Home / EPS-Topik Korea / Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Hangeul

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Hangeul

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan HangeulHuruf Korea disebut Hangeul 한글. Bagi yang berminat belajar Bahasa Korea, disini saya akan coba memperkenalkan huruf Hangeul. Tentunya ini adalah pembelajaran yang sangat mendasar. Sebelum bisa membaca dan menulis huruf Korea, kita meski tahu hurufnya dulu. Disarankan bagi yang ingin belajar Bahasa Korea untuk pemula agar mempelajari sampai benar-benar paham cara penulisan dan membaca huruf Hangeul. Agar kedepannya dapat memahami seluruh kalimat tulisan Korea.

Belajar-Bahasa-Korea-Untuk-Pemula-Pengenalan-Hangeul

Baca Juga : Berikut Arti Kosakata Dalam Slip Gaji TKI Korea

Huruf Korea atau Hangeul menurut sejarah diciptakan oleh Raja Sejong. Walaupun mempunyai kemiripan dengan huruf Kanji (China), tapi sebetulnya tidak sama. Huruf Korea lebih mudah dipelajari daripada huruf China (Kanji). Dan saya yakin untuk menguasai semua huruf Korea, paling lama dua minggu sudah bisa menguasai. Semua huruf Korea terdiri dari 24 huruf. Terdiri dari 10 huruf vokal dasar dan 14 huruf konsonan dasar. Yang selanjutnya dari vokal dasar dan konsonan dasar lebih dikembangkan lagi menjadi vokal rangkap dan konsonan rangkap.

belajar bahasa korea untuk pemula 1

Khusus bagi peminat untuk bekerja di Korea Selatan, penguasaan cara menulis dan membaca huruf Korea sangat dianjurkan. Karena proses untuk bisa bekerja di Korea, syarat utamanya adalah lulus test EPS-Topik. Tentunya selain bisa baca dan tulis huruf Korea, penguasaan kosakata Korea juga adalah sebuah keharusan. Semakin banyak kosakata yang dikuasai, maka semakin besar juga peluang lulus test EPS-Topik.

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Vokal Dasar

Kita mulai saja belajar Bahasa Korea pengenalan huruf Hangeulnya. Yang akan saya perkenalkan lebih awal adalah huruf Korea Vokal Dasar. Seperti yang sudah saya terangkan diatas, bahwa huruf Korea vokal Dasar terdiri dari 10 huruf. Berikut huruf-huruf Korea vokal dasar beserta cara membacanya :

No Huruf Bunyi
1    a
2    ya
3    eo/o
4    yeo
5    o
6    yo
7    u
8    yu
9    eu/u
10    i

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Konsonan Dasar

Setelah Anda mengenal huruf Korea vokal dasar, selanjutnya mari kita lihat huruf Korea konsonan dasar. Huruf Korea konsonan dasar ini terdiri dari 14 huruf. Berikut adalah huruf Korea konsonan dasar beserta cara membacanya :

No Huruf Nama Bunyi Awal Bunyi Tengah Bunyi Akhir
1 kiyeok k/g g k
2 nieun n n n
3 tigeut t/d d t
4 rieul r/l r/l l
5 mieum m m m
6 pieup p/b b p
7 siot s s t
8 ieung ng
9 chieut ch j t
10 ch’ieut ch ch t
11 khieuk kh kh k
12 thieut th th t
13 phieup ph ph p
14 hieut h h t

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Vokal Rangkap

Selanjutnya dari vokal dasar dan konsonan dasar tersebut kemudian dikembangkan lagi menjadi vokal rangkap dan konsonan rangkap. Jika Anda sudah menguasai huruf korea vokal dasar dan konsonan dasar diatas, maka saya rasa sudah cukup. Sehingga ketika mempelajari huruf Korea vokal dan konsonan rangkap tidak sulit lagi. Karena huruf Korea vokal dan konsonan rangkap hanya perkembangan dari vokal dan konsonan dasar.

Berikut huruf Korea vokal rangkap yang terdiri dari 11 huruf gabungan dari vokal dasar :

No Huruf Bunyi Proses
1 ae/e 아 + 이
2 yae/ye 야 + 이
3 e 어 + 이
4 ye 여 + 이
5 oe 오 + 이
6 wa  오 + 아
7  wae/we 오 + 애
8 wo 우 + 어
9  we 우 + 에
10  wi 우 + 이
11 eui/ui 으 + 이

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Konsonan Rangkap

Begitu juga dengan huruf Korea konsonan rangkap, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa huruf rangkap hanya terdiri dari perkembangan huruf dasar. Maka huruf Korea konsonan rangkappun perkembangan dari huruf Korea konsonan dasar.

Berikut adalah huruf Korea konsonan rangkap yang terdiri dari 5 huruf :

No Huruf Bunyi Awal Bunyi Tengah Bunyi Akhir
1 kk kk k
2 tt tt
3 pp pp
4 ss ss t
5 cc cc

Cara Penulisan Hangeul dan Cara Membacanya

Nah sekarang Anda sudah mengenal semua huruf Korea yang terdiri dari Vokal & Konsonan Dasar serta Vokal & Konsonan Rangkap. Sekarang mari kita bahas cara penulisan dan cara membacanya. Dengan kata lain kita akan coba praktekkan huruf Korea tersebut kedalam rangkaian kata. Yang selanjutnya dari rangkaian kata tersebut bisa menjadi satu buah kalimat.

Adapun cara penulisan huruf Korea adalah persuku kata. Dengan demikian kosakata bahasa Korea merupakan terdiri dari suku kata atau bahkan terdiri dari gabungan beberapa suku kata. Selanjutnya dari suku kata bisa kita potong menjadi suku kata Konsonan dan Vokal (KV) atau Konsonan, Vokal, Konsonan (KVK).

Jika penerapan huruf Korea vokal yang berdiri sendiri penulisannya, maka huruf ㅇ masih berfungsi. Artinya huruf ㅇ tidak dihilangkan. Kecuali jika huruf vokal digabungkan dengan huruf konsonan maka huruf ㅇ dihilangkan.

Contoh :

우유 dibaca ‘uyu’ artinya ‘susu’

Selanjutnya didalam huruf Korea, terdapat 4 pola dasar penggabungan vokal dan konsonan yang harus Anda pahami.

Pertama adalah jika Konsonan bergabung dengan Vokal vertikal, maka berpola susun kesamping.

Contoh :

다리미 dibaca ‘tarimi’ artinya ‘setrika’

Kedua jika Konsonan bergabung dengan Vokal horizontal maka berpola susun kebawah.

Contoh :

포도 dibaca ‘phodo’ artinya ‘anggur’

Ketiga jika Konsonan bergabung dengan Vokal vertikal dan ada Konsonan akhir (bachim), maka ditulis seperti berikut :

Contoh :

신발 dibaca ‘sinbal’ artinya ‘sepatu’

Keempat jika  Konsonan bergabung dengan Vokal horizontal maka berpola susun tindih seperti contoh berikut :

Contoh :

공장 dibaca ‘kongjang’ artinya ‘pabrik’

Ok untuk sementara tulisan ini dicukupkan sekian. Insya Allah kedepannya bisa disambung lagi jika ada waktu senggang.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

188 comments

  1. ternyata susah ya mas bhs korea di banding dgn bhs inggris

    • Ya betul. Selain harus menguasai kosakata bahasa Korea harus menguasai juga tulisan-tulisan Hangeul.

  2. saya gax hafal2 kang akan bahasa korea ini , sulit juga rupanyaa ya hahahaha

    • Iya kang bahasa Korea memang lumayan sulit. Tapi katanya lebih sulit belajar bahasa China kang.

      • Bahasa mandarin lebih sulit, karna ada 4 nada yg berbeda. Misal ‘wo’ ‘shi’ kalo nada berbeda arti berbeda. Saya aja belajar 2thn hanya bisa berhitung, kalo percakapan -_- nyerah

  3. boleh nie mas disambung lagi, awalnya memang sulit, tapi klo terus diulangi jadi paham, haha

    • Iya mas, asal ada kemauan disitu ada jalan. :)

      • aan hardiansyah

        Baru pertama kali buka.. Agak bingung sih.. Tapi pas di ulang sekali lagi… Ternyata gitu yah… Digabungkan antar suku kata.. Terima kasih banyak ya atas infonya. tolong di share dong.. Tata cara dan adat korea.. Please

        • Saya jugak agak kebingugan semasa belajar bahasa korea ini. Tetapi saya akan memahami setelah melihatnya dan menbuat latihan berulang kali. Terima kasih atas info ini.

  4. ini sangat cocok bagi mereka yang akan merantau ke korea, kalau saya nggak nyambung mas :)

  5. Wah kalau saya yang jadi Tenaga Kerja Indonesia di Korea. Mungkin saya juga kali ya mas yang pertama kali diceburin ke tengah laut. hahaha Habisnya saya ndak bisa-bisa, dan masih sangat asing huruf Korea (Hangeul) ini dan cara pengucapannya di telinga saya. :D

  6. Saya tahunya baru anyonghaseo, aniyo,ne, tapi pakainya bahasa indonesia, bukan huruf hanggul.wkwk

  7. cocok ini bagi meraka yang ingin belajar bahasa korea

  8. wahhhh kebetulan nii adik kelas saya kalo mz suka pakee bahasa korea, dan parahnya saya gak ngerti apa yang dia ucapin :v nahh biar gak malu maluin saya mau pantengin nih postingan kali aja bisa jago b.korea :D

    • Jangan dipantengin saja mas … hihihi Silakan mas dipelajari saja dulu huruf-huruf Hangeulnya.

  9. Enak juga ya mas kalau bisa belajar bahasa korea, mungkin bagi saya akan bisa membantu para wisatawan korea untuk lebih bisa meperkenalkan potensi wisata Indonesia melalui bahasa Korea ini. ijin simpan ya mas. :D

    • Silahkan mas disimpan saja jika memang dibutuhkan. Iya betul juga mas, mas kan suka posting tentang direktori wisata, ini bisa jadi inspirasi untuk menjadi pemandu wisata turis Korea … :)

  10. Maaf ni mas kalau komentarnya OOT, saya mau menanggapi tentang pertanyaan mas tentang hosting yang gratis, itu bisa mas temukan di idhostinger, silahkan di coba mas :D

    • Kalau begitu sama dengan artikel saya tentang cara membuat website gratis mas. Dulu saya juga sempat aktif di hostinger dua tahun. Cuma saya pakai domain dot tk.

  11. wah hurufnya aja ribet ni,bagaimana mbacanya?

    • Kunci dasarnya harus menguasai semua abjad ini mba. Semua tulisan juga sama, intinya abjad yang menjadi dasar agar bisa membaca tulisan. :)

  12. wow. sangat susah ternyata belajar bahasa korea. weleh-weleh.

  13. Makasih gan,, izin memplajari :)

  14. wah… mnrt saya belajar bahasa korea, jepang, or china punya 2 tingkat kesulitan. pertama belajar tulisan dan kedua ya bahasanya. Tapi itu yang membuat saya penasaran ingin belajar dan tips ini bisa menambah info saya.

    Makasi informasinyaaa

    • Dan diantara ketiga bahasa itu yang paling mudah Bahasa Korea. Karena katanya huruf hangeul diciptakan untuk memberi solusi rakyat Korea masa dulu yang banyak ga bisa baca dan tulis huruf Kanji (China). Untuk itu diciptakan huruf hangeul sama Raja Sejong, dan akhirnya hampir tidak ada orang Korea yang ga bisa baca tulis.

      • betul mas setuju klu utk penulisan huruf sy rasa korea msh lbh mudah.. tp utk pengucapan kata2 mnrt sy msh lbh mudah jepang.. krn cara membaca ato bunyinya sm dngan bhs kita mas..

        • Bahasa Jepang? Saya belum pernah mencoba belajar mas. Tapi sekilas melihat tulisannya susah ya tulisan Jepang ini?

          • yah lebih mudah pengucapan bahasa jepang dan hurufnya jg lebih enak dilihat tapi hurufx banyak untuk jepang di banding dng korea.

            • pengucapan bahasa korea sendiri juga mudah , dan setahu saya bahasa jepang memang pengucapan vokalnya sama dengan bahasa kita. tapi untuk kesulitan kerumitan jepang sama dengan china. karna dia punya 3 abjad hiragana,katakana.dan kanji dan membingungkan peletakan huruf dari masing masing huruf tersebut.

  15. Kalau Bahasa Korea Utara, sama saja yah?

    • Kalau Korut saya kurang tahu juga mas.

    • karena korea utara sudah terisolasi dari dunia luar dan juga tak terhubung dengan korea selatan maka bahasanya juga banyak yang berbeda mereka lebih ke bahasa jaman joseon lebih lampau dibanding korsel cmiiw

  16. Annyonghasimnikka
    Annyonghi Chumuseyo

  17. Kamsahamnida.. seengganya jadi bisa belajar hangul.. :D

  18. Aisss, aku mau sekolah di korea,, tapi ko rumit sekali, harus les private sepertinya

  19. bolehh dong ajar saya bahasa korea.. gak tau sama sekali nii.. tp ada keinginana ingin belajar bahasa korea..

    • Belajar saja dari materi yang sudah saya sajikan di blog ini. Selebihnya bisa cari rekomendasi lain di internet.

  20. Wah, belajar bahasa korea sepertinya akan memakan waktu lebih lama buat saya ketimbang belajar bahasa inggris. Tapi perlu juga si buat sekedar pengetahuan istilah istilah umum dalam bahasa korea. Nice share

    • Betul mas, belajar bahasa Korea itu sulit. Hal ini sempat saya alami ketika belajar dulu. Namun jika ada kemauan untuk belajar, pasti akhirnya bisa juga.

  21. selamat siang,bisa tolong bantu arti kata ini apa ?
    포처튜ㅠ좊
    kemarin ada yg smsin huruf itu sy jadi penasaran artinya,makasih sebelumnya.salam sukses.

    • Saya baru lihat kosakata yang tidak beraturan seperti itu mas … Hehehe Mungkin itu temannya telah bercanda mas dengan iseng menulis tulisan Korea seperti itu …

      • iya mas sy jg sdh coba nyari di google translate gak nemu artinya kosakata itu.makasih lagi mas..salam

  22. Allhammdullah.. bisa membaca n menulis nya hangul tapi kalou suruh ngartiin bahasa indonesianya masih blepotan…

  23. Bagus sekali infonya mas, memang untuk belajar bahasa asing sangat perlu apalagi bahasa yang popular seperti, inggris, mandarin, korea itu sangat penting di dunia pekerjaan.
    Sukses Selalu ya mas :)

  24. Igeo joeundeyo, Gomawoyo sunbae..
    Membantu banget, tapi masih banyak kendalany jga, saya sulit dalam ngartikan hanggul ke indonesia :(

  25. mianhaeyo.. saya mau tanya.. kan kalo di belakang subjek pake 은 /는dan 이/가 .. nah bedanya 은 /는dan 이/가 itu dipakenya pas gimana? gomawo..

    • Sebenarnya partikel 은/는 dan 이/가 itu sama saja fungsinya yaitu digunakan sebagai penanda subjek pada sebuah kalimat. Partikel 은/는 mencerminkan topik dari sebuah kalimat. Sedangkan Partikel 이/가 menunjukan subjek dari kalimat. Tidak usah takut salah menggunakan partikel ini, karena orang Korea akan bisa memahami maksud kalimat dengan menggunakan partikel ini.

      • riris reynalda

        Bisa tolong contohin kalimatnya per partikal min ? kalo yg 이 bukanya sm kyk vokal “i” ?
        harus dikasih pertikel setiap kalimat ?

  26. bro numpang nanyak ya. .arti kata korea ini apa?. .soak lyul lo nae laen teu makheu tojaksi aphtui 3 khan sang taelul keul eo tang kim

    • Coba pertanyaannya mas tulis dengan tulisan hangul/korea. Sulit untuk memahami jika pertanyaan dengan tulisan biasa.

  27. kamsahamnida sunbae ..
    lagi pengen belajar nulis hangul korea. sangat membantu sekali postinganya :))

  28. Numpang tanya..
    Maksud bunyi awal, tengah, akhir di konsonan dasar berdasarkan letak huruf nya?????

    • Maksudnya setiap huruf Hangul/huruf Korea akan beda bunyinya. Tergantung letak dari posisi huruf tersebut. Contoh untuk huruf ‘ㄱ’ jika ditulis diawal maka dibaca ‘k’ ditulis ditengah dibaca ‘g’ ditulis diakhir dibaca ‘k’. Contoh lebih jelasnya bisa disimak pada kalimat ‘감사’ disitu ada huruf ‘ㄱ’ maka dibaca ‘kamsa’ bukan ‘gamsa’ karena huruf ‘ㄱ’ ada diawal.

      • anyonghaseo…
        Kak ni q lg bljar hangul intrnet hruf vkal n knsnan sdah hfal…hbis tu dlnjut ap lgi kak

        • Kalau sudah hafal huruf-hurufnya tinggal melanjutkan ke belajar cara menulis huruf Korea dalam satu kalimat dan cara membacanya. Nanti ditambah dengan hapalan arti kosakatanya.

  29. Maaf mau tanya….maksudnya vokal vertikal sama vokal horisontal apa ya….masih gak ngerti…he…he…makasih….

    • Coba perhatikan lagi contoh kalimatnya dengan lebih teliti terkait horizontal dan vertical. Apakah ada perbedaan dari keduanya?

  30. kalo uda hafal huruf huruf nya untuk ke jenjang selanjutnya akan lebih mudah dipahami atau lebih susah?

    • Jika bicara susah atau mudah, dalam hal belajar itu relatif mas. Itu semua tergantung tekad dan usaha yang nyata untuk mencapai suksesnya belajar.

  31. 입니다 imnida

    Kak yg knsonan ㅂ kok bisa dbaca m Kak pdhal ITU kan knsonan p/b….ap hruf dpanya vokal ITU bisa dbaca im…

  32. siti nurhayati

    gomawo oppa, ini sangat membantu buat aku yg masih pemula :)
    pengen banget bisa lancar bahasa korea, tapi kapan yah :D

  33. susah banget belajar bahasa korea nggak ngerti,gimana sih kak cara nya biar kita bisa nulis dan baca bahasa (hangeul)??

    • Kuncinya belajar dengan rajin dan semangat untuk belajar jangan pernah berhenti sebelum Anda bisa. Tidak ada yang tidak mungkin kalau serius menjalaninya.

  34. kak mau nanya yg bagian penggabungan vokal dan konsonan yg kedua sama yg ke empat apa bedanya ya ka? .. terimakasih..

    • Bedanya satu pelafalan terdiri dari ada yang dua huruf, namun ada juga yang tiga huruf. Coba teliti lagi kata yang dicontohkan.

  35. kak plfan bachim dh agak pham…..hbis tu yg dplajari tntang apa kak…
    ow iyA kak tntanng pmbljaran hangul ni vdiony ada gak kak..

  36. Monica Putri

    saya sudah lancar menghafal hangul dan cara membacanya .. hehe akhirnya bisa juga nulis hangul .. kalo nama aku kan Monica jadi nya 모이차

    • Hehe Alhamdulillah kalau sudah lancar dan saya ikut senang. Cuma menulis Monica ada yang kurang tuh huruf ‘ㄴ’ seharusnya 모니차 :)

  37. uwie yuliana

    Mkasih infonya….jadi tambah semangat belajar bahasa korea,
    Kadang saya d blang autis kecanduan Drama korea tapi dari situ saya banyak ngerti bhasanya dan pengen banget bisa….^_^

  38. mksh mas bt info ilmunya ,,tp agak lumayan susah jg ya,,ap kuncinya spya lbh mdh di ingt ,,krn sy ad niat mau ksn jg

    • Bisa karena sudah terbiasa. Dan semua tidak terjadi dengan instan. Oleh karena itu teruslah belajar dan belajar saja mas secara berulang-ulang.

  39. Adienda Bastra

    Kalo mau bisa cepet nulis hangeul apa harus banyakin kosa kata dulu mas? Cepatnya gimana ya? Ga sabar pingin cepet bisa. Hehe

    • Sering latihan menulis hangul saja mas. Jangan dulu yang panjang-pajang, tapi mulai dari tulisan kosakata saja dulu. Nanti juga lama kelamaan akan terbiasa juga.

  40. gan saya punya saran buat huruf vokal kayak ㅓdan ㅗ kan sama-sama “o”,buat saya yang masih pemula jadi bingung bacanya gimana,lebih baik tambahin cara bacanya kayak gini gan ㅓ bacanya”o-mpong” ,ㅗ bacanya“o-rang”,thanks buat artikelnya sangat membantu gan,,,,,

    • Memang agak sulit untuk pelafalan huruf tersebut mas. Apalagi kalau sudah ngomong langsung dengan orang Korea asli. Hurufㅓ itu dibaca ‘EO’ sedangkan huruf ㅗ dibaca jelas “O”.

  41. anyeong haseo mas bisa ngelesin bahasa korea di ( surakarta ) kalo bisa saya minta no telephone gamsahamnida

    • Ma’af ga bisa mas, tapi mas bisa belajar Bahasa Korea di LPK terpercaya yang terdapat di daerah mas.

  42. cladita pamungkas putri

    mau tanya oppa…
    kalau hangeul nya hruf f,q,v,w,x,y,z apa ya..?
    n’ mau tanya lagi artinya sabar aph ya, oppa…?

    jawab yha oppa aku ingin tau.

    • untuk huruf-huruf tersebut gunakan yang sama pelafalannya saja (vokal), seperti : f = ㅍ q = ㄱ v = ㅍ w = 웨 x = ㄱ y = 예 z = ㅈ
      sabar bahasa Koreanya bisa menggunakan 참다

    • kalo boyband VIIX itu kalo gasalah 픽스
      kalo the ark itu 디아그.. jadi tergantung kata dan pengucapannya.. bener gasih kak? setau aku gitu.. (dari otodidak)

  43. Sarrycloudself

    Kalo belajar sendirimah bingung ??

    Sedihh Banget ga ngerti ngerti masa ??
    Pengen bisa gimana caranya ??

  44. setelah saya amati terus itu tulisan korea sampai ini kepala ngebul sambil jungkir balik ni mata benar benar ga ngerti..:D

  45. Thanks untuk infonya

    Saya lagi COBA pengen Belajar HANGEUL

    Ternyata agak ribet yach sama dengan bahasa mandarin hokien cantonis dll ,
    Kelihatannya lebih mudah Belajar ENGLISH

    • Yang penting suka dulu, jika gak ada suka. belajar bahasa apapun gak mudah.
      nyatanya anak-anak di korea usia 5 tahun, udah bisa bahasa korea tuh…
      (>.<)v
      ((((……kabuuuuuurrrr….))))

  46. Terimakasih infonya
    Tapi, saya masih belum paham tentang vokal horizontal/vertikal? Itu maksudnya gmn ya?
    Saya sngt tertarik dgn budaya korea selatan

  47. selamat siang.,
    Mau tanya, kalau “Hanja” apakah masih digunakan? ataukah sudah diganti semua dengan “hangeul”?

    • Tulisan Korea tidak menggunakan Hanja mas, semua menggunakan hangeul. Saya justru baru mendengar hanja mas.

  48. Lantas apa bedanya cara kedua yang penulisannya disusun kebawah dan cara ke 4 yang ditindih. Bukankah sama saja ? Mohon penjelasannya

  49. cara mengartikannya bagaimna? udah agak paha sih tapi mengartikan ke dalam bahasa indo saya tidak mengerti ,mohon penjelasannya

    • Kunci bisa mengartikan mas harus banyak hapal kosakata dan belajar partikel Bahasa Korea. Lebih jelasnya nanti saya akan buat artikelnya.

  50. Alma Stabita

    Terimakasihyaa. Langsung nyangkol nih hihihh nnt post lagi yaa biar tambah lancar lgi bhs korea nyaa^^

  51. Ety Budiharjo

    Wah…menarik banget nih, meskipun ga ada urusan soal Korea, saya senang mengenal bahasa negara lain. Tapi tentu saja cintanya sama Bahasa Indonesia lah. Makasih ilmunya. Salam kenal.

  52. sanishasanah_

    Wah termia kasih ini postingan sangat bermanfaat. Kalo buat saya pengucapan gampang banget cuma yang susah cara nulis hangeul. Gak ngerti susah. Pengen liburan kek korea tapi gak ngerilti bahasanya ??????

  53. Huruf Yang paling besar di atas itu artinya apa,,?? Dan cara nulis di handphone bagaimana,,,?? Di hp aku kok nggak bisa ya…??

    • Smartphone yang bisa baca tulis huruf Korea (Hangeul) harus khusus Spmartphone produksi Korea seperti Samsung.

  54. Rini Arianti

    Aku udah nyarinyari blog yg bikin aku aga semangat ekh nemu yg punya Oppa.
    Sekarang aku baru bisa nama sndiri aja dan belum hafal huruf konsonan ama vokal tp semangat belajar karena blog ini lumayan membantu dan membuat otak saya beputar.hehe gomawo

  55. arina sulistiani

    wah lebih mudah mempelajari bahasa jepang yah :D
    bahasa korea menurut saya sama sulitnya seperti bahasa cina

  56. corry angelina

    baru mw mulai belajar trus nemu blog ini,, semoga ntar bisa lancar bahasa koreanya ama nulisnya, btw mw nnya kira kira kalo Corry tulisan koreanya kayak apa yah? penasaran ama tulisan nama sendiri :)

  57. trnyata susah bnget blajar bahasa korea..

    tpi ingin bisa bnget. nii.. hdeehh semangat belajar. truuss

  58. aku sering latian bahasa korea tp klo aku bicara ma orang korea knapa aku gk mengerti,emangnya apa sebabnya?

  59. saya mau pribvat bahasa korea dimana ya mas. saya jg soalnya tahun dpan mau ikutan tes bahasa korea tuk bisa bekerja di pabrik yg di korea mas

    • Cari LPK Bahasa Korea yang tempatnya dekat dengan lokasi mas saja. Sekarang sudah banyak LPK-LPK Bahasa Korea yang berdiri di hampir setiap kota.

  60. bahasa koreanya “karena saya belum lancar berbahasa korea” gimana,soalnya aku tidak tahu,mencaripun tidak ada

    • Bisa dengan kalimat ini 저는 한국말 조금 알았습니다 (cheoneun hanggungmal chogeum arasseumnida) artinya “Saya mengerti Bahasa Korea hanya sedikit”.

  61. Susah jga ya belajarnya.. FIGHT!!
    link ini ak simpan dulu, bsok ak belajar lagi ^_^
    tetep usaha buat mengerti bahasa hangul :v
    *beda banget cara belajarnya sama aksara jawa :v*

  62. desy natalia

    hmm,,, hurufnya gk sendiri2 ya,, gk kya abjad A-Z agak ribet jga sihh…. fighting,,, hahahaha meskipun ribet di coba dlu, siape tau bisa

  63. udah di ulang-ulang bacanya, bukannya ngerti malah tambah pusing. gimana dong ni kak ? udah geregetan pengen bisa bahasa korea…. hehehe

  64. belajar bahasa korea susah juga yah, tapi harus tetap semangat belajarnya. harus bisa tahu bahasa orang asing. siapa tau ada rejeki ke korea… ngarep. hehehehe

  65. Mo tanya nie… waktu opah blajar bahasa korea kira kira butuh brapa lama untuk bs menguasainya… mksh

    • Dulu saya belajar di LPK hanya 1 bulan, namun tidak bisa menguasai Bahasa Korea seluruhnya. Intinya belajar Bahasa Korea Program EPS-Topik adalah hanya belajar agar lulus ujian Bahasa Korea saja. Karena saya belajar dulu karena ingin bekerja di Korea.

  66. Sangat amat membantu kak~!! Tapi aku masih rada gangerti sama bagian yg Pola dasar penggabungan. Itu maksudnya vokal vertikal dan horizontal apa ya? Terimakasih^^

    • Pola Vertikal artikal huruf vokal yang tulisannya vertikal/berdiri, contoh 다리미. Kemudian pola horizontal adalah huruf vokal yang penulisannya horizontal contoh 공장.

  67. gan, semalam saya save materi agan..
    subuh sy coba pelajari konsonan & vokal sekitar sejam.. setelah itu sambil masak pun tangan saya coba nulis secara bayangan.. eeee siangnya saya sudah mulai hapal (meski belum 100%) hehehe.
    tiap kata dlm bahasa korea di blog ini saat saya baca trus sy kroscek dg bacaannya di blog agan alhamdulilah sy 90% udah bener & kalo nulis dari latin ke hangeul udah mo hafal gan..
    makasih ya gan. ilmunya semoga manfaat untuk lebih banyak orang..
    sekali lagi, makasiiiiiiiih banget untuk artikelnya yang super keren.

  68. gan, saya mau tanya lagi..
    kalo dalam sebuah kalimat, bagaimana susunan kata di bahasa korea?
    urut seperti bahasa indonesia / terbalik seperti bahasa inggris? maksud saya DM / MD nya bagaimana? makasih..

    • Dalam bahasa Korea terdapat bahasa Formal dan Informal. Untuk membuat kalimat teori pola kalimatnya adalah K + S + O + P. Posisi Keterangan dapat diletakan sebelum Subjek atau sesudah Subjek. Kemudian dalam bahasa Korea kalimat lengkap selalu di akhiri dengan Predikat.

      Mungkin lebih jelasnya lagi nanti Insya Allah saya akan membuat artikelnya.

  69. Keren… walaupun udah bisa, tapi tetep aja ngga paham sama aturannya.. wkwkw.. tapi alhamdulillah udah paham sekarang setelah baca ini.. hehe.. sekarang masih berusaha buat ngelanjutin belajar bahasa koreanya InshaaAllah.. blognya membantu sekali.. terimakasih ya.. kapan kapan ditambah lagi ya.. :)

  70. Ternyata bhs korea lebih sulit dri bhs jepang yaa,,saya pingin kerjaa ke korea tp gaa tauu maau blajar bhs korea dmn, saya tnggl dii ambon, maau bljar di artikel ini tp kok hp saya gaa bisaa lihat huruf’a,,???

    • Coba akses blognya menggunakan Komputer atau Laptop mas! Mungkin handphonenya tidak suport tulisan Hangeul/Korea …

  71. Anyeonghase opa.
    setelah saya lihat drama2 korea.saya jdi tertarik ingit beljar b.koresa soalnya pengucapannya kaya enak gitu .a.i.u.o nya jelas bnget..tpi susah tulisan hangulnya..tpi meski susah ak akan trus belajr.kamshahamnida opa artikelnya membantu bnget :)

  72. Naila Safrina

    Awalnya bingung,trus ku catet dibuku aja,trnyata dkit2 udh bsa nikh,tp Ya gituu,msih kebulak blik Sama tuh hruf hangeul ?

  73. oh, gitu toh abjatnya. baru tau saya.
    kira kira ada gak ya skolah di sma bisa belajar seperti ini kalupun ada pasti agak sedikit tambahan biayanya..
    salam kenal bang

  74. Naila Safrina

    Bru prtama kli buka,saya blum mengerti,bingung pula,trus udh 4 kli buka,trnyata kyk gtuu,,,eh skrg udh lumayann?

  75. Mau nanya,,, bljr bhs yg stu ini!!! Susah apa tdk??? Trus paling lama dan paling lambat bljr bhs korea brapa tahun??? Dan di jamin apa nggak?? Klo orang bljr bhs korea ini sudah pasti klo benar-benar bisa???

  76. lestari cendana

    yang bikin bingung itu cara penyebutannya. kalo salah sebut takut salah arti. oh ya min, kalo di lpk itu kita bakalan kerja di mana ya ? kerja pabrik ?

  77. Neli safitri

    saya sudah menghafal huruf hangeul tapi setelah saya belajar menulis hangeul saya masih bingung tatacara penulisan dan peletakan hangeul yang baik dan benar, apalagi penulisan hangeul harus memperhatikan suku kata bahasa korea sedangkan suku kata bahasa korea dengan suku kata bahasa indonesia sangat berbeda…

  78. 안영.. 이름은 리진 입니다… 감사 어빠.. ♥ makasih untuk infonya. awalnya saya otodidak melalui lagu dan drama korea. tapi agak kesulitan untuk membacanya secara cepat.. kalau pelan-pelan masih bisa.. 어빠 감사해요…

  79. kak bedanya 몬이차 sama 모니차 itu apa? 트럿 아터란 브널이산야 기만아? 감사

    oiya kak.. buat pemula kayak aku ini mungkin gak ya kak bisa jadi translator nantinya? mohon bantuannya ya kak..

  80. ku coba mahamin bhsa korea,gak msuk2 ya.lbh mudah bhsa jepang ya.
    dr kemaren gak pham.ada yang bsa jelasin dgn hurufnya a,i,u,e,i ato yg lainnya

  81. Riska aryana

    Mas kx susah bgt yea blajar bhasa korea pdahal pngen bgt nih bisa bhasa korea soalnya klau liat girls generation (snsd) nyanyi pngin ikut nyanyi tp gc bsa ikut nyanyi & gc ngrti artinya… Ckckckckakakak apes bnget dah gw;-(

  82. Makasih postingannya:) Sudah lumayan mengerti skrg, hehe.
    Gamsahabnida (감사합니다) (?) Udah pas blm yaa? :D

  83. Sedikit demi sedikit mulai paham..coba nulis lewat hp trus dicoba tulis tangan membantu banget kalo masih bingung penggabungan hurufnya. DITAMbah habis baca artikel ini.. 감사합니다 ?

  84. Assalamu’alaikum
    Maaf sebelumnya saya minta maaf telah mengambil artikelnya tanpa izin….
    Maaf ya mas…
    tapi kira kira ada berapa ya mas artikelnya yang mas buat tetang bahasa korea ini…
    Soalnya saya ingin mempelajari semua artikelnya…
    terima kasih…
    wassalamu’alaikum….

  85. assalamualaikum……
    terimakasih telah menyediakan artikel ini.
    sangat membantu saya untuk belajar bahasa korea……..
    terimakasih sob…..
    smk negeri 1 bojonegoro.

  86. Assalamu alaikum makasih yah buat artikel di atas sangat manfaat saya akan bersunggu sungguh untuk bisa hafal huruf ini!!!????

  87. untuk huruf hangeul saya sedikit menguasai. yang belum itu tentang hurup hangeul W. itu masih sulit bagi sayaaa x____x
    lalu penggabungan kata juga masih sulit, benar atau salahnya belum tahu juga. hahahhaa

  88. ijin print ya… hehe malas nulisnya… jadi di print aja ya… bolehkan.. terima kasih ya… boleh ini disambung lagi…

  89. Saya belajar dari nol besar setelah 2 minggu saya pelajari, alhamdulillah bisa. Ternyata tulisan Korea/hangeul sangat mudah dipelajari. Kalau pengucapannya hurufnya memang agak ribet….

  90. Aulia oktaviani

    Anyonghaseo, bagaimana sih kalau mau menyambungkan huruf hangul itu?
    Kamsahamida, ditunggu jawabannya ya!!

    • Untuk menyambungkan huruf hangeul bukankah sudah dijelaskan diatas mba? Silakan pelajari saja dan jika masih kurang Anda bisa mencari referensi lain.

  91. masih belum ngerti penggunaan ㄹ,ㅆ, sama ㄱ. kalo yang ㅆ kan bacanya ada yang ‘t’ sama ‘ss’. jadi maksudnya gimana sihh? ga ngerti, bisa tolong di jelaskan?

    고마ㅝ chingu ?

    • Kalau dibahas di komentar ini akan kepanjangan mas. Mas bisa belajar sedikit-sedikit dari blog ini atau dari blog lain yang tersebar di internet.

  92. dodi lesmana

    Daebak. Sekarang udh pande hangeul (한글)
    Ni nama ku. 도디 렛마나.
    Aku suka 씨스타 dan 우주소녀.
    감사함니다.

  93. ajarkan saya bahasa korea dong, saya suka korea, entah dri mana sya suka. tpi dri dulu memang saya suka negara korea, yang serius bisa line : Ulfafairuss
    잠 사 합 니 다 ^_^

  94. Lindhahayati

    Sya coba belajar huruf kanji,aku pusing2sendiri,,
    mau coba bahasa korea aja deh,,
    kalo bahasa jepang cara pembacaannya lebih mudah ketimbang bahasa korsel
    Gomawoo chingu
    postnya

  95. intinya butuh semangat dan tekas yang tinggi ya gan ?
    ada kemauan ada jalan .. soal ny ane mau blajar di LPK jadi browsing sdikit” .. agak dagdigdugderr .. mudah”an aja lulus nilai bagus dan fasih berbahasa korea .. aminn .. doain aja gan :3 ngomong” mksih artikel ny , lumayan membantu kok :3

  96. eli susilawati

    gan.. mau nanya nih,, aku kan udah ngerti nih tulisan korea nya,, cara bacanya udah tau ni,, cuma kalo nyusun nama orang masih bingung, tulisan nama contohnya nama aku ” ELI SUSILAWATI “. tulisan koreanya yang bener gimana gan??

    • Sudah pernah membaca artikel ini belum mba? Silakan pelajari dulu artikel tersebut. Untuk menulis ELI SUSILAWATI dengan huruf korea mungkin seperti ini : 엘리 수실라와티

      • Ternyata hangeul ga beda sama aksara jawa,, lumayan jelas nyusun nyaa.. makasi bang, sharing nya #kasijempoldua :D

  97. Achmad Thobroni

    kebayang, berapa lamanya ingin menguasai bahasa jepang dan korea, untung saja korea cuman punya 1 jenis huruf, tidak seperti jepang (hiragana dan katakana)

    Alhamdulillah saya agak mudah menghafalkannya dari pada jepang, kadang salah salah polanya

  98. Gan aku masih bingung,
    Kalo baca hangul ini kan 유재석 = yu jae seok (nama member acara variety show korea)
    Tapi kenapa kalo di indonesia nya “yoo jae suk”
    Jadi sering bingung sendiri kalo mau belajar nulis pakek hangul nya.
    Mohon di perjelas gan kalo bisa?
    감사합니다

  99. Lebih gampang korea dari pada jepang , jepang ada dua katakana hiragana
    Setidaknya belajar korea lebih jelas
    감사 ~^O^~

  100. kenapa ya mas orang china yang jadi trainee untuk jadi artis cepaet bisa bahasa korea nya.tolong di jelaskan

  101. masih belum ngerti .. sedikit demi sedikit .. tulisannya masihkurang paham .. gimana caranya biar bisa cepat pahaM?? :( :'(

  102. Meirando yesaya

    Ya tuhan vokal dasar sama konsonan dasar susah keles.. -_-” klo boleh beri pencerahannya ka biar cpt paham saya.

  103. Kak saya baru ini bljar korea, tapi hangeolnya bikin bingunin sama sulit mahami kalo belajar sndiri, aku btuh orang langsung yg ngajarin sya biar jelas. Lgian saya coba hafalin hangeol tapi gmpang lupa terus ya. Aku rasa sulit pelajarinya :( aku gapaham antara informal sama formal itu yaapa,Mohon kerjasamanya ya kak thx. Kl belajar kosakatanya dlu gimana tnpa bljr hangeol?

  104. Dan aku juga gapaham konsonang dasar sama vokal rangkap.minta tlg jelasin ya kak, aku susah pelajari ttg hangeol, dlu saya pernah ikut ekstra dan gurunya asal korea tapi saya nyerah garagara gagal paham terus kak

  105. sedikit dikit sudah mulai paham gan, tinggal melancarkan pelafalan hangul dan kosa katanya, hehe …. oya gan ada daftar kosa kata yang lengka gak yah gan? pengin belajar kosa kata nya juga.. :)

  106. Kedua jika Konsonan bergabung dengan Vokal horizontal maka berpola susun kebawah.

    Keempat jika Konsonan bergabung dengan Vokal horizontal maka berpola susun tindih.

    kak, masih sedikit bingung yang bag situ sm bahasanya. perbedaan yang lebih spesifiknya lg apa ya? hehe makasih.

  107. Annyeonghaseyo
    안녕하ㅅㅔ요
    Makasih kak buat hangulnya sekarang aku bisa nulis sama ngomong bahasa korea dalam 4 hari.

  108. Kamsahamnida , Artikelnya sangat membantu untuk pemula seperti saya and mereka yang baru belajar .
    setiap hari saya baca and belajar menulis artikel ini , saya sudah mulai memahaminya , tinggal saya kursus Bahasa Korea untuk melancarkan Bahasa Korea secara Listening and Face to face belajar bicara .

  109. magista wulandari

    makasih ya kak artikelnya bantu banget buat aq yg lagi belajar bhs korea,sapa tau nanti bisa ke korea

  110. Susah bhs thai lg. 44konsoonan dan 15 vokal. Dan butuh kepekaan telinga utk membedakan huruf yg satu dgn yg lain. Penulisannyapun sangat sulit

  111. iga kuswanti

    Berarti kalau arti dari tulisan huruf korea itu gk langsung jadi bahasa indonesianya ??
    Soalnya bingung pas mengartikannya

  112. ayu wulan putri

    Baru ngerti yg dasar yg rangkap susah apalgi dibuat kalimat gak paham saya :( tapi saya tertarik .. gomawo oppa :)

  113. siti nuraeni

    karena suka nonton film korea jadi ada keinginan buat belajar bahasanya. terimakasih untuk info dasar mengenai bahasa korea ini ☺

  114. Anzani Zahrani

    Nice share yah gan,, terima kasih..
    Jadi inget dulu pernah belajar bahasa korea ketika mau pergi bekerja disana. Tapi mungkin sedang belum beruntung, jadi gak di panggil – panggil deah. hahahh…
    Malahan temanku yang udah bekerja disana beberapa bulan lagi udah mau pulang ke indonesia.

  115. Bg mau nnya dong,
    Itu utk cntoh trakhir yg ‘kongjang’ dpt ‘ng’ nya drimana ? Atau mmang uda trgantikan sama hruf o ?
    Trus gimana sih penulisan hangul ‘bahasa korea’ spaya bsa ganti bhasa di hp ?

    • Coba dilihat lagi tentang huruf Korea konsonan dasar diatas tepatnya pada nomor delapan! Tidak semua HP yang bisa diubah bahasanya dengan bahasa Korea / tulisan Korea. Silakan konsultasikan dengan yang biasa service HP.

  116. Aku senanh deh baru mulai hafal huruf vokal dan mau lanjut konsonan. Om mau tanya, nama hangeulnya sebaiknya di hafal atau tidak? Atau yg penting cara bacanya saja

  117. Masih bingung …
    Itu bunyi vokal sama konsonan yang punya dua bunyi pada satu tempat ( misal : bunyi awalㄱ kyeok kan ada k/g… Itu kapan harus membaca k dan kapan harus membaca g)
    Makasih..

  118. Min minta gambar tabel hangeul yang ada di halaman ini soalnya googling nya susah,kirim nya ke alamat email ini

  119. Saya suka banget korea selatan tp susah ngafalinnya.cara yang lebih mudah gimana yaaa..

  120. terima kasih banyak admin info-menarik. materi korea 1 sama 2 nya berhasil di download, dan ini lah materi yang saya cari2. sekali lagi terima kasih gamsahamnida

  121. Sya mau tanya tulisan latin sma pngucapany sma atau beda?tlong dong kash conto tlisan latin sma pngucapany

  122. kalo tulisan korea kan disebutnya hangul… kalo bacaan nya disebutnya apa ya mas?
    misalnya anyyeoung hasseyo (ucapan salam)

  123. kpengen bisa bahasa korea sama hangeul-nya.
    terinspirasi sama 2 tmen yang kuliah di busan –”
    manfaat nih min.
    kansamhamnida ^^

  124. Info nya bagus banget tp Ternyata ohh ternyata susah yaaa buat praktek nya apalagi pengucapan nya
    Bisa sedikit dirangkum kah masih bingung 😁😁

  125. Wahh kalo nulisnya sih udah lumayan bisa tapi kalo harus ngomong sama dengerin bahasa korea masih rada susah:v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *