Kamis, 21 Oktober 2021

Cara Menentukan Jenis Kelamin Berdasarkan NIK di Excel Dengan Mudah dan Cepat

Cara Menentukan Jenis Kelamin di Excel 01

Cara Menentukan Jenis Kelamin di Excel – Dengan Excel kita dapat menentukan jenis kelamin seseorang dengan melihat NIK. Tentunya setiap warga negara Indonesia akan memiliki NIK atau Nomor Induk Kependudukan. NIK ini berisi 16 digit angka unik yang menyimpan beberapa informasi pemiliknya. NIK berisi informasi tanggal lahir dan jenis kelamin pemilik NIK tersebut.

Baca Juga : Cara Membulatkan Angka Desimal Dengan Rumus Lengkap Contoh di Excel

Untuk menghemat waktu ketika mengerjakan data di Excel, jenis kelamin dapat ditentukan dengan rumus berdasarkan NIK. Kita tidak perlu menginput jenis kelamin secara manual. Biarkan rumus Excel akan bekerja secara otomatis. Maka dengan hal ini dapat mempersingkat waktu kerja Kamu dalam menyelesaikan data di Excel.

Tahukah Kamu bahwa dari 16 digit NIK ini pada digit ke-7 dan 8 bisa kita tentukan jenis kelamin pemilikinya. Jika digit ke-7 dan 8 nilainya kurang dari 40 maka jenis kelamin pemiliknya adalah laki-laki. Namun jika digit ke-7 dan 8 lebih dari 40 maka jenis kelamin pemilik NIK adalah perempuan.

Cara Menentukan Jenis Kelamin di Excel Berdasarkan NIK

Supaya Kamu jelas, selengkapnya bisa dilihat contoh gambar di bawah ini :

Cara Menentukan Jenis Kelamin di Excel 02

Sedangkan rumus untuk menentukan jenis kelamin berdasarkan NIK adalah menggunakan gabungan fungsi IF dan fungsi MID. Kita ambil contoh data NIK yang akan diketahui jenis kelaminnya berada di sel A2, maka rumus lengkapnya adalah sebagai berikut :

=IF(–MID(A2;7;2)<40;”Laki-laki”;”Perempuan”)

Fungsi MID dalam hal ini digunakan untuk menentukan jenis kelamin berdasarkan NIK yang diambil dari digit ke-7 dan 8. Jika penulisannya sebagai berikut :

=MID(A2;7;2)

Maka data yang ditampikan adalah 14 dan seharusnya menjadi format angka. Maka atas dasar itu Kamu harus menambahkan tanda double unary (–) diawal. Atau Kamu juga bisa menambahkan fungsi VALUE, menjadi :

=VALUE(MID(A2;7;2))

Langkah selanjutnya Kamu juga harus menggabungkan fungsi MID dengan fungsi IF. Fungsi IF ini berguna untuk menampilkan dari jenis kelaminnya. Apakah NIK tersebut berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Kamu dapat membuat fungsi jika hasil dari MID lebih kecil dari 40 maka jenis kelamin yang ditampilkan adalah laki-laki. Namun sebaliknya jika MID lebih besar dari 40 secara otomatis akan ditampilkan perempuan.

Selengkapnya Kamu bisa melihat contoh fungsi atau rumus pada gambar dibawah ini :

Berapapun jumlah NIK yang akan Kamu ketahui jenis kelaminnya akan cepat terselesaikan. Sel yang sudah diterapkan rumus ini akan terisi otomatis jenis kelamin jika Kamu sudah mengisi NIK pada sel lain, contoh ini sel A2.

Download Projek Excel

Baca Juga : Rumus Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan Di Office Excel Lengkap

Bagaimana mudah bukan? Mungkin artikel ini dicukupkan sekian saja. Meskipun ini artikel singkat, namun semoga saja ada manfaatnya. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.