Cara Termudah Membuat Nomor Halaman Bolak-Balik Di Microsoft Office Word

Cara Membuat Nomor Halaman Bolak-Balik 1

Cara Membuat Nomor Halaman Bolak-Balik – Ketika menulis buku atau karya ilmiah tentunya tidak cukup memperhatikan dari segi substansinya saja. Penulis hendaknya memperhatikan juga dalam hal teknis supaya tulisan menjadi rapi, enak dibaca, dan tentunya sesuai dengan ketentuan teknis. Salah satu segi teknis yang meski diperhatikan penulis adalah membuat nomor halaman.

Baca Juga : Dengan Cara Ini Bisa Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Office Word

Ketika penulis buku atau karya ilmiah terlalu fokus pada substansi sehingga melupakan unsur teknis seperti tidak menambahkan nomor halaman. Penulis beranggapan bahwa substansi lebih penting dibanding dari teknis. Apakah asumsi tersebut benar? Tentunya kurang tepat juga. Pasalnya segi teknis sama pentingnya juga seperti pada substansi. Hal-hal teknis seperti membuat nomor halaman tidak bisa disepelekan begitu saja. Ini akan berpengaruh besar terhadap kerapian tulisan buku atau karya ilmiah Kamu.

Memberikan nomor halaman pada buku atau karya ilmiah itu sangat penting Kamu lakukan. Nomor halaman itu sendiri memiliki fungsi untuk melacak halaman pada buku atau dokumen yang dibuat. Dengan melihat halaman Daftar Isi, maka pembaca bisa dengan cepat membuka halaman yang dicari sesuai nomor halaman. Selain itu juga dengan adanya nomor halaman maka akan diketahui jumlah halaman dari buku tersebut dan memastikan apakah halaman tersusun rapi atau tidak.

Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Office Word

Bagi pengguna komputer khususnya yang sudah terbiasa mengerjakan dokumen di komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan program Office Word. Memang program ini bisa dikatakan modal utama mereka ketika mengerjakan berbagai dokumen di komputer. Fiturnya yang lengkap dan mudah dijalankan maka tidak heran jika banyak orang yang suka terhadap Office Word.

Kelengkapan Office Word untuk memenuhi kebutuhan pembuatan dokumen seperti buku dan karya ilmiah tidak ketinggalan juga dengan fitur pemberian nomor halaman. Untuk membuat nomor halaman di Office Word dapat dikerjakan dengan mudah. Cukup tiga klik saja maka Kamu sudah bisa memberikan nomor halaman dengan jumlah tidak terbatas.

Umumnya nomor halaman terbagi menjadi dua jenis, nomor halaman di bagian atas (header) dan nomor halaman di bagian bawah (footer). Dari kedua jenis tersebut biasanya masing-masing dibagi menjadi tiga, yaitu ditempatkan di kanan, tengah, dan kiri.

Untuk sekedar membuat nomor halaman di Office Word, langkah awal silakan Kamu klik tab Insert.

Cara Membuat Nomor Halaman Bolak-Balik 2

Di tab Insert silakan Kamu klik Page Number dan tentukan dimana Kamu akan menempatkan nomor halaman. Kamu bisa memilih Top of Page untuk ditempatkan diatas dokumen dan Bottom of Page untuk ditempatkan di bawah. Dari masing-masing pengaturan ini, Kamu juga bisa menentukan nomor halaman di kanan, tengah, atau kiri.

Cara Membuat Nomor Halaman Bolak-Balik 3

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.