Home / WordPress / Cara Menemukan Dan Mengatasi Broken Link Di WordPress

Cara Menemukan Dan Mengatasi Broken Link Di WordPress

Cara Menemukan Dan Mengatasi Broken Link Di WordPress – Apakah blog WordPress Anda sudah terbebas dari link rusak (broken link)? Baik broken link yang bersumber karena kesalahan kita sendiri dalam menautkan link didalam artikel, halaman, dan kotak komentar (link internal dan link eksternal). Atau broken link yang diakibatkan oleh pengunjung blog yang telah sengaja atau tidak sengaja menautkan link tidak benar di kotak komentar. Apapun alasannya broken link itu sangat tidak baik bagi kesehatan blog WordPress kita. Sebagai webmaster yang bijak yang senantiasa selalu memperhatikan optimasi SEO, maka diantaranya kita mempunyai tugas harus mengatasi masalah broken link ini. Alasannya semakin banyak terdapatnya broken link di WordPress yang kita kelola, maka pringkat blog kita lambat laun reputasinya di SERP akan mengalami penurunan.

Baca Juga : Solusi Jitu Gagal Login Di WP-Admin WordPress

Jangan anggap remeh masalah broken link ini. Sama sekali tidak ada manfa’atnya jika kita memelihara link-link yang rusak (broken link). Karena broken link hanya akan membuat ranking blog jelek di mata mesin pencari. Dan memang kalau seandainya broken link tersebut terjadi karena tautan link internal (link yang mengarah kedalam blog kita sendiri) maka kita bisa merubahnya dengan membuat settingan redirect halaman error 404. Artinya jika terdapat broken link internal di WordPress kita, maka akan mengarah ke halaman yang sudah kita arahkan di halaman error 404, misalnya ke halaman daftar isi blog atau ke homepage (halaman utama blog). Namun masalahnya jika broken link tersebut adalah tautan eksternal lin (link yang mengarah ke luar) maka kita tidak akan bisa hanya mengandalkan redirect error 404.

Maka dari itu untuk menangani masalah broken link eksternal tidak ada cara lain lagi kita harus segera menghapus atau menggantinya link rusak tersebut dengan link yang benar. Bahkan link internal juga sebaiknya kita harus cepat-cepat menyelesaikannya dengan menggantinya oleh link benar. Hal ini selain untuk memperbaiki reputasi blog di mata search engine, dan juga untuk memberi kenyamanan pengunjung ketika pengunjung melakukan klik ke link tersebut.

Bagaimana Cara Menemukan Broken Link Di WordPress

Ok sekarang kita bahas bagaimana cara menemukan link rusak atau broken link di WordPress. Dan mungkin hal ini bukan hanya berlaku untuk blog CMS WordPress saja. Cara ini berlaku juga untuk semua platform blog.

Cara menemukan broken link di WordPress sangat mudah, kita bisa memanfa’atkan tool online untuk mencari broken link di blog. Tool online untuk mencari link-link rusak ini sangat banyak, dari mulai yang gratis dan berbayar. Namun kalau ada yang gratis mengapa harus menggunakan yang berbayar. Contohnya tool online untuk menemukan broken link di blog yang biasa saya gunakan adalah www.brokenlinkcheck.com. Dengan tool online tersebut kita bisa mengetahui semua broken link yang ada di blog kita. Silakan Anda klik tautan URL www.brokenlinkcheck.com/broken-links.php untuk menuju ke situs yang saya maksud. Nanti Anda akan dihadapkan ke halaman seperti berikut ini :

Cara Menemukan Dan Mengatasi Broken Link Di WordPress 1

Kemudian isi kolom pertama dengan URL atau alamat web Anda yang akan dicek broken linknya. Dan kolom kedua isi dengan kode keamanan sesuai dengan kode yang muncul otomatis disamping kanannya. Terakhir Anda klik Find broken links now !. Maka sekarang tool online tersebut sedang bekerja mencari link-link rusak yang ada di WordPress Anda. Tunggu beberapa saat sampai proses ini berjalan.

Cara Menemukan Dan Mengatasi Broken Link Di WordPress 2

Jika proses pencarian untuk menemukan broken link yang ada di WordPress kita sudah selesai, maka akan ada laporan status COMPLETED !. Sebagai contoh saya mencoba mencari link rusak yang ada di WordPress saya. Dan ketika artikel ini dibuat, broken link di blog saya berjumlah 7 broken links dari sekitar 385 halaman yang telah diproses oleh tool broken link check ini.

Menurut laporan tersebut terdapat dua alasan kalau link-link tersebut mengalami broken link. Yaitu pertama kalau link tersebut sudah tidak terdaftar lagi, sehingga respon dari server adalah error 404. Dan link seperti ini sebaiknya kita hapus atau ganti dengan link benar. Kedua dinyatakan broken link karena hostnya buruk (bad host). Untuk alasan kedua ini link tersebut masih terdaftar, namun respon dari host kurang baik. Sebaiknya kita biarkan saja jangan dulu dihapus link seperti ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Broken Link Di WordPress

Nah sekarang setelah kita tahu link-link mana saja yang telah dianggap rusak atau error, maka langkah selanjutnya adalah mengatasi broken link tersebut agar tidak lagi menjadi link rusak. Cara mengatasi broken link di WordPress dengan bantuan tool online broken link check adalah silakan Anda klik SRC yang terdapat pada kolom Page where found dari tool online broken link check tadi.

Setelah kita klik SRC maka kita akan dihadapkan pada halaman baru yang memberi keterangan lengkap tentang link rusak tersebut. Sebagai contoh saya akan mencari broken link pertama. Disana ditampilkan kalau broken link tersebut bersumber dari kotak komentar. Ternyata pengunjung telah mencantumkan sebuah link di kolom URL kotak komentar, dimana link tersebut sudah tidak terdaftar lagi (broken link error 404). Kita blok dan copy link URL tersebut untuk dibenarkan.

Cara Menemukan Dan Mengatasi Broken Link Di WordPress 3

Kemudian karena broken link tersebut sumbernya dari kotak komentar, cara mengatasinya pertama kita login dulu di WordPress melalui wp-admin. Selanjutnya langsung menuju ke menu Komentar yang ada di dashboard WordPress. Sekarang paste link hasil copy tadi di kotak pencarian yang ada di menu komentar WordPress dan klik Cari Komentar.

Cara Menemukan Dan Mengatasi Broken Link Di WordPress 4

Setelah ditemukan broken linknya, sekarang sorot komentar dan pilih Sunting Cepat untuk merubah link yang terdapat pada kolom URL komentar.

Cara Menemukan Dan Mengatasi Broken Link Di WordPress 5

Silakan Anda rubah URL tersebut dengan URL yang benar. Sebelum dirubah coba Anda cek dulu URL tersebut apakah benar-benar link itu broken link. Jika ternyata link tersebut sudah tidak bisa ditemukan lagi (error 404) maka sebaiknya hapus saja URL tersebut. Terakhir klik Perbarui Komentar.

Cara Menemukan Dan Mengatasi Broken Link Di WordPress 6

Lakukan hal yang sama pada beberapa link rusak lainnya jika ternyata WordPress Anda banyak sekali broken linknya. Bagaimana mudah bukan? Selamat mencari broken link dan semoga tulisan Cara Menemukan Dan Mengatasi Broken Link Di WordPress ini bisa mermanfa’at.

 

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. Kalau di wp dulu sy pakai plugin tapi ternyata makan resources cpu gede jadi dicopot lagi padahal cukup membantu, karena kadang pas nulis artikel & kasih link ke artikel lain suka salah kalau buru2 akibatnya 404

  2. mau tanya ketika saya cek broken link menggunakan web tool yang di sarankan di atas tetapi hasil nya tidak ada broken link, tetapi di cek web master terdapat hampir ribuan broken link 404 dengan url namadomain.com/download padahal sayah tidak pernah membuat postingan atau sub volder dengan nama download, tetapi semua broken link 404 berasal dari download, mungkin agan bisa membantu masalah sayah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *