Home / Teknologi / Cara Paling Baru Mengubah Akun Google AdSense Hosted Menjadi Non Hosted

Cara Paling Baru Mengubah Akun Google AdSense Hosted Menjadi Non Hosted

Mengubah AdSense Hosted Menjadi Non Hosted – Banyak yang menginginkan status akun AdSense Non Hosted dibanding Hosted. Alasannya jika akun AdSense Non Hosted maka kode iklan AdSense dapat dengan bebas kita pasang di blog manapun tanpa harus melewati review dan persetujuan pihak Google lagi. Berbeda jauh dengan akun AdSense Hosted yaitu iklan hanya boleh dipasang di situs-situs tertentu milik Google saja seperti Blogspot dan Youtube.

Baca Juga : Hanya Butuh Waktu 3 Hari Daftar Google AdSense Melalui Youtube

Akun AdSense yang kita peroleh status Hosted awalnya kita mendaftar Google AdSense melalui situs milik Google (Blogspot dan Youtube). Kenapa harus daftar AdSense Hosted? Karena dipercaya dan sudah terbukti kalau daftar Google AdSense melalui situs milik Google jika kita patuh sama peraturannya maka prosesnya lebih cepat. Namun masalahnya kode iklan AdSense tidak bisa kita pasang di blog lain selain situs milik Google tersebut. Dan kita perlu upgrade akun AdSense Hosted menjadi Non Hosted.

Cara Paling Baru Mengubah Akun Google AdSense Hosted Menjadi Non Hosted 01

Lalu sebenarnya apa sih akun Hosted dan akun Non Hosted itu sendiri? Diatas sudah saya singgung pengertian kedua akun ini. Namun tidak ada salahnya saya perjelas lagi barangkali Anda masih kebingungan. Berikut pengertian dan perbedaan Akun AdSense Hosted dan Non Hosted :

Akun AdSense Hosted :

  1. Akun AdSense Hosted awalnya diperoleh dengan cara mendaftar AdSense dari situs Blogspot dan Yuotube;
  2. Jika kita mematuhi semua kebijakan Google AdSense maka pendaftaran AdSense dari situs milik Google akan lebih cepat karena hanya satu kali review;
  3. Selanjutnya kode iklan AdSense Hosted hany bisa kita pasang di situs milik Google saja, seperti Blogspot dan Youtube;
  4. Walaupun hanya bisa dipasang dikedua situs milik Google, namun tidak terbatas juga kalau iklan kita tayangkan dibeberapa situs Youtube dan lebih dari satu situs Blogspot;
  5. Kode iklan AdSense Hosted tidak bisa kita pasang di situs Top Level Domain (TLD) seperti : .com, .net, .info, dan sebagainya.

Akun AdSense Non Hosted :

  1. Daftar AdSense status Non Hosted awalnya melalui blog TLD atau domain sendiri (Self Hosted);
  2. Cara daftar AdSense melalui situs Top Level Domain prosesnya lebih lama sampai benar-benar diterima (full approve). Karena kita harus melewati 2 tahap review dan ujung-ujungnya biasanya pada tahap review ke 2 ditolak;
  3. Jika status AdSense sudah benar-benar full approve maka kode iklan bisa dipasang di situs milik Google juga (Blogspot dan Youtube) selain situs TLD;

Ok jika Anda saat ini mempunyai akun AdSense jenis Hosted dan kode iklan ingin bisa dipasang di blog Top Level Domain maka kita harus mengubah akun Hosted tersebut menjadi Non Hosted. Lalu bagaimana cara mengubah akun Google AdSense Hosted menjadi Non Hosted? Disini saya akan membahasnya sampai tuntas dan silakan disimak artikelnya sampai selesai.

Baca Juga : 5 Tema WordPress Terbaik Untuk Google AdSense Peluang CTR Tinggi

Berikut Cara Mengubah Akun Google AdSense Hosted Menjadi Non Hosted

Istilah lainnya mengubah akun AdSense ini adalah “upgrade”. Jika kita berniat ingin upgrade akun AdSense Hosted menjadi Non Hosted tentunya syarat utamanya adalah Anda sudah mempunyai alamat blog aktif Top Level Domain (TLD). Usahakan blog TLD yang akan kita daftarkan di Google AdSense sudah mempunyai umur yang cukup, minimal 6 bulan. Kemudian konten blog juga semuanya harus sudah mematuhi kebijakan Google AdSense.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Di WordPress (Terlengkap) Gratis ~ Menarik

Cara Paling Baru Mengubah Akun Google AdSense Hosted Menjadi Non Hosted 02

Mari kita lanjut artikelnya, silakan Anda login di akun AdSense Hosted Anda. Saya asumsikan Anda sekarang sudah memilih akun AdSense Hosted dan blog TLD. Kemudian Anda klik pilih ikon roda gigi di sudut kanan atas dan pilih Setelan. Jika AdSense Hosted Anda adalah AdSense Youtube maka Anda bisa langsung klik Action pada kotak merah.

Cara Paling Baru Mengubah Akun Google AdSense Hosted Menjadi Non Hosted 03

Langkah selanjutnya Anda klik pilih Otorisasi situs yang berada di deretan menu sebelah kiri. Anda masukkan URL situs TLD yang akan Anda daftarkan di Google AdSense pada kolom Saya akan menampilkan iklan di: dengan format contoh www.example.com. Terakhir Anda klik pilih tombol Kirim.

Cara Paling Baru Mengubah Akun Google AdSense Hosted Menjadi Non Hosted 04

Sampai disini proses upgrade Google AdSense Hosted menjadi Non Hosted telah selesai. Langkah selanjutnya Anda meski menerapkan kode iklan di situs TLD yang tadi telah Anda daftarkan.

Awalnya iklan tidak akan tampil di blog, hanya kotak putih kosong (blank) saja. Nanti jika blog TLD Anda sudah diterima/disetujui tim AdSense maka iklan akan tampil. Jika begitu berarti status Google AdSense Anda sudah full approve (Non Hosted).

Maka dari itu untuk memantau perkembangan status akun Google AdSense Anda, sebaiknya Anda rajin update artikel setiap hari dan pantau terus kotak masuk email. Masalah waktu lamanya proses upgrade ini relatif, ada yang satu hari, dua hari, bahkan satu minggu.

Mungkin artikel Cara Mengubah Akun Google AdSense Hosted Menjadi Non Hosted dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya sehingga bisa dipraktikkan dengan lancar dan sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

55 comments

  1. Akun Adsense saya sudah saya Upgrade, tapi kok nggak berhassil menjadi Non-Hosted ya mas. Bahkan tidak ada pembertahuan dari Google AdSense. Bisa tolong mas…

    • Ditunggu saja terus mas sampai mendapatkan pemberitaan dari Google. Waktu lama dan sebentarnya itu tergantung kebijakan Google.

  2. wah enak sekali kang kalau sudah bisa di upgrade dari google adsense hosted menjadi non hosted. Bila menggunakan plugin Wp khusus adsesnse milik google gimana kang ? apakah secara otomatis juga berubah ke non hosted GA nya ? Terimakasih atas jawabannya

  3. Saya di tolak setelah ganti domain TLD, padahal saat masih d blogspot aman-aman saja bahkan sudah 2x PO saat d blogspot, pas upgrade malah di tolak. Bingung mau buat cara apa lagi, alasan d tolak pun katanya masalah mutu webmaster, apa mungkin karena domain masih baru berumur?

    • Coba tunggu umur blognya sampai minimal 6 bulan mas. Nanti bisa coba daftar lagi menggunakan akun Youtube kemudian mas upgrade ke non hosted!

  4. Saya sudah empat kali ditolak, upgrade hosted ke nonhosted . Kelima kalinya sudah tiga minggu belum ada balasan dari google, gak tau ni diterima atau ditolak lagi..harap harap cemas..moga moga diterima amiin

  5. saya mau upgrade ke non-hosted, tetapi saat klik di setelan roda gigi -> setelan -> dan mau pilih Otorisasi situs kok tidak ada ya mas? adanya user management. terus solusinya bagaiamana mas?

    • saya juga sama nih.. link otorisasi situs nya ga ada.. ada yang bisa bantu?? gimana cara nampilinnya, atau memang harus ada trik khusus

  6. Mau tantya gan, Jika gagal upgrade, apa akun hostednya bisa tetap digunakan untuk blogspot atau youtube?

    • Masih bisa gan. Dan kalau suksespun akun AdSensenya masih bisa dipasang di Youtube dan Blogspot. Itulah kelebihannya akun AdSense NonHosted.

  7. saya masih gagal untuk upgrade ke non-hosted bang, ada tips tips lain tidak? jika memang ada, tolong di share disini ya bang, thanks

  8. Saya disuruh memasang kode iklan di blog yang didaftarkan, namun setelah dipasang , masih aja ada tulisan In order to complete your request to show ads on your own website, you need to implement the ad code on www.xxxx.net. Your upgrade request can only be reviewed once your ad code has impressions on that domain. itu maksudnya harus diapain lagi ya mas? mohon bantuannya

    • Itu masih dalam tahap review Google mas. Tunggu saja sampai review Google selesai. Nanti akan ada pemberitahuan yang dikirim ke alamat email.

  9. web saya di tolak mulu ni gan,
    ada tips cara daftar Ga nya nggak,
    kalau menggunakan web baru minimal umur berapa hari dan berapa artikel.
    soalnya kalau yg web saya yg lama kayaknya nggak bakal di terima. soalnya khusus untuk kontes seo sih,, hehe

  10. mas, mau sharing. blog saya sdh 3x cintanya ditolak sama adsense. awalnya akun hosted youtube. blog sdh saya ganti pake domain TLD. jumlah postingan saya baru 50 an artikel. tema blog gado2. tombol monetize sdh muncul dan aktif di dashboard, sdh saya set penempatan iklan dlm konten sm sidebar. adsense sdh nongol di setting tata letak. saya sdh daftarkan upgrade akun 3x ditolak. tiap saya pasang kode iklan di blog, bentuk kotak kosong iklan nya aja g nongol. mohon pencerahan nya blog saya irfanro[dot]com (maaf nulis almt url, krna agar mas bs liat kondisi blog saya salah dmn). email penolakan kedua dan ketiga menerangkan blog saya blm memenuhi standar mutu webmaster. apa navigasi blog saya krg mudah, apa konten nya, navigasi privacy policy sampai sitemap sdh saya pasang juga. mohon bimbingannya mas. maturnuwun

    • Mungkin menurut pengalaman seharusnya mas jangan dulu pasang kode iklan di blog jika akun AdSense Hostednya belum diterima menjadi Non Hosted. Menurut saya mungkin blognya mas masih baru dan saya lihat Alexa Ranknya masih No Data. Itu baru prediksi kasar saya saja. Lebih jelasnya sayapun ga tau mas. Dulu saya malah sampai lebih 7 kali daftar Google AdSense dan ditolak terus. Tetap semangat!

  11. Baru2 ini kata akun adsense daftar dari youtube tidak bisa tampil di blogspot maupun di blog custom domain ya mas.
    Saya punya akun GA hosted youtube, tapi saya taruh kode iklan nya di blogspot tidak tampil, tolong pencerahan nya mas…

  12. mas menu site otorisasi gak keluar ya, itu gimana???

    Hosted account nah punya ku kayak gtu, itu berrati kudu diupgrade ya

  13. terima kasih gan artikel y bermanfaat banget buat ane, soal y ane juga lg upgrade adsanse ane jadi non hosted…

    salam kenal eksharing

  14. TEMY SUBAKTIAN

    gan, upgrade disini yaitu untuk mendapatkan format www.example.com berarti kita harus beli domain dulu ya gan…

    • Iya gan upgrade dari Hosted menjadi Non Hosted maksudnya agar iklan bisa dipasang di blog-blog TLD tanpa batas. Makanya kita harus punya blog domain berbayar.

  15. berarti blog kita menjadi nganggur dong mas selama bulan jika kita upgrade akun non hosted. jika buka dua akun bisa gak mas.

  16. Mas mau tanya, saya kan berencana ingin upgrade akun hosted menjadi non hosted nah apakah selama masa review oleh pihak google saya akan tetap mendapatkan pendapatan??
    Haruskan saya menonaktifkan iklan hosted yang terpasang selama masa review??
    Saya menautkan akun google ads tidak hanya diblogger tapi juga diYoutube.
    Mohon penjelasannya ya mas.

  17. Terimakasih infonya mas, sekarang saya jadi lebih mengerti tentang Google Adsense yang sebelumnya blank bgt …. Tapi Alhamdulillah bahkan sekarang saya sudah memiliki akun GA Hosted yng reg. dari Youtube.

  18. mau bertanya mas…..untuk upgrade dari GA youtube apakah kalo disetujui ada email alias surat cinta dari simbah google…..soalnya gini mas,
    saya sudah upgrade GA Hosted dari Youtube 3 kali, yang dua kali ditolak, namun pas upgrade yg ketiga kali gk ada email masuk dari simbah google. Anehnya pas masuk akun adsense tulisan HOSTED nya hilang….yg bikin saya bingung adalah
    1. Apakah permintaan upgrade saya udah sepenuhnya diapproved? kalo iya, kok gk ada email pemberitahuan ya?
    2. Perlu diketahui iklan pertama kali saya buat tgl 8 mei dan sampai sekarang 30 mei iklan masih tayang…saya takutnya ini akun GA bug….
    3.Pada setelan akun ada tulisan content 68% bagi penayang, penelusuran 51% bagi penayang namun yg aneh tidak ada option “cancel Akun”, bug kah ?
    4. Akun Non Hosted, iklan dipasang ke blogspot apakah ada review lagi dari simbah google? kalau misal tidak ada review lagi, bagaimana kita tahu bahwa blogspot kita sudah sesuai dengan kebijakan google ?
    maaf banyak tanya…..newbie dan jangan di bully ya …..

    • Seharusnya harus ada surat cinta dari Google mas. Mungkin Googlenya belum kirim saja hingga kini dan tunggu saja nanti juga akan ada ko (pengalaman). Setiap iklan AdSense yang dipasang di blog baik itu blog berbayar atau gratis (hosted atau non-hosted) maka Google terus akan melakukan review. Bahkan yang awalnya pernah full approved bisa kena penalty jika ternyata ditemukan pelanggaran kebijakan.

    • Mas Sajak Indah.. total waktu berapa lama tuh proses upgrade dari hosted ke non hosted?
      Terima kasih mas InfoMenarik :D, saya masih menunggu proses repiew

  19. mas mau nanya dong cara ngerubah web yang mau ditinjau sama google adsense gimna?
    soalnya tadi daftar adsense tapi web yg tercantum malah web yang bukan keinginan saya trims

  20. Sayangnya mas, untuk upgrade hosted jadi non hosted sulitnya minta ampun, sudah berapa kali z saya coba untuk upgrade. Thanks informasinya.

  21. Terima kasih info menariknya mas. saya udah upgrade tapi iklan belum muncul udah 1 minggu lebih, gimana cara cepat ya?

  22. Sebelum nya nama situs saya supiadi74blogspot.com,setelah diganti dengan beli domain.com,yaitu www.supiadi.com ,iklan google tidak muncul lg,sebenarnya scrift iklan saya ambil dari akun lain punya saya sendiri,solusinya bagaimana ini bos,mohon pencerahannya

    • Domain barunya sudah diklaim di Google AdSense belum? Jika belum walaupun domain pernah dipasang iklan tapi kan sudah diupgrade dari gratis ke berbayar (TLD). Seharusnya domain baru itu diklaim dulu di GA.

  23. selmat sore mas, mau nanya neh soal TLD

    1. apakah bisa masukin TLD lebih dari satu di Non Hosted ?
    2. untuk mengetahui TLD kita ditolak atau diterima, apkah ada indikatornya di GA kita ?

    • Jika status AdSense sudah Non-Hosted jumlah TLD tidak terbatas mas yang dapat dipasangin iklan asal tidak terlepas dari aturan atau kebijakan Google AdSense. Jika blog TLD ditolak akan ada pemberitahuan ke email yang didaftarkan.

  24. sub menu “site authorization” atau otorisasi situs sekarang udah nggak ada gan, silahkan tanya ke beberapa blogger. jadi di step ini bakal missing

  25. akun saya sdh hosted tapi scrip iklan say pasang masih blank gan, gimana ya pd hal awalnya muncul iklan cuma sebentar ( beberapa menit )

  26. mas saya udah coba sarannya, tapi kok di menu seting- authorization itu ga ada kolom untuk input alamat web nya ya mas, apa akun saya masalah

  27. kasus ini juga terjadi p[ada blog saya, setelah mengganti domain TLD, harap-2 cemas jadinya. padahal penghasilan lumayan membantu beli BBM kendaraan. hingga saat komen ini saya tulis (belum sampai 24 jam sih). persaaan terus dihantui kegagalan approve. Namun baru beberapa menit ada pemberitahuan di adsense saya bahwa saya harus memasukan kode adsense di domain yang baru tsb, yang ingin saya tanyakan bahwa apakah saya harus sabar menunggu proses white blank kotak iklan yang masih kosong tsb hingga iklan muncul. Atau saya harus mengganti/update template lagi (template yg sama) kemudian memasukkan kode iklan baru lagi…. mohon pencerahan para master blog. sekecil apapun info yang disampaikan, saya sangat2 berterima kasih.

  28. kalau sudah melakukan langkah seperti diatas tinggal nunggu aja ya mas?
    saya coba upgrade & ga ada email pemberitahuan apa2, kalau temen nyoba upgrade besoknya dibales dengan email penolakan kalau saya ko ga ada yah

  29. saya punya 3 blogspot dan salah satunya sudah saya upgrade jadi dotcom.. pertanyaannya mas bisa ga kalo satu akun email buat akun hosted dan non hosted?

  30. mas.saya pemula yang membutuhkan bantuan nih.. semoga di respon cepat ya!! :)

    untuk merubah akun hosted menjadi non hosted berdasarkan panduan artikel di atas.blogspot yang di daftarkan harus aktif (punya saya misalnya) sudah berumur 9 bulan.. dan untuk bisa mendaftar dan di review oleh tim google perlu domain ltd..

    pertanyaannya :
    apa saya harus merubah domain dari blogspot.com ke com.net.info (yang merupakan bagian dari domain ltd) terlebih dahulu.. ?
    lalu apakah setelah saya ubah domain situs saya konten n artikel blog saya ikut terhapus atau hanya tampilannya yang berubah ?.. alasannya saya mau terus menambah artikel nih mas bro..
    jika sudah diterima oleh tim google menjadi akun non hosted.. apakah saya boleh merubah domain saya yang sudah menjadi domain ltd kembali ke domain blogspot.com ?

    okeh, 3 pertanyaan saya.. monggo di jawab yah mas bro.. saya tunggu jawabannya secepatnya!! terima kasih salam sukses :)

    • Aduh maaf ya mas saya belum pernah melakukan upgrade domain dari Blogspot ke TLD. Dari dulu pengalaman saya hanya di sekitar WordPress saja. Yang jelas upgrade hosted ke non-hosted AdSense mas harus mengubah dulu domain Blogspotnya ke TLD. Karena akun non-hosted AdSense untuk dipasang di TLD. Setahu saya jika mas upgrade Blogspot ke TLD maka artikel dan seluruh konten blog tidak akan hilang. Yang berubah hanya domainnya saja!

      • gan. ane baca.. di internet kalau domain LTD itu premium alias berbayar.. apakah ada domain LTD yang gratis dan bisa di percaya. jika ada tolong berikan linknya gan..
        terima kasih.. alasannya saya belum tahu menahu tentang domain LTD.saya masih pemula.. thanks

        • Kalau yang dipercaya tidak ada yang gratis gan. Mungkin kalau sekedar belajar menggunakan domain gratis bisa register domain dot tk. Domain ini hanya gratis satu tahun saja.

  31. Mas kalau kode iklan kita tempatkan pada blog teman kita bisa gak mas ? status akun masih Hosted Account ???

    • Agar bebas dipasang diblog manapun meski upgrade dulu menjadi non-hosted mas! Akun Hosted hanya bisa dipasang di blogspot dan akun Youtube saja.

  32. Mungkin menurut saya lebih sabar dulu aja untuk daftar adsense, jadi kalau blog sudah mantap baru di daftarkan..
    Dari pada nanti sudah daftar tapi hanya di PhPin kan sayang blog nya…hehehe

  33. Mantapbs artikelnya…
    Semoga saya bisa segera mendapatkan GA Non Hosted dan bisa menyusul untuk memasang iklan di semua jenis platform…
    Terima kasih n Tetap semagat berkreasi, mas…

  34. agan admin…
    saya punya kendala dengan tampilan yg sekarang… cari posisi untuk apgrade sebelah mana ya…

  35. mau tanya mas,,
    1. GA saya kan mau aq up ke non hosted,,
    stlh aq ke pengaturan adsen terus masuk ke akses dan oritasi,,
    tapi kenapa di adsen q gk ad tulisan Otorisasi situs..
    jd ny pengaturan –>> akses dan oritasi –>> di dlm ny cm ada user management,, akses perayap,, akses pihak ke tiga,, akun admob,,
    gk ada OTORISASI SITUS nya,,

    2. aq masih pke yg gratisan alias ######.blogspot.com
    apakah bs akun gratisan d upgrade ke non hosted,, apa hrs pke yg berbayar dl alias beli baru bs d upgrade ke non hosted,,

    3. kalo yg gratisan bs di upgrade ke non hosted kenapa di adsen q gk ad tulisan Otorisasi situs di pengaturan adsense.

    dan selama ini blog saya gk prnh muncul iklan nya wlpun udh aq pasang iklan dr adsense.
    dan aq pke adsense bug,, apakah bisa akun bug adsense di up ke non hosted.

    mohon bimbingan dan penjelasannya secara detail gan biar gk bingung.
    umur blog q udh 2 tahun.
    terimakasih.
    ditunggu penjelasannya mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *