Home / EPS-Topik Korea / Etika Dalam Bekerja Korea Selatan Yang Harus Diketahui

Etika Dalam Bekerja Korea Selatan Yang Harus Diketahui

Etika Dalam Bekerja Korea Selatan Yang Harus Diketahui – Dimanapun kita bekerja pasti akan ditemui tata tertib serta etika yang harus ditaati oleh karyawannya. Jika kita bisa mematuhi dengan baik etika di tempat kita bekerja, maka kita akan disenangi oleh karyawan lainnya bahkan pimpinan perusahaan. Namun sebaliknya jika kita tidak mematuhi etika serta tata tertib yang sudah ditentukan oleh perusahaan, maka efek buruknya kita bisa dikeluarkan dari perusahaan. Sangat disayangkan jika hal itu terjadi, karena saat ini mencari pekerjaan yang layak sangat sulit. Apalagi untuk bekerja di negara lain seperti negara Korea Selatan.

Baca Juga : TKI Korea Ilegal Di Blacklist Hanya 2 Tahun

Beberapa etika saat bekerja yang akan saya bahas disini adalah etika ketika bekerja di perusahaan Korea Selatan yang ada di negaranya (status TKI). Bagi Anda peminat untuk bekerja di Korea Selatan, etika dalam bekerja Korea Selatan ini wajib diketahui. Tanpa memperhatikan etika saat bekerja, maka biasanya TKI akan kena sanksi dari pimpinan perusahaan (sajangnim). Dan kalau sangat sering melanggar etikanya, bisa saja TKI tersebut dikeluarkan dengan tidak baik dari perusahaannya.

Inilah Etika Dalam Bekerja Korea Selatan Yang Harus Dipahami

Intinya etika saat bekerja itu disemua perusahaan pasti sama, baik perusahaan dalam negeri maupun perusahaan luar negeri. Perusahaan-perusahaan pasti akan memberlakukan ketentuan bagi karyawannya jangan sampai terlambat masuk perusahaan dan lain sebagainya. Namun untuk karyawan atau TKI yang sedang bekerja di perusahaan atau pabrik Korea, ada bedanya. Bedanya terletak pada tata cara pengucapan serta ekspresi salam terhadap teman, atasan, atau bawahan saat bertemu di lingkungan perusahaan.

Etika Dalam Bekerja Di Korea Selatan Yang Harus Diketahui 2

Ketika sedang bekerja di pabrik Korea Selatan, mengucapkan salam saat bertemu teman, atasan, dan bawahan adalah harus dilakukan. Kemudian ekspresi tubuh ketika mengucapkan salam itu harus sambil membungkuk. Aturannya adalah sebagai berikut :

  1. Membungkuk 15º – Kegiatan membungkuk ini dinamakan membungkuk ringan. Kegiatan membungkuk ringan dilakukan ketika kita berada di kamar kecil atau lorong perumahan atau apartemen demi mengakui keberadaan mereka. Kemudian saat memasuki perusahaan juga, kita boleh melakukan kegiatan membungkuk ringan ini. Melakukan salam ekspresi membungkuk ringan ini dilakukan setelah mengucapkan “Annyeong Haseyo”.
  2. Membungkuk 30º – Kegiatan membungkuk ini dinamakan membungkuk normal. Kegiatan membungkuk normal ini biasa dilakukan orang Korea ketika menyambut dan meninggalkan pelanggan mereka. Kita dalam perusahaan atau pabrik disarankan melakukan membungkuk normal ini ketika kita bertemu dengan atasan atau karyawan senior.
  3. Membungkuk 45º – Ini adalah ekspresi salam sambil membungkuk terakhir, dinamakan membungkuk sopan. Biasanya orang Korea melakukan kegiatan membungkuk sopan ini ketika berterima kasih atau ketika meminta ma’af. Ekspresi membungkuk ini adalah ekspresi yang paling sopan. Hal ini harus kita lakukan juga ketika sedang beraktifitas di perusahaan.

Kebiasaan dalam mengucapkan salam diikuti dengan membungkukkan badan sebaiknya kita lakukan dengan sopan dan ramah. Kita jangan menunggu orang lain untuk mengucapkan salam, ucapkan salam lebih dulu oleh kita.  Ketika bertemu dengan orang lain, jangan hanya membungkukkan badan saja. Tapi sebaiknya sapalah mereka dengan muka ramah. Namun jika Anda berada dalam situasi yang tidak memungkinkan, contohnya Anda sedang bekerja maka cukup memberi anggukan kepala saja.

Etika Dalam Bekerja Di Korea Selatan Yang Harus Diketahui 3

Selain kebiasaan kegiatan membungkukkan badan, di Korea juga ada kegiatan menjabat tangan. Namun dalam kegiatan menjabat tangan ini ada syarat-syarat atau etika tertentunya. Berikut etika ketika kita ingin berjabat tangan dengan orang Korea supaya dikatakan sopan :

  1. Dalam berjabat tangan di Korea yang harus mengulurkan tangan terlebih dahulu adalah senior;
  2. Kemudian jika Anda menemukan senior ada yang mau berjabat tangan dengan Anda, maka Anda harus berekspresi dengan rasa hormat sambil membungkukkan badan sedikit;
  3. Tidak sopan jika meletakkan tangan kiri Anda di atas tangan orang lain. Namun hal ini hanya berlaku bagi bawahan terhadap atasan saja. Artinya senior boleh melakukan hal tersebut untuk menunjukkan kasih sayang terhadap Anda.

Mungkin hanya itu saja beberapa etika dalam bekerja Korea Selatan yang berbeda dengan etika-etika kita. Untuk etika saat bekerja lainnya saya rasa masih ada persamaan dengan etika yang ada di negara Indonesia, diantaranya :

  1. Harus datang ke tempat kerja 10 menit lebih awal untuk memberi waktu cukup persiapan;
  2. Hindari melakukan panggilan telepon pribadi atau melakukan panggilan telepon terkait dengan bisnis pribadi selama jam kerja;
  3. Bekerjasamalah dengan baik dan jangan melimpahkan pekerjaan Anda kepada orang lain;
  4. Aturlah atau rapikan lingkungan sekitar Anda sebelum meninggalkan tempat kerja;
  5. Selalu mengedepankan kegiatan bekerja keras dan rajin dalam bekerja;
  6. Selalu tampil ramah dan rendah hati;
  7. Bersikap jujur dan tulus;
  8. Bangunlah jiwa profesionalisme dan jiwa melayani;
  9. Cintailah pekerjaan dan milikilah semangat untuk terus belajar.

Semoga tulisan Etika Dalam Bekerja Korea Selatan Yang Harus Diketahui ini bisa bermanfa’at. Tetap jaga nama baik bangsa Indonesia dimanapun kita berada. Selamat berjuang pahlawan devisa negara … !

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *