Bagaimana Pola Hidup Sehat Ibu Hamil Agar Bayi yang Dikandungnya Sehat?

Pola Hidup Sehat Ibu Hamil 1

Info Menarik – Agar bayi yang dikandung tetap sehat sampai lahir, Kamu perlu mencermati pola hidup sehat. Asal Kamu tahu saja, kesehatan dan pertumbuhan bayi yang dikandung itu sangat bergantung kepada nutrisi yang Kamu konsumsi. Maka dari itu, jangan pernah menyepelekan atau malas untuk memilih makanan sehat saat Kamu hamil. Ketika Ibu hamil selalu perhatikan pola hidup sehat supaya bayi yang dikandungnya tetap sehat.

Baca Juga : Siapa Sangka Ternyata Makanan-Makanan Ini Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Ketika Kamu mengandung, Kamu sebetulnya tidak perlu makan banyak seolah-olah makanan Kamu untuk dua orang. Sekilas memang seperti itu, hamil berarti Kamu harus makan banyak setiap hari. Namun faktanya bukan seperti itu. Ibu hamil setiap kali makan meski menambahkan 300 kalori tambahan. Hal ini setara dengan semangkok sereal serta susu rendah lemak dan sebuah pisang.

Jadi jelas, makan terlalu banyak belum tentu bahwa itu akan menyehatkan ibu hamil serta bayi yang dikandungnya …

Untuk mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi ibu hamil, Kamu penting mongkonsumsi makanan yang berbeda. Sebagai contoh, kalsium dan protein bermanfaat untuk membentuk jaringan tubuh serta tulang bayi, asam folat berguna untuk menghindari cacat bawaan, zat besi bisa membantu sel darah merah serta akan membawa oksigen terhadap janin.

Berikut Pola Hidup Sehat Ibu Hamil Supaya Janin Tetap Sehat Sampai Lahir

Lalu bagaimana pola hidup sehat untuk ibu hamil? Kamu bisa praktikkan tips-tips berikut ini :

1. Ibu Hamil Meski Menghindari Konsumsi Alkohol dan Kafein

Pola Hidup Sehat Ibu Hamil 2

Jika sebelumnya Kamu suka mengkonsumsi alkohol serta kafein, maka ketika hamil Kamu harus menghindarinya. Hal ini demi menjaga janin supaya tetap sehat hingga kelahiran nanti. Jika Kamu tetap bersikeras mengkonsumsi alkohol dan kafein ketika hamil, hal ini akan mengganggu pertumbuhan janin.

Dengan mengkonsumsi alkohol ketika hamil, hal ini akan meningkatkan resiko keguguran. Tentunya tidak mau bukan? Alkohol juga dapat meningkatkan resiko cacat fisik pada bayi, keterbelakangan mental bayi, serta masalah-masalah lainnya pada bayi.

Hindari juga minuman mengandung kafein seperti kopi, soft drink, dan teh. Jika ibu hamil mengkonsumsi minuman kafein lebih dari dua gelas sehari, hal ini dapat mengganggu pertumbuhan janin.

2. Selaraskan Asupan Gizi Ketika Hamil

Pola Hidup Sehat Ibu Hamil 3

Ketika mengandung Kamu perlu konsumsi lebih banyak lagi makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral. Pola makan yang lebih baik tentunya itu diharuskan bagi ibu yang sedang hamil. Jangan sembarangan makan tapi konsumsilah asupan nutrisi yang seimbang.

Hindari prinsip makan lebih banyak daripada biasanya ketika hamil. Namun ubahlah menjadi menerapkan pola makan yang lebih sehat. Ibu hamil jangan terpaku pada satu nutrisi makanan saja, namun variasikan agar ibu mendapatkan semua manfaat dari kandungan yang terdapat pada makanan.

Menurut ahli kesehatan, pada trimester pertama ibu hamil perlu mendapat konsumsi makanan sekitar 180 kilo kalori dalam setiap harinya. Kemudian menginjak ke trimester kedua hingga akhir maka ibu meski mendapat asupan kalori sekitar 300 kilo setiap harinya.

3. Hindari Diet Ketika Hamil

Cukup berbahaya diet pada saat Kamu hamil, berbahaya untuk si kecil dan juga berbahaya untuk ibunya. Maka daripada itu sebaiknya Kamu hindari program diet saat hamil. Diet berarti Kamu mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan setiap hari sehingga nantinya akan bermasalah dengan kekurangan kalori, asam folat, zat besi, dan nutrisi penting lainnya.

4. Menaikkan Berat Badan

Ketika hamil sangat disarankan untuk menaikkan berat badan. Lupakan saja dulu berat badan yang ideal namun taikkan berat badan secara bertahap. Setiap trimester kehamilan Kamu bisa menaikkan berat.

Namun ketahuilah, dalam menaikkan berat badan itu tidak asal naik berat badan saja. Kamu juga harus memperhatikan terhadap naik berat badan yang sehat. Basis berat badan adalah berpola terhadap berat badan ibu sebelum mengandung. Kenaikan berat badan ini tidak terlepas dari pantauan dokter.

Baca Juga : 5 Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Yang Wajib Diketahui Terutama Ibu Hamil

5. Jika Perlu, Konsumsi Suplemen Ketika Hamil

Karena ketika hamil nutrisi yang dikonsumsi meski cukup, jika perlu silakan konsumsi suplemen kemasan. Namun hal ini jika nutrisi dari makanan sehari-hari tidak bisa mencukupi. Disini saya tidak akan merekomendasikan suplemen apa yang harus Kamu konsumsi. Namun yang harus Kamu perhatikan adalah, konsumsi suplemen yang mengandung asam folat. Ketika hamil, Kamu memerlukan asam folat sekitar 600mcg. Selain itu, Kamu juga memerlukan asupan zat besi, kalsium, dan kolin.

Ok mungkin artikel Pola Hidup Sehat Ibu Hamil dicukupkan sekian saja. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Kamu khususnya saat Kamu mengandung. Hal ini mempunyai tujuan agar janin yang dikandung tetap sehat hingga lahir. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.