Home / Teknologi / Cara Mudah Mengatasi Printer Error 0x00000709 Dan Tidak Bisa Set Default

Cara Mudah Mengatasi Printer Error 0x00000709 Dan Tidak Bisa Set Default

Error 0x00000709 Can’t Set Default Printer – Kasus error 0x00000709 yang terjadi pada printer ini bisa dikatakan masalah serius. Kesalahan ini bukan terletak pada printer atau printer memang normal baik-baik saja. Namun kesalahan ini terletak pada operasi sistem Windows dan sebagian besar disebabkan oleh kesalahan pengguna. Kasus awal karena printer yang semula di setting default sudah di uninstall. Namun ketika kita melakukan uninstall driver printer tidak dilakukan dengan cara yang benar. Sehingga sebagian driver masih tersisa pada sistem Windows. Pada akhirnya ketika kita akan set default printer lain tidak bisa dan muncul pesan error 0x00000709.

Baca Juga : Inilah Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer HP LaserJet P1102 Yang Tipis Sebelah

Kenapa saya mengatakan kasus error 0x00000709 ini adalah masalah serius? Alasannya walaupun kondisi printer tidak bermasalah namun printer tersebut tidak bisa kita gunakan untuk keperluan print. Kita tidak bisa melakukan print pada program-program tertentu seperti : di Microsoft Office Word, Microsoft Office Word Excel, Adobe Photoshop, CorelDRAW, dan sebagainya. Ketika kita akan print pada program tertentu disana settingan printer tidak muncul. Padahal hal ini jika kita cek di Devices and Printers pengaturan driver printer sudah benar dan memang driver printer sudah kita installkan dengan benar.

Cara Mengatasi Printer Error 0x00000709 1

Kasus error 0x00000709 itu masalahnya hanya dua saja, pertama kita tidak bisa melakukan set default printer kedua kita tidak bisa print dari program-program tertentu menggunakan printer tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking & Reset)

Namun jika kita mencoba print dari Devices and Printers dengan menggunakan mode Print Test Page bisa melakukannya …

Bukti kalau masalahnya terletak pada operasi sistem Windows adalah ketika printer dicoba pada komputer atau laptop lain maka tidak masalah. Atau pesan error 0x00000709 itu tidak muncul.

Berikut Cara Mengatasi Printer Error 0x00000709 Can’t Set Default

Untuk mengatasi printer error 0x00000709 solusinya sangat mudah. Disini kita bisa melakukan dua cara untuk memecahkan kasus error 0x00000709 can’t set default printer. Kita tidak perlu melakukan install ulang operasi sistem Windows.

1. Mengubah User Account Default Dengan Yang Baru

Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan pesan error 0x00000709 printer dan bisa kembali membuat set default printer adalah dengan mengubah User Account Komputer Anda. User Account yang selama ini Anda gunakan harus diubah dengan User Account yang baru. Alasannya karena User Account tersebut sudah mengidap penyakit yang menyebabkan error 0x00000709 printer.

Untuk mengubah sekaligus membuat User Account baru caranya mudah, silakan Anda pergi ke Control Panel. Mengaktifkan Control Panel bisa melalui Start kemudian Control Panel atau dengan jalan pintas Run dengan cara menekan Windows+R pada keyboard kemudian ketik Control Panel > Enter.

Jika layar kerja Control Panel sudah aktif, silakan Anda pilih Add or remove user accounts. Fitur ini selain bisa membuat User Account baru, kita juga bisa menghapus User Account.

Cara Mengatasi Printer Error 0x00000709 2

Perlu diperhatikan sebelum Anda membuat User Account baru, silakan Anda lihat apakah User Account mode Administrator pada komputer Anda terdiri lebih dari satu? Jika terdapat dua atau lebih User Account mode Administrator maka disini Anda tidak perlu membuat User Account baru lagi. Anda cukup menggantikan posisi User Account yang aktif.

Saya asumsikan komputer Anda tidak mempunyai User Account mode Administrator lagi selain User Account yang sedang digunakan sekarang. Maka tugas Anda sekarang adalah membuat lagi User Account. Caranya silakan Anda klik pilih Create a new account.

Cara Mengatasi Printer Error 0x00000709 3

Silakan Anda ketik nama User Account baru yang akan dibuat pada kolom New account name kemudian Anda pilih mode Administrator. Terakhir jika kedua langkah tadi sudah selesai, klik pilih Create Account.

Cara Mengatasi Printer Error 0x00000709 4

Sekarang restart (hidupkan ulang) komputer dan ketika komputer Start Up silakan Anda pilih User Account baru yang tadi telah Anda buat. Jika komputer sudah selesai melakukan Start Up-nya silakan Anda coba untuk melakukan set default printer apakah kasus error 0x00000709 masih ada atau tidak? Seharusnya kasus ini sudah selesai karena sekarang komputer Anda sudah menggunakan User Account baru. Jika sukses, silakan Anda hapus User Account awal yang error dari Control Panel seperti yang sudah saya terangkan diawal.

Baca Juga : Info Agar Cartridge Printer Awet Panjang Umur

2. Menghapus Device Dari Registry Editor

Cara kedua jika Anda malas untuk membuat User Account baru seperti langkah pertama maka Anda bisa melakukannya dengan cara menghapus device printer default lama dari Registry Editor. Cara ini lebih praktis dan lebih cepat karena kita akan menghapus langsung ke sumber penyakitnya.

Untuk menghapus device printer lama dari Registry Editor caranya silakan Anda aktifkan Run dari Windows+R pada keyboard. Anda ketik regedit pada kolom pencarian Run dan tekan Enter.

Anda temukan Device dengan cara memilih HCU (HKEY_CURRENT_USER) > Software > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > Windows.

Cara Mengatasi Printer Error 0x00000709 5

Silakan klik ganda (double klik) Device untuk membuktikan kalau didalamnya terdapat driver printer aktif. Itu adalah printer aktif yang sebelumnya kita set default. Nah itu adalah penyakit dari semua ini yang menyebabkan ketika kita melakukan set default printer baru muncul pesan error 0x00000709. Kita meski menghapus device tersebut. Silakan klik kanan pada Device dan Anda pilih Delete.

Cara Mengatasi Printer Error 0x00000709 6

Jika Device tersebut tidak bisa dihapus, caranya mudah Anda meski mengubah Permission menjadi Full Control. Silakan Anda klik pilih menu Edit kemudian Permissions…

Cara Mengatasi Printer Error 0x00000709 7

Sekarang Anda centang atau checklist Full Control pada Allow dan terakhir klik OK.

Cara Mengatasi Printer Error 0x00000709 8

Sekarang restart (hidupkan ulang) komputer dan setelah komputer Start Up (Log On) dengan sempurna, silakan Anda coba untuk mengetes set default printer.

Ok mungkin hanya itu saja kedua trik Cara Mengatasi Printer Error 0x00000709 Tidak Bisa Set Default. Langkah ini hanya yang saya ketahui saja, jadi jika Anda menemukan cara lain untuk menghilangkan error 0x00000709 printer silakan sampaikan saja pada kotak komentar. Selamat mencoba dan semoga sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Terima kasih, infonya bermanfaat sekali, masalah yang saya alami beberapa hari ini selesai sudah…mantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *