Home / Software / Cara Memasukkan File Excel Ke Dalam CorelDraw Dengan Fitur Print Merge

Cara Memasukkan File Excel Ke Dalam CorelDraw Dengan Fitur Print Merge

Cara Memasukkan File Excel Ke Dalam CorelDraw – Dua program ini memiliki fungsi masing-masing untuk memudahkan pengguna komputer ketika sedang mengerjakan projeknya. Office Excel biasa digunakan untuk mengolah data sedangkan CorelDraw biasanya digunakan untuk mengolah desain. Apakah kedua program ini bisa disatukan? Artinya data yang dihasilkan oleh Office Excel apakah bisa disisipkan di CorelDraw?

Baca Juga : Cara Membuat Atau Memasukkan Simbol Telepon (Faksimile) Di Office Word

Ketika kita sedang membuat salah satu projek di komputer, terkadang akan membutuhkan beberapa program untuk menunjang kecepatan dalam penyelesaiannya. Contohnya ketika kita sedang membuat Kartu Siswa. Tentu saja untuk hal desain seperti Kartu Siswa ini, program andalan pada umumnya adalah CorelDraw. Lalu bagaimana langkah cepatnya untuk mengisi identitas pada Kartu Siswa?

Baca Juga : Cara Membuat Kartu Nama Keren Dan Menarik Tanpa Photoshop Atau CorelDRAW

Kecepatan dalam membuat desain seperti Kartu Siswa, memang akan terjawab dengan program CorelDraw. Namun untuk hal mengisi identitas seperti Nama Siswa, Nomor Induk Siswa, Tanggal Lahir Siswa, Alamat Siswa, dan sebagainya kita membutuhkan program lain. Nah, program yang bisa menunjang kecepatan dalam membuat data atau identitas siswa adalah Office Excel.

Lalu nanti hasilnya apakah data Excel bisa di input pada CorelDraw? Tentu saja jawabannya bisa. Maka daripada itu, pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara menyisipkan data Excel ke CorelDraw secara otomatis?

Program CorelDraw yang saya gunakan saat ini adalah CorelDraw X4. Sedangkan untuk Office Excel adalah Office Excel 2007.

Sebelum menginjak ke materi pembahasan, sebaiknya Anda download dulu file Office Excel dan CorelDraw yang sudah saya siapkan untuk menunjang tutorial ini.

Download File Contoh

Berikut Cara Memasukkan File Excel Ke Dalam CorelDraw

Silakan setelah Anda download file contoh diatas, ekstrak file. Isi file contoh tersebut adalah contoh file Kartu Siswa format CDR. Sebagai contoh disini saya telah membuat 4 Kartu Siswa. Nanti kita akan mengisi identitas Kartu Siswa tersebut secara otomatis yang datanya di input dari Office Excel.

File kedua dalam file contoh yang sudah Anda download adalah file data Office Excel. Disini saya akan membuat 32 Kartu Siswa secara sekaligus. Karena tadi format desain Kartu Siswa yang di CorelDRAW ada 4, maka data yang dibuat di Office Excel juga dibuat 4 kolom. Untuk memudahkan, isi masing-masing kolom disesuaikan dengan susunan yang harus diisi di Kartu Siswa CorelDraw. Dari masing-masing kolom saya buat 8 siswa, dengan begitu 4 x 8 = 32 siswa.

Setelah kedua file siap, file data Office Excel dan file desain Kartu Siswa saatnya sekarang untuk memasukkan file Excel ke CorelDraw. Anda nonaktifkan program Office Excel dan aktifkan program CorelDraw. Buka dengan CorelDraw file contoh desain Kartu Siswa lalu Klik File > Print Merge > Create /Load Merge Fields.

Langkah ini adalah proses untuk memasukkan file data Office Excel. Setelah Anda melakukan langkah diatas, maka kotak dialog Print Merge Wizard akan aktif. Disini Anda perlu memilih Import text from a file or an ODBC data source lalu klik Next.

Langkah selanjutnya silakan Anda pilih ODBC Data Source lalu klik pilih lagi Select ODBC Data Source.

Disini Anda harus memilih tab Machine Data Source, kemudian pada tab ini Anda klik Excel Files lalu klik OK.

Silakan Anda cari file data Office Excel yang datanya sudah dipersiapkan untuk dimasukkan ke desain Kartu Siswa CorelDraw. Dalam file contoh yang sudah saya lampirkan diatas, saya beri nama Data_Kartu_Siswa. Jika file sudah ditemukan pada kolom Database Name, klik OK.

Pada Table(s) akan tampil beberapa nama Sheet Excel. Silakan Anda pilih Sheet yang sesuai dengan lokasi penyimpanan data. Contoh disini saya menyimpan data di Sheet1. Maka ketika Sheet yang dipilih sesuai, pada Columns(s) akan tampil isinya. Terakhir silakan Anda klik OK.

Kembali ke kotak dialog Print Merge Wizard, silakan Anda klik pilih tombol Next.

Disini Anda tidak perlu melakukan setting apapun, Anda cukup klik tombol Next saja.

Jika data Office Excel berhasil direkam oleh Print Merge CorelDraw, maka data akan tampil seperti contoh gambar dibawah. Silakan Anda klik Next untuk melanjutkan.

Klik Finish untuk menyelesaikan proses ini …

Sekarang dilayar CorelDraw Anda akan tampil Kotak Dialog Print Merge.

Ok saatnya beraksi untuk melakukan perekaman data Office Excel ke desain Kartu Siswa yang telah kita persiapkan di CorelDraw.

Untuk melakukannya, silakan Anda blok data yang akan diubah. Contoh disini pertama saya blok Nama 1. Posisi disini nantinya adalah Nama Siswa yang bersangkutan.

Setelah mem-blok Nama 1 pada desain Kartu Siswa, silakan Anda klik pilih Field Nama 1 juga pada Kotak Dialog Print Merge. Field Nama 1 yang ada di Kotak Dialog Print Merge adalah nama yang dibuat di data Office Excel.

Untuk melakukan perekaman Nama Siswa 1 selanjutnya Anda klik tombol Insert pada Print Merge.

Otomatis pada desain Kartu Siswa akan berubah tulisannya menjadi <Nama 1>.

Silakan lakukan juga pada NIS, NISN, Jenis Kelamin, Agama, dan Alamat sesuai contoh diatas. Lakukan seperti ketika melakukan perekaman data Nama Siswa diatas.

Selesai melakukan perekaman data pada desain Kartu Siswa 1, sekarang lakukan juga perekaman data lengkap pada desain Kartu Siswa 2, 3, dan 4. Sehingga akhirnya akan terlihat seperti contoh di bawah ini.

Selesai melakukan perekaman, untuk melihat hasilnya sekarang silakan Anda klik pilih tombol Merge to New Document dan tunggu beberapa saat.

Jika sukses maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini. Semua data pada desain Kartu Siswa akan terisi otomatis. Satu Page CorelDraw terdiri dari 4 Kartu Siswa. Untuk melihat hasil lainnya, Anda bisa klik Page selanjutnya. Sesuai tujuan saya akan membuat 32 Kartu Siswa, maka secara otomatis akan terbuat 8 Page.

Dengan melakukan Print Merge di CorelDraw, maka pengerjaan Anda dalam membuat Kartu Siswa akan cepat terselesaikan.

Baca Juga : Download 40+ Kartu Nama Keren Format CorelDRAW Gratis Lengkap

Ok mungkin artikel Cara Memasukkan File Excel Ke Dalam CorelDraw dicukupkan sekian saja. Tulisan diatas hanya sekedar contoh saja. Untuk pengembangannya, silakan Anda berkreasi sendiri. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren serta menarik laiinya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.