Cara Melamar Kerja Agar HRD Atau Pimpinan Perusahaan Terkesan Dengan Kamu

Cara Melamar Kerja Agar Terkesan

Cara Melamar Kerja Agar Terkesan – Bisa bekerja pada pekerjaan impian adalah keinginan setiap pencari kerja. Tidak mengherankan jika pencari kerja tersebut akan melakukan berbagai cara melamar kerja agar terkesan dan diterima. Namun sayangnya, masih banyak saja yang tidak sesuai dengan harapan. Banyak penolakan mereka alami. Hal ini kemungkinan karena HRD atau pimpinan perusahaan tidak terkesan dengan lamaran kerja yang kamu berikan.

Baca Juga : Apakah Bisa Melamar Kerja Tanpa Lowongan? Berikut Tipsnya Wajib Kamu Simak

Seorang pekerja yang diterima pada suatu perusahaan tidak hanya karena mereka memiliki pengalaman pekerjaan yang mengena di hati HRD saja, namun ada hal-hal lain yang membuat mereka terkesan. Misalnya cara mereka menyampaikan lamaran pekerjaan. Berikut beberapa cara melamar kerja agar HRD atau pimpinan perusahaan terkesan dengan kamu.

Cara Melamar Kerja Agar Terkesan

1.  Cantumkan Foto Profesional

Foto yang kamu sertakan saat melakukan lamaran kerja amat penting posisinya. Hal ini karena melalui foto, seorang perekrut akan dapat menebak bagaimana keseriusan kamu saat melamar. Oleh karena itu, cantumkanlah foto profesional yang menarik. Jika perlu, lakukan sesi foto di studio foto untuk mendapatkan gambar yang menarik dan cocok digunakan untuk melamar kerja.

Saat ini, berbagai studio foto telah menyediakan sesi foto yang digunakan untuk para pencari kerja. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir tentang bagaimana posisi dan tampilan yang tepat untuk sesi foto kerja karena pihak fotografer akan mengarahkannya. Foto profesional yang kamu cantumkan pada berkas lamaranmu merupakan cara melamar kerja agar terkesan.

2.  Cantumkan Alamat Email Yang Mudah

Seiring perkembangan teknologi, berkirim surat tidak perlu lagi harus mengirim melalui pos. Teknologi surat elektronik saat ini telah menggantikannya. Pada saat kamu mengirim surat lamaran kerja, melakukannya melalui email akan menjadi hal yang biasa. Oleh karena itu, buatlah email dengan nama kamu tanpa menambahkan kata-kata yang berlebihan.

Baca Juga : Jangan Asal Buat Ketika Membuat Alamat Email! Contoh Alamat Email Yang Benar

Cara melamar kerja agar terkesan seperti ini akan terlihat seniat apa kamu melamar. Email yang sesuai nama dan mudah akan menunjukkan bahwa kamu memang memiliki keseriusan dalam melamar pekerjaan tersebut.

3.  Pilih Bidang Yang Sesuai Kemampuan

Keinginan bekerja memang sangat umum ketika tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Namun cara melamar kerja agar terkesan, sebaiknya sesuaikan incaran pekerjaan kamu dengan pendidikan yang selama ini kamu tekuni. Hal ini akan membuat HRD lebih tertarik dibandingkan pencari kerja yang memiliki bidang keahlian berbeda dengan yang dilamar.

Akan tetapi, berbeda ceritanya jika memang kamu telah memiliki lamaran pekerjaan di suatu bidang tertentu tetapi berbeda dengan latar belakang pendidikan. Hal ini juga akan dapat membuat HRD tertarik mengapa kamu memiliki pekerjaan yang berbeda dengan latar belakang pendidikan. Namun, pastikan bahwa pengalaman kerjamu memang telah lama atau kamu sudah benar-benar menguasai pekerjaan tersebut.

4.  Curriculum Vitae Yang Relevan

Curriculum vitae (CV) merupakan salah satu berkas yang penting saat melakukan lamaran pekerjaan. Pada CV akan terlihat dengan jelas apa saja profil, kemampuan dan pengalaman yang telah kamu lakukan selama ini. Oleh karena itu, buatlah serelevan mungkin dengan bidang pekerjaan yang akan kamu lamar. Cara ini merupakan salah satu cara melamar kerja agar terkesan.

Pada bagian awal, kenalkan diri kamu secara singkat, kemudian pengalaman magang atau pekerjaan yang pernah dilakukan. Pada poin berikutnya, lebih bagus lagi ketika kamu memiliki aktivitas sosial selain pekerjaan serta prestasi penting yang pernah di terima. Tentu saja semua ini harus berhubungan dengan bidang pekerjaan yang akan dilamar.

5.  Percantik Profil Media Sosial

Cara melamar kerja agar terkesan berikutnya yaitu dengan mempercantik profil sosial media. Mungkin kamu akan mendengarnya sedikit ganjil. Namun kenyataannya, para perekrut akan mengintip media sosial kamu. Cara ini mereka lakukan untuk melihat bagaimana kehidupan pribadi dan sosial kamu di media sosial. Tidak hanya melulu instagram saja, namun juga profil LinkedIn juga amat diperlukan.

Jika perlu, taruhlah beberapa pencapaian yang pernah kamu raih selama ini di media sosial. Bukan sebagai ajang pamer, namun cara ini juga dapat membuat HRD terkesan dengan apa yang sudah kamu lakukan. Hal ini karena mereka akan dapat mengetahui bagaimana karakter dan kemampuan yang kamu miliki.

Nah, setelah kamu melakukan beberapa cara melamar kerja agar terkesan seperti yang telah dijelaskan di atas, berikutnya ikuti tips-tips berikut ini setelah kamu sukses dipanggil wawancara. Beberapa cara ini akan dapat membuat kamu segera dipekerjakan di pekerjaan impian kamu. Apa saja tipsnya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Tips Agar Sukses Wawancara

1.  Perhatikan Penampilan

Setelah kamu melakukan beberapa cara melamar kerja agar terkesan dan dipanggil untuk wawancara, maka tampillah yang profesional. Penampilan adalah hal yang pasti pertama kali akan terlihat saat kamu melakukan wawancara. Untuk itu, selalu ingatlah untuk menggunakan pakaian yang tepat, sopan dan juga sesuai dengan budaya kantor yang akan kamu lamar.

Beberapa pekerjaan akan sesuai dengan pakaian yang formal sekali, namun ada juga beberapa perusahaan yang tidak begitu memperhatikan pakaian kerja. Ketika perusahaan tidak begitu memperhatikan penampilan, bukan berarti kamu bisa asal-asalan. Pilihlah tema smart casual saat melakukan wawancara. Santai namun juga terkesan serius dalam melakukan wawancara kerja.

2.  Jujur

Pada saat wawancara kerja, menjawab setiap pertanyaan dengan jujur adalah kunci. Perlu kamu ketahui, bahwa setiap HRD memiliki jaringan yang luas. Apalagi ketika kamu telah memiliki pengalaman kerja, jujur dalam menyampaikan informasi adalah hal yang penting. Tidak lucu bukan ketika kamu berbohong namun ternyata HRD yang sedang mewawancarai kamu tahu?

Oleh karena itu, berusahalah untuk jujur saat menjawab pertanyaan-pertanyaan HRD. Termasuk ketika kamu ditanyai tentang gaji. Percayalah, kejujuran adalah hal yang terbaik ketika melakukan wawancara. Konteks jujur ini tidak hanya saat wawancara, namun juga tentang informasi yang ada pada CV. Hal ini adalah cara melamar kerja agar terkesan ketika CV kamu memang benar.

3.  Pelajari Profil Perusahaan

Pengetahuan tentang profil perusahaan amatlah penting ketika kamu akan melakukan wawancara. Oleh karena itu, sebelum berangkat wawancara lakukan riset kecil tentang profil perusahaan. Pengetahuan ini mungkin akan membantu kamu saat proses nantinya. Ketika kamu mampu menjelaskan profil perusahaan secara singkat, menunjukkan keseriusan dalam melamar pekerjaan tersebut.

Selain itu, langkah ini akan dapat membantu kamu mengenal bagaimana sebenarnya perusahaan tersebut bekerja. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengetahui testimoni kolega yang pernah bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Hal ini mungkin bisa membuatmu semakin serius ingin bekerja di tempat tersebut.

Baca Juga : 9 Tips Mengikuti Wawancara Kerja Dengan Baik Agar Sukses Bisa Diterima

Itulah tadi beberapa cara melamar kerja agar HRD atau pimpinan perusahaan dapat terkesan dengan berkas lamaran kamu dan beberapa tips agar sukses wawancara. Ingatlah tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Jadi, jika saat ini kamu adalah seseorang pencari kerja yakinlah akan ada pekerjaan yang memang sedang menunggu kemampuanmu. Jadi, jangan menyerah.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Terima kasih banyak atas informasi nya, semoga informasi yg anda bagikan bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.