Cara Sederhana Memperbaiki Chipset VGA Laptop Yang Lemah Rusak ~ Mati Total

Cara Memperbaiki Chipset VGA Laptop – VGA adalah kepanjangan dari Video Graphics Accelerator yang pertama kali dikeluarkan oleh IBM pada tahun 1987. VGA termasuk perangkat keras (hardware) komputer atau laptop dimana fungsi utamanya adalah untuk menerjemahkan komputer ke monitor. Gambar yang ditampilkan ke layar monitor adalah hasil olahan VGA. Sekedar pengetahuan saja kalau VGA juga memiliki proccesor atau yang sering disebut dengan GPU (Graphics Processing Unit). Banyak produsen kartu grafis VGA yang sering kita gunakan di komputer atau laptop, namun yang paling terkenal adalah ATI dan nVidia.

Baca Juga : Cara Memperbaiki RAM (Memori) Komputer / Laptop Yang Rusak / Error / Mati Total

Melihat fungsinya yang sangat penting, maka VGA merupakan perangkat keras utama yang harus kita rawat kesehatannya. Kita juga harus tahu cara memperbaiki VGA jika suatu saat komputer atau laptop kita rusak. Lemahnya VGA komputer/laptop maka akan mengakibatkan gambar di monitor jadi bermasalah. Apalagi jika kita sering menggunakan komputer untuk keperluan desain grafis dan games. Tentunya bermain games dan melakukan desain di komputer jadi terhambat kalau VGA-nya rusak.

Cara Memperbaiki Chipset VGA Laptop (1)

Walaupun kerusakan pada chipset VGA komputer dan laptop itu sangat jarang terjadi apalagi komputer dan laptop yang kita beli adalah produk baru. Namun tidak ada salahnya kita mengetahui cara memperbaiki chipset VGA. Akan sedikit menghemat pengeluaran kita jika komputer atau laptop yang rusak VGA-nya berhasil kita perbaiki sendiri tanpa harus membawa ke tempat service.

Jika chipset VGA rusak atau lemah maka dulu mengambil kesimpulan untuk mengganti chipset VGA tersebut. Lakukan dulu trik sederhana yang akan saya bahas disini barangkali sukses.

Berikut Cara Memperbaiki Chipset VGA Yang Lemah, Rusak, Atau Bahkan Dianggap Mati Total

Sebelum kita bahas cara memperbaiki chipset VGA komputer/laptop yang rusak, mari kita pelajari dulu gejala-gejalanya. Mungkin saja prediksi Anda itu salah kalau semua menganggap chipset VGA rusak atau mati total. Berikut ciri-ciri chipset VGA komputer/laptop bermasalah :

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

9 comments

  1. gan mau tanya,gmana cara mengetahui chipset mana yg rusak jika ada dua vga yaitu intel dan ati ? soalnya rada bingung juga menentukan mana yang harus diganti..mohon bimbinganya gan..

  2. mas laptop saya setelah install driver vganya malah ga mau masuk windows yang ada malah ngerestart terus berulang-ulang tapi sebelum di install driver vganya masih bisa masuk windows, kenapa ya mas?

  3. mas, laptop saya sering bluscreen video tdr failure atimpag.sys di bawa servis katanya kena VGA. ganti biaya 1 jutaan dgn resiko mati total. apa iya biaya dan resiko nya seperti itu?

    • Sama kya ane ktanya klo ganti vga 900rb

      Tp teknisinya ga ksh tau resikonya dia bilang cmn terima beres…
      Pusing palabebeh mahal jg euy….

  4. maaf gan mau tanya kan laptop ane punya dual vga intel hd 4000 sama nvidia g force 1gb dan klo buat streaming film atau buat presentasi tiba” setiap 30 menit sering booting otomatis bahkan sering mati sendiri kira” itu yg rusak vga yg mana ya …?

    thnks sebelumnya

    • Halo mas Eko …
      Jika dalam satu unit komputer terpasang dua VGA, silakan dicoba untuk menggunakan VGA satu persatu. Nanti bisa ketahuan VGA mana yang rusak. Semoga bisa membantu …

  5. Salam mas admin. Saya punya keluhan, laptop HP saya yang model nya AMD Radeon R2 graphics. Pertama kadang suka muncul garis putih vertikal se rambut di tengah lcd.Lama2 jadi banyak garisnya, trus saya iseng iseng teken frame lcd pas di bawah garis2 nya, bisa ilang, tapi besoknya gitu lagi.malah garis putih nya jadi tambah lebar, sekitar 1cm.
    Itu kerusakan nya gara2 saya tekan2 lcd nya atau dari vga ya mas?
    Makasih sebelumnya.

  6. Mohon tanya gan, kalau VGA Laptopnya bermasalah krn lgsung overheat walau sdh ganti thermal dan bersihkan fan, apakah bisa kalau teknik pemanasan ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.