Cara Gampang Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Otomatis Di Komputer

Cara Mengubah Nama Banyak File – Terlalu banyak file yang menumpuk di komputer tentunya akan memusingkan kita ketika melakukan pencarian. Apalagi jika file-file tersebut kita susun tanpa dikelompokkan kedalam folder-folder atau memberikan nama file dengan seenaknya. Proses lama dalam mencari file hal ini akan membuang waktu Anda secara percuma. Lain lagi jika file-file tersebut kita susun dengan rapih baik dikelompokkan kedalam folder ataupun diberi nama file, maka akan semakin gampang ketika mencarinya.

Baca Juga : Cara Singkat & Mudah Membuat Banyak Folder Sekaligus Di Komputer Windows

Jika sudah terlanjur menyimpan file-file di komputer tanpa mengubah namanya, saat ini juga Anda harus mengubahnya. Kita tidak perlu mengubah nama file-file tersebut secara manual, karena hal ini akan menghabiskan waktu lama terlebih jika file tersebut dalam jumlah yang sangat banyak. Disini saya mempunyai trik khusus cara mengubah nama banyak file sekaligus di komputer secara otomatis. Cara ini tanpa menggunakan software, artinya kita bisa melakukannya hanya dengan fitur-fitur bawaan (default) Windows saja.

Cara Mengubah Nama Banyak File 0

Sebelum dilanjutkan alangkah baiknya kita bahas dulu apa yang dimaksud dengan file komputer? Pada umumnya mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata “file” di jaman serba canggih seperti saat ini. Pengertian file komputer adalah sekumpulan berbagai informasi yang merupakan data-data yang tersimpan didalam media atau secondary storage. Didalam file mempunyai informasi kapasitas (ukuran) file, tanggal dan jam penyimpanan atau ketika file dibuat, nama file, ciri file, serta jenis file (ekstensi).

Untuk membedakan satu file dengan file lainnya maka terdapat ekstensi atau jenis file. Macam-macam ekstensi file komputer banyak sekali, contohnya adalah sebagai berikut :

  1. Ekstensi Format System = sys, com, bat, bak, exe, dan tmp;
  2. Ekstensi Format Video = mpg, kv, avi, mpeg, 3gp, wmv, dan flv;
  3. Ekstensi Format Dokumen = doc, html, xls, odt, ods, dan pdf;
  4. Ekstensi Format Audio = mp3, rm, wav, dan midi;
  5. Ekstensi Format Gambar = jpg, jpeg, png, gif, tiff, tif, dan bitmap;
  6. Dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Tercepat Mengubah Nama Banyak Folder Secara Otomatis Di Komputer

Berikut Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Secara Otomatis Di Komputer

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa untuk mengubah nama banyak file sekaligus di komputer ini tidak menggunakan software, namun disini cukup menggunakan fitur bawaan Windows saja. Fitur apakah itu? Terdapat tiga cara untuk mengubah nama banyak file secara otomatis di komputer yaitu : Windows Explorer, Command Prompt (CMD), dan Windows PowerShell.

1. Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Melalui Windows Explorer

Silakan Anda buka Windows Explorer dengan menekan Windows+E pada keyboard. Kemudian Anda buka juga file komputer yang ingin diubah namanya sekaligus. Disini saya akan mengubah nama file format gambar ekstensi JPEG.

Setelah file yang ingin diubah namanya ditemukan, Anda blok semua file tersebut dengan cara cepat tekan Ctrl+A pada keyboard. Kemudian Anda klik kanan dan pilih Rename atau cara cepatnya tekan F2 pada keyboard. Ketik manual nama file yang Anda inginkan dan Enter.

Cara Mengubah Nama Banyak File 1

Selesai di Enter maka kini semua nama file akan berubah dan otomatis diakhirnya akan bertambah nomor urut dalam kurung.

Cara Mengubah Nama Banyak File 2

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Tutorial yang menarik. Ini tentunya berguna ketika kita menemukan banyak nama file yang kurang deskriptif dan berniat untuk mengganti dengan nama yang lebih deskriptif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.