Home / Android / Jangan Salah! Berikut Tips Memilih Game Android Yang Baik Untuk Anak-Anak

Jangan Salah! Berikut Tips Memilih Game Android Yang Baik Untuk Anak-Anak

Memilih Game Android – Game adalah salah satu kebutuhan penting bagi anak-anak. Bahkan beberapa dari mereka lupa waktu saat sudah bermain game. Inilah yang terkadang membuat orangtua melarang anak-anak bermain game. Belum lagi saat ini hampir semua anak sudah memiliki gadget pribadi sehingga mereka bisa mendownload game sendiri. Inilah yang membuat orangtua khawatir game tersebut akan memberikan efek negatif. Padahal tidak selalu game memberikan efek yang buruk untuk anak.

Baca Juga : 7 Game Android Edukatif Yang Dapat Memberikan Nilai Positif Untuk Anak

Jika bermain game dilakukan dengan cara yang tepat dengan jenis game yang tepat pula, maka bisa dipastikan game tidak menyebabkan efek negatif melainkan dapat memberikan manfaat.  Sebagai orang tua pastikan anda memilih game Android yang tepat untuk anak-anak anda. Hal ini bertujuan agar game tersebut mampu meningkatkan perkembangan anak menjadi lebih baik baik psikis maupun motoriknya.

Berikut ini adalah tips memilih game Android yang bisa jadi referensi anda agar dapatkan jenis game yang tepat dan berkualitas untuk anak.

1. Hindari game yang mengandung adegan kekerasan atau umpatan

Ada banyak game android yang ada adegan kekerasan atau menggunakan kata-kata umpatan di dalamnya. Hal ini dapat memberikan efek yang sangat buruk pada anak karena mereka mudah sekali meniru apa saja yang mereka lihat.

Kebiasaan kekerasan pada game akan tumbuh dalam dirinya sehingga dikhawatirkan dalam kehidupan sehari-hari sang anak akan menjadi anak yang berhati keras dan tega, tentu ini sangat membahayakan. Umumnya anak laki-lakilah yang menyukai game-game tersebut. Untuk itulah penting bagi orangtua memilih game Android yang tepat. Untuk mengetahuinya, sebelum mendownload anda bisa melihat review sebagai bahan pertimbangan.

2. Pilih game yang mengedukasi

Memilih game Android yang mengedukasi sangatlah penting karena anak-anak lebih senang bermain daripada belajar. Agar anak tetap bisa belajar dengan senang, maka game menjadi media yang sangat baik.  Ada banyak sekali jenis permainan yang mengedukasi anak dengan baik. Untuk memudahkan pemilihan anda bisa masuk ke Google play lalu ketik nama game anak yang anda inginkan. Setelah itu lihat keterangan game tersebut secara lengkap. Jika perlu setelah mendownload anda harus mengecek langsung permainan di dalamnya.

3. Sesuai usia

Tentukan jenis permainan sesuai dengan usia anak. Jika anak masih balita, anda bisa pilihkan game yang mengajarkan mengenai angka, huruf, nama buah, puzzle dan lain sebagainya. Sama halnya jika anak sudah berusia kurang dari atau lebih 10 tahun, pilih game yang tepat untuk mereka. Dalam kata lain jangan sampai game yang dimainkan anak anda tidak memberikan manfaat apa-apa karena disitulah masa-masa pertumbuhan yang paling baik dan harus dimanfaatkan dengan tepat.

4. Game yang menantang

Maksud menantang di sini adalah membantu anak untuk terbiasa menyelesaikan masalah. Agar anak tidak kesulitan, maka jenis game harus tetap disesuaikan dengan usia, seperti yang telah disebutkan di atas. Memilih game Android jenis ini susah-susah gampang karena selera anak juga berbeda-beda. Untuk itulah anda harus pandai-pandai memilihnya.

5. Game pengetahuan

Untuk jenis game ini biasanya berisi tentang ilmu-ilmu pengetahuan seperti yang diajarkan di sekolah formal dan informal entah itu mengenai pelajaran bahasa inggris, bahasa arab, hitungan, hitungan dan lain sebagainya.

6. Game tentang solidaritas

Memilih game Android jenis ini dapat membantu anak anda berlatih rasa kepedulian terhadap sesama. Jadi selain anda mendidiknya secara langsung, ketika sang anak bermain game berarti secara tidak langsung juga ia sudah belajar mengenai hal tersebut. Bahkan cara tersebut jauh lebih efektif karena anak menerima pembelajaran dengan perasaan lebih senang.

Baca Juga : Cara Lengkap Mengirim Aplikasi Atau Game HP Android Dengan Bluetooth

Itulah tips memilih game Android yang bisa jadi bahan pertimbangan anda. Jadikan game sebagai hal yang bermanfaat, bukan menjadi hal yang merugikan. Sebagai orang tua jangan terlalu melarang anak bermain game, jika memang game yang diberikan memang tepat, maka anak berhak memainkannya. Hanya saja memang pada waktu-waktu yang tepat yang tidak mengganggu waktu belajar mereka. Ada banyak sekali jenis game android yang bisa anda di download di Google play, cobalah memilih game Android dengan tips-tips yang telah disebutkan di atas.

 

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *