Home / Photoshop / Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop – Banyak cara mudah dalam membuat bingkai atau frame foto di Photoshop. Seperti menggunakan fasilitas Style, Filter, Quick Mask, Actions Photoshop, dan lain-lain. Disini saya tidak akan membahas semuanya. Saya akan mencoba membuat tutorial bagaimana cara membuat bingkai foto di Photoshop menggunakan Quick Mask?

Baca Juga : Cara Edit Foto Dengan Photoshop Termudah Dan Tercepat

Agar foto terlihat lebih menarik dan unik, maka dibuatlah bingkai atau frame sebagai pemanisnya. Dengan ditambah desain bingkai pada foto, maka foto akan terlihat sedikit profesional layaknya hasil tangan-tangan halus desain grafis. Dan ternyata cara membuat bingkai atau frame foto dengan Photoshop itu mudah saja. Sehingga cara ini sangat cocok bagi yang baru mengenal Photoshop atau pemula seperti saya.

Berikut hasilnya, foto yang sudah diedit menggunakan Photoshop dengan diberi bingkai atau frame. Saya tambahkan juga sedikit brush serta nama dibawahnya.

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop 1

Berikut Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop

Kita mulai saja tutorialnya, pertama aktifkan program Photoshopnya. Disini saya menggunakan Photoshop CS3. Selanjutnya buka foto yang akan diedit diberi bingkai.

Setelah semuanya siap, hal yang akan dilakukan paling awal adalah melakukan penyeleksian pada foto. Dalam menyeleksi bagian foto disini, saya menggunakan Rectangular Marquee Tool. Klik Rectangular Marquee Tool pada Toolbox, atau bisa juga dengan menekan huruf M pada keyboard.

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop 2

Sekarang lakukan seleksi pada foto dengan cara klik dibagian sudut foto. Awal titik membuat seleksi terserah Anda. Jika Anda membuat titik seleksi dari sudut kiri atas, maka selanjutnya klik lalu tahan dan tarik kearah kanan terus kebawah. Masalah batas seleksi dari pinggir foto ketengah, disesuaikan saja bagaimana baiknya.

Selesai melakukan seleksi dengan Rectangular Marquee Tool, maka nanti efeknya akan timbul bintik-bintik/titik-titik putih seperti yang terlihat pada gambar dibawah :

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop 3

Langkah selanjutnya untuk membuat bingkai foto di Photoshop ini adalah mengaktifkan Edit in Quick Mask Mode. Untuk mengaktifkan Quick Mask bisa juga dengan menekan huruf Q pada keyboard.

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop 4

Sekarang klik menu Filter > Brush Strokes > Spatter… Nanti Anda bisa juga dengan bereksperimen menggunakan submenu Filter lainnya, seperti Artistic, Distort, Sketch, Stylize, dan Texture.

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop 5

Berikut tampilan Brush Strokes. Contoh disini saya memilih Spatter, lalu nilai Spray Radius diberi 25 dan Smoothnessnya 10. Sebaiknya disesuaikan saja dengan preview foto yang sedang Anda edit.

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop 6

Nah sekarang jika Anda telah memilih Filter Brush Strokes > Spatter maka fotonya akan tampak seperti gambar berikut :

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop 7

Nonaktifkan Edit in Quick Mask Mode dengan cara klik pada Toolbox Quick Mask.

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop 8

Setelah menonaktifkan Quick Mask, maka otomatis foto akan terseleksi lagi dengan seleksi yang kasar/tidak rata. Ini semua pengaruh diberi efek Brush Strokes > Spatter tadi pada langkah diatas.

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop 9

Balikkan posisi yang terseleksinya dengan cara klik menu Select lalu Inverse. Atau biar cepat gunakan keyboard dengan cara tekan tombol Shift+Ctrl+I.

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop 10

Selanjutnya adalah menentukan warna bingkai dengan cara klik menu Edit > Fill… Atau tekan Shift+F5 pada keyboard.

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop 11

Warnanya disesuaikan saja dengan warna kesukaan atau dicocokkan dengan corak warna foto. Contoh disini saya menentukan bingkai atau frame menggunakan Pattern dan jenis Patternnya adalah Leaf (128 by 128 pixels, RGB mode).

Cara Membuat Bingkai Foto Di Photoshop 12

Lihat hasilnya, apakah sukses dengan keinginan atau tidak? Oh iya, saya pernah menulis pada artikel sebelumnya tentang cara lain dalam membuat bingkai. Tulisannya adalah cara menggunakan Actions Photoshop untuk edit photo.

Jika sudah ditemukan cara lain yang membahas langkah-langkah pembuatan bingkai, maka saya akan kembali sharing disini. Mungkin hanya itu saja tulisan tentang cara membuat bingkai foto di Photoshop.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

16 comments

  1. saya biasa pakai photoscape mas hha

  2. keren nih tutornya, hasilnya cocok buat wallpaper hp ya

  3. wahh ternyata gampang banget ya mas hehe makasih tutornya mas

  4. biasanya anak kecil fotonya pengen ditambah bingkai seperti itu, trims mas sudah share caranya..

  5. aduh aku ampun deh kalau dikasih photoshop, aku terima matangnya aja hehe.. o ya, mas punya akun youtube info menarik ya..?

  6. agax ribet juga ya kang, tak pelajari dlu deh :D. ijin praktek dlu kang ehehhe

  7. wah keren nih mas, perlu di save nih,, harus sering-sering praktek ya mas, kalo mau keren editannya kayak diatas. kalo saya biasanya pake yang instan mas, lebih gambang he

    • Yang manapun boleh mas. Dan mungkin hasilnya terkadang lebih bagus yang instan. Saya pribadi lebih suka yang agak menantang … :D

  8. Belum pernah nyoba saya, makasih udah share gan…nanti akan saya coba :)

  9. Makasih mas sudah mau berbagi ilmu.walaupun bagi yang suda senior maupun master skalipun sederhan banget tapi untuk pemula sangat kesulitan dalam menambahkan bingkai.yang terpenting ilmu yang sedikit lebihh bermanfaat jika kita mau berbagi daripada ilmu numpuk ngga di bagi2,semuanya akan di tanyakan,ketika kita sdah mati. sebab datangnya dari allah jadi saya menghargai dan like postingannya.trima kasih

  10. Biasanya saya hanya menambahkan frame hasil download, tanpa berusaha untuk berkreasi sendiri membuat frame. Artikel ini membantu untuk belajar membuat frame foto sendiri dengan kreasi sendiri. Alhamdulillah, mantap juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *