Mulai Usaha Kamu Dari Sini! 6 Cara Mendapatkan Modal Usaha, Enggak Pakai Lama!

Cara Mendapatkan Modal Usaha 01

Info Menarik – Kamu tahu nggak kalau mau dapetin modal usaha itu sebenarnya enggak ribet-ribet amat, beberapa cara yang akan Saya berikan ini, bakalan berguna banget buat Kamu yang ingin menekuni dunia usaha, seperti mikro kecil hingga menjadi waralaba franchise. Disini Saya akan berbagi ilmu gratis cara untuk mendapatkan modal usaha yang prosesnya enggak ribet.

Baca Juga : Cara Agar Usaha Lancar dan Sukses Supaya Terhindar Dari Bangkrut

Buat Kamu yang masih bingung ingin metode pinjaman modal usaha apa yang ingin ditempuh, Saya kasih 6 cara secara cuma-cuma.

Yuk Disimak 6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Enggak Perlu Ribet!

1.  Kredit Usaha Rakyat

Cara Mendapatkan Modal Usaha 02

Kredit Usaha Rakyat adalah program kredit/pembiayaan yang digarap oleh pemerintah kepada calon atau pelaku Usaha Mikro Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK).

Jenis kredit ini cocok banget buat Kamu yang berniat membuka usaha modal kecil hingga menengah, dan biasanya usaha rakyat yang memakai metode KUR adalah sektor usaha jenis produksi seperti pertanian, perikanan, industri, kehutanan dan lainnya

Cara untuk mendapatkan Akses dana KUR, pastikan usaha Kamu termasuk usaha yang bersifat produktif seperti yang sudah dijelaskan di atas, kemudian siapkan beberapa berkas-berkas seperti di bawah ini

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Domisili
  • Akte Pendirian Usaha
  • Ijin Usaha (SIUP atau TDP)
  • Laporan Keuangan
  • Proposal Usaha

Setelah menyiapkan berkas diatas, silahkan Kamu datang ke Bank yang sudah dipercaya pemerintah menyediakan KUR.

Setelah menyiapkan berkas diatas, silahkan Kamu datang ke Bank yang sudah dipercaya pemerintah menyediakan KUR, untuk daftarnya bisa klik link ini

Untuk limitnya, Kamu bisa meminjam hingga 500 juta rupiah dengan bunga 7% per tahun, dengan tenor cukup panjang hingga 6 tahun.

Berminat memakai KUR, Kamu?

2.  Kredit Tanpa Agunan

Cara Mendapatkan Modal Usaha 03

Kamu mungkin bisa menggunakan program Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dari namanya sudah jelas, kalau kamu tidak perlu ada aset seperti rumah atau mobil, mendapatkan pinjaman dari KTA cukup mudah untuk hal-hal berkas dokumennya, Kamu hanya butuh berikut :

  • Fotokopi KTP
  • Kartu Keluarga
  • Riwayat Penggunaan Kartu Kredit

Keunggulan memakai KTA adalah biasanya dipakai jika ada membutuhkan dana darurat yang bersifat mendesak, dan karena tidak memerlukan agunan, kamu langsung mendapatkan dana hanya 2-3 hari saja!

Kalau ngomong-ngomong soal KTA, Asayaku juga ada opsi peminjaman KTA seperti KTA Asetku.

Untuk KTA Asetku, kamu akan mendapatkan pinjaman uang tunai yang jumlahnya kecil, maksimal limit Rp 3 juta. Berapa lama Kamu akan mendapatkan dana cairnya? Cukup 5 menit saja!

Info lebih lanjut, langsung aja install apps kita untuk informasi pinjaman kilat ala Asayaku.

3.  Peer To Peer Lending

Cara Mendapatkan Modal Usaha 04

Pilihan untuk mendapatkan modal usaha bisa juga mengajukan pinjaman Peer to Peer (P2P) Lending. Opsi pengajuan modal usaha ini adalah kegiatan pinjam meminjam antar pendana dengan pemilik usaha, seringkali peminjaman ini disepakati dengan cara informal.

Kegiatan peminjaman seperti ini juga mengalami perkembangan seiring menjamurnya E-Commerce di Indonesia, salah satunya Asayaku juga berkerja sama dengan salah satu Peer To Peer terpercaya, yaitu Asetku.

Kalau kamu penasaran, apa saja yang ditawarkan Asetku, Kamu langsung saja meluncur ke websitenya di sini.

4.  Franchise

Modal usaha yang satu ini, kamu cukup mengembangkan usaha yang sudah ada, bisnis yang satu ini bernama Franchise atau Waralaba. Franchise sendiri adalah sebuah sistem dimana Kamu, sebagai pelaku usahanya, akan mengkomersilkan bisnis yang sudah terkenal atau kuat di mata masyarakat.

Dengan menjalani sistem bisnis ini, kamu akan berkerja sama dengan pemilik usahanya, tentunya Kamu cukup menyediakan modal dana dan keyakinan akan menjalaninnya. Harap diingat jika bisnis kamu meraih keuntungan seperti berhasil menjual produk hingga melebihi target, kamu wajib menyetorkan royalti yang disepakati sebagai kesepakatan bisnis franchise

Ada beberapa istilah untuk sistem ini :

– Franchisor

Pendiri sekaligus penjual bisnis yang meminjamkan merek produknya kepada pihak lain untuk dimanfaatkan dengan menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau ciri khas usah dimilikinya

– Franchisee

Penerima waralaba, badan usaha atau perorangan yang diberikan hak atau karya cipta untuk dimanfaatkan mendapatkan keuntungan dari pemberi waralaba

– Franchise Fee

Biaya awal waralaba, maksudnya biaya yang harus dibayarkan dimuka sebelum gerai franchise mulai beroperasi. Biaya ini dibayar untuk membeli lisensi hak cipta untuk digunakan selama jangka waktu franchise dan hak untuk mengadaptasi pedoman operasionalnya juga.

5.  Modal Usaha Jasa

Bisa dikatakan ini termasuk model usaha tanpa modal, Loh bukannya bagaimana bisa menggerakan suatu bisnis seperti ini? Tentunya kamu menjual keterampilan atau keahlian yang Kamu miliki, caranya kamu sudah memiliki bisnis kecil-kecilan seperti catering, desainer grafis, penulis lepas bahkan sablonan baju, kamu bisa meminta uang muka atau DP ke calon konsumen Kamu sebagai perjanjian kerja sama.

Model usaha seperti ini tentu mengutamakan kualitas Kamu sebagai pelaku produsen, kalau bagus, tentu kedepannya kamu bakalan dapat banyak calon konsumen, bahkan mendapatkan pelanggan.

6.  Modal Ventura

Modal Ventura ini adalah modal yang diberikan pemberi pinjaman, seperti perusahaan ventura, dengan peminjam dan dengan perjanjian kerja sama dalam jangka waktu tertentu.

Pemodal akan memberikan modal usaha dalam bentuk uang tunai , yang nantinya ditukarkan ke dalam bentuk saham.

Kamu mesti berhati-hati kalau mau menggunakan modal ventura, karena investasi ini memilki resiko tinggi bagi pemodal, tapi kalau berhasil, imbalan feedbacknya yang didapat juga tinggi. Makanya itu, Kamu sebenarnya cukup sulit mendapatkan pinjaman modal ventura.

Demikianlah beberapa pilihan dari Saya untuk mendapatkan modal usaha, silahkan Kamu pelajari satu-satu 6 cara di atas. Sesuaikan dulu kondisi bisnis saat ini, yang kebetulan sedang ada pandemi, kemudian pikirkan dengan matang, ingin memulai usaha apa kedepannya.

Baca Juga : Langkah Demi Langkah Kiat Usaha Dari Nol Hingga Berpeluang Menjadi Sukses

Saya doain buat kamu yang ingin memutuskan terjun ke dunia usaha, semoga sukses dan kelak menjadi Entreupreneur yang handal.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.