Home / Kesehatan / Suka Dengan Buncis? Inilah Kandungan Gizi Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Suka Dengan Buncis? Inilah Kandungan Gizi Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Manfaat Buncis Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya – Makanan jenis sayuran terkenal dengan kandungan gizinya, seperti serat, vitamin, mineral, dan sebagainya. Begitupun dengan sayuran buncis tidak kalah juga dengan kandungan-kandungan bermanfaatnya bagi kesehatan badan kita. Buncis merupakan makanan jenis sayuran yang bentuknya menyerupai kacang panjang. Buncis juga termasuk makanan polong-polongan dan rasanya lebih manis serta lebih banyak air dibanding kacang panjang. Anda penasaran kandungan gizi apa saja yang terdapat didalam buncis serta manfaatnya apa saja bagi kesehatan? Baiklah disini saya akan coba membahasnya sampai tuntas.

Baca Juga : Bau Pete Yang Tak Sedap Ternyata Banyak Sekali Manfaatnya Bagi Kesehatan

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayuran buncis bukan? Buncis sangat enak rasanya dan sering kita makan sebagai santapan tambahan dan bahkan menu utama ketika kita makan.

Manfaat Buncis Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Berikut Kandungan Gizi Yang Terdapat Dalam Sayuran Buncis

Sebelum kita bahas manfaat dari sayuran buncis ini, mari kita bahas terlebih dahulu kandungan gizinya. Apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam sayuran buncis?

Buncis terkenal dengan kandungan gizi Vitamin C didalamnya. Vitamin C yang terdapat dalam sayuran jenis buncis ini memang cukup tinggi. Seperti yang sudah kita tahu kalau Vitamin C banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan. Sifat Vitamin C adalah larut dalam air dan bermanfaat bagi penyembuhan luka, meningkatkan kekebalan tubuh serta yang tidak kalah penting adalah dapat membantu produksi kolagen.

Buncis juga sangat kaya akan serat, dimana kandungan serat ini sangat bermanfaat juga bagi tubuh kita. Serat mampu membantu untuk mengontrol kadar kolesterol serta glukosa darah dalam tubuh kita. Selain itu kandungan serat bisa dijadikan santapan bagi yang sedang melakukan diet, karena mampu menurunkan berat badan.

Tidak ketinggalan kalau buncis juga mengandung Vitamin A seperti manfaat wortel. Dimana Vitamin A ini dapat menyehatkan mata kita sehingga daya penglihatan kita akan meningkat. Dalam per 100 gram buncis kabarnya mengandung Vitamin A sebanyak 1.087 unit.

Buncis juga mengandung Vitamin K didalamnya, dimana sifat Vitamin K akan larut pada lemak. Anda sudah tahu dengan manfaat Vitamin K? Fungsi Vitamin K adalah mampu melakukan pembekuan darah. Kemudian buncis juga mengandung Vitamin B yang berfungsi dapat membantu memecah protein, lemak, dan karbohidrat hingga menjadi energi. Yang terakhir kalau buncis juga mengandung mineral yang selalu kita butuhkan untuk kesehatan badan.

Berikut 5 Manfaat Buncis Yang Harus Anda Tahu Bagi Kesehatan Badan

Setelah kita tahu kandungan gizi yang terdapat dalam sayuran jenis buncis, selanjutnya mari kita bahas manfaat buncis bagi kesehatan. Disini saya akan memberikan penjelasan 5 manfaat saja.

1. Buncis Dapat Membasmi Racun Jahat Pada Pencernaan

Racun jahat yang terdapat dalam tubuh kita bisa musnah dengan mengkonsumsi buncis setiap hari. Buncis mampu membersihkan racun yang terdapat dalam tubuh kita terutama yang terdapat dalam sistem pencernaan. Alasannya karena buncis mengandung gizi serat yang cukup tinggi seperti yang sudah dijelaskan diatas. Hal ini akan menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga dapat mencegah terjadinya iritasi pada usus besar.

2. Buncis Mampu Memberikan Efek Pada Tulang Menjadi Kuat

Buncis mengandung fosfor serta kalsium, dimana kedua kandungan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang kita. Masalah tulang biasanya sering terjadi pada manusia yang sudah lanjut usia. Namun tidak ada salahnya bagi yang muda-muda untuk mengkonsumsi sayuran buncis. Hal ini demi menjaga kesehatan tulang agar nanti menjelang usia tua tulangnya tetap sehat. Konsumsi buncis setiap hari baik dalam bentuk sup maupun langsung kita makan secara mentah. Dan tentunya jika kita mengkonsumsi buncis yang mentah, awalnya sudah dibersihkan dulu.

3. Buncis Dapat Menjadikan Jantung Sehat

Betapa pentingnya menjaga jantung kita agar senantiasa sehat. Selain dengan rajinnya melakukkan olahraga, Anda juga bisa mengkonsumsi buncis setiap harinya. Karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam sayuran buncis akan mampu membuat jantung Anda sehat. Buncis mengandung gizi serat, asam polat, dan juga potasium, dimana kandungan-kandungan ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Penyebab terjadinya gangguan kesehatan pada jantung diantaranya adalah meningkatnya kadar LTD kolesterol dalam tubuh. Nah dengan buncis mampu memberikan efek untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga jantung Anda menjadi sehat.

4. Buncis Mampu Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi yang terdapat dalam sayuran buncis akan memberikan reaksi baik bagi sirkulasi darah. Kandungan zat besi dalam buncis selanjutnya akan mampu meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh kita. Jika hal ini terjadi maka darah dalam tubuh akan lebih aktif mengangkut oksigen yang disebarkan keseluruh sel-sel tubuh. Nantinya sirkulasi darah dalam tubuh kita akan menjadi lancar tanpa ada hambatan.

5. Buncis Sangat Baik Bagi Penderita Diabetes

Buncis mengandung indeks glikemik, dimana kandungan ini sangat baik bagi penderita diabetes. Selain itu kandungan glyconutrients yang terdapat dalam sayuran buncis akan memberikan efek baik pada kondisi kadar gula berlebih agar senantiasa normal.

Baiklah mungkin hanya itu saja tulisan tentang Manfaat Buncis Bagi Kesehatan serta Kandungan Gizi yang terdapat dalam sayuran buncis. Semoga tulisan ini ada manfaatnya demi untuk meningkatkan kesehatan kita agar senantiasa terhindar dari penyakit berbahaya. Lakukan olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup serta jangan sampai lupa untuk selalu berdoa terhadap Allah SWT agar diberikan kesehatan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. This post will assist the internet people
    for creating new website or even a blog from start to end.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *