Home / EPS-Topik Korea / Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Secara Otodidak

Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Secara Otodidak

Cara Cepat Belajar Bahasa Korea – Berdasarkan pengalaman pribadi, belajar Bahasa Korea itu memang sulit. Sangat berbeda dengan belajar Bahasa lainnya seperti belajar Bahasa Inggris. Selain harus menghafal tata bahasa dan kosakata, kita dituntut juga agar bisa menulis dan membaca huruf hangeul. Tentunya Anda sendiri sudah tahu kalau huruf Korea (hangeul) itu tulisannya berbeda jauh dengan huruf-huruf yang digunakan oleh Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dengan demikian jika kita mempelajari Bahasa Korea, kita seolah-olah belum mengetahui apapun baik tulisan apalagi kosakata dan tata bahasanya.

Baca Juga : Sistem Sending Online Berlaku Juga Bagi Peserta EPS-Topik CBT

Jika dilihat sekilas, huruf hangeul itu mirip dengan huruf yang digunakan Bahasa China dan Bahasa Jepang. Tapi kenyataanya tidak demikian karena huruf hangeul itu sama sekali atau satupun tidak ada yang sama dengan huruf kanji, huruf romanji, huruf hiragana, dan huruf katakana.

Cara-Cepat-Belajar-Bahasa-Korea-Secara-Otodidak

Namun itu semua bukan berarti sangat mustahil untuk bisa mempelajari Bahasa Korea hingga benar-benar mahir. Jika mempunyai tekad yang kuat disertai dengan usaha maksimal, maka pasti akan membuahkan hasil sesuai yang diharapkan.

Untuk mempelajari Bahasa Korea kita bisa memutuskan belajar di sebuah lembaga Bahasa Korea atau LPK. Namun bukan berarti belajar di LPK Bahasa Korea itu adalah jaminan mutlak akan pintar dan cerdas berbahasa Korea. Banyak juga contohnya orang yang belajar Bahasa Korea secara otodidak (mandiri) namun pada akhirnya mampu bersaing dengan lulusan LPK. Lalu apa rahasianya?

Berikut Ini Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Yang Dilakukan Secara Otodidak (Mandiri)

Sebelumnya saya ingin menggarisbawahi intisari dari artikel ini. Perlu Anda pahami, bukan berarti kualitas belajar di LPK Bahasa Korea lebih jelek dibanding dengan belajar secara otodidak. Tentunya akan lebih berhasil dan cepat selesai jika belajar di LPK dilaksanakannya dengan cara yang benar. Karena kita belajar ada yang mengarahkan, yaitu guru pembimbing. Tapi pelaksanaan pembelajaran di LPK yang tidak benar akan mengalahkan sistem pembelajaran benar yang dilaksanakan secara mandiri. Itu semua jika metode yang kita terapkan seperti berikut ini :

1. Niat Yang Kuat dan Tekad Yang Mantap

Jika kita sudah mempunyai niat yang kuat ingin bisa berbahasa Korea maka pelajaran yang sulit akan terasa mudah saja. Bulatkan juga sebuah tekad yang mantap serta beroptimis bahwa kita suatu saat pasti akan pintar dan cerdas berbicara Bahasa Korea.

Apalagi jika yang belajar Bahasa Korea itu demi suksesnya ujian EPS-Topik. Sebagai motivasi, kita bisa membayangkan gaji kerja di Korea yang sangat besar. Bukan berarti itu sebuah khayalan yang tidak jelas. Namun demi untuk mendorong kesemangatan belajar Bahasa Korea, maka cita-cita tersebut perlu ditumbuhkan.

2. Pelajari Cara Membaca Huruf Hangeul dan Cara Menulisnya

Jika kebulatan tekad dan niat Anda sudah yakin dan mantap, mulailah untuk mempelajari Bahasa Korea. Hal yang paling mendasar dan yang harus Anda lakukan pertama kali ketika belajar Bahasa Korea adalah mengenal dan mempelajari huruf Korea (hangeul). Mau tidak mau Anda harus bisa menyebutkan huruf-huruf hangeul satu persatu (membaca) serta bisa juga cara menulis/menyalinnya.

Huruf hangeul itu dibagi menjadi empat jenis, yaitu : Huruf Vokal Dasar, Huruf Konsonan Dasar, Huruf Vokal Rangkap, dan Huruf Konsonan Rangkap. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mempelajari huruf-huruf Korea pada tulisan Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Hangeul.

3. Pelajari Juga Cara Mengucapkan Kata Dasar Bahasa Korea

Setelah Anda bisa membaca dan menulis huruf-huruf hangeul, langkah Anda selanjutnya adalah mempelajari kata-kata dasar Bahasa Korea. Contohnya seperti kosakata bilangan, kosakata kata ganti orang seperti saya, aku, anda, beliau, dan sebagainya.

Dalam tahap ini Anda bisa mempelajari kalimat-kalimat dasar yang paling sering digunakan dalam percakapan Bahasa Korea. Ucapan salam dan ungkapan dasar ini contohnya seperti ucapan apa kabar, terima kasih, selamat jalan, selamat ulang tahun, dan sebagainya.

Untuk mempelajari itu semua, Anda bisa mendapatkannya dari buku-buku Bahasa Korea. Atau bisa juga dengan mencarinya di internet melalu Google Terjemahan. Untuk menambah hafalan kosakata dasar, Anda bisa melihat artikel tentang 100 Kosakata Bahasa Korea Sehari-hari Untuk Pemula.

4. Sedikit – Sedikit Belajar Kosakata Bahasa Korea

Kepintaran dalam berbahasa dapat diukur dengan jumlah banyaknya penguasaan kosakata. Begitupun dengan belajar Bahasa Korea, maka kita harus mempunyai target hafalan kosakata Bahasa Korea dalam perharinya.

Anda bisa menghafal kosakata Bahasa Korea sambil melakukan aktifitas apapun, misal sambil bekerja atau kegiatan lainnya. Jangan pernah malas untuk menghafal kosakata baru. Karena semakin banyak jumlah kosakata yang Anda ketahui, maka kesuksesan pembelajaran Bahasa Korea akan semakin dekat.

Ketika belajar kosakata Bahasa Korea, sebaiknya Anda belajar juga dengan cara menulisnya dan cara membaca yang benar. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara membeli kamus Bahasa Korea atau dengan memanfa’atkan internet yaitu Google Terjemahan.

Saya mempunyai koleksi kumpulan kosakata Bahasa Korea dalam artikel 100 Kosakata Bahasa Korea Lanjutan Gratis Persiapan EPS-Topik. Silakan Anda pelajari dan kemungkinan akan terus ditambah kosakatanya dengan kosakata yang baru.

5. Belajar Tata Bahasa Korea Secara Bertahap

Jika modal hafalan kosakata sudah cukup, maka selanjutnya Anda bisa mulai belajar tata bahasa. Hal ini sangat penting sekali agar Anda bisa membuat kalimat Bahasa Korea sendiri. Biasanya kita akan kebingungan jika menerjemahkan kalimat Bahasa Korea kedalam Bahasa Indonesia. Hal ini karena kita tidak paham dengan tata bahasa. Karena pembuatan kalimat Bahasa Korea itu bukan berarti seenaknya kita merangkaikan kosakata. Semua itu ada aturannya yang dikemas dalam ilmu tata bahasa.

Banyak tersedia di pasaran buku tata bahasa Korea yang lengkap. Jangan segan-segan untuk membelinya. Mencari ilmu membutuhkan sebuah pengorbanan juga.

Dalam ilmu tata bahasa Anda akan dihadapkan dalam pembelajaran pembuatan kalimat tanya, kalimat lampau, kalimat yang akan terjadi, kalimat yang sedang terjadi, kalimat yang ingin dilakukan, dan masih banyak lagi.

6. Mulai Praktek Membaca Tulisan / Kalimat Bahasa Korea

Sebenarnya proses ini sudah mulai Anda terapkan ketika pembelajaran menghafal kosakata dasar. Namun jika proses membaca pada kegiatan tersebut hanya pada hafalan kosakata saja. Sebaiknya dalam membaca kalimat atau tulisan Bahasa Korea, Anda terapkan pada hal-hal lainnya. Contohnya Anda bisa belajar membaca tulisan Korea yang terdapat dalam koran, buku-buku, internet, dan media lainnya. Selain untuk memperlancar dalam membaca tulisan / kalimat Bahasa Korea, Anda juga akan sedikit-sedikit memahami tata bahasa yang terdapat dalam kalimat. Atau mungkin Anda akan menemukan kosakata baru yang kemudian Anda cari terjemahaannya di dalam kamus atau internet.

7. Berlatih Mendengarkan Bahasa Korea Yang Diucapkan Oleh Orang Korea

Untuk melatih pendengaran, maka disarankan agar sering berlatih mendengarkan percakapan orang Korea langsung. Kegiatan ini bisa memanfa’atkan dengan menonton film Korea, mendengar nyanyian Korea, atau bisa juga dengan mendengarkan kosakata Bahasa Korea dalam format mp3. Karena bisa saja kalimat atau kosakata yang Anda hafalkan cara pelafalannya ada yang berbeda dengan pelafalan orang Korea asli. Pembelajaran Bahasa Korea itu ada yang dinamakan dengan kalimat bachim, yaitu perubahan bunyi kosakata tertentu.

8. Latihan Berbicara Bahasa Korea Secara Langsung

Terkadang kemampuan berbahasa Korea itu tidak dapat diukur dengan banyaknya hafalan kosakata dan kepahaman akan tata bahasa. Karena belum tentu juga orang yang sudah banyak hafal kosakata kemudian lancar dalam praktek berbicara Bahasa Korea. Maka dari itu sekali-kali kita latihan berbicara langsung menggunakan Bahasa Korea baik dengan teman ataupun dengan orang Korea langsung.

Dari kegiatan ini juga kita akan mendapatkan ilmu baru, seperti kosakata, tata bahasa, pelafalan kosakata bachim, dan masih banyak lagi.

9. Tetap Semangat dan Terus Berusaha Belajar Bahasa Korea

Jangan ada kata menyerah ketika belajar Bahasa Korea. Sebetulnya tidak ada cara yang ampuh atau cara cepat belajar Bahasa apapun tanpa rasa semangat dan terus berusaha. Paling cepat belajar Bahasa Korea tingkat dasar bisa diselesaikan dalam waktu satu bulan. Dalam kurun waktu sebulan, kita mampu memahami huruf-huruf Korea dan lancar membaca kalimat Bahasa Korea. Bahkan jika kita rajin, saya yakin akan bisa menyusun kalimat sederhana dalam waktu sebulan ini.

10. Selalu Belajar Dari Setiap Kesalahan

Mempunyai kebiasaan selalu belajar dari setiap kesalahan adalah tindakan yang akan mengantarkan kepada kesuksesan. Begitu juga dengan belajar Bahasa Korea, ketika kita melakukan kesalahan maka jadikan kesalahan tersebut sebagai pendorong kesemangatan dalam memahami Bahasa Korea. Semua proses tidak ada yang terjadi dengan cara yang instan. Perjuangan, kesabaran, tekun, berusaha adalah tindakan-tindakan kunci keberhasilan. Hilangkan rasa malu untuk bertanya atau sungkan untuk mencoba berbicara Bahasa Korea dengan orang Korea. Karena mereka juga akan memaklumi kita yang sedang belajar bahasa mereka.

Dengan mempraktekkan semua Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Secara Otodidak jika melakukannya secara terus menerus tanpa henti maka lama-lama Anda akan mampu berbahasa Korea dengan baik dan benar. Kunci utamanya adalah bentuk niat dan tekad yang kuat kemudian kita praktekkan dengan prosedur yang benar. Langkah terakhir kita meski sabar dalam menjalaninya serta selalu semangat dan tetap optimis bahwa kita pasti bisa.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. aku ingin bisa bahasa korea tolong ajarkan aku atauberitahu aku cara belajar bahasa korea secara otododak dengan mudahhhh
    khamsahamnida:)

  2. wimar heryudanto

    ada saran ga kawan, kalau menghafal itu enaknya dari kata dasar mana dulu? apa kalau liat kamus korea itu dihafal yg huruf depannya a semua dulu, atau kata yg sering keluar di keseharian kita dan kalau boleh tau kata apa aja yg sering muncul?

  3. retno prihatini

    akan saya coba dulu :’v sangat bermanfaat untuk belajar di rumah tapi sepertinya akan sangat sulit .terimakasih kak ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *