Selasa, 27 Februari 2024

Contoh Usaha yang Paling Cocok Dijalankan di Dekat Kampus: Tips Trik dalam Berbisnis

Contoh Usaha yang Paling Cocok Dijalankan di Dekat Kampus

Info Menarik – Mendirikan usaha di dekat kampus dapat menjadi peluang yang menarik. Lingkungan kampus yang ramai dengan mahasiswa dan staf akademik menciptakan pasar yang potensial untuk berbagai jenis usaha. Dalam artikel ini, kami akan membahas sepuluh contoh usaha yang paling cocok untuk Kamu jalankan di dekat kampus, dengan harapan dapat memberikan inspirasi dan ide bagi para calon pengusaha.

Baca Juga: Cara Agar Usaha Lancar dan Sukses Supaya Terhindar dari Bangkrut

10 Contoh Usaha yang Paling Cocok Dijalankan di Dekat Kampus

1. Warung Makan Siang

Pertama, kantin kampus sering kali terbatas dalam variasi menu dan terkadang mahal. Kemudian dengan membuka warung makan siang yang menyediakan makanan sehat dan terjangkau akan menjadi daya tarik bagi mahasiswa yang mencari alternatif makanan sehari-hari.

2. Kedai Kopi dan Teh

Kemudian kedai kopi atau teh yang nyaman dan menyediakan ruang belajar yang tenang dapat menjadi tempat populer bagi mahasiswa yang ingin bersantai, bekerja, atau bertemu teman. Tambahan menu seperti camilan ringan juga bisa menarik perhatian.

3. Laundry dan Penyetrikaan

Selanjutnya banyak mahasiswa yang tinggal di dekat kampus tidak memiliki akses ke fasilitas cuci dan setrika sendiri. Membuka usaha jasa laundry dan penyetrikaan di dekat kampus termasuk contoh menjanjikan dan dapat memberikan solusi praktis untuk kebutuhan mereka.

4. Toko Kebutuhan Mahasiswa

Kemudian dengan membuka toko yang menjual kebutuhan sehari-hari mahasiswa, seperti pulpen, buku catatan, kertas, dan perlengkapan kantor lainnya, bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Bisa juga Kamu tambahkan beberapa barang unik atau aksesori kampus untuk menarik minat pembeli.

5. Layanan Fotokopi dan Print

Mahasiswa sering kali membutuhkan jasa fotokopi dan print dalam aktivitas akademik mereka. Selanjutnya dengan membuka layanan fotokopi yang cepat, efisien, dan terjangkau di sekitar kampus, Kamu dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Rumahan yang Lagi Trend Modal Kecil Untung Besar

6. Penyewaan Alat-alat Elektronik

Beberapa alat elektronik, seperti laptop, kamera, dan perangkat lainnya, sering kali dibutuhkan mahasiswa hanya untuk jangka waktu tertentu. Selanjutnya dengan menyediakan layanan penyewaan alat-alat elektronik dapat menjadi opsi yang menarik bagi mereka yang tidak ingin mengeluarkan biaya penuh untuk membeli.

7. Fitness Center atau Studio Yoga

Menyediakan fasilitas kebugaran seperti pusat kebugaran atau studio yoga di dekat kampus dapat menarik minat mahasiswa yang ingin menjaga kesehatan dan kebugaran fisik mereka. Kemudian Kamu juga dapat menawarkan paket keanggotaan khusus untuk mahasiswa.

8. Delivery Service

Selanjutnya mahasiswa sering kali sibuk dengan jadwal yang padat, sehingga mereka menghargai layanan pengantaran makanan, belanjaan, atau barang lainnya. Dengan membuka bisnis jasa pengiriman di dekat kampus dapat memberikan kenyamanan dan kepraktisan bagi mereka.

9. Salon atau Barbershop

Membuka salon atau barbershop di dekat kampus dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Kemudian mahasiswa sering kali membutuhkan tempat untuk merawat rambut dan penampilan mereka, dan menyediakan layanan dengan harga terjangkau dapat menarik perhatian mereka.

10. Jualan Pulsa

Terakhir, dalam era digital saat ini, pulsa telepon seluler telah menjadi kebutuhan primer bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Dengan populasi mahasiswa yang tinggi di sekitar kampus, membuka konter pulsa di dekat kampus dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Membuka konter pulsa di dekat kampus adalah ide usaha yang menguntungkan dan memberikan tips untuk memulai usaha tersebut, alasannya:

1. Permintaan Tinggi

Mahasiswa adalah pengguna aktif telepon seluler. Mereka menggunakan telepon untuk komunikasi, akses internet, media sosial, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, permintaan akan pulsa telepon seluler di sekitar kampus cenderung tinggi, sehingga memberikan peluang bisnis yang menjanjikan.

2. Basis Pelanggan yang Stabil

Kemudian kampus menyediakan basis pelanggan yang stabil dan terus bertambah. Setiap tahun, ada mahasiswa baru yang membutuhkan pulsa untuk mengaktifkan nomor telepon mereka. Selain itu, mahasiswa yang sudah ada juga akan membutuhkan pengisian ulang secara rutin. Dengan demikian, Kamu memiliki pasar yang stabil dan berkelanjutan.

3. Persaingan yang Terbatas

Meskipun penawaran pulsa dapat ditemukan di berbagai tempat, persaingan di dekat kampus sering kali terbatas. Pasalnya banyak konter pulsa cenderung berada di luar lingkungan kampus, yang membuat para mahasiswa harus melakukan perjalanan lebih jauh. Dengan membuka konter pulsa di dekat kampus, Kamu dapat menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi para mahasiswa.

Selanjutnya jika berminat ingin buka konter pulsa di sekitar kampus, Kamu bisa mendaftar dan membeli saldo di Timi Pulsa. Pembelian saldo bisa melalui transfer bank atau datang langsung ke outlet Timi Pulsa.

Adapun cara mendaftar di Timi Pulsa tergolong mudah yaitu bisa melalui SMS, dengan langkah-langkah:

  • Nama asli : (lengkap)
  • Nama agen : (misal Korun Cell)
  • Alamat : (lengkap)
  • No. HP : (yang Kamu gunakan untuk transaksi)
  • Kirim data di atas ke nomor 085772428854 atau bisa melalui BBM pin. 5A6B2756

Baca Juga: Cara Berjualan Pulsa Elektrik untuk Penghasilan Sampingan Keluarga di Rumah

Kesimpulan

Mendirikan usaha di dekat kampus adalah peluang yang menarik dengan potensi pasar yang besar. Dalam mencari peluang bisnis, penting untuk memahami kebutuhan dan preferensi mahasiswa di area tersebut. Dengan menawarkan produk atau layanan yang relevan dan berkualitas, serta mempromosikan usaha secara efektif, Kamu dapat membangun bisnis yang sukses di dekat kampus.

Fajar Maulana

Seorang blogger asal kota Bogor yang aktif bekerja berjualan online dalam berbisnis pulsa dan token listrik. Ingin menulis artikel di InfoMenarik? Silakan simak pedomannya disini.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

5 comments

  1. Kebetulan sekali ane mau buka usaha di dekat kampus. Bingung mau apa, eh ketemu artikel ini. Bisa banget jadi rekomendasi. makasih bang,,,

  2. buat usaha konter pulsa mungkin adalah rekomendasi yang sangat bagus mas. walaupun sudah banyak yang jualan pulsa, namun seperti nya tiap penjual pulsa punya rejeki nya masing-masing :D

  3. Kalau sudah punya ide bisnis, mulai saja.
    seiring perjalanan waktu akan dengan sendirinya bisa menyelesaikan persoalan yang dihadapi.
    Yang sulit adalah mempertahankan motivasi.
    Bagaimana cara untuk mempertahankan motivasi bisnis ya?
    trims

  4. kami menyediakan sebuah permainan online yang bisa anda mainkan contoh permianannya poker, capsa, domino, adu q dan masih banyak yang lain nya

  5. ide yang bagus.. trimakasih atas inspirasi yang dibagi lewat artikel ini…
    Tapi adakah jenis usaha yang modalnya tidak terlalu besar? Hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.