Home / Software / Trik Cara Print Screen Tampilan Bios Komputer Windows

Trik Cara Print Screen Tampilan Bios Komputer Windows

Trik Cara Print Screen Tampilan Bios Komputer WindowsCara print screen tampilan bios atau mengambil gambar tampilan bios mungkin tidak bisa dilakukan tanpa bantuan software khusus untuk kebutuhan tersebut. Anda bisa melakukan print screen atau mengambil screenshot gambar tampilan komputer jika Anda sudah berhasil log-on Windows dengan cara menekan tombol Print Screen pada Keyboard untuk melakukan copy tampilan dan paste di program pendukung gambar .jpg seperti CorelDRAW, Photoshop, dan lain-lain. Tapi masalahnya jika Windows komputer belum log-on, maka Anda sangat mustahil bisa mengambil gambar yang tampil di komputer Anda, contohnya tampilan bios.

Baca Juga : Cara Setting Microsoft Virtual PC 2007 Di Windows 7

Selain tampilan bios, tampilan lainnya dimana Windows komputer belum berhasil log-on seperti print screen tampilan proses install windows, proses Hiren’s BootCD, tampilan safe mode windows, itu semua tampil sebelum log-on Windows. Dan Anda tentunya tidak akan bisa mengambil print screen atau merekam semua gambar tampilan tersebut.

Anda juga pasti sering melihat web-web yang menyajikan konten tutorial komputer, seperti menerangkan proses tahap demi tahap install windows. Dan mungkin Anda pikir gambar proses install windows tersebut diambil menggunakan kamera. Tapi pernyataan tersebut salah besar, karena untuk mengambil proses install windows tersebut menggunakan Print Screen pada keyboard juga.

Lalu bagaimana cara print screen tampilan bios, print screen proses install windows, print screen proses Hiren’s BootCD, print screen tampilan safe mode ? Caranya Anda perlu menginstallkan software Microsoft Virtual PC 2007. Program Virtualisasi ini selain untuk membuat simulasi beberapa program di satu komputer, dan juga bisa digunakan untuk mengambil screenshot, mengambil gambar, atau print screen tampilan bios.

Jika semuanya sudah siap, artinya Anda sudah install dengan benar program Microsoft Virtual PC 2007 di komputer atau laptop Anda, sekarang mari kita bahas Cara Print Screen Tampilan Bios Komputer Windows dengan bantuan program Microsoft Virtual PC 2007.

Cara Print Screen Tampilan Bios dengan Microsoft Virtual PC 2007

Buka program Microsoft Virtual PC 2007 yang sudah diinstall di komputer atau laptop Anda. Untuk membuat Virtual Machine Wizard baru klik New…

cara print screen tampilan bios 2

Langsung saja klik Next > untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Pada Select an option: pilih Use default settings to create a virtual machine dan selanjutnya klik Next >.

cara print screen tampilan bios 4

Langkah selanjutnya Anda diminta untuk menentukan Nama dan lokasi penyimpanan Virtual Machine Wizard yang sedang Anda buat. Klik Browse… dan tentukan lokasi penyimpanan Virtual Machine di driver yang Anda inginkan, misal Local Disk D: Lalu isi File namenya, contoh saya memberi nama Sekedar Latihan klik Save.

cara print screen tampilan bios 5

Nanti akan terbentuk sebuah file baru yang berekstensi file .vmc. Untuk melanjutkan klik Next >.

cara print screen tampilan bios 6

Disini Anda centang pada When I click Finish, open settings dan klik Finish.

cara print screen tampilan bios 7

Sementara jangan hiraukan pengaturan lainnya, karena disini intinya Anda akan melakukan Print Screen tampilan bios, klik OK.

cara print screen tampilan bios 8

Sekarang Virtual Machine Wizard sudah dibuat dengan nama Sekedar Latihan. Silahkan Anda klik Start untuk memulai Virtualisasi, dimana pada pembuatan Virtual Machine Wizard kali ini, Anda akan mengambil gambar tampilan bios.

cara print screen tampilan bios 9

Setelah Anda klik Start, nanti akan muncul halaman pop-up Windows lalu Anda tekan F12 atau F9 atau Delete pada keyboard untuk menampilkan bios komputer Anda. Setting untuk masuk ke bios tiap komputer atau laptop berbeda-beda. Untuk itu sebaiknya Anda pelajari dulu Boot Menu komputer atau laptop yang digunakan.

Berikut hasilnya tampilan Bios Setup Utility, sekarang Anda bebas melakukan Print Screen pada keyboard dan paste di program pengolah gambar yang sudah mendukung untuk menampilkan hasil Print Screen.

cara print screen tampilan bios 10

Sekarang Anda sudah bisa melakukan Cara Print Screen Tampilan Bios Komputer Windows dengan bantuan program Microsoft Virtual PC 2007.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

18 comments

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb…. membacanya sahaja rasa rumit kerana kurang mengambil berat tentang hal seperti ini kerana merasakan tidak punya kepentingan. Tetapi bagi mereka yang sudah biasa dan berminat dengan hal penerokaan komputer seperti saudara pasti sangat mudah melakukannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk mereka yang memerlukannya. Salam sukses selalu dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Iya mba Fatimah semoga ini dapat bermanfa’at bagi mereka yang membutuhkan.

  2. makasih triknya mas, ini benar2 ilmu baru buat saya

  3. Oo begitu toh. Tapi masalahnya, gimana yang mau kita ambil gambarnya dalam kondisi komputer lagi eror. Masak dibuat eror di virtual nya.

  4. oh ternyata memakai software Microsoft Virtual PC tomas.
    saya sebelumnya juga sempat penasaran sih

  5. lengkap sekali mas,sangat memudahkan bagi yang membutuhkan,untuk saat ini saya belum berurusan dengan print prinan hehee

  6. Jadi begitu tho trik nya,sebelumnya saya juga sempat bingung mas cara membuatnya, sebelumnya jika melihat artikel yang menyertakan SS bios, saya kira pengambilan SS nya menggunakan kamera HP :D , ternyata menggunakan software Microsoft Virtual PC tho ternyata

  7. Mungkin bisa di coba nih gan… tapi saya begitu tau tentang tips diatas. Ya sudahlah intinya bermanfaat banget deh.

  8. Saya baru tahu cara setting di sini, terima kasih atas ilmunya…

  9. Artikel ini sangat cocok sekali untuk bikin tutorial windows karena memang tidak ada langkah lain selain menggunakan program virtual pc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *