Cara Membuat Buku Lipat atau Buklet, Cetak Bolak-Balik Di Microsoft Office Word

Cara Membuat Buku Lipat 01

Cara Membuat Buku Lipat Print Bolak-Balik di Word – Apakah Office Word bisa digunakan untuk membuat buku lipat atau buklet? Tentu saja jawabannya bisa! Urusan editing dokumen, Office Word adalah rajanya. Kebutuhan apapun yang kaitannya dengan pembuatan dokumen, dapat terlesaikan atas bantuan program Office Word. Maka tak heran jika Office Word banyak digunakan di kantor, sekolah, instansi pemerintah, bank, dan sebagainya.

Untuk membuat buku lipat atau buklet di Office Word, Kamu bisa menggunakan fitur Book Fold. Ketika membuat buku lipat, tidak bisa hanya dengan mengandalkan fitur Columns. Pada dasarnya dalam pembuatan buku lipat itu adalah selembar kertas yang dibagi-bagi. Kalau sekedar membagi kertas saja mungkin Kamu sudah mengetahuinya, yaitu menggunakan Columns. Namun bagaimana jika setiap halaman yang dibagi tersebut ingin Kamu beri nomor halaman, borders and shading, dan sebagainya.

Halaman yang dibagi menggunakan Columns ketika diberi nomor halaman misalnya, maka hanya akan terbuat satu halaman saja. Misal, Kamu ingin membagi satu halaman kertas menjadi dua bagian, kemudian dari masing-masing bagian tersebut harus diberi nomor halaman. Tentu saja hal ini tidak akan terselesaikan dengan Columns.

Cara Membuat Buku Lipat Print Bolak-Balik di Office Word

Untuk membuat buku lipat di Office Word, bukan hanya dapat membagi kertas menjadi dua bagian saja. Kita juga bisa membagi satu halaman kertas menjadi empat bagian, enam bagian, dan seterusnya. Namun tentunya jika terlalu banyak dibagi maka hasilnya untuk setiap bagian akan terlihat kecil.

1. Membagi Kertas Buku Lipat

Dalam contoh kali ini saya akan membuat buku lipat dari selembar kertas F4 dibagi menjadi empat bagian. Kamu sudah tahu berapa ukuran kertas F4 dan bagaimana cara settingnya? Silakan simak artikel Ukuran Kertas F4 Di Word, CorelDraw, Photoshop, dan Printer Satuan Cm.

Sekarang Kamu sudah tahu berapa cm ukuran kertas F4. Silakan aktifkan Office Word untuk memulai praktik membuat buku lipat …

Setelah layar kerja Office Word aktif, disini saya menggunakan Office 2016, silakan klik tab Layout kemudian Page Setup.

Cara Membuat Buku Lipat 02

Langkah selanjutnya silakan klik Tab Margins kemudian pada Multiple pages Kamu klik pilih Reverse book fold. Pengaturan ini secara otomatis akan mengubah tampilan kertas menjadi dibagi-dibagi untuk keperluan buku lipat.

Pada tahap ini Kamu juga bisa menentukan batas Margins kertas. Dalam contoh kali ini saya menggunakan pengaturan cm dan masing-masing batas margin 1,5 cm.

Cara Membuat Buku Lipat 03

Masih dikotak dialog Page Setup, langkah selanjutnya silakan klik tab Paper. Disini kita akan mengatur jenis ke custom size. Disini saya mau membuat buku lipat dari kertas F4 yang dibagi menjadi empat bagian. Kertas F4 memiliki ukuran 21,5 cm x 33 cm, dengan begitu untuk setiap dua bagiannya adalah 21,5 cm x 16,5 cm.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.