Lakukan 6 Hal Berikut Karena Bisa Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

Trik Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis – Salah satu kelebihan laptop dibanding komputer adalah laptop lebih praktis ketika digunakan. Laptop bisa kita gunakan dimana saja bahkan dapat digunakan ketika dilingkungan kita tidak ada sumber daya listrik sekalipun. Pasalnya laptop memiliki baterai yang mampu menampung sumber daya listrik sehingga memungkinkan kita untuk menggunakan laptop tanpa harus terhubung ke jaringan listrik. Ketika pertama kali laptop dibeli, maka sumber daya listrik yang tersimpan di baterai akan bertahan lebih lama. Pengguna dapat menggunakan laptop lebih lama lagi tanpa harus terhubungan ke jaringan listrik. Namun sayangnya hal ini hanya akan dirasakan pada laptop yang baru dibeli saja. Ketika laptop sudah berumur, maka kemampuan baterai dalam menyimpan sumber daya listrik akan berkurang.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak Terutama Baterai Dan Keyboard

Sebetulnya bisa kita siasati agar baterai laptop ini mampu bertahan lama atau tidak mudah cepat habis meskipun baterai sudah berumur. Karena pada umumnya selain faktor usia baterai, dan juga disebabkan oleh kesalahan pengguna. Pengguna telah melakukan tindakan yang salah sehingga sumber daya listrik yang tersimpan di baterai cepat terkuras habis. Jika kesalahan pengguna, maka tidak menutup kemungkinan juga laptop baru dibeli baterainya akan boros dan cepat habis.

trik-menghemat-baterai-laptop-agar-tidak-cepat-habis-1

Maka daripada itu saya disini akan berbagi bagaimana cara menghemat baterai laptop agar tidak cepat habis. Karena kecerobohan pengguna, baterai laptop akan mudah nge-drop dan tidak bisa bertahan lama meskipun telah dicharge sampai full 100%.

Berikut 6 Trik Yang Bisa Menghemat Baterai Laptop Agar tidak Cepat Habis

Tidak banyak, hanya 6 trik saja yang dapat memicu keborosan sumber daya listrik baterai laptop Anda. Lakukan hal-hal berikut ini agar baterai laptop Anda bisa bertahan lama.

1. Matikan Aplikasi Startup Yang Tidak Perlu

Seperti yang sudah saya bahas pada artikel Cara Mempercepat Kinerja Komputer,  di laptop juga sebaiknya Anda matikan semua aplikasi startup yang tidak perlu. Selain bisa mempercepat kinerja laptop terutama ketika startup, dengan mematikan aplikasi tidak perlu di startup bisa lebih menghemat sumber daya listrik baterai. Aplikasi-aplikasi ini akan berjalan aktif dibelakang layar tanpa Anda ketahui. Biasanya aplikasi ini akan membutuhkan kinerja CPU/Processor dalam jumlah tidak sedikit.

Untuk mematikan aplikasi startup, silakan Anda buka Run dari Start > Run atau dengan menekan Windows+R pada keyboard. Kemudian Anda ketika msconfig pada kotak Run dan OK/Enter. Pilih tab Startup dan hilangkan tanda checklist pada setiap aplikasi yang Anda anggap tidak penting. Restart laptop dan Anda akan merasakan efeknya dari kegiatan menonaktifkan aplikasi startup ini.

trik-menghemat-baterai-laptop-agar-tidak-cepat-habis-2

2. Setting Power Options

Fitur Power Options adalah sebuah pengaturan yang khusus untuk penggunaan sumber daya listrik. Sebetulnya fitur Power Options ini bukan hanya terdapat pada laptop saja, di komputer juga Power Options bisa kita temukan. Untuk melihat pengaturan Power Options, silakan Anda buka halaman Control Panel > Power Options. Anda akan menemukan 3 pengaturan Power Options, yaitu :

  • Balanced = Pengaturan ini akan memberikan keseimbangan antara performa laptop atau komputer dengan sumber daya listrik atau jika laptop dengan baterai;
  • Power Saver = Adalah pengaturan untuk menghemat daya baterai secara maksimal. Dengan memilih pengaturan Power Saver, hal ini akan mengurangi beban penggunaan laptop yang tidak penting;
  • High Performance = Sesuai dengan namanya yaitu pengaturan ini akan lebih mengutamakan performa laptop atau komputer. Pengaturan ini akan terus menunjang kinerja processor agar dapat bekerja secara maksimal.

trik-menghemat-baterai-laptop-agar-tidak-cepat-habis-3

Menurut Anda mana lebih cocok agar penggunaan sumber daya listrik di baterai lebih hemat lagi? Ya betul, pengaturan Power Saver tentu saja yang lebih cocok. Maka daripada itu agar baterai laptop tidak cepat habis pilihlah pengaturan Power Saver.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Kalo ane baterainya dicopot, trus pake adapter atau ces2an dihubungkan ke listrik, jadinya baterainya awet, pake laptop tanpa baterai, berpotensi menjaga umur baterai juga gan,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.