Menilik Manfaat Lebih Dekat Lagi Serta Kerugian Yang Ada Dalam Tubuh Kluwak

Manfaat Dan Kerugian Dari Kluwak  – Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata kluwak atau kluwek? Pasti sebuah benda berwarna bercangkang yang berwarna hitam. Kluwek ini adalah jenis buah. Kluwek atau kluwak ini sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Sehingga kamu pastinya sudah sangat sering melihatnya. Ternyata di dalam kluwak, kamu bisa mengetahui manfaat dari kluwak serta kerugiannya jika kamu mengonsumsinya.

Mengenal Kluwak Lebih Dekat

Nama kluwak ada banyak versi namanya. Perbedaan nama tersebut sesuai dengan daerahnya masing-masing. Ada yang menyebut “kluwak atau kluwek atau keluwak” bagi orang Jawa, “picung” bagi orang Sunda, “pangi” bagi orang Bugis dan Bali, “panassaran” bagi orang Toraja, “kayu tuba buah” bagi orang Lampung, “kapayang” bagi orang Minangkabau, dan “pucung” bagi orang Betawi.

Baca Juga : Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Yang Mungkin Selama Ini Tidak Kita Sadari

Kluwak ini termasuk dalam spesies Pangium edule Reinw. Ciri-ciri pohonnya memiliki tinggi 40 meter dengan diameter batangnya sekitar 2,5 meter. Di Indonesia sendiri, kluwak bisa ditanam di ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Bahkan kluwak ini menjadi buah endemik di Indonesia.

Mengenal Manfaat Dari Kluwak

Kehadiran kluwak sebagai campuran bumbu menjadi penyedap yang sangat khas. Beberapa masakan yang menggunakan kluwak adalah pindang dan rawon. Selain itu, kluwak pun sangat lezat jika dijadikan sambal. Orang Jawa sering mengonsumsi sambal kluwak ini. Mereka biasanya menggunakan kluwak yang mentah dan yang sudah direbus. Semuanya enak rasanya, namun semua juga tergantung dari kesukaan.  Berikut adalah manfaat dari kluwak apabila kita suka mengonsumsinya.

1. Kluwak mengandung vitamin C.

Dimana fungsi dari vitamin C ini adalah untuk zat tambahan yang akan membantu menyegarkan tubuh. Vitamin C ini juga sangat baik untuk kulit.

2. Kluwak mengandung ion besi

Ion besi pada kluwak dapat membantu memberikan asupan zat besi bagi tulang. Manfaat dari kluwak yang satu ini hampir sama dengan bayam

3. Kandungan betakaroten pada kluwak dapat menjaga kesehatan tubuh

Betakaroten memberikan asupan nutrisi bagi tubuh, sehingga dapat dikatakan bahwa kluwak ini aman-aman saja dikonsumsi.

Untuk mendapatkan manfaat dari kluwak tersebut, kita harus mengonsumsinya dengan cara yang benar. Makan kluwak yang sudah hitam. Hitamnya kluwak ini menAndakan bahwa buah kluwak sudah tua dan siap konsumsi, selain itu juga menAndakan bahwa kandungan zat berbahayanya sudah hilang.

Cara mengonsumsi buah kluwak ini adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Atau kita juga bisa mengeringkannya dengan oven. Setelah kering, lalu kubur dengan abu sekam. Untuk kapasitas abu sekam yang digunakan adalah dengan perbandingan 1 kg abu sekam untuk 10 biji kluwak.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.