Home / Microsoft Office / Cara Membuat Ranking Menggunakan Rumus Office Excel 2007, 2010, 2013

Cara Membuat Ranking Menggunakan Rumus Office Excel 2007, 2010, 2013

Cara Membuat Ranking Dengan Rumus Excel – Kegiatan meranking ini biasanya sering dilakukan oleh mereka yang bekerja di sekolah. Bagi yang kesehariannya mengajar siswa di sekolah dalam memberikan ranking terhadap siswa didiknya adalah sesuatu hal yang tidak asing lagi tentunya. Karena setiap akhir semester siswa akan diberi buku laporan pendidikan (RAPORT) yang didalamnya berisi sejumlah nilai yang diperoleh siswa selama belajar satu semester. Kemudian didalam raport tersebut akan ditulis juga ranking siswa dari jumlah keseluruhan siswa yang ada dalam satu rombongan belajarnya. Rangking atau peringkat ini akan dimulai dari angka satu yang diambil dari jumlah nilai terbesar dari seluruh mata pelajaran. Kemudian dilanjutkan ke urutan berikutnya berdasarkan jumlah nilai sampai batas akhir jumlah keseluruhan siswa.

Baca Juga : Cara Mudah Membuka Proteksi Password Microsoft Office Excel Tanpa Software

Sebelum teknologi canggih seperti saat ini dulu ketika guru akan menentukan ranking terhadap siswanya adalah dengan cara manual. Guru melihat jumlah nilai seluruh siswa dan membandingkannya secara manual dari siswa yang memperoleh nilai terbesar hingga terkecil. Namun ketika jaman sudah canggih seperti saat ini juga masih banyak guru-guru sekolah ketika menentukan ranking siswanya melakukan dengan cara manual. Lantas apa sebabnya guru sekolah saat ini tidak memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada?

Cara Membuat Ranking Menggunakan Rumus Office Excel (1)

Penyebab guru sekolah menyia-nyiakan kecanggihan teknologi saat ini mungkin mereka belum tahu bagaimana cara membuat ranking secara otomatis menggunakan komputer? Atau bisa saja karena takut kenapa-kenapa atau hal-hal lainnya. Maka daripada itu saya disini akan coba berbagai untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Bukankah sangat disayangkan jika fasilitas sudah ada namun tidak dimanfaatkan dengan tepat. Hampir setiap sekolah di seluruh pelosok Indonesia saat ini sudah memiliki perangkat Personal Computer (PC).

Akan banyak waktu yang terbuang secara cuma-cuma jika kita tetap konsisten kepada paham yang dulu yaitu membuat ranking secara manual. Jika jumlah siswa hanya mencapai puluhan saja mungkin tidak terlalu terasa lelahnya, namun jika diatas seratus atau mungkin seribu mau berapa hari menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Baca Juga : Solusi “There Was A Problem Sending The Command To The Program” Di Excel

Lebih tepatnya lagi ketika kita ingin membuat ranking secara otomatis di komputer adalah menggunakan program Microsoft Office. Namun program Microsoft Office ini tidak hanya satu program saja, yaitu seperti Office Word, Office Excel, Office Power Point, Office Access, dan sebagainya. Lalu dengan Microsoft Office apa kita akan mengerjakan menentukan ranking agar lebih cepat lagi? Anda bisa menggunakan program Microsoft Office Excel.

Berikut Cara Membuat Ranking Nilai Menggunakan Rumus Microsoft Office Excel

Dari dulu sampai sekarang program Microsoft Office terus mengalami perkembangan. Itu semua ditandai dengan adanya berbagai versi, seperti Office 2003, Office 2007, Office 2010, dan yang terakhir saat ini adalah Office 2013. Pada intinya semua versi Office tersebut masih sama saja, hanya beberapa bagian yang mengalami perubahan tempat dan tentunya setiap versi terbaru akan lebih dilengkapi lagi fiturnya.

Office Excel terkenal dengan program Spreadsheet atau program pengolah data yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Pengolahan data apapun jika kita kerjakan dengan Office Excel maka akan terselesaikan dengan cepat. Salah satu contoh yang akan dibahas disini adalah membuat ranking nilai siswa. Itu hanya sebagian kecil contoh saja.

Ok kita mulai saja pembahasannya yaitu cara membuat ranking menggunakan Office Excel. Untuk versi Office Excel terserah, mau 2003, 2007, 2010, 2013, maka akan bisa mempraktikkan cara ini.

Berikut saya mempunyai data contoh yang sudah diketahui jumlah nilai, rata-rata nilai, nilai tertinggi, nilai terendahnya namun belum kita ketahui rankingnya.

Cara Membuat Ranking Menggunakan Rumus Office Excel (2)

Anda lihat data diatas bahwa saya mempunyai 10 orang siswa yang belum diketahui rankingnya. 10 siswa ini dimulai dari Sheet Rows 5 hingga 14 dan kolom ranking berada pada Sheet Columns H.

Di Office Excel untuk menyelesaikan data perhitungan seperti ini dikenal dengan istilah Function. Banyak sekali Function di Office Excel dan masing mempunyai manfaat yang tidak terkira buat kita yang mengetahuinya. Function ini agar lebih bersahabat lagi bahasanya bisa disebut dengan Rumus.

Misal rumus untuk mengetahui jumlah data nilai adalah SUM, untuk nilai rata-rata adalah AVERAGE, nilai tertinggi MAX, dan nilai terendah MIN. Lalu apa rumusnya untuk membuat Ranking nilai? Kita bisa menggunakan rumus RANK.

Setiap kita ingin mengetahui hasil dari data yang dimaksud misal disini ingin mengetahui ranking siswa, maka tempatkan Cell pada kolom yang dimaksud dan ketik sama dengan (=) lalu diikuti dengan rumus yang bersangkutan.

Lebih lengkapnya lagi rumus untuk membuat Ranking adalah :

=RANK(number; ref; [order])

Misal karena disini kita ingin mengetahui Ranking pada kolom yang sudah disediakan maka didalam Cell H5 kita ketik =RANK( dan selanjutnya ….

Cara Membuat Ranking Menggunakan Rumus Office Excel (3)

Disini saya akan mengambil ranking siswa berdasarkan jumlah nilai, artinya nanti akan otomatis jumlah nilai terbesar akan menjadi ranking 1 dan terkecil ranking 10. Anda juka bisa membuat ranking berdasarkan rata-rata nilai siswa. Pada Cell H5 kemudian saya ketik rumus seperti ini : =RANK(F5;$F$5:$F$14;0) kemudian tekan Enter.

F5 atau number adalah lokasi Cell Jumlah Nilai yang nantinya akan menjadi patokan dalam pencarian Ranking. Jika Anda ingin mengetahui Ranking berdasarkan Rata-Rata Nilai maka disitu adalah G5. Sedangkan kalau $F$5:$F$14 adalah untuk mengisi ref pada rumus yaitu awal dari seleksi Jumlah Nilai sampai Cell akhir. Sebetulnya itu adalah Cell F5 hingga Cell F14 cuma ditambah dengan kode $ (Absolute) agar nilai Rangking menjadi konsisten. Dan juga diantara Cell ditambah tanda baca titik dua (:). Untuk 0 adalah nilai Descending, bisa juga dengan mengisi angka 1 atau Ascending.

Cara Membuat Ranking Menggunakan Rumus Office Excel (4)

Ketika selesai mengetik rumus rangking seperti yang sudah diterangkan diatas kemudian Anda tekan Enter dan lihat hasilnya. Jika sukses maka rangking nilai akan terbentuk dan sebaliknya jika gagal maka mungkin ada rumus yang salah ketik. Perlu diperhatikan terkadang sebagian Office Excel dalam pemisahan perintah masing-masing Function ada yang menggunakan tanda koma (,) kalau contoh diatas adalah menggunakan titik koma (;).

Anda tidak perlu membuat rumus baru lagi pada Cell berikutnya jika sudah sukses membuat rumus pada Cell sebelumnya. Sekarang tugas Anda tinggal melakukan Copy Paste rumus pada Cell kosong, maka otomatis nilai ranking akan terisi. Atau lebih cepatnya lagi Anda bisa melakukan Drag dari atas sampai bawah menggunakan mouse.

Cara Membuat Ranking Menggunakan Rumus Office Excel (5)

Jika benar maka hasilnya akan terlihat seperti contoh gambar diatas. Bagaimana mudah bukan? Membuat ranking nilai pada siswa yang jumlahnya ratusanpun akan Anda selesaikan dalam hitungan detik saja, hebat bukan?

Itulah kecanggihan teknologi jika kita manfaatkan dengan benar dan tentunya kita harus sudah tahu juga bagaimana cara mengoperasikannya. Semoga tulisan Cara Membuat Ranking Menggunakan Rumus Office Excel ini sedikitnya bisa membantu. Terutama bagi Anda yang sampai saat ini masih belum mengerti juga cara menentukan ranking nilai siswa menggunakan Office Excel. Salam sukses dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *