Home / Lainnya / 7 Kualitas Yang Wajib Ada Pada Diri Seorang Blogger Pemula

7 Kualitas Yang Wajib Ada Pada Diri Seorang Blogger Pemula

Kualitas Wajib Ada Di Seorang Blogger Pemula – Jika kita berbicara tentang topik blogger, maka sesungguhnya ada banyak hal yang bisa kita bahas. Mulai dari yang paling dasar yang menyoal bagaimana cara membuat blog, sampai ke arah pembahasan yang paling populer yaitu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Intinya, ada banyak sekali bahan untuk dikupas, jika kita mau.

Baca Juga : Cara Membuat Website Menggunakan WordPress Cocok Untuk Pemula

Tapi, saya pikir kebanyakan blogger saat ini terlalu memfokuskan isi dari blog mereka pada jenis pembahasan yang kurang substansial. Mengambil tema-tema yang terlalu mindstream serta sudah banyak dibahas oleh beberapa blogger sebelumnya.

Misal pembahasan tentang tata cara mendaftar AdSense, cara jitu agar aplikasi AdSense kita diterima Google, sejumlah alternatif Google AdSense yang bisa dicoba, kedua topik yang sudah saya jelaskan di paragraf pertama tadi, dan masih banyak lagi.

Maaf, semua itu so mindstream. Atau bahasa kasarnya, udah basi …

Menurut saya, jika ada sebuah situs yang memasukkan topik tentang blog sebagai bagian dari konten yang akan dimuat, maka sudah seharusnya admin situs tersebut lebih banyak memberikan konten bertema blog yang fokus pada hal substansial. Yang menyentuh dasar dari tema serta mampu memberikan dampak yang lebih kepada pembacanya yang tidak lain adalah seorang pemula dalam dunia blogging.

Seperti halnya bahasan artikel pada kali ini yang kebetulan mengupas tentang sejumlah kualitas inti yang wajib ada dalam setiap diri seorang blogger pemula. Penasaran apa sajakah itu? Yuk, langsung ke TKP.

1. Konsisten

Jika tidak salah ingat, saya sebelumnya pernah membaca sebuah artikel yang kurang lebih mengatakan bahwa mengurus blog itu ibarat seperti sedang perang (menguji) konsistensi. Artinya siapa yang paling konsisten mengurus blognya (mengisi konten, melakukan promosi sana sini, menerapkan berbagai macam strategi SEO, dll), dia yang menang. Dan dia pula yang memiliki potensi besar untuk berhasil memiliki ratusan ribu trafik per bulan bahkan lebih.

Intinya, apabila Anda ingin menjadi seorang blogger, pastikanlah Anda sudah punya kualitas ini dalam diri Anda. Kualitas untuk terus konsisten berusaha walaupun hasil rupanya tak kunjung datang. Atau lambat.

Lantas, bagaimana cara Anda mengetahui Anda termasuk orang yang konsisten?

Mudah saja! Perhatikan sikap dan perilaku keseharian Anda. Jika Anda masih cenderung suka moody alias bekerja sesuai mood, malas, serta mudah terbawa perasaan (Baper), maka saya pikir Anda belum siap untuk menjadi seorang blogger.

Sebab dengan menjadi seorang blogger, itu berarti Anda sudah siap untuk bertanggungjawab mengisi konten blog Anda secara berkala. Termasuk melakukan penelitian & pendalaman materi isi konten,  membuat gambar/infografis (jika perlu), hingga melakukan promosi setelah konten terbit. Dan itu semua bukanlah pekerjaan yang mudah. Jadi, kalau Anda orangnya masih moody dan malas-malasan, yaa tau deh.

Belum lagi ditambah dengan resiko tulisan di blog Anda yang berpotensi dihujat dan dimaki-maki oleh orang lain karena alasan tertentu. Nah, jika Anda mudah baper, yaa tau deh.

Oleh karena itu, sudahkah Anda konsisten?

2. Punya Mindset Long Term

Kecuali Anda adalah seorang anak konglomerat, sukses bukanlah merupakan hal yang instan. Yang bisa langsung dinikmati dalam waktu yang relatif cepat. Sama halnya dengan mengurus sebuah blog. Sejauh ini saya tidak menemukan sebuah contoh kasus blog yang cepat sekali mendapatkan trafik ratusan ribu per hari hanya dalam waktu beberapa saat saja (tidak berlaku untuk blog milik artis/public figur).

Semuanya butuh proses. Dan seringkali prosesnya itu tidaklah cepat. Sehingga untuk memastikan Anda bisa terus memiliki semangat untuk tetap maju dan mengisi konten di blog adalah dengan pertama-tama mengadopsi pola pikir atau mindset long term. Artinya Anda harus berpikir bahwa ini membutuhkan waktu yang lama. Ibarat seperti sebuah perlombaan maraton. Tidak perlu terburu-buru, yang penting sampai.

Nah, sudahkah Anda memiliki pola pikir yang seperti itu?

3. Punya Kemampuan Dalam Menyusun Rencana Dan Strategi Yang Matang

Kata salah seorang pengusaha besar di Indonesia, untuk menjadi sukses itu ada tiga resepnya, yaitu kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas. Hal ini berarti jika Anda memiliki niat untuk sukses menjadi seorang blogger profesional, yang bisa mendapatkan penghasilan lumayan dari blogging, maka jelas Anda butuh ketiga hal diatas. Anda butuh kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas.

Soal kerja keras dan kerja ikhlas, saya pikir Anda tidak butuh lagi penjelasan lebih lanjut. Ya kan? Toh sudah jelas. Sementara untuk kerja cerdas, ini yang masih sering membingungkan. Pasalnya, pada setiap jenis pekerjaan pasti memiliki cara kerja cerdasnya tersendiri. Jika Anda bekerja sebagai seorang manajer sebuah perusahaan, pasti cara kerja cerdas Anda akan berbeda dengan mereka yang hanya sebatas  karyawan.

Begitu pula saat Anda memilih untuk menjadi seorang blogger. Beda cara kerja cerdasnya. Dan setiap blogger punya cara kerja cerdas yang berbeda-beda, walaupun ada beberapa teknik kerja cerdas yang sifatnya universal (misal penerapan SEO, Marketing, dll). Untuk itu, dalam menjadi seorang blogger, juga butuh kemampuan yang mumpuni dalam menyusun rencana dan strategi yang matang. Hal ini supaya agar Anda bisa lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan-tujuan blog Anda.

Baca Juga : Sebaiknya Hindari 5 Teknik Black Hat SEO Ini Jika Blogmu Tidak Ingin Lenyap Di Google

Apakah Anda punya kemampuan seperti itu?

4. Pandai Mengeksekusi

Semua orang bisa saja berteori dan mengeluarkan teknik retorika yang muluk-muluk, akan tetapi tidak semua orang bisa benar-benar melakukan apa yang di-teorikan-nya, bahkan ada yang tidak bisa bertindak sama sekali. Atau dalam istilah bahasa Inggrisnya itu dikenal dengan sebutan NATO (No Action, Talk Only).

Makanya, jika Anda mengamati dengan baik, terdapat perbedaan kualitas yang sangat jelas antara seorang akademisi dan praktisi. Ya, kan? Meski tidak selamanya begitu. Nah, berkaitan dengan topik bahasan artikel kali ini, ternyata level kepandaian seseorang dalam mengeksekusi rencana dan strategi juga menjadi salah satu faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan blognya.

Sebab serangkaian rencana dan strategi handal sekalipun tidak akan terlalu begitu berguna jika dijalankan oleh orang-orang yang kurang pandai dalam mengeksekusi. Analoginya sama seperti seseorang yang sedang menyuruh sekolompok anak kecil untuk mengaspal jalan. Ya tidak bakalan jadi. Untuk itu, selain tahu cara membuat rencana, Anda pun juga harus pandai dalam hal mengeksekusi setiap butir rencana yang Anda buat.

Cukup pandaikah Anda dalam menjalankan rencana?

5. Berani Menjadi Diri Sendiri

Entah kenapa di Indonesia saya kerap melihat sebagian blogger yang tidak punya suara sama sekali. Atau dengan kata lain, minim jati diri. Ketika berkunjung ke alamat situs yang dimiiliki oleh jenis blogger seperti ini, saya seperti merasa sedang berkunjung ke situs media online atau berita. Gaya tulisannya kaku dan terkesan seolah-olah seperti tengah membaca koran.

Padahal, menjadi seorang blogger itu tidak sama seperti saat kita menjadi admin/penulis di situs media online/berita. Bila konten pada situs media online terkesan kaku dan cenderung akademis, maka isi pada alamat situs seorang blogger seyogyanya memuat konten dengan gaya bahasa yang personal. Yang menunjukkan karakter dan ciri khas dari si empu blognya. Intinya yaa berani menjadi diri sendiri. Contoh seperti blogger Dzofar, Alit Susanto, Pandji Pragiwaksono, dan lain-lain.

Beranikah Anda menjadi diri sendiri?

6. Mau Bekerjasama

Ada satu kecenderungan yang juga sering saya temukan pada diri seorang blogger pemula. Yaitu keengganan mereka untuk bekerja sama dengan orang lain. Maksudnya, saat mengembangkan blog, mereka hanya fokus menciptakan konten saja. Sementara saat promosi hanya sekedar menaruh link di timeline akun sosmed milik mereka doang.

Tidak lebih dari itu.

Menurut saya sah-sah saja jika Anda hanya menempuh cara seperti diatas, namun dengan syarat asalkan blog Anda sudah punya cukup banyak trafik. Kalau belum, ya jelas tidak cocok. Karena cara seperti itu tidaklah efektif dan memakan waktu yang relatif lama. Sementara di satu sisi, terdapat cara yang lebih cepat dan terbukti juga efektif.

Apa itu?

Jawabannya adalah menjalin kerjasama dengan orang lain. Atau lebih tepatnya dengan blogger lain. Ingat, di dunia ini, bukan hanya Anda sendiri yang merupakan seorang blogger. Faktanya, ada lebih dari jutaan blogger lain di luar sana. Beberapa ada yang sudah lebih senior dari Anda dan, tanpa kamu sadari, diam-diam bersedia untuk membantu Anda mempromosikan blog yang baru Anda buat. Hanya saja mereka butuh sikap proaktif dari Anda.

Contohnya seperti blog Info-Menarik.NET ini yang membuka kesempatan selebar-lebarnya kepada setiap blogger untuk mempromosikan blognya di website ini melalui media tulisan (guest post). Bahkan dikasih juga kesempatan untuk menaruh link ke blog yang bersangkutan.

Selain blog Info-Menarik.NET, Anda bisa menemukan sejumlah blog lain di luar sana yang juga menawarkan kesempatan serupa.

Tinggal pertanyaannya adalah : Maukah Anda bekerjasama?

7. Fokus Pada Hal-Hal Yang Penting

Kualitas terakhir dan yang paling penting dimiliki oleh seorang blogger pemula adalah kemampuannya dalam berfokus pada hal-hal yang penting saja. Misal dalam kasus mengembangkan sebuah blog, yang paling penting pertama adalah menciptakan konten-konten berkualitas. Setelah itu melakukan promosi. Fokus di kedua hal itu saja.

Sementara pekerjaan seperti mengotak-atik tema blog, plugin, widget, dan sebagainya itu semua adalah termasuk kelompok hal yang remeh alias tidak guna. Pun begitu juga dengan kegiatan mengecek berulang kali data Google Analytics, mengecek notifikasi komentar blog, email, sosial media, dan lain-lain. Semua itu kecil bahkan tidak ada pengaruhnya pada kemajuan perkembangan blog Anda.

Oke, mungkin Anda sendiri barangkali sudah sering menerima informasi seperti ini di blog lain. Sudah mengerti bahwa yang penting itu adalah menciptakan konten berkualitas dan melakukan promosi. Akan tetapi, Anda tetap saja mudah kembali menemukan diri Anda nyemplung ke dalam melakukan aktivitas yang tidak penting untuk kemajuan blog Anda. Jika demikian, maka itu berarti Anda belum cukup mampu berfokus pada hal-hal yang penting.

Sehingga pertanyaannya adalah mampukah Anda untuk berfokus pada hal-hal yang penting saja?

Kesimpulan

Menjadi seorang blogger profesional dan bisa menghasilkan sungguh bukanlah perkara yang mudah. Butuh melalui serangkaian proses yang panjang dan cukup alot. Jadi jangan mudah tergiur dengan artikel-artikel yang menyodorkan iming-iming penghasilan puluhan bahkan ratusan juta rupiah per bulan dari blog kalau Anda belum mengerti sama sekali bagaimana sulitnya mencapai tahap tersebut.

Nah, ngomong-ngomong, jika Anda kebetulan menjawab “iya” pada minimal 3 pertanyaan yang saya taruh di bagian bawah setiap poin diatas, maka selamat, itu berarti Anda sudah pantas melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu; membuat blog.

Dari mana saya mendapatkan kesimpulan itu? Saya tidak tahu. Lagipula itu hanya sekedar spekulasi saja. Yang terpenting adalah jika Anda benar-benar mau, pasti akan selalu ada jalannya. Cheers !

Zai Z

Blogger paruh waktu dan penulis konten asal Gorontalo, Indonesia. Untuk mengenal lebih jauh penulis, Anda bisa terhubung dengan penulis di Twitter dan Facebook.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.