Rabu, 30 November 2022

5 Contoh Praktik SEO untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Contoh Praktik SEO 01

Punya blog tapi masih sepi pengunjung, itu artinya mungkin saja Anda belum menerapkan Optimasi SEO pada blog Anda. Nah, dalam artikel ini saya akan memberikan 5 contoh praktik SEO pada blog yang terbukti bisa meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan.

Baca Juga: Bingung, Bagaimana Cara Meningkatkan SEO WordPress? Berikut Ulasannya …

Tapi sebelum masuk kedalam pembahasan utama, mari kita bahas dulu sedikit tentang SEO ini.

Apa itu SEO?

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. Istilah SEO tidak akan pernah bisa lepas dari seorang blogger karena tujuan akhir pembuatan konten dalam blog adalah untuk dilihat banyak orang (pengunjung).

Untuk bisa meningkatkan jumlah pengunjung blog tentu tidak cukup hanya dengan membuat konten saja. Karena percuma blog memiliki banyak konten, tapi tidak ada satu pun dari konten tersebut yang muncul di mesin pencari Google.

Nah, untuk membuat konten (artikel) muncul di Google, maka seorang blogger wajib menerapkan teknik SEO yang benar.

Jenis Optimasi SEO pada Blog

Pada dasarnya SEO terbagi menjadi dua jenis, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Kedua teknik SEO ini akan sangat memberikan dampak positif pada blog apabila kita terapkan dengan benar dan tepat.

Nah, berikut ini ada 5 contoh praktik SEO yang bisa meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan.

5 Contoh Praktik SEO untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

1. Daftar dan Submit Blog di Google Search Console

Praktik SEO pertama yang wajib Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog adalah mendaftarkan blog ke Google Search Console, setelah itu Anda bisa men-submit artikel di GSE agar lebih mudah dan cepat dirayapi bot mesin pencari Google.

Berikut ini adalah langkah-langkah mendaftarkan blog ke Google Search Console.

1. Cari Google Search Console di Google.

2. Masukan blog Anda di bagian Pilih Jenis Property

Contoh Praktik SEO 02

3. Klik Lanjutkan

Setelah itu Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi kepemilakan situs lewat beberapa metode. Yang paling umum digunakan oleh blogger yang menggunakan blogspot adalah metode verifikasi menggunakan tag html.

Setelah Anda selesai memverifikasi kepemilikan situs, selanjutnya Anda harus memasukan sitemap ke dalam Search Console. Caranya cukup mudah, Anda tinggal klik menu sitemap dan masukan sitemap.xml dan atom.xml.

Setelah sitemap selesai dimasukan, selanjutnya Anda tinggal melakukan submit artikel pada bagian menu Inspeksi URL.

Lihat gambar di bawah ini!

Masukan URL artikel pada kolom yang tersedia di bagian atas, setelah itu klik pengujian URL langsung atau langsung saja klik Minta Index.

Tunggu proses indexing sampai selesai, biasanya waktu pengindeksan bisa kurang dari 1 jam, tapi ada juga yang memerlukan waktu sampai 3 hari untuk artikel bisa terindex di mesin pencari.

2. Gunakan Template Premium

Template sangat berpengaruh pada SEO, oleh karena itu salah satu praktik penerapan SEO yang bagus pada blog adalah menggunakan template premium.

Template premium bisa Anda dapatkan dibeberapa website atau blog penyedia template blogger, diantaranya ada ThemForest, Goomsite, IdnTheme, Sugeng.id, dan website lainnya.

Mengapa template premium lebih direkomendasikan?

Umumnya template premium biasanya sudah dioptimasi sebagus mungkin oleh pembuatnya. Sehingga kita tidak terlalu ribet harus mengoptimasinya lagi secara manual. Selain itu, rata-rata template premium sudah dibuat SEO friendly, mobile friendly, fast loading dan struktur data yang valid.

Bagaimana jika kita menggunakan template gratisan?

Biasanya template gratisan itu ada yang bagus da nada yang kurang bagus. Namun yang paling sering kita temukan pada template gratisan adalah adanya footer link yang mengarahkan pengunjung blog ke blog atau website pembuat template.

Hal itu bisa menyebabkan blog kita memiliki eksternal link secara tidak langsung, dan bisa saja menambah nilai bounce rate blog kita.

Baca Juga: 6 Website Tempat Download Gratis Kumpulan Template PowerPoint Keren

3. Optimasi Kecepatan Loading

Saat ini kecepatan sebuah blog atau website sangat berpengaruh terhadap jumlah kunjungan. Hal itu terbukti dari adanya sebuah studi yang menyimpulkan bahwa orang yang masuk ke sebuah situs dan menunggu loading lebih dari 2 detik sangat besar kemungkinannya untuk berpindah ke blog lain.

Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan loading pada blog secara signifikan adalah menggunakan template fast loading. Selain itu, Anda juga bisa mengoptimasinya lagi dengan cara-cara khusus yang kita lakukan secara manual untuk mendapatkan scor hijau di Google Web.Dev atau grad A di GTMatrix.

Saat ini sudah banyak template blogger jenis AMP yang bisa kita dapatkan dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, untuk membuat blog memiliki kecepatan loading super cepat maka template AMP bisa menjadi pilihan prioritas.

4. Optimasi Gambar Postingan

Cara agar blog banyak pengunjung yang selanjutnya adalah menerapkan teknik SEO Onpage. Teknik SEO ini berfokus pada optimasi gambar yang kita gunakan dalam postingan agar tidak lebih SEO.

Menurut beberapa sumber, gambar yang memiliki size besar pada postingan blog bisa mempengaruhi kecepatan loading. Hal ini terjadi karena beban loading menjadi bertambah ketika halaman sedang memuat gambar.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah loading oleh ukuran gambar yang terlalu besar adalah dengan melakukan kompresi pada gambar sebelum kita gunakan dalam postingan.

Sebagai saran, gunakanlah gambar vector dengan format png. Karena gambar hasil kompresinya tetap bagus tapi sizenya bisa kurang dari 1kb.

5. Buat Artikel Selengkapnya

Teknik SEO yang bisa Anda praktikan untuk meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan blog adalah dengan membuat artikel yang lengkap.

Dari beberapa research yang saya lakukan, banyak blog atau website yang membahas jumlah kata yang benar pada artikel blog. Tapi pada faktanya, jumlah kata dalam artikel itu tidak menentukan posisi blog bisa langsung naik ke nomor 1 di hasil pencarian google.

Lalu berapa jumlah kata yang baik untuk artikel?

Menurut beberapa sumber, jumlah kata minimal pada sebuah artikel disarankan 500 kata, dan lebih bagus juga lebih dari itu. Tapi sebenarnya artikel yang baik itu adalah yang tidak terlalu pendek atau terlalu panjang.

Oleh karena itu dalam praktik SEO poin kelima ini sebaiknya Anda membuat artikel secukupnya saja. Jika materi untuk artikel banyak ya kenapa harus pendek, dan jika materi artikel pendek kenapa harus dipanjang-panjangkan.

Nah, itulah 5 teknik SEO yang bisa kita praktikan oleh Anda untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog secara signifikan.

Baca Juga: Sebaiknya Hindari 5 Teknik Black Hat SEO Ini Jika Blogmu Tidak Ingin Lenyap Di Google

Semoga bermanfaat.

Max Ikhsan

Seorang blogger Admin tunggal dari blog MaxIkhsan yang selalu berusaha berbagi ilmu yang dimilikinya lewat blog.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.