Home / WordPress / Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools

Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools

Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas – Blog mempunyai banyak backlink akan meningkatkan performanya di SERP, sehingga akan banyak artikel yang muncul di halaman terbaik mesin pencari. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua backlink yang dapat mengubah posisi blog menjadi baik di search engine. Banyaknya backlink yang mengarah ke situs kita belum tentu bisa dikategorikan bahwa backlink tersebut akan memberikan manfaat bagi blog kita. Backlink yang berkualitaslah yang akan mampu menyulap performa situs di Search Engine Result Page (SERP). Sebaliknya backlink yang tidak berkualitas justru akan memperburuk pringkat situs di mesin pencari. Bahayanya blog kita akan dianggap SPAM oleh mesin pencari dan tidak menutup kemungkinan lama-lama blog kita akan tenggelam di SERP atau terjerat Google Sandbox.

Baca Juga : Solusi Tepat Agar Blog Tidak Terjerat Google Sandbox

Banyak alasan sehingga adanya backlink tidak berkualitas yang mengarah ke situs kita. Namun apapun alasannya kita wajib menyangkal atau menolak/menghapus backlink tersebut demi kelangsungan blog yang kita kelola. Percuma saja kita memelihara banyak backlink namun nyatanya backlink tersebut tidak berkualitas. Bukannya akan meningkatkan reputasi blog namun malah sebaliknya menjauhkan posisi blog kita di SERP.

Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools (1)

Peranan backlink dalam optimasi SEO masa kini memang masih berpengaruh besar terhadap kelangsungan sebuah situs. Namun yang harus kita garis bawahi jangan sampai kita menggunakan tehnik jadul dengan mencari backlink secara membabi buta dan tidak perduli apakah backlink tersebut berkualitas atau tidak. Nyatanya tehnik optimasi SEO sekarang kita harus lebih cermat lagi dalam mencari backlink yaitu meski hanya mencari backlink yang berkualitas saja yang mengarah ke situs kita. Lebih baik sedikit backlink namun semuanya berkualitas daripada banyak backlink namun berkualitas rendah.

Sebenarnya apa saja sih penyebabnya hingga blog kita mempunyai backlink-backlink yang tidak berkualitas? Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa penyebab blog kita memperoleh backlink berkualitas rendah banyak sekali macamnya, namun diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Backlink tidak berkualitas sehingga bisa dikatakan link buruk menurut SERP ini terjadi karena unsur kesengajaan. Tindakan ini bisa terjadi dilakukan oleh situs pesaing kita yang takut reputasi blognya kalah dengan blog kita. Cuma sayangnya mereka bersaing secara tidak sehat yaitu dengan sengaja mendaftarkan blog kita dengan tehnik-tehnik tidak benar untuk mendapatkan backlink tidak berkualitas.
  2. Bisa jadi backlink yang tidak berkualitas kita dapatkan dari ulah pemiliki social bookmark (sosbook). Terutama social bookmark yang umurnya masih tergolong baru dan belum mempunyai member tetap. Pemiliki sosbook akan melakukan tambah link dari artikel-artikel blog lain secara membabi buta setiap harinya agar terkesan sosbook tersebut terlihat aktif.
  3. Backlink tidak berkualitas bisa terjadi juga karena ulah kita sendiri yang awalnya kita mempunyai paham bahwa dengan memperbanyak backlink akan meningkatkan peringkat blognya di search engine. Umumnya tindakan ini sering blogger lakukan dengan tanam link aktif di kotak komentar pada saat blogwalking.
  4. Backlink berkualitas rendah juga bisa terjadi disebabkan kita telah mengajak blogger lain untuk saling tanam link aktif (tukar link). Ini adalah tehnik optimasi SEO jadul. Saat ini percuma saja kita aktif melakukan tukar link secara membabi buta tanpa memperhatikan kesamaan niche blog.
  5. Link buruk yang mengarah ke situs kita juga bisa terjadi karena kita telah melakukan pemasangan banner iklan blog kita di blog lain dengan tidak memperhatikan kesamaan niche blog. Selain itu banyak blogger yang sengaja memasang feed blognya di blog lain.

Lalu Bagaimana Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Yang Sudah Terlanjur Kita Lakukan

Namanya nasi sudah menjadi bubur memang tidak akan bisa diubah menjadi nasi kembali. Namun untuk kasus ini sepertinya peribahasa tersebut bisa kita simpan dulu karena nyatanya jika kita sudah terlanjur menanam backlink tidak berkualitas kita bisa menghapusnya. Jika backlink berkualitas rendah tersebut bisa kita hapus dengan cara menghubungi admin blog meminta secara baik-baik untuk menghapusnya maka lakukanlah. Namun tidak berkenan maka lakukan cara yang akan saya bahas disini.

Baca Juga : Cara Cepat Mengetahui Posisi Artikel Di Google

Mungkin Anda penasaran sebenarnya backlink bagaimana yang bisa dikatakan berkaulitas menurut search engine? Selengkapnya Anda bisa mencari sendiri di internet karena banyak master-master SEO yang sudah membahasnya. Namun disini saya juga akan memberikan sedikit gambaran seperti bagaimana dan bagaimana cara memperoleh backlink berkualitas itu?

  1. Sebaiknya Anda selalu memilih backlink dari domain yang memiliki Page Authority dan Domain Authority Untuk mencari blog yang memiliki PA dan DA tinggi bisa Anda gunakan tools-tools gratis seperti SmallSEO Tools, MOZ, Bulkdachecker, Moonsy, dan masih banyak lagi.
  2. Pilihlah domain atau blog yang masih mempunyai kesamaan niche dengan blog Anda.
  3. Menjadi penulis tamu di blog lain dan tentunya blog yang mempunyai kesamaan niche juga.
  4. Backlink dari blog multi niche juga bisa dikategorikan sebuah backlink berkualitas, tapi dengan catatan link blog Anda ditautkan pada artikel yang mempunyai kesamaan niche dengan blog Anda. Jangan sampai backlink diperoleh dari artikel pembahasan “Cara Membuat Celana” sedangkan blog Anda membahas “Cara Memperbaiki Sepeda Motor”.

Ok sekarang giliran cara menghapus backlink tidak berkualitas. Untuk menghapus backlink yang kualitasnya rendah kita bisa menggunakan Google Webmaster Tools. Namun sebelum melakukan langkah ini sebaiknya Anda harus berhati-hati bahwa tehnik ini dilakukan dengan cara benar. Jika Anda salah dalam menggunakannya maka bisa berpotensi membahayakan kinerja blog Anda. Backlink yang kita hapus adalah benar-benar backlink tidak berkualitas saja seperti backlink dari blog SPAM, dari situs dewasa, dan sebagainya.

Pertama yang harus kita lakukan adalah login di Google Webmaster Tools dengan akun Google yang bisa Anda gunakan. Fitur apa yang akan kita gunakan dalam menghapus backlink kualitas rendah di Google Webmaster Tools? Namanya fitur Disavow Links.

Silakan Anda unduh terlebih dahulu link-link yang ditautkan keblog Anda di akun Webmaster Tools. Biasanya kumpulan link yang ditautkan terhadap blog kita (backlink) di Google Webmaster Tools terdapat pada Lalu Lintas Penelusuran > Tautan ke Situs Anda. Kemudian Anda klik pilih Unduh tabel ini untuk mengunduh semua backlink yang mengarah ke blog Anda.

Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools (2)

Pilih format unduhan, jika Anda memilih format CSV maka nanti tabel kumpulan backlink akan dibuka di program Microsoft Office Excel. Jika Anda memilih format Google Dokumen maka otomatis semua tabel yang berisi link akan terbuka pada halaman baru Google Dokumen Spreadsheet.

Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools (3)

Jika semua link yang mengarah ke situs Anda sudah berhasil di unduh silakan Anda sortir link mana saja yang Anda anggap tidak berkualitas. Anda tempatkan link-link berkualitas rendah tersebut pada Notepad dan simpan.

Sekarang Anda buka halaman Google Webmaster Tools Disavow Links dan jika blog yang terhubung di Google Webmaster Tools terdapat lebih dari satu blog maka silakan Anda pilih blog mana yang akan dihapus backlink kualitas rendahnya. Jika sudah memilih blog sekarang Anda klik pilih DISAVOW LINKS.

Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools (4)

Disinipun Anda tinggal memilih Disavow Links.

Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools (5)

Anda klik pilih Choose File untuk memilih dan membuka file Notepad tadi yang berisi kumpulan link-link tidak berkualitas yang akan Anda hapus. Terakhir Anda klik pilih Submit dan tunggu sebentar.

Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools (6)

Ok sampai langkah ini tugas Anda dalam menyangkal semua backlink kualitas rendah sudah selesai. Sekarang Anda tunggu karena Google sedang bekerja untuk menghapus semua link-link buruk yang mengarah ke situs Anda. Nanti laporannya akan tampil di kotak pesan Google Webmaster Tools.

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba artikel Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas menggunakan Disavow Link Google Webmaster Tools. Semoga cara ini sukses dan nantinya blog Anda akan bersih dari link-link buruk yang mengarah ke situs Anda. Sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya dan salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. mantap om artikelnya. eh om ada rekomendasi jasa seo on page dan of page yang murah berkualitas gak? trims sebelumnya. ;)

  2. maaf sebelumnya.. apa ada cara cepat mengetahui backlink yg tidak berkulitas di blog kita..? karena rata-rata tidak ada yg menjelaskan secara pasti backlink yg tidak berkualitas ketika melihat langsung di google webmaster

    • Mungkin untuk mengetahuinya hanya dengan cara manual saja mas. Kita lihat backlink yang mengarah ke blog kita bagaimana kualitasnya bagus atau tidak :)

  3. Informasinya sangat membantu mas … Jadi begitu ya ternyata tidak semua backlink memberikan dampak positif terhadap blog tapi justru sebaliknya backlink dengan kualitas rendah ternyata memiliki dampak yang buruk untuk blog. Sepertinya saya harus sering – sering cek backlink yang masuk untuk memastikan kualitas backlink, namun yang masih menjadi tanda tanya saya mas … bagaimana mengetahui bahwa backlink yang masuk di blog itu spam atau berkualitas rendah?? Paling tidak sebelum menghapus backlink spam atau kualitas rendah harus diidentifikasi dulu dan tau mana yang spam dan yang berkualitas. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *