Home / Teknologi / Cara Mudah Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD

Cara Mudah Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD

Cara Shutdown Windows Dengan Timer – Pernahkan Anda menemukan komputer yang tiba-tiba mati (shutdown) padahal Anda sendiri tidak melakukan perintah apapun? Yang saya maksud disini bukan berarti komputer mendadak mati karena putusnya aliran listrik (mati lampu) atau ada perangkat komputer yang rusak. Namun komputer mati mendadak padahal tidak ada satupun perangkatnya yang bermasalah. Mungkin saja penyebab komputer shutdown sendiri tersebut karena mulanya telah disetting sebuah timer. Sehingga dalam hitungan waktu yang telah ditentukan maka tiba-tiba komputer akan shutdown secara otomatis. Nah disini saya akan memberikan cara mematikan komputer Windows dengan waktu (timer).

Baca Juga : Cara Mudah Mempercepat Proses Shutdown Komputer Windows Ga Pake Lama

Jika kita sudah tahu cara setting komputer Windows untuk shutdown otomatis berdasarkan timer, maka kedepannya bisa kita gunakan jika Anda malas untuk mematikan komputer. Tentunya Anda tidak perlu repot untuk melakukan perintah shutdown karena nantinya komputer akan mati sendiri.

Cara Shutdown Komputer Windows Timer CMD 0

Dalam praktik shutdown komputer Windows dengan timer kali ini yaitu menggunakan Command Prompt atau lebih dikenal dengan sebutan CMD. Apa itu Command Prompt atau CMD?

Command Prompt (Executable cmd.exe) adalah sebuah fitur yang tersedia secara default di setiap Opreasi Sistem Windows. Command Prompt atau DOS Prompt akan ada disetiap versi Windows, mulai dari Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Fungsinya adalah sebuah baris perintah (command line) untuk mengeksekusi file komputer melalui cara pintas yaitu menuliskan perintah tertentu pada jendela CMD yang disediakan.

Banyak sekali kegunaan Command Prompt ini, seperti mengetahui IP Address komputer,  mengetahui sistem operasi Windows yang digunakan, dan untuk melakukan shutdown komputer dengan timer seperti yang akan dibahas kali ini.

Fungsi Command Prompt bisa juga kita manfaatkan untuk meng-handle Windows bermasalah ketika terjangkit virus, bisa membuka layanan konfigurasi komputer, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan layanan CMD maka kita bisa mengeksekusi sebuah perintah lebih cepat lagi. Dan lagi untuk mengakses Command Prompt ini tentunya lebih ringan dibanding dengan mengakses program-program lainnya.

Berikut Cara Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan Command Prompt (CMD)

Hebatnya lagi selain bisa digunakan untuk menentukan perintah shutdown dengan timer, kita juga bisa membuat sebuah pesan singkat yang akan tampil ketika komputer akan mati. Kegiatan ini bisa kita praktikkan untuk menggoda komputer teman.

Untuk menjalankan Command Prompt (CMD) silakan Anda ketik cmd pada run komputer Anda. Untuk membuka run bisa dari Start > Run atau lebih cepat lagi menggunakan kombinasi Windows + R pada keyboard.

Cara Shutdown Komputer Windows Timer CMD 1

Disini saya akan membuat jadwal pengaturan timer shutdown komputer dalam waktu 10 menit. Pada layar CMD Anda cukup mengetikkan perintah seperti ini : shutdown -s -t 600.

Cara Shutdown Komputer Windows Timer CMD 2

Artinya parameter -s adalah perintah untuk shutdown dan parameter -t adalah waktu jadwal shutdown dalam hitungan satuan detik. Kemudian seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa selain kita bisa membuat timer shutdown dan lagi kita bisa juga membuat pesan singkat. Tulis pesan singkat yang ingin kita sampaikan dengan menambahkan parameter -c sesudah parameter -s dengan menggunakan tanda kutip (“). Contoh saya ingin membuat pesan “Jangan kaget! Komputer ini akan mati dalam waktu 10 menit”. Maka hasilnya akan seperti ini : shutdown -s -c “Jangan kaget! Komputer ini akan mati dalam waktu 10 menit” -t 600.

Cara Shutdown Komputer Windows Timer CMD 3

Jika Anda ingin membatalkan perintah shutdown tersebut, caranya sangat mudah Anda tinggal menggunakan parameter -a. Kira-kira hasilnya akan seperti ini : shutdown -a.

Cara Shutdown Komputer Windows Timer CMD 4

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba Cara Shutdown Komputer Windows Dengan Timer Menggunakan CMD. Semoga sukses dan semoga artikel ini ada manfaatnya. Anda mempunyai trik Windows lainnya? Silakan sampaikan di kotak komentar atau dikirim melalui kotak pesan!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. sudah bisa gan saya…hehehe lebih keren …..
    mantap gan artikelnya, its amazing

    terima kasih….saya bruntung bisa berkunjung di website agan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *