Senin, 18 Oktober 2021

Bagaimana Cara Input Data Otomatis Di Excel? Simak Ulasan Lengkapnya


Cara Input Data Otomatis Di Excel – Begitu banyak kemudahan yang kita dapatkan jika kita bisa mempelajari hal-hal sepele sekalipun, dengan kecanggihan teknologi tidak hanya dalam media elektronik saja, namun dalam beberapa keadaan ranah akuntasi, input data atau pun hal-hal yang berkaitan dengan sistem ekonomi.

Baca Juga : Cara Cepat Mengurutkan Data Di Office Excel Berdasarkan Abjad Dengan Mudah

Seperti halnya cara input data otomatis di Excel sebenarnya bukanlah hal sulit, hanya perlu dipelajari sedikit dan dibiasakan. Sehingga tidak adanya kelalaian dalam menggunakan.

Nah dalam melakukan input data disini Anda hanya perlu mengetik sesuatu dalam sebuah kolom kemudian Anda bisa berpindah ke kolom lain untuk melakukan input data yang lain. Namun jika kolom-kolom yang Anda buat melebihi batas, dalam artian melebihi kapasitas, maka kemungkinan besar Anda bisa kehilangan fokus.

8 Langkah Mudah Cara Input Data Otomatis Di Excel

Untuk menghemat waktu dalam mengakses data-data Excel tidak ditulis berkali-kali, maka pelajarilah cara-cara berikut ini:

1. Langkah Pertama

Langkah pertama untuk mengakses data agar otomatis adalah dengan memilih klik pada pada menu bar kemudian pilihlah Customize Quick Acces Toolbar. Ini merupakan langkah pertama untuk membuat data Anda secara otomatis dan tidak perlu mengulang berkali-kali.

2. Langkah Kedua

Setelah Anda memilih Customize Quick Acces Toolbar pada langkah pertama tadi, Anda akan mendapatkan hasil pada sebuah kotak-kotak dialog Excel options dengan memilih opsi Quick Acces Toolbar yang telah aktif.

3. Langkah Ketiga

Setelah Anda memilih opsi opsi quick acces tersebut disitu nanti bakal banyak pilihan opsi, maka yang harus Anda pilih adalah opsi Advanced kemudian klik tombol edit custom List yang telah tertera pada bagian popular.

4. Langkah Keempat

Sebelumnya ada telah memilih opsi pada langkah ketiga, nah hasilnya Anda akan menemukan kotak dialog custom list. Setelah Anda menemukan itu, Anda harus memilih opsi new list yang tertera pada kolom custom list barulah Anda memasukkan data-data yang telah Anda siapkan ke dalam kolom list entries. Misalnya data berupa : Mobil, Motor, Sepeda, Smartphone, Laptop.

5. Langkah Kelima

Untuk menambahkan data-data yang Anda masukkan tadi, agar menjadi otomatis, maka klik lah tombol Add pada opsi tersebut. Alhasil data yang Anda masukkan sudah secara otomatis tertera disana. Sehingga tidak perlu Anda membutuhkan waktu berulang kali untuk menulis dan mengulangi lagi. Nah setelah data tersebut menjadi satu, maka Anda harus masuk pada kolom yang tertera yakni kolom custom list. Setelah Anda memilih kolom tersebut, kemudian klik lah tombol Ok.

6. Langkah Keenam

Untuk kembali pada menu bar awal, Anda akan dihadapkan dengan beberapa kolom yang tertera dengan kotak dialog Excel Options didalam Excel seperti sebelumnya. Tidak perlu khawatir, karena Anda hanya perlu memilih opsi Avanced. Setelah itu barulah tekan tombol ok  untuk mengakhiri bagian tersebut.

7. Langkah Ketujuh

Langkah ini bisa dikatakan tahap menuju finishing hasil yang sesuai untuk mencapai cara input data otomatis di Excel. Nah dengan cara memposisikan kursor yang Anda jalankan tersebut menuju pada sel dimana terdapat data-data otomatis yang telah Anda susun tersebut akan dimasukkan ke dalamnya. Misalnya dimasukkan ke dalam sebuah sel B2. Kemudian setelah Anda memasukkan data ke dalam B2 tersebut tuliskanlah sebuah kata pertama yang telah Anda buat tadi, “Mobil”.

8. Langkah Kedelapan

Setelah Anda menuliskannya pada sel tersebut kata pertama yang telah Anda susun, maka selanjutnya adalah silahkan klik serta drag kotak kecil hitam yang terletak di pojok kanan bawah sel B2, tidak hanya sampai di situ tapi dari sel B2 sampai ke sel B7. Nah bisa dilihat hasilnya bahwa data-data yang Anda masukkan tersebut telah muncul pada sel B2:B7 secara otomatis. Tidak dengan manual yang membutuhkan waktu berulang kali.

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait dengan Cara Input Data Otomatis Di Excel yang sangat praktis dan mudah. Terlebih jika pekerjaan Anda adalah selalu dihadapkan dengan hal semacam ini, tentu akan sangat melelahkan jika harus berulang kali membuat data-data yang sama dalam bentuk sel yang berbeda.

Untuk itu sangat penting sekali untuk memahami dan mempelajari cara tersebut, agar semakin kekinian tidak perlu dengan cara manual yang menjenuhkan. Untuk pertama kali mencoba biasanya sedikit agak sulit, namun jika telah dilakukan secara terbiasa hal ini akan semakin mudah.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.