukan dari terjemahannya ke Bahasa Korea.
  4. Usahakan agar mempunyai jumlah target hafalan kosakata dalam seharinya. Tidak perlu banyak-banyak, cukup minimal 30 kosakata dalam sehari. Dari 30 kosakata ini bisa kita bagi kedalam 3 waktu. Misal 10 untuk hafalan pagi, 10 untuk hafalan siang, dan 10 lagi untuk hafalan sore. Kemudian malamnya bisa kita gunakan untuk menghafal atau mengulang seluruh kosakata yang 30 tersebut.
  5. Untuk tes hafalan dan supaya terhindar dari kesalahan, ajak teman untuk belajar bersama kosakata Bahasa Korea. Dengan teman kita bisa saling tanya dan jawab kosakata secara acak. Pengalaman saya dengan teknik menghafal seperti ini, hasilnya cukup memuaskan. Hafalan kosakata akan cepat melekat kuat di dalam ingatan kita.
  6. Jika menemukan kosakata yang sangat sulit untuk dihafal, disarankan agar setiap hari terus mengulang-ulang kosakata tersebut. Saya yakin lama-lama akan hafal juga. Jika biasanya kita untuk menghafal satu kosakata cukup 10 pengulangan, namun untuk kosakata yang sulit masuk ke dalam ingatan, berilah jumlah pengulangan lebih.
  7. Jika semua tanggungjawab hafalan kosakata sudah mencapai garis finish, maka kita jangan mengambil kesimpulan untuk menutup buku hafalannya. Sebelum test EPS-Topik dilaksanakan, kosakata tersebut terus kita hafal. Tidak ada ruginya jika kita hafal benar kosakata Bahasa Korea. Justru hal ini akan banyak memperoleh keuntungan. Test EPS-Topik akan terasa mudah atau gampang jika amunisi kosakata yang kita miliki banyak yang dikuasai.

Mungkin hanya itu saja semua Teknik Menghafal Saya Hingga Lulus Test EPS-Topik. Teknik ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Namun jika Anda mempunyai pengalaman unik lainnya boleh berbagi dengan saya di dalam kotak komentar.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

6 comments

  1. Terima Kasih gan atas share pengalaman dalam teknik menghapalnya…. gan…. mungkin teknik di atas bisa diterapkan… dengan hapalan yang lain

  2. itulah yg dari dulu aku cari….tp kok ketemunya telat….tes kurang satu minggu,,,,pusing….gmn caranya ya agar bisa lulus dsn bekerja di korea???

  3. pak saya mau tanya, untk standard textbook sndiri apa diperjualbelikan..? jika diperjualbelikan apa ada di toko buku ?

    • Jika berminat ingin belajar Bahasa Korea yang bersumber dari materi Textbook, silakan mas lihat di halaman ini. Buku ini khusus untuk yang mengikuti Program EPS-Topik.

  4. hadi purnomo

    thanks banget atas infonya gan sangat bermanfaat soalnya saya lagi belajar bahasa korea di salah satu lpk di cilacap jawa tengah

  5. wimar heryudanto

    ada saran ga kawan, kalau menghafal itu enaknya dari kata dasar mana dulu? apa kalau liat kamus korea itu dihafal yg huruf depannya a semua dulu, atau kata yg sering keluar di keseharian kita dan kalau boleh tau kata apa aja yg sering muncul?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *