Selasa, 11 Juni 2024

Menggali Potensi Terpendam: 11 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Peluang Kerja Menjanjikan

Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Peluang Kerja Menjanjikan

Info Menarik – Dalam artikel ini, kita akan membahas 11 jurusan kuliah yang seringkali terabaikan oleh calon Mahasiswa karena sepi peminat. Padahal, di balik keterbatasan itu, tersimpan peluang kerja menjanjikan yang perlu kita ungkap. Temukan panduan lengkap tentang jurusan-jurusan tersebut dan bagaimana bisa menjadi langkah awal menuju karir sukses.

Dalam dunia perguruan tinggi, banyak Mahasiswa yang lebih tertarik memilih jurusan populer seperti teknik, kedokteran, dan manajemen. Hal ini membuat persaingan masuk ke jurusan tersebut menjadi sangat ketat, apalagi di universitas ternama.

Padahal, ada beberapa jurusan kuliah sepi peminat namun memiliki peluang kerja yang menjanjikan. Salah satu jurusan sepi peminat adalah Ilmu Kelautan.

Sebagian besar beranggapan lulusan jurusan ini memiliki kesempatan kerja yang kecil. Jika kita telisik lebih dalam, lulusan Ilmu Kelautan bisa bekerja di beberapa bidang perikanan atau kelautan. Apalagi Indonesia memiliki wilayah lautan yang sangat luas, pasti lulusan Ilmu Kelautan sangat dibutuhkan.

Baca Juga: Ingin Kuliah di Luar Negeri? Yuk, Persiapkan 5 Hal Berikut Agar Rencanamu Terwujud!

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai 11 jurusan kuliah sepi peminat tapi peluang kerja menjanjikan.

11 Jurusan Kuliah Sepi Peminat tapi Peluang Kerja Menjanjikan

Berikut 11 jurusan kuliah sepi peminat dengan peluang kerja menjanjikan. Kamu bisa jadikan referensi untuk memilih jurusan kuliah.

1. Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi termasuk jurusan yang peminatnya cukup sepi. Kemudian, jurusan ini mempelajari tentang alam semesta dan benda- benda langit, cocok untuk Kamu yang memiliki kemampuan kuat di bidang matematika dan fisika.

Saat mengambil jurusan Astronomi, Kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah seperti Mekanika, Astrofisika, Pengantar Keilmuan MIPA, Mekanika Benda Langit, Tata Surya dan lain sebagainya.

Meski sepi peminat, lulusan jurusan Astronomi mempunyai prospek kerja yang cukup menjanjikan, seperti Astronom, pegawai pemerintah, BMKG, peneliti, masih banyak lainnya. Saat ini, jurusan Astronom ini tersedia di Kampus ITB.

2. Jurusan Kehutanan

Salah satu tokoh penting di Indonesia alumni Fakultas Kehutanan adalah Pak Jokowi. Jurusan Kehutanan memang tidak sepopuler teknik atau bisnis, tapi prospek jurusan ini cukup luas.

Beberapa mata kuliah di Jurusan Kehutanan antara lain ilmu budidaya hutan, manajemen hutan, serta teknologi hasil hutan.

Ketika lulus dari jurusan Kehutanan, Kamu bisa berkontribusi untuk menjaga dan melindungi hutan dan kekayaan alam Indonesia, apalagi hutan di Indonesia ini sangat luas.

Beberapa prospek kerja alumni jurusan Kehutanan antara lain pegawai BUMN, perusahaan perkebunan, Dinas Kehutanan, peneliti, dan sebagainya.

3. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan sudah cukup banyak tersedia di kampus – kampus Indonesia. Kemudian, jurusan ini sepi peminat karena banyak orang mengira lulusannya hanya bisa kerja di Perpustakaan.

Padahal, peluang kerja jurusan Ilmu Perpustakaan cukup beragam mulai dari pengontrol dokumen, sekretaris, media percetakan, dan sebagainya.

Beberapa mata kuliah yang kita dapat dari jurusan Perpustakaan meliputi Matematika, Hukum, Sosiologi, Komputer, Teknologi Informasi, Filsafat, dan sebagainya.

4. Jurusan Sastra Jawa

Jurusan Sastra Jawa karena dianggap tidak memiliki banyak peluang kerja di masa depan. Padahal, lulusan Sastra Jawa memiliki prospek kerja yang cukup bagus jika kita geluti dengan baik.

Di jurusan Sastra Jawa, Kamu akan mempelajari berbagai hal tentang sastra dan budaya meliputi jurnalistik, penyiaran, pariwisata, kesenian, hingga kuliner khas Jawa. Untuk prospek kerja jurusan Sastra Jawa, Kamu bisa menjadi Tour Guide, penerjemah, hingga pengajar.

5. Jurusan Pertanian

Siswa jaman sekarang memiliki minat yang rendah terhadap jurusan pertanian. Para Mahasiswa menganggap prospek jurusan ini hanya bisa menjadi petani.

Namun perlu Kamu ketahui, prospek jurusan pertanian ini cukup beragam mulai dari pebisnis di bidang pertanian, Quality Control (QC), Konsultan Pertanian, Agricultural Engineering, dan sebagainya.

Beberapa mata kuliah di jurusan pertanian meliputi Ekonomi Pertanian, Budidaya Tanaman Pangan Hidroponik, Mikrobiologi, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tepat: Sesuaikan Jurusan dengan Kepribadian Kamu

6. Jurusan Manajemen Transportasi

Jurusan Manajemen Transportasi mempelajari tentang perencanaan, pengoperasian, pemeliharaan, biaya operasional kendaraan, perkiraan penggunaan bahan bakar, tarif yang diberlakukan, hingga rute transportasi.

Setelah lulus dari Manajemen Transportasi, Kamu bisa bekerja di beberapa bidang seperti lalu lintas, TOL, Dishub, dan sebagainya. Selain itu, Kamu juga bisa mencoba beberapa pekerjaan di bidang transportasi baik sektor negeri ataupun sektor swasta.

7. Jurusan Mikrobiologi

Secara umum, jurusan mikrobiologi mempelajari mengenai mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur yang dapat berfungsi untuk kebutuhan hidup manusia.

Setelah masuk ke jurusan Mikrobiologi, Kamu akan mendapatkan mata kuliah meliputi Life Sciences and Technology, Biochemistry, Analytical Chemistry, Microbial Quantitative Physiology, Food Microbiology, dan sebagainya.

Kamu bisa memilih jurusan mikrobiologi karena peluang kerjanya cukup banyak mulai dari laboratorium medis, industri makanan, hingga peneliti mikrobiologi.

8. Jurusan Biokimia

Jurusan Biokimia mempelajari tentang interaksi dalam organisme hidup. Selanjutnya, jurusan ini cocok bagi Kamu yang menyukai biologi mikroorganisme.

Meskipun sepi peminat, peluang kerja lulusan jurusan biokimia sangat luas. Beberapa industri yang membutuhkan lulusan jurusan biokimia meliputi industri farmasi, industri makanan, laboratorium medis, peneliti mikrobiologi, hingga produk bioteknologi.

Saat masuk ke jurusan Biokimia, Kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah meliputi Struktur dan fungsi subseluler Biologi molekuler, Kinetika kimia, Genetika dasar, Mikrobiologi dasar, Kimia Organik, dan sebagainya.

9. Jurusan Teknik Geologi

Jurusan Teknik Geologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi yang meliputi proses pembentukan serta evolusi geologis. Selain itu, ilmu ini juga berperan dalam kegiatan eksplorasi dan pengelolaan sumber daya alam.

Jurusan ini tidak banyak tersedia di kampus – kamus Indonesia. Meski begitu, lulusan jurusan Teknik Geologi memiliki beberapa prospek pekerjaan yang cukup cerah seperti pencarian sumber daya energi dan mineral, konsultan sektor pemerintahan, hingga akademisi yang mengajar di universitas.

10. Jurusan Perikanan

Jurusan Perikanan merupakan program studi yang mempelajari ilmu dan teknologi terkait sumber daya perairan dan budidaya ikan. Banyak orang mengira jurusan ini hanya mempelajari tentang kolam dan ikan saja. Selain itu, peluang kerja lulusan ini dianggap dianggap kecil.

Padahal, jurusan perikanan mempelajari banyak hal mulai dari penerapan teknologi modern di bidang perikanan, pengelolaan perikanan, hingga manajemen bisnis perikanan.

Beberapa peluang kerja jurusan perikanan juga cukup beragam mulai dari pegawai pemerintahan, pegawai swasta, BUMN, peneliti perikanan, hingga menjadi seorang wirausahawan di bidang perikanan.

11. Ilmu Arkeolog

Bagi Kamu yang menyukai benda – benda jaman dulu dan bersejarah, ilmu arkeolog menjadi pilihan yang tepat. Jurusan Arkeologi mempelajari mengenai cara mengolah data serta sejarah peradaban masa lalu.

Beberapa peluang kerja lulusan Ilmu Arkeolog antara menjadi Arkeolog, peneliti, sejarawan, dan sebagainya. Selain itu, Kamu juga bisa bekerja di museum sebagai Kurator maupun Arsiparis.

Hingga saat ini, jurusan Arkeolog hanya tersedia di 6 universitas di Indonesia, salah satunya di Universitas Gadjah Mada.

Baca Juga: Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diminati Lulusan SMA: Prospek Cerah di Masa Depan

Penutup

Meskipun mungkin sepi peminat, jurusan – jurusan di atas menunjukkan bahwa peluang kerja dapat ditemukan di berbagai bidang. Memilih jurusan yang kurang populer namun memiliki peluang karir yang cerah dapat membantu Kamu untuk meraih pekerjaan impiannya.

Namun perlu diingat bahwa dalam memilih jurusan tidak hanya didasarkan pada peluang kerjanya saja, tapi juga kemampuan serta minat Kamu. Apapun jurusannya jika dipelajari dengan sungguh – sungguh akan membawa manfaat yang baik.

About Info Menarik

blank
Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.