Home / Pendidikan / 6 Trik Hadapi Psikotes Yang Perlu Anda Ketahui Dan Sudah Terbukti Berhasil

6 Trik Hadapi Psikotes Yang Perlu Anda Ketahui Dan Sudah Terbukti Berhasil

Trik Hadapi Psikotes Yang Perlu Anda Ketahui – Banyak sekali yang mencari trik hadapi psikotes, hal ini banyak tanpa alasan. Memang saat ini setiap ingin mencari kerja atau masuk instansi selalu ada tes psikotes sebagai salah satu syarat masuknya.

Baca Juga : 8 Cara Menjawab Ujian Dengan Efektif ~ Strategi Jitu Menjawab Soal Ujian

Psikotes sendiri terdiri dari berbagai jenis, dan untuk menghadapinya tentunya harus menggunakan trik yang berbeda. Berikut ini beberapa trik menghadapi psikotes yang berbeda-beda :

1. Tes Analogi

Biasanya, tes jenis ini memiliki 40 soal dalam satu bagian yang berisi sinonim, antonim, dan analogi itu sendiri. Analogi tes akan menguji kemampuan logika terhadap suatu kondisi. Tips hadapi psikotes jenis ini adalah Anda harus mem-bypass dengan menghafal soal serta jawabannya. Sebagai contoh adalah sebagai berikut :

Wanita : Kebaya = Pria :

A. Sepatu B. Baju C. Topi D. Jas

Wanita mengenakan pakaian kebaya yang merupakan pakaian khusus wanita, berarti pria mengenakan jas yang merupakan pakaian khusus pria.

2. Tes Logika Aritmatika

Tes ini terdiri dari beberapa deretan angka yang disusun dengan pola berbeda. Logika aritmetika digunakan untuk mengukur dan menganalisa calon karyawan atau mahasiswa. Trik menghadapi soal semacam ini adalah Anda jangan terpaku dengan 3-4 angka terdepan dalam deret, sebaiknya Anda juga melihat keseluruhan angka karena setiap pola angka berbeda-beda.

Ingatlah keterbatasan waktu yang Anda dapatkan karena tidak jarang yang mengerjakan hanya fokus pada satu soal sehingga kehabisan waktu. Perbanyaklah latihan mengerjakan soal logika aritmetika, contoh soal tersebut dapat didapatkan di buku tes SPMB.

3. Tes Logika Penalaran

Hampir sama dengan tes deret aritmetika, tes ini juga terdiri dari deretan pola, bedanya adalah pola gambar, jika aritmetika adalah angka. Tips hadapi psikotes macam ini adalah Anda harus berkonsentrasi, hati-hati serta teliti. Bentuk pola gambar yang ditawarkan sekilas memiliki bentuk yang sama namun memiliki perbedaan, untuk itu Anda harus benar-benar paham gambar dan pola tersebut.

Namun perlu diingat juga bahwa Anda harus mempertimbangkan setiap soal dengan akumulasi waktu. Maksimal satu soal dikerjakan satu menit.

4. Pauli

Psikotes jenis ini memiliki nama lain Pauli. Tes ini disajikan dengan memberikan deretan angka yang disusun dari bawah ke atas dan peserta harus menjumlah angka tersebut di sampingnya. Tes ini menguji konsistensi dan ketahanan serta sikap terhadap tekanan. Tips menghadapi psikotes semacam ini adalah Anda jangan menggunakan pensil mekanis, gunakanlah pensil biasa karena tes ini sangat mengandalkan gerakan tangan dan kecepatan.

Selain itu Anda juga harus menjaga agar jawaban yang dijumlahkan setiap kolomnya stabil. Tidak jarang ketika menjalani tes ini peserta merasa kelelahan dan kehilangan konsentrasi, untuk menghindari kejadian semacam itu Anda harus sarapan terlebih dahulu.

5. Warteg Test

Tes ini mengharuskan pesertanya menggambar dengan lanjutan pola yang disediakan, berupa titik ataupun garis. Dari titik atau garis tersebut, peserta harus membuat gambar. Trik hadapi psikotes soal ini adalah Anda harus mengandalkan imajinasi. Namun ada ketentuan yang perlu Anda ketahui saat mengerjakan tes ini, yaitu urutan menggambar sebaiknya Anda membuat kombinasi nomor yang acak.

Misalnya dengan menggambar dari nomor 1, 4, 3, 2 kemudian 6, 7, 8, 5. Kenapa ini perlu? Karena peserta yang mengerjakan secara berurutan biasanya dipandang HRD memiliki kepribadian yang kaku. Sedangkan orang kreatif biasanya menggambar dengan urutan yang berbeda dan acak.

6. Army Alpha Intelegence Test

Tes ini terdiri dari 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka ataupun deret bentuk. Fungsi tes ini adalah untuk mengukur kemampuan dan daya tangkap pesertanya dalam melaksanakan instruksi secara cepat dan tepat. Trik hadapi psikotes jenis Army Alpa Intelegence ini adalah Anda harus konsentrasi terhadap apa yang diucapkan pembicara karena narator tidak akan mengulanginya. Sebaiknya Anda membersihkan telinga terlebih dahulu sebelum melaksanakan tes ini. kemudian Anda harus sabar jangan terburu-buru menjawab sebelum narator selesai berbicara.

Sebagai contoh : Coret angka ganjil tersebut dan coret angka genap yang memiliki huruf, kerjakan! Sebelum ada instruksi kerjakan Anda jangan menjawabnya terlebih dulu karena akan dipandang tidak bisa mematuhi aturan.

Baca Juga : 5 Tips Memasuki Dunia Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru Agar Jangan Sampai Salah

Dengan mengetahui trik hadapi psikotes di atas, tentunya Anda lebih maju satu langkah daripada mereka yang tidak membaca artikel ini.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.