Home / EPS-Topik Korea / Baju Tradisional Korea Selatan Yang Harus Diketahui

Baju Tradisional Korea Selatan Yang Harus Diketahui

Baju Tradisional Korea Selatan Yang Harus Diketahui – Tahukah Anda apakah baju tradisional Korea Selatan? Setiap negara pasti mempunyai baju tradisional. Bahkan jika di Indonesia, baju tradisional itu banyak macamnya. Setiap suku di Indonesia mempunyai baju tradisional. Namun lain lagi jika di Korea Selatan. Baju tradisional Korea Selatan hanya satu jenis saja, yaitu Hanbok. Jadi Hanbok (한복) adalah nama baju tradisonal negara Korea Selatan. Kemudian seperti bagaimana sih bentuk baju tradisonal Korea Selatan Hanbok ini? Ok, disini saya akan menerangkan secara lengkap tentang baju tradisonal Korea Selatan atau Hanbok.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Korea Selatan

Seperti halnya di Indonesia, seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi kini Hanbok sudah jarang dipakai di Korea Selatan. Masyarakat Korea Selatan lebih senang memakai pakaian model kebarat-baratan. Namun walaupun begitu, baju tradisional Korea Selatan Hanbok masih selalu dikenakan pada hari-hari tententu. Contohnya pada acara pernikahan (결혼식), hari raya panen (추석), tahun baru (설날), hari raya nasional (명절), dan lain-lain.

Lalu Seperti Apa Baju Tradisional Korea Selatan Hanbok Itu?

Anda bisa lihat contoh gambar dibawah. Mungkin setelah Anda melihat gambarnya, didalam pikiran Anda akan teringat film-film Korea Selatan yang bertemakan nuansa kerajaan biasa menggunakan pakaian seperti berikut :

Baju-Tradisional-Korea-Selatan-Yang-Harus-Diketahui-1

Nah sekarang sudah tahu kan bagaimana bentuk pakaian tradisional Korea Selatan yang sering disebut Hanbok ini? Pakaian tradisional Korea Selatan atau lebih dikenal dengan sebutan Hanbok adalah pakaian elegan yang memiliki kombinasi baik antara garis lurus dan lengkungan halus.

Kostum Hanbok bagi laki-laki dan perempuan berbeda. Bedanya terletak pada kostum bawahnya saja. Jika kostum laki-laki namanya바지저고리 dibaca = pajijeogori artinya Hanbok Celana. Sedangkan kostum bagi perempuan adalah치마저고리 dibaca = chimajeogori artinya Hanbok Rok. Untuk bagian atasnya Hanbok laki-laki dan Hanbok perempuan sama, yaitu masing-masing menggunakan 두루마기 dibaca durumagi artinya Jubah.

Baca Juga : Korea Lebih Memilih Indonesia Untuk Mendirikan Perusahaannya

Sedangkan warna dasar yang digunakan untuk baju tradisional Hanbok paling umum adalah warna putih. Tetapi untuk hari-hari khusus masyarakat Korea Selatan umumnya mengenakan Hanbok yang berwarna-warni dengan kaos kaki dan sepatu sutra.

Untuk menyesuaikan dengan teknologi saat ini, pakaian Hanbok telah dikembangkan lagi ke dalam versi modern. Sehingga mayarakat Korea Selatan bisa memakainya dalam kegiatan sehari-hari. Namun walaupun demikian, banyak masyarakat Korea Selatan tidak menggunakan Hanbok dalam kegiatan sehari-hari. Demi kenyamanan, mereka lebih memilih pakaian sehari-hari yang simple dan praktis. Laki-laki di Korea Selatan cenderung menggunakan kemeja dan celana panjang. Sedangkan perempuan lebih suka mengenakan kemeja dan celana rok panjang atau pendek.

Kemudian, untuk menghadiri acara pernikahan atau menghadiri acara formal seperti di Indonesia saja bahwa masyarakat Korea Selatan sering mengenakan pakai jas. Sedangkan perempuan mengenakan rok terusan atau atasan dan bawahan. Jadi intinya untuk saat ini pakaian Korea Selatan tidak jauh berbeda dengan pakaian negara lainnya seperti negara Indonesia.

Baca Juga : Berikut Sebagian Kebiasaan Sehari-hari di Korea Selatan

Mungkin hanya itu saja keterangan singkat tentang baju tradisional Korea Selatan yang sering disebut dengan Hanbok. Semoga tulisan ini menjadi ilmu pengetahuan yang berguna. Dan Insya Allah saya kedepannya akan berbagi lagi informasi menarik yang hubungannya dengan negara Korea Selatan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Pakaian bawahan wanitanya, terlalu ke atas yah batasnya.
    Bener nih, saya jadi ingat sama pelem-pelem drama korea.

    • Ya betul sekali mas Ridha. Pakaian adat Korea ini sekarang jarang ditemukan yang mamakai meskipun di negara Koreanya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *