Home / WordPress / Mengatasi Error 522 Conection Time Out CloudFlare (WordPress Shared Hosting)

Mengatasi Error 522 Conection Time Out CloudFlare (WordPress Shared Hosting)

Cara Mengatasi Error 522 CloudFlare – Masalah ini terjadi pukul 14.01 UTC atau sekitar pukul 21.01 WIB. Jujur saya sempat kaget juga melihat hal ini. Karena memang selama saya aktif di blog WordPress shared hosting baru kali ini saya mengalami masalah Error 522. Dimana blog Info-Menarik.NET total tidak bisa diakses dari berbagai macam browser. Ketika mengakses blog Info-Menarik.NET yang tampil hanyalah pesan Error 522 Conection Time Out.

Baca Juga : Merubah Halaman Error 404 Menjadi Popular Post dan Random Post

Pusing, bingung, kesal, begitu reaksi saya begitu blog Info-Menarik.NET mendadak tidak bisa diakses. Pasalnya saya tidak bisa melakukan apa-apa. Saya hanya menunggu dan terus menunggu barangkali pesan error tersebut akan berubah normal secara otomatis.

Setelah satu jam saya menunggu, lalu apa hasilnya? Blog Info-Menarik.NET masih tetap tidak bisa diakses. Tampilan halaman error masih sama ketika saya pertama kali mengakses blog ini.

Mengatasi Error 522 Conection Time Out CloudFlare (WordPress Shared Hosting) 1

Karena blog ini menggunakan layanan CDN gratis dari CloudFlare, maka saya mencoba login di CloudFlare untuk mencoba menghapus Caching blog ini. Mungkin saja blog ini tidak bisa diakses hanya dari perangkat komputer saya saja. Maka dari itu saya mencoba melakukan penghapusan Cache blog ini. Namun sayang, usaha saya tersebut sia-sia saja.

Saya mencoba untuk Googleing barangkali saja diluar sana pernah ada yang mengalami kasus serupa. Dari banyak blog yang saya singgahi hanya satu blog yang memberikan keterangan pernah juga mengalami koneksi Error 522 dari layanan CDN CloudFlare. Saya mencoba untuk mempraktikkan trik yang dia perintahkan, yaitu harus menonaktifkan fitur CloudFlare Railgun. Tapi setelah saya cek di CloudFlare ternyata saya memang tidak mengaktifkan fitur Railgun, jadi percuma saja.

Setelah itu saya mencoba login di cPanel, mungkin saja penyebab Error 522 ini karena WEB Hosting downtime. Dan ternyata masalahnya bukan dari itu juga. Saya lihat blog ini di cPanel normal-normal saja.

Hmmmm lalu apa sih penyebabnya … ?

Akhirnya karena saya memang benar-benar tidak paham tentang masalah ini, saya mencoba membuat ticket pertanyaan yang ditujukan kepada tim support Hawkhost dan CloudFlare.

Akhirnya Masalah Error 522 Conection Time Out CloudFlare Dapat Teratasi

Sambil menunggu balasan pertanyaan dari kedua tim support ini, saya iseng membuka alamat email yang terhubung dengan WEB Hosting Hawkhost dan layanan CDN CloudFlare. Maksudnya agar ketika saya mendapatkan balasan pertanyaan dari tim support maka akan diketahui dalam pesan masuk email.

Di alamat email saya menemukan pesan masuk dari tim support Hawkhost. Dan pesan masuk itu dikirim pada waktu blog Info-Menarik.NET masih bisa diakses. Isinya adalah pemberitahuan bahwa IP Address WEB Hosting Hawkhost untuk blog Info-Menarik.NET telah berubah. Tim support menyarankan juga agar mengganti IP Address yang terhubung dengan blog ini diluar WEB Hosting Hawkhost (pihak ketiga), misal layanan CDN CloudFlare. Karena katanya untuk IP Address di WEB Hosting Hawkhost sendiri telah berubah secara otomatis. Artinya saya tidak perlu melakukan perubahan lagi.

Baca Juga : Cara Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static

Hmmmm apa mungkin masalahnya ini ya yang menyebabkan akses blog ini menjadi Error 522 Conection Time Out … ?

Entahlah …

Saya mencoba untuk merubah IP Address di layanan CDN CloudFlare dengan IP Address pemberian Hawkhost.

Bingung juga dimana ya letaknya untuk mengganti IP Address di layanan CDN CloudFlare? Namun dari semua menu yang ada di CloudFlare, saya menemukan kotak isian IP Address yaitu pada menu pilihan DNS.

Alhamdulillah akhirnya berhasil juga … Tidak sampai satu menit dari digantinya IP Address, maka blog Info-Menarik.NET sudah kembali bisa diakses seperti semula.

Penasaran dimana saya merubah IP Address di layanan CDN CloudFlare? Berikut penampakkannya :

Mengatasi Error 522 Conection Time Out CloudFlare (WordPress Shared Hosting) 2

Kita ketik alamat blog di kolom Name, contoh untuk blog ini adalah info-menarik.net. Kemudian kita ketikkan juga IP Address baru di kolom Ipv4 address dan biarkan default pada Automatic TTL. Terakhir kita klik pilih Add Record. Sebaiknya hapus juga daftar IP Address sebelumnya yang pada saat ini sudah tidak berfungsi lagi.

Bagaimana mudah bukan? Kesimpulannya jika blog Anda mengalami hal serupa yaitu Error 522 Conection Time Out CloudFlare, maka coba lakukan langkah-langkah seperti yang sudah saya terangkan diatas. Hal pertama yaitu Anda harus menghubungi pihak WEB Hosting untuk mendapatkan IP Address yang baru.

Logikanya karena WEB Hosting yang saya sewa mengalami perubahan IP Address, maka layanan CDN CloudFlare tidak bisa menyambungkan koneksinya. Sehingga pada akhirnya muncul pesan Error 522. Itulah resikonya jika blog kita menggunakan Shared Hosting.

Efek dari downtime blog Info-Menarik selama kira-kira 2 jam, paginya saya cek di Google Analytics traffik blog ini menurun.

Mengatasi Error 522 Conection Time Out CloudFlare (WordPress Shared Hosting) 3

Dengan begitu apalagi jika downnya selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu … Hmmmm …

Ok mungkin hanya itu saja sharing Cara Mengatasi Error 522 Conection Time Out CloudFlare yang khusus untuk blog WordPress Shared Hosting dan tentunya khusus juga bagi blog Anda yang menggunakan layanan CDN gratis dari CloudFlare. Semoga tulisan ini bermanfaat dan salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

5 comments

  1. Memang kalau meghadapi hal seperti ini kita akan kebingunngan ya mas, namun bila kita langsung minta bantuan team suppor dari hosting yang kita gunakan bisa membantu memberikan solusinya. Terimakasih sudah berbagai pengalaman yang berguna seperti ini,apalgi bagi yang menggunakan could fire.

    • Iya mas kasus seperti hanya untuk blog yang menggunakan CDN gratis CloudFlare saja. Biasanya ada perubahan IP Address.

  2. Maaf mas mau nanya,. Gmn cara non aktifkn cloudfare…? Website yg sering saya buka (yalla-shoot) tiba2 error 522 trus,. Bagaimana mengembalikannya?
    Trus terang saya awam…
    Saya tdk pernah mendaftr cloudfare, namun tiba2 web tsb selalu error dan ada tulisan cloudfare di bawah

  3. Mas tolong banget dong.. masih ga bisa dan saya rasa penjelas mas kurang jelas, contohnya adress IPV.4 nya berapa ?
    saya benar2 awam mas.
    saya jadi ga bisa akses website penting di komputer saya dan ini benar benar mengganggu

    • Bisa saya lihat screenshootnya? Apa masalahnya tolong jelaskan dengan rinci saja! Pembahasan artikel ini adalah solusi blog yang menggunakan layanan CDN CloudFlare dan bermasalah dengan koneksi antara Hosting dan CDN karena perubahan IP Address.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *