Kamis, 21 September 2023

Ini Dia Kandungan Sehat Serta Manfaat Daun Mahkota Dewa yang Jarang Orang Tau

Manfaat Daun Mahkota Dewa yang Jarang Orang Tau

Info Menarik – Daun mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) adalah salah satu tumbuhan herbal yang memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya dalam pengobatan tradisional. Terkenal juga dengan sebutan “Crown of God” atau “God’s Gift”, tumbuhan ini telah mendapatkan perhatian luas karena berbagai manfaat kesehatannya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa manfaat utama dari daun mahkota dewa untuk kesehatan.

Kandungan Sehat Daun Mahkota Dewa

Daun mahkota dewa terkenal sebagai obat herbal bagi banyak jenis penyakit. Hal ini tidak lepas dari banyaknya kandungan sehat dalam daun seperti saponin, polifenol, alkaloid serta anthistamin di dalamnya.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Terbukti Ampuh

Ciri-Ciri Daun Mahkota Dewa

Salah satu bagian dari tanaman mahkota dewa berfungsi sebagai obat adalah bagian daunnya. Daun tanaman mahkota dewa sendiri bersifat tunggal, yang terletak pada ranting dan saling berhadapan. Daun mahkota dewa juga memiliki tangkai pendek dan cenderung menjorong atau lanset.

Jika kita cermati, daun mahkota dewa memiliki pangkal yang terlihat runcing dengan tepian daun rata. Daun mahkota dewa memiliki panjang berkisar tujuh hingga sepuluh cm. sementara lebarnya yang hanya berkisar dua hingga lima cm.

Manfaat Daun Mahkota Dewa untuk Kesehatan

1. Untuk Menyembuhkan Eksim pada Kulit

Manfaat daun mahkota dewa yang pertama adalah untuk menyembuhkan gangguan eksim pada kulit. Adapun langkah pengobatannya cukup sederhana yaitu dengan menyiapkan daun mahkota dewa yang masih segar. Selanjutnya, lumatkan hingga daun berubah seperti pasta.

Jika langkah di atas sudah selesai Kamu lakukan, Kamu bisa membalurkan daun tersebut pada bagian tubuh yang mengalami tengah gangguan eksim. Untuk hasil yang bagus, Kamu dapat menggunakannya sebanyak 2 kali dalam sehari.

Selain dapat Kamu gunakan dengan cara dibalurkan, penggunaan daun mahkota dewa juga dapat Kamu gunakan dengan cara direbus menggunakan beberapa campuran bahan alami lainnya seperti halnya daun sambiloto ataupun daun pegagan.

2. Mengatasi Gangguan Rematik

Manfaat daun mahkota dewa yang selanjutnya adalah untuk mengobati gejala penyakit rematik. Untuk keperluan pengobatan dari jenis penyakit yang satu ini, Kamu bisa menyiapkan lima belas hingga tiga puluh gram daun mahkota dewa yang masih dalam keadaan segar.

Setelahnya, rebus dan lumatkan lalu peras hingga airnya keluar. Konsumsi air sehat tersebut untuk mengurangi gejala rematik yang yang muncul.

3. Batuk dan Muntah Darah

Daun mahkota dewa dapat pula Kamu gunakan dalam mengatasi gangguan kesehatan berupa batuk dan muntah darah. Caranya cukup mudah yakni dengan menyiapkan daun mahkota dewa sekitar 15 gram lalu rebus menggunakan tiga gelas air. Tunggu sampai air bersisa setengahnya dan konsumsi secara rutin pada pagi, siang, dan sore hari.

4. Tumor

Tumor menjadi salah satu jenis penyakt yang ditakuti oleh banyak orang. Meski demikian, Kamu tidak perlu khawatir secara berlebihan, karena daun mahkota dewa, dapat Kamu gunakan sebagai salah satu solusi penyembuhan bagi penderita.

Penggunaan daun mahkota dalam mengatasi kanker sendiri cukup mudah dilakukan yaitu dengan menyiapkan tiga sampai empat lembar daun, lalu gunakan sebagai lalapan.

5. Mengatasi Gangguan Kutil

Keberadaan kutil nyatanya cukup menganggu, terlebih jika tumbuh pada bagian tubuh yang terlihat. Untuk mengatasinya, Kamu bisa memanfaatkan daun mahkota dewa dengan cara menempelkannya pada bagian tubuh yang ditumbuhi kutil. Jangan lupa untuk membersihkan dan melumatkan daun terlebih dahulu, lalu balut kutil tersebut hingga keesokan harinya.

6. Mengatasi Luka Bakar

Untuk mengobati luka bakar, Kamu bisa memanfaatkan daun mahkota dewa dengan cara mencuci bersih daun lalu haluskan setelahnya. Jika sudah, Kamu bisa menambahkan gula merah ke dalam adonan, hingga berbentuk layaknya salep. Balurkan ramuan sehat yang satu ini pada bagian tubuh yang terluka lalu tutup dengan perban.

Ada banyak sekali manfaat daun mahkota dewa bagi kesehatan tubuh. Untuk mengatasi ragam jenis penyakit yang bisa datang kapan saja, tidak ada salahnya jika membudidayakan tanaman mahkota dewa sendiri di kebun atau sekitar pekarangan rumah anda. Semoga artikel ini bermanfaat !

Artikel ini karya penulis tamu Faturokhman Eka Nugraha seorang blogger yang bekerja di Pemda salah satu kabupaten di Jogja. Mencoba membangun blog konteninfo.blogspot.com karena jenuh tingkat dewa dengan rutinitas yang monoton. Blog Konteninfo merupakan blog gado-gado yang membahas artikel kesehatan, teknologi, traveling, inspirasi, dan yang unik unik.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Terima kasih banyak yang tidak tahu manfaat mahkota dewa TERNYATA bisa untuk eksim dan rematik saya tidak sabar mencobanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Tolong dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini!