Home / EPS-Topik Korea / Kosakata Bahasa Korea EPS Topik

Kosakata Bahasa Korea EPS Topik

Kosakata Bahasa Korea EPS Topik – Kosakata Bahasa Korea EPS Topik adalah kumpulan kosakata penting yang harus dipelajari. Karena jika Anda mempelajari semua Bahasa Korea tidak akan selesai dalam puluhan tahun. Bagi peminat program EPS Topik, mempelajari semua kosakata Bahasa Korea belum tentu juga akan lulus tes EPS Topik. Karena bukan berarti harus menghapal semua kosakata Bahasa Korea agar bisa sukses dalam mengerjakan soal-soal tes EPS Topik. Peserta EPS Topik harus mempelajari Bahasa Korea yang sudah ditentukan kurikulumnya.

Baca Juga : Lulus Tes EPS Topik Korea Inilah Kuncinya

Saya yakin, jika memang benar cara menghapalnya, artinya sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan. Maka belajar bahasa Korea agar lulus tes EPS Topik tidak perlu menghabiskan waktu bertahun-tahun. Saya prediksi paling lama 5 bulan dari sejak mengenal tulisan Korea, Insya Allah akan sukses.

Kosakata Bahasa Korea EPS Topik Bagaimana Yang Harus Dipelajari?

Dulu jika kita ingin bekerja ke Korea menghadapi tesnya sangat mudah. Karena ketika itu pihak Korea menerbitkan buku kumpulan soal-soal atau bank soal. Kumpulan soal tersebut berisi 2000 soal. Terdiri dari 1000 soal membaca dan 1000 soal mendengar. Nantinya soal ujian akan diambil secara acak dari kumpulan soal-soal tersebut. Yang diambil hanya 50 soal dari setiap penyelenggaraan EPS Topik. Artinya jika Anda dapat menguasai 2000 soal tersebut, saya yakin waktu itu Anda akan lulus ujiannya. Makanya ketika itu banyak yang memperoleh nilai sempurna atau 200. Bahkan banyak yang sengaja disalahkan beberapa soal, karena asumsinya waktu itu jika kita mendapat nilai sempurna maka akan dicurigai mempunyai kunci jawaban.

Karena soal ujian sangat yakin diambil dari bank soal tersebut, banyak yang menghapal dengan cara curang. Rahasianya hanya tahu kata kunci dari setiap soal, maka dijamin bisa mengerjakan soal tes sesungguhnya.

Namun sejak tahun 2013, cara lama tersebut dihilangkan total. Artinya dari tahun 2013 sampai sekarang soal EPS Topik bukan diambil dari materi bank soal tersebut lagi. Sekarang cara menghapal lama atau menghapal kata kunci sudah kadaluarsa.

Saya tidak tahu kenapa pihak Korea mengganti materi soal tes EPS Topik. Tapi mungkin saja pihak Korea sudah bisa menebak dengan beberapa kecurangan tersebut. Sehingga semenjak tahun 2013 yang dipakai untuk pedoman pembelajaran EPS Topik adalah buku Textbook.

Textbook bukan bentuk bank soal lagi, namun Textbook adalah buku panduan pembelajaran yang berisi 50 bab. Materi Textbook umumnya adalah tentang percakapan kebudayaan Korea. Informasi tentang kehidupan masyarakat Korea, tata cara bekerja, dan lain-lain. Disamping materi, terdapat juga soal-soal latihan dari setiap babnya.

Namun sayangnya materi Textbook terbitan HRD Korea masih bahasa Korea. Tentunya ini akan menyulitkan kita dalam mempelajarinya. Dan banyak kosakata yang terdapat dalam materi Textbook adalah kosakata baru. Tidak ada dalam terjemahan kosakata bank soal.

Untuk memudahkan CTKI dalam mempelajari materi Textbook, saya menjual buku lengkap pembahasan materi Textbook. Silakan bisa dibaca pada tulisan Buku Terjemahan Materi Textbook EPS-Topik.

Dari sekian banyak kosakata yang terdapat dalam materi Textbook, saya mempunyai koleksi kosakata Bahasa Korea penting untuk menunjang suksesnya tes EPS Topik. Rangkuman kosakata Bahasa Korea tersebut asli dibuat dengan cara mengetik sendiri. Untuk itu ma’af saya tidak bisa membagikannya secara gratis. Karena mungkin Anda juga bisa paham bagaimana susahnya mengetik huruf hangul.

kosakata bahasa korea eps topik 1

Kumpulan kosakata Bahasa Korea EPS Topik  yang saya buat, itu adalah rangkuman penting dari materi Textbook 2013. Isinya sekitar 1000 lebih kosakata yang disimpan dalam format .pdf tinggal print.

Jika Anda berminat ingin memiliki kumpulan kosakata Bahasa Korea EPS Topik demi menunjang pembelajaran yang terarah, Anda cukup mengeluarkan uang Rp. 100.000.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

8 comments

  1. sekedar berkunjung gpp ya, karena saya nggak tertarik untuk belajar bahasa korea.

    OOT : Kalau boleh nanya ini template wordpress yang premium atau gratis
    saya tertarik untuk memakai template seperti ini
    terima kasih sebelumnya

    • Ini tema gratis mba. Saya dapat di MyThemesShop dengan melakukan modifikasi seperlunya.

  2. terus terang saya masih belum faham cara pengucapannya gan dan tingkat ketertarikan dengan bahasa korea kayaknya memang kurang, tapi untuk sekedar tau memang perlu juga….ok makasih gan infonya

  3. Kalo gratis boleh ngga mas? soalnya lagi ada tugas sekolah suruh nyari 2500 kosa kata bahasa korea, bingung banget, kalo beli sama mas ngga ada uang :(

  4. Permisi mau Tanya, ujian EPS topik Korea apa berbentuk dalam tulisan Korea? soalnya says pengen ikut ujian EPS, Dan says masih bener2 awam tentang bahasa Korea apalagi tulisannya..

    • Ya mas dalam bentuk tulisan Korea. Semuanya 50 soal, 25 sesi membaca dan 25 lagi sesi mendengar. Waktu yang disediakan cuma 70 menit, 40 menit untuk sesi membaca dan sisanya untuk sesi mendengar.

  5. Sarannya dong mas biar bisa hafal banyak kosa kata dengan baik soalnya aku in shaa alloh mau ikut ujian taun depan thx :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *