Home / EPS-Topik Korea / Cara Membaca Huruf Korea (Hangeul) Dengan Benar

Cara Membaca Huruf Korea (Hangeul) Dengan Benar

Cara Membaca Huruf Korea – Tahukan Anda bahwa belajar membaca huruf Korea lebih mudah dibanding belajar menulis huruf Korea. Alasannya karena huruf Korea banyak yang memiliki bunyi hampir sama. Sehingga menyulitkan kita ketika ingin menulis huruf Korea dari apa yang kita dengar. Apalagi jika kita belum mengenal dan paham bunyi pelafalan bachim. Saya yakin belajar membaca huruf Korea jika kita serius dan rajin dalam menjalaninya, maka paling lama dalam waktu satu minggupun kita sudah bisa membaca tulisan Korea dengan benar.

Baca Juga : Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Secara Otodidak

Kenapa saya menyimpulkan bahwa belajar menulis huruf Korea lebih sulit dibanding cara belajar membaca huruf Korea?

Ok saya akan berikan contoh kecilnya !

Jika kita mendengar kosakata “cheoneun” (saya) maka jika kita tidak tahu cara penulisannya yang benar, mungkin kosakata tersebut akan kita tulis : 저는, 처는, 쩌는, 조는, 초는, dan 쪼는.

Apakah tulisan tersebut salah? Ya jelas salah besar! Hanya satu tulisan saja yang benar.

Mungkin jika kita melihat tulisan latin “cheoneun”, kita akan hanya menganggap seperti ini saja저는 dan 처는. Karena jelas dalam kosakata “cheoneun” jika dipisah “cheo-n-eu-n” dan disitu ditulis “eo” bukan “o” artinya “” bukan “”. Namun untuk huruf “ch” seperti yang sudah kita tahu di dalam huruf Korea ada dua macam, “” dan “”. Dengan begitu walaupun kita melihat tulisan latinnya, belum tentu 100% akan benar menulis huruf Koreanya. Apalagi jika kita menulis huruf Korea yang bersumber dari yang kita dengar.

Pusing ya?

Maka dari itu saya mengambil kesimpulan bahwa cara belajar menulis huruf Korea yang benar lebih sulit daripada belajar membaca huruf Korea. Satu-satunya solusi agar kita pintar menulis huruf Korea yaitu dengan seringnya berlatih menulis huruf Korea dari buku pedoman atau dari kamus.

Ok disini saya tidak akan membahas lebih jauh bagaimana cara menulis huruf Korea, namun yang akan saya bahas pada kesempatan cemerlang ini adalah belajar cara membaca huruf Korea dengan baik dan benar.

Namun sebelum dilanjutkan, alangkah baiknya jika Anda memahami dulu huruf-huruf Korea (Hangeul) yang sudah saya tulis di artikel Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Hangeul.

Cara-Membaca-Huruf-Korea-(Hangeul)-Dengan-Benar

Diminum dulu kopinya gan! Baiklah mari kita mulai saja pembahasannya.

Berikut Belajar Cara Membaca Huruf Korea (Hangeul) Dengan Baik dan Benar

Ketika kita membaca huruf Korea atau istilahnya huruf Hangeul (한글) berbeda dengan cara membaca huruf latin dan huruf romawi. Huruf korea memiliki bunyi awal, bunyi tengah, dan bunyi akhir. Artinya bunyi huruf Korea selalu berubah-rubah, tergantung letak posisi dari huruf tersebut.

Contohnya huruf “” kita bisa membacanya “K” dan juga boleh dibaca “G”. Huruf Korea yang dibacanya tidak tetap (tergantung posisi) adalah hanyalah huruf konsonan. Sedangkan untuk huruf vokal bunyinya tetap walaupun tempatnya berubah-rubah. Dan juga tidak semua huruf konsonan berubah bunyi, contohnya huruf “” dan “”. Walaupun posisinya selalu berubah-rubah, kedua huruf ini dibaca “M” dan “N” saja.

Bagaimana sampai disini sudah agak mengerti? Jika belum mengerti, silakan diulang lagi penjelasannya! Namun jika sebaliknya, mari kita lanjutkan pembahasannya.

Wajib kita ketahui dan pahami juga bahwa dalam membaca huruf Korea terdapat cara pengucapan bunyi huruf. Cara ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu :

1. Bunyi Kuat dan Tajam

Bunyi kuat dan tajam artinya jika kita bertemu dengan huruf Korea “” (CC), “” (KK), “” (TT), “” (PP), dan “” (SS) harus diucapkan dengan bunyi kuat serta tajam dari bunyi huruf konsonan tunggalnya.

2. Bunyi Aspirasi

Bunyi aspirasi artinya artinya jika kita bertemu dengan huruf-huruf tertentu Korea pengucapannya harus disertai dengan sebuah hembusan udara. Yang termasuk huruf bunyi aspirasi adalah “” (CH), “” (KH), “” (TH), dan “” (PH).

3. Bunyi Samar

Bunyi samar adalah pengucapan huruf secara samar atau tidak jelas. Karena huruf-huruf Korea yang termasuk huruf samar ini memiliki bunyi dua huruf. Yang termasuk huruf Korea yang harus dibaca samar adalah “” (K/G), “” (T/D), “” (P/B), “” (R/L), dan “” (C/J).

4. Bachim

Aturan pelafalan bunyi bachim adalah bunyi huruf yang harus berubah bunyi pengucapannya ketika huruf tersebut bertemu dengan huruf yang sudah ditentukan. Silakan penjelasan lengkapnya bisa Anda pelajari pada artikel Belajar Bahasa Korea Aturan Pelafalan Bachim.

Sebelum dilanjut, diminum lagi kopinya gan! Bagaimana sudah bisa membedakan mana yang yang harus dibaca dengan bunyi kuat dan tajam, bunyi aspirasi, bunyi samar, dan bachim?

Sekarang mari kita belajar cara membaca huruf Korea yang sudah disusun kedalam sebuah kosakata dan kalimat. Contohnya saya mempunyai kosakata bahasa Korea seperti ini :

장갑” maka dibaca “changgap” artinya “sarung tangan”. Kosakata ini jika diuraikan huruf hangeulnya adalah : . Masing-masing huruf jika dibaca satu-persatu adalah :

= huruf konsonan dasar, dibaca CH jika diawal, J jika ditengah, dan T jika diakhir;

= huruf vokal dasar, dibaca A;

= huruf konsonan dasar, hanya ditemukan diakhir dan dibaca NG;

= huruf konsonan dasar, dibaca K jika diawal, G jika ditengah, dan K jika diakhir;

= huruf vokal dasar, dibaca A;

= huruf konsonan dasar, dibaca P jika diawal, B jika ditengah, dan P jika diakhir;

Kosakata “장갑” terdiri dari dua suku kata, yaitu “” dan “”. Suku kata pertama dibaca “CHANG” bukan “JANG” dan bukan “TANG”. Lihat huruf pertamanya adalah ”” dan dibaca dengan bunyi huruf awal dari suku kata pertama, yaitu “CH”. Kemudian huruf keduanya adalah ”” ini adalah huruf vokal dibaca “A”. Peraturan huruf vokal, jika digabungkan dengan satu suku kata yang terdapat huruf konsonan maka huruf bantu ”” dihilangkan, yang ada hanya huruf “”. Huruf ketiga dari suku kata “” adalah huruf konsonan “” yang dibaca “NG”.

Kemudian untuk suku kata kedua adalah “”. Suku kata kedua ini dibaca “GAP” bukan “KAP”, bukan “GAB”, dan bukan “KAB”. Walaupun posisi huruf “” ada diawal, tapi ini termasuk huruf tengah dari gabungan dengan suku kata pertama. Dengan begitu bunyi huruf “” adalah bunyi huruf tengah yaitu berbunyi “G”. Huruf kedua masih sama seperti yang sudah dijelaskan pada suku kata pertama, yaitu huruf “” dan berbunyi “A”. Huruf ketiga adalah huruf “” dan ini adalah huruf konsonan serta posisinya ada diakhir. Dengan begitu bunyinya adalah “P” bukan “B”.

Bagaimana sampai langkah ini apakah Anda sudah bisa membaca huruf Korea dalam bentuk kosakata belum? Selanjutnya saya akan tambah lagi kosakatanya, dan silakan Anda baca dengan benar! Berikut kosakatanya :

① 경비소 ② 경찰소 ③ 화장실 ④ 목욕탕 ⑤ 대사관

Ayo silakan Anda baca lima kosakata diatas dengan benar! Jika Anda Anda mampu membacanya dengan lancar, selamat Anda sudah bisa membaca huruf Korea dengan benar. Namun jika kesulitan, berarti Anda harus mengulang lagi pembahasan ini dari awal.

Ok mari kita samakan bagaimana cara membaca huruf Korea diatas. Mudah-mudahan sama dengan saya.

= KYEONG-BI-SO artinya (pos satpam);

= KYEONG-CHAL-SO artinya (kantor polisi);

= HWA-JANG-SIL artinya (toilet);

= MOK-YOK-TANG artinya (kamar mandi);

= TAE-SA-GWAN artinya (kedutaan).

Untuk lebih memperlancar lagi, silakan Anda belajar membaca huruf Korea yang bersumber dari buku panduan Bahasa Korea, koran Korea, dan sebagainya. Semakin sering Anda latihan membaca huruf Korea, maka akan semakin terbiasa. Kalau mau dibawah ini saya berikan sebuah kalimat yang ditulis dalam tulisan Korea (hangeul). Silakan Anda baca dan semoga sukses!

① 저는어제 친구하고 같이 부산을 여행했습니다.
② 부산까지 기차를 타고 갔습니다.
③ 그리고 부산역에서 택시를 타고 광안리 해수욕장에 갔습니다.
④ 광안리는 해운대와 함께 부산에서 가장 아름다운 해수욕장입니다.
⑤ 광안리 맞은편에는 광안대교가 보였습니다.
⑥ 그 다리는 한국에서 인천대교 다음으로 긴 다리로 유명합니다.
⑦ 정심시간이 되어 자갈치시장 가서 맛있는 해산물 요리를 먹었습니다.
⑧ 마지막으로 국제시장에 갔습니다.
⑨ 국제시장은 여러 나라의 물건을 싸게 살 수 있는 곳이었습니다.

Mungkin hanya itu saja pembahasan Cara Membaca Huruf Korea (Hangeul) Dengan Benar. Teruslah berlatih membaca huruf Korea dan jangan menyerah! Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan salam berbagi  또마납시다 …

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

12 comments

  1. Abdul khalik

    Sangat bermanfaat. Huruf huruf ini ㅂ,ㄱ,ㄹ,ㅅ,ㄷ sy sdh tau bunyinya kalau di tengah Dan di ahir suku kata. sy bingung di awal aja ㅈ misal 저 는 di baca chonen atau jonen,밥 pap atau bap.mohon bantuanya….

    • 저는 seharusnya dibaca dengan bunyi huruf awal yaitu cheoneun bukan jeoneun. Kemudian untuk 밥 juga sama.

  2. Maaf min,,mau minta bocoran jawaban’nya,,biar bisa nyamain tulisan hangeulnya,,maklum baru belajar
    sama mau tanya min,,,yang dimaksud dengan bunyi keras dan tajam,,,cara pengucapanya harus sadis apa gimanah min,,,hahahahaha@,@

  3. Maaf min mau tanya untuk soal no 4 yang mok-yok-tang-asal huruf(m) dari mana,minta penjelasanya,?mksh

    • 목 atau MOK (ㅁ) emang menurut agan itu huruf apa? Sudahkah baca artikel ini tentang penjelasan huruf-huruf Korea? “ㅁ” adalah “mieum” atau huruf “M”.

      • Maaf.. mau tanya.. untuk tulisan 목욕탕 = MOK-YOK-TANG

        Kedua ㄱ kan ada ditengah2 kata… sedangkan admin bilang kalau ada ditengah2 kata ‘ㄱ’ dibaca G bukan K… lalu bagai mana bisa jadi MOK YOK? Apa ada pengecualian atau bagaimana?

        Contoh lain seperti bibbimbap… seperti yg admin bilang kalau ㅂ didepan dibaca P bukan B… bagaimana dengan penggunaan bibbimbap??

  4. Iya bang ane faham,tadinya saya pikir ok bukan mok,maaf baru belajar memahami
    폭 ,ㅍ.ㅗ.ㄱ ,mksh postingnya jadi bisa buat belajar

  5. gan cara membedakan huruf vokalㅓdibaca eo ato o gmn caranya sama ㅡ di baca eu/ u ,mohon penjelasanya biar ane paham.mksh

    • ㅓdibaca “eo”, kalau ㅗ baru dibacanya “o”.

      ㅡ dibaca “eu”, kalau “u” itu ㅜ. *Bantu jelasin hehe*

  6. Mau tanya , cara membacanya dan penulisan hangul yang benar dari kata “Nia” itu gimana?
    “니야” atau “니아” atau gimana yang benar?

    • Menurut saya yang betul adalah “니아”, karena kalau “니야” itu pakai huruf vokal “야” = “ya”. Nia bukan Niya kan?

      • iya nia, kirain nulisnya sesuai dengan cara membacanya.
        terima kasih

        mau tanya lagi kalau hurf “f” “v” “z” itu gimana penulisan hangulnya? terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *