Bagaimana Cara Melamar Kerja Agar Cepat Mendapat Panggilan Diterima Bekerja

Cara Melamar Kerja Agar Cepat Diterima

Info Menarik – Mendapatkan pekerjaan di masa sekarang bukan perkara mudah. Setiap perusahaan akan melakukan seleksi ketat terhadap setiap calon karyawannya. Hanya para kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan diterima. Jika ingin lolos, Anda harus benar-benar mempersiapkan diri dengan baik. Untuk Anda yang saat ini sangat membutuhkan pekerjaan, berikut ini cara melamar kerja agar cepat diterima.

Cara Melamar Kerja Agar Cepat Diterima

Hampir semua orang mengharapkan untuk cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah agar bisa hidup mandiri. Begitu juga dengan yang sudah berkeluarga. Tanggung jawab untuk menafkahi keluarga menjadi alasan utama yang membuat seseorang ingin segera mendapat pekerjaan. Lamaran pekerjaan pun dikirimkan ke banyak tempat, tetapi sayangnya tidak satu pun yang lolos.

Baca Juga : Tips Melamar Kerja di Perusahaan Agar Diterima dan Terhindar dari Kata Ditolak

Apakah Anda menghadapi problem yang sama? Jika iya, Anda tentu ingin agar masalah ini segera teratasi. Untuk itu, Anda harus mencari tahu cara melamar kerja agar cepat diterima. Semua bisa Anda simak dalam tulisan ini.

1. Memenuhi 70% Kriteria Perusahaan

Sebelum mengirimkan lamaran ke sebuah perusahaan, pastikan diri Anda memenuhi minimal 70% kriteria yang disebutkan perusahaan tersebut dalam iklan lowongan kerjanya. Hal ini juga merupakan salah satu cara melamar kerja agar cepat diterima.

Makin tinggi persentasenya, makin besar pula kemungkinan Anda diterima bekerja. Jadi, jangan sia-siakan waktu untuk mengirimkan lamaran ke perusahaan yang memiliki kriteria jauh melebihi kualifikasi Anda.

2. Membuat Surat Lamaran yang Menarik

Salah satu cara melamar kerja agar cepat diterima adalah dengan membuat surat lamaran yang menarik. Surat lamaran memang memiliki kaidah tertentu yang harus diikuti. Namun, Anda bisa menyusun sendiri kalimat yang akan digunakan agar lebih menarik, tetapi tetap berkesan sopan.

Untuk menunjukkan keseriusan Anda melamar kerja, buatlah surat lamaran yang spesifik untuk perusahaan yang Anda tuju. Meskipun Anda mengirimkan banyak surat lamaran, hindari copy paste hanya dengan mengganti nama perusahaan atau lowongan yang diinginkan. Yang tak kalah penting, ikutilah mengikuti instruksi yang ditetapkan, seperti menyertakan dokumen yang diminta.

3. Membuat CV yang Memikat

Berikan kesan pertama yang baik kepada HRD atau tim seleksi karyawan dengan membuat surat lamaran dan CV yang memikat. Buatlah portofolio yang sesuai dengan lowongan kerja yang Anda lamar dengan desain yang menarik, tetapi tidak berlebihan. Anda bisa melihat banyak contohnya di internet.

Selain dari segi desain, perhatikan juga isinya. Sebuah CV akan mampu memikat HRD jika menunjukkan kemampuan Anda sehingga perusahaan akan menilai bahwa Anda bisa memberikan kontribusi yang penting bagi perusahaan.

4. Mengirimkan Lamaran Melalui Email

Mengirimkan surat lamaran melalui email adalah salah satu cara melamar kerja agar cepat diterima karena email yang Anda kirimkan akan diterima oleh perusahaan saat itu juga. Dengan begitu, pihak HRD atau tim penyeleksi bisa segera membaca dan memproses seleksi surat lamaran yang Anda kirimkan.

Baca Juga : Jangan Asal Buat Ketika Membuat Alamat Email! Contoh Alamat Email Yang Benar

Mengirimkan lamaran melalui email juga memungkinkan Anda untuk mengirimkan banyak lamaran dalam waktu yang sangat singkat. Dengan begitu, Anda memiliki peluang lebih besar dan lebih cepat mendapatkan pekerjaan.

5. Menyertakan Surat Rekomendasi

Untuk mendukung informasi tentang pengalaman kerja yang Anda cantumkan di CV, sertakan surat rekomendasi dalam lamaran Anda. Mintalah surat rekomendasi dari kampus, organisasi, instansi pemerintah, atau perusahaan tempat Anda pernah bekerja sebelumnya. Surat rekomendasi ini akan menjadi nilai plus yang memperkuat pernyataan tentang potensi, keahlian, dan kinerja Anda.

6. Mengikuti Walk In Interview

Dalam event job fair, banyak perusahaan yang membuka kesempatan bagi para pencari kerja untuk mengikuti seleksi penerimaan karyawan baru dengan walk in interview. Anda diminta menyerahkan surat lamaran dan CV, lalu mengikuti wawancara saat itu juga di tempat acara. Anda juga akan langsung mengetahui hasilnya.

Baca Juga : 9 Tips Mengikuti Wawancara Kerja Dengan Baik Agar Sukses Bisa Diterima

Mengikuti walk in interview menjadi salah satu cara melamar kerja agar cepat diterima karena Anda bisa mengikuti seleksi di beberapa perusahaan sekaligus dalam satu hari atau selama acara berlangsung. Jadi, rajin-rajinlah mendatangi job fair sambil membawa beberapa surat lamaran dan CV serta dokumen lain mungkin dibutuhkan.

7. Melakukan Kontak dengan Perusahaan

Tidak banyak orang yang berani menghubungi perusahaan secara langsung. Padahal, menjalin hubungan dengan perusahaan yang Anda incar juga bisa menjadi cara melamar kerja agar cepat diterima. Anda bisa bertanya mengenai perusahaan, lowongan yang tersedia, dan lain-lain melalui email.

Dengan cara ini, nama Anda akan dikenal oleh perusahaan. Selain itu, Anda juga sudah menunjukkan antusiasme dan ketertarikan pada perusahaan. Jika suatu saat perusahaan membutuhkan tenaga yang sesuai dengan kualifikasi Anda, bukan tidak mungkin Anda akan diprioritaskan sehingga tidak perlu mengikuti proses seleksi terlalu lama.

8. Terkoneksi dengan HRD di LinkedIn

LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis dan digunakan untuk jaringan profesional. LinkedIn bisa dimanfaatkan untuk memasarkan diri kepada perusahaan dan terkoneksi dengan tim human resources development (HRD) perusahaan. Mengapa hal ini bisa menjadi cara melamar kerja agar cepat diterima?

Banyak staf atau bahkan kepala HRD yang menulis status LinkedIn-nya untuk membagikan informasi tentang lowongan kerja yang ada di perusahaannya serta kualifikasi yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan diri dan mengirimkan lamaran lebih cepat.

Baca Juga : Cara Melamar Kerja Agar HRD Atau Pimpinan Perusahaan Terkesan Dengan Kamu

Tips Membuat Surat Lamaran dan CV

Seperti dijelaskan di atas, salah satu cara melamar kerja agar cepat diterima adalah dengan membuat surat lamaran dan CV yang menarik. Tak hanya desainnya, tetapi yang lebih utama adalah isinya. Berikut tips membuat surat lamaran dan CV yang baik dan benar.

a. Surat lamaran harus memuat:

  • Kepala surat: tempat dan tanggal, penerima surat, dan salam pembuka).
  • Isi surat: dari mana Anda mengetahui lowongan kerja, ungkapan ketertarikan, data diri, keunggulan yang dimiliki sesuai posisi yang dilamar, daftar dokumen pendukung yang dilampirkan.
  • Penutup: harapan Anda untuk mendapat kabar baik dari perusahaan dan diakhiri ucapan terima kasih.

b. Surat lamaran harus dibuat dengan kalimat yang baku, sopan, dan terstruktur.

c. CV harus dibuat dengan urutan yang benar, yaitu:

  • Judul
  • Data diri (sertakan foto terbaru)
  • Riwayat pendidikan (cukup dimulai dari SMA/SMK)
  • Kemampuan
  • Pengalaman kerja (nama perusahaan, lama bekerja, jabatan, job description)
  • Pengalaman organisasi (hanya yang akan mendukung pekerjaan)
  • Kontak orang yang merekomendasikan Anda
  • Informasi pendukung (pelatihan, sertifikasi, dan sebagainya)

d. Data diri pada CV meliputi:

  • Nama lengkap
  • Jenis kelamin
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Kewarganegaraan
  • Agama
  • Status perkawinan
  • Tinggi dan berat badan (pada jenis pekerjaan tertentu)
  • Alamat lengkap
  • Nomor telepon/HP
  • Alamat e-mail (buatlah alamat yang profesional)

Ternyata ada banyak cara melamar kerja agar cepat di terima. Jadi, tidak ada alasan untuk berhenti berusaha. Semoga dengan tips di atas, Anda bisa segera mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.