Cara Termudah Membuat Nomor Halaman Bolak-Balik Di Microsoft Office Word

Cara Membuat Nomor Halaman Bolak-Balik 1

Cara Membuat Nomor Halaman Bolak-Balik – Ketika menulis buku atau karya ilmiah tentunya tidak cukup memperhatikan dari segi substansinya saja. Penulis hendaknya memperhatikan juga dalam hal teknis supaya tulisan menjadi rapi, enak dibaca, dan tentunya sesuai dengan ketentuan teknis. Salah satu segi teknis yang meski diperhatikan penulis adalah membuat nomor halaman.

Baca Juga : Dengan Cara Ini Bisa Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Office Word

Ketika penulis buku atau karya ilmiah terlalu fokus pada substansi sehingga melupakan unsur teknis seperti tidak menambahkan nomor halaman. Penulis beranggapan bahwa substansi lebih penting dibanding dari teknis. Apakah asumsi tersebut benar? Tentunya kurang tepat juga. Pasalnya segi teknis sama pentingnya juga seperti pada substansi. Hal-hal teknis seperti membuat nomor halaman tidak bisa disepelekan begitu saja. Ini akan berpengaruh besar terhadap kerapian tulisan buku atau karya ilmiah Kamu.

Memberikan nomor halaman pada buku atau karya ilmiah itu sangat penting Kamu lakukan. Nomor halaman itu sendiri memiliki fungsi untuk melacak halaman pada buku atau dokumen yang dibuat. Dengan melihat halaman Daftar Isi, maka pembaca bisa dengan cepat membuka halaman yang dicari sesuai nomor halaman. Selain itu juga dengan adanya nomor halaman maka akan diketahui jumlah halaman dari buku tersebut dan memastikan apakah halaman tersusun rapi atau tidak.

Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Office Word

Bagi pengguna komputer khususnya yang sudah terbiasa mengerjakan dokumen di komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan program Office Word. Memang program ini bisa dikatakan modal utama mereka ketika mengerjakan berbagai dokumen di komputer. Fiturnya yang lengkap dan mudah dijalankan maka tidak heran jika banyak orang yang suka terhadap Office Word.

Kelengkapan Office Word untuk memenuhi kebutuhan pembuatan dokumen seperti buku dan karya ilmiah tidak ketinggalan juga dengan fitur pemberian nomor halaman. Untuk membuat nomor halaman di Office Word dapat dikerjakan dengan mudah. Cukup tiga klik saja maka Kamu sudah bisa memberikan nomor halaman dengan jumlah tidak terbatas.

Umumnya nomor halaman terbagi menjadi dua jenis, nomor halaman di bagian atas (header) dan nomor halaman di bagian bawah (footer). Dari kedua jenis tersebut biasanya masing-masing dibagi menjadi tiga, yaitu ditempatkan di kanan, tengah, dan kiri.

Untuk sekedar membuat nomor halaman di Office Word, langkah awal silakan Kamu klik tab Insert.

Cara Membuat Nomor Halaman Bolak-Balik 2

Di tab Insert silakan Kamu klik Page Number dan tentukan dimana Kamu akan menempatkan nomor halaman. Kamu bisa memilih Top of Page untuk ditempatkan diatas dokumen dan Bottom of Page untuk ditempatkan di bawah. Dari masing-masing pengaturan ini, Kamu juga bisa menentukan nomor halaman di kanan, tengah, atau kiri.

Cara Membuat Nomor Halaman Bolak-Balik 3

Kamu bisa memilih format yang sudah disediakan oleh Office Word. Jika format tersebut tidak ada yang cocok, Kamu juga bisa membuat dan menentukan sendiri formatnya sesuai dengan kebutuhan.

Cara Membuat Nomor Halaman Bolak-balik di Office Word

Umumnya nomor halaman itu akan sama penempatannya. Jika halaman pertama posisi nomor di kanan bawah, maka untuk halaman-halaman selanjutnya juga seperti itu posisinya. Lalu bagaimana jika kita ingin membuat nomor halaman bolak-balik? Nomor halaman pertama ada di kanan bawah dan nomor halaman kedua ada di kiri bawah. Setiap bilangan ganjil ada di sebelah kanan dan bilangan genap ada disebelah kiri. Hal ini biasanya akan diterapkan pada nomor halaman buku. Biasanya buku itu akan dicetak bolak-balik sehingga tetap saja setelah dibalik posisi nomor halaman akan sama.

Contoh jelasnya seperti gambar berikut :

Karena Office Word khusus dibuat untuk memenuhi kebutuhan pembuatan dokumen, maka bukan perkara yang sulit untuk membuat nomor halaman bolak-balik ini. Hanya satu klik saja kita bisa membuat nomor halaman bolak-balik untuk keperluan cetak buku, skripsi, karya ilmiah, dan sebagainya.

Untuk membuat nomor halaman supaya menjadi bolak balik caranya adalah, silakan Kamu aktifkan nomor halaman (klik ganda). Setelah nomor halaman aktif maka akan tampil tab Design. Di tab Design ini Kamu hanya cukup klik atau mengaktifkan Different Odd & Even Pages.

Dengan mengaktifkan Different Odd & Even Pages maka secara otomatis nomor halaman akan bolak-balik. Setiap nomor halaman ganjil akan berada di sebelah kanan dan nomor halaman genap akan di sebelah kiri.

Baca Juga : Cara Membuat Label Undangan Otomatis 103 Dan 121 Siap Print Di Office Word

Bagaimana mudah bukan? Ok mungkin artikel Cara Membuat Nomor Halaman Bolak-Balik dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.